Apr 112017
 

Angkatan Udara India (IAF) menunda rencananya untuk membangun hanggar dan markas untuk pesawat tempur Rafale karena terkendala pembebasan lahan di Sarsawa, dekat Saharanpur di Uttar Pradesh.

India membutuhkan tambahan pangkalan udara alternatif untuk markas dua skuadron Rafale yang akan segera diterimanya.

Setidaknya dibutuhkan lahan seluas 2.2 hektar di sekitar pangkalan angkatan udara, yang kemungkinan akan berlarut-larut karena melibatkan hampir 3.200 orang pemilik tanah yang harus dibebaskan terlebih dahulu. Dan tidak mungkin menggunakan tanah di sisi lainnya yang saat ini digunakan oleh Pasukan Khusus India. Setelah perang Cina – India pada tahun 1963, Pasukan Khusus meggunakan lahan itu untuk program pelatihan udara sendiri.

India dikejar waktu untuk segera mempersiapkan infrastruktur darat untuk pengoperasian pesawat tempur Rafale menjelang mulai berdatangannya pengiriman 36 Rafale pada September 2019.

Di bawah kesepakatan senilai Rs 59.000-crore, India menandatangani kontrak pembelian 36 pesawat tempur Rafale dengan perusahaan Dassault Aviation, Perancis.

Kesepakatan ini juga mengharuskan pihak Angkatan Udara India untuk menyelesaikan pangkalan udara terlebih dahulu.

Pesawat tempur Rafale nantinya akan menjadi pesawat tempur utama bersama dengan Su-30MKI, Rafale nantinya juga akan digunakan sebagai platform pesawat pembom nuklir strategis yang akan mengganti Mirage-2000, yang akan segera pensiun dalam sepuluh tahun kedepan.

Indien wxpress
Editor : Muhidn

Bagikan Artikel:

  24 Responses to “Kesulitan Lahan, India Bisa Terlambat Operasikan Rafale”

  1. keren india

    • Keren apanya, pemerintah india mengorbankan kesejahteraan rakyatnya demi kebutuhan belanja militernya,,bahkan tingkat bunuh diri dikalangan militer india juga tinggi akibat kurang kesejahteraan personilnya disamping metode latihan yg super berat, sebab slogan militer india “lebih baik mati dalam latihan daripada mati didalam perang”…

      • apa ga sama indonesia? gaji ga manusiawi malah rakyat juga harus kerja di luar negeri?

        • hei mabok gaji PNS dan Polisi dan tentara udah bagus sekarang, kalo masalah TKI mah tinggal gimana pemerintah aja mau tolak pekerja kasar keluar negeri.

        • Sssssst ada bocoran dari negeri beruk, mereka lagi kekurangan tenaga panen sawit, soalnya para pekerja asal Indonesia pada pulang kampung, karena nilai mata uang Ringgit malon lagi terpuruk, jadi gaji di Indonesia lebih tinggi dari pada gaji di malon 😛 ditambah lagi pemerintah banyak membuka lapangan pekerjaan beberapa waktu ini lho…

          kasihan beruk, gak ada yang bantu panen pisang…
          bosok lah tuh nanti

      • karena hidup adalah pengorbanan 😛 hahaha 😆 wkwkwkw

  2. Pinjamkan dulu ke Indonesia

  3. Rafale memang keren, Su35 pun bisa dilibas

    • Belum Tentu karena Masih Propaganda Prancis Coba Jika Di Buktikan Langsung Dgn Dogfight…

      • SPECTRA sdh sdh teruji di Libya. Dan masalah dogfight, seinget saya pada tahun 2009, Rafale sdh terbukti mampu mengalahkan EF. Bahkan mengalahkan Raptor di ATLC 2009 , meskipun bnyk yg bilang penyebab kekalahan Raptor karna Raptor gotong EFT, sehingga kemampuan manuver raptor berkurang. Kalau tdk salah sih 🙂

  4. Beli ayam dulu,,,,kandangnya belakangan…..

    Kalau kita kandangnya dah jadi bertahun-tahun,,,ayamnya masih bingung mau pilih ayam kate apa ayam pulung…..wkwkwkwkwkkk

  5. lah emang india nggak punya landasan pacu ya kok sampek nggak bisa latihan gara2 lahan? masak mau latihan offroad kayak mobil kebut2an ditanah gitu?

  6. Titipkan indonesia aja gpp

  7. India terus memodernisasi militernya dikita masih blm bs cepat akselerasinya! Pesawat tempur utama aja masih blm jelas, kecuali masih gosip ghoib2an.

  8. semoga kita tidak membentuk aliansi militer dengan india
    yg ada malah kita jadi proksi juga

  9. Negara seluas itu masa biar hanggar pesawat 2 skuadron aja gk cukup

  10. design pespur dengan sayap delta paling keren dari pada thypoon, sayang harganya terlalu mahal, 1 rafale bisa dapat t50 pakfa 5 biji

  11. Klo kurang lahan.. nohh, d tempat mbah saya d gading wonosari ada lahan nganggur,. Biar skalian mitos tentang ada jet tempur TNI yg d simpen d sna jd kenyataan

  12. Test.

 Leave a Reply