Kekurangan Pilot Pesawat Tempur, AS Pertimbangkan Opsi ‘Tugas Paksa’

AS kini menghadapi masalah kekurangan pilot pesawat tempur yang semakin parah. Banyak pilot tempur yang beralih menjadi pilot pesawat penerbangan sipil.

Banyak penyebab yang menjadikan pilot tempur lebih suka beralih menjadi pilot pesawat sipil, selain gaji dan bonus yang lebih besar, juga kepastian tugas penerbangan yang lebih terjadwal.

Jika keadaan semakin mendesak, Militer AS bisa melakukan opsi ‘Stop Loss’ atau perpanjangan tugas secara paksa. Namun menurut seorang Pejabat Militer, Angkatan Udara AS hanya akan menjalankan opsi stop loss sebagai upaya terakhir.

Menurut Kolonel Chris Karns, juru bicara Air Mobility Command, Setiap ide untuk mengatasi masalah kekurangan pilot pesawat tempur AS layak dipertimbangkan.

Banyak para pilot pesawat tempur yang mengeluhkan jadwal tugas dan rotasi yang sangat padat. Kadang saat tidak bertugas terbang, pilot masih harus bekerja lembur menyelesaikan tugas administrasi. Sebagian pilot juga mengeluhkan bonus yang kecil.

Kebutuhan pilot di maskapai penerbangan komersial AS kini semakin melonjak, dan dengan gaji yang tinggi serta beban tugas yang tidak berat menjadikan pilihan yang menarik bagi banyak pilot pesawat tempur AS dan apabila keadaan semakin mendesak, AS mungkin terpaksa harus menerapkan opsi Stop Loss.

Author : Muhidin

Leave a Reply