Aug 112014
 

Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko memberikan amanatnya pada apel kesiapsiagaan terkait pengamanan pilpres 2014 di Lapangan Bhumi Marinir Cilandak, Jakarta, Jumat (2/5/2014) (Liputan6.com/Faizal Fanani).

Liputan6.com, Jakarta – Panglima TNI Jenderal Moeldoko menegaskan akan membongkar pancang mercusuar yang dibangun Malaysia di Tanjung Datu, Kalimantan Barat. Guru Besar Hukum Internasional Fakultas Hukum, Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana pun memuji pernyataan Moeldoko.

“Bila Malaysia hendak membangun Mercusuar di wilayah Landas Kontinen Indonesia maka Malaysia wajib meminta izin kepada Indonesia,” kata Hikmahanto di Jakarta, Minggu (10/8/2014).

Pernyataan keras Moeldoko itu didasarkan pada Perjanjian Landas Kontinen antara Indonesia dan Malaysia pada 1969 dan Konvensi Hukum Laut 1982 yang diratifikasi Malaysia dan Indonesia. “Berdasarkan Perjanjian Landas Kontinen, pemasangan tiang pancang berada dalam koordinat hak berdaulat Indonesia,” jelasnya.

Selanjutnya, sambung dia, Pasal 80 Konvensi Hukum Laut 1982 menyebutkan negara yang mempunyai hak berdaulat di landas kontinen mempunyai hak eksklusif untuk membangun dan memiliki kewenangan dan pengaturan atas instalasi yang dibangun di atasnya.

Menurut Hikmahanto, Malaysia mencoba mengulur-ulur waktu membongkar tiang pancang meski telah dilakukan perundingan. Malaysia terlihat hendak bertahan dalam membangun mercusuar dengan harapan pemerintah Indonesia lalai dan mengabaikannya.

“Protes dan keberatan Malaysia terhadap tindakan Indonesia untuk membongkar tidak akan mungkin, mengingat tiang pancang tersebut berada di landas kontinen Indonesia,” tukas Hikmahanto.

Sebelumnya, terkait pancang suar yang dibangun Malaysia di perairan Indonesia, hingga saat ini sudah 2 kali ada pertemuan antara Indonesia dan Malaysia. Panglima TNI Jenderal Moeldoko pun mendesak Malaysi membongkar tiang pancang mercusuar itu.

“Saya tegaskan, jika Malaysia tidak mau bongkar, maka kami TNI yang akan membongkarnya,” tegas Moeldoko. (news.liputan6.com)

 Posted by on August 11, 2014

  83 Responses to “Ketegasan Jenderal Moeldoko Terhadap Malaysia Dinilai Tepat”

  1. Harus itu,cepat,tegas,lugas….!!!

  2. Ini Panglima yang kita harapkan!!

  3. Mantap pak,segera saja dieksekusi toh dasar hukum kita sdh kuat.

  4. Patut di teladanin dan patur di apresiasi. Ketegasan dan kejujuran akan membawa citra ber cita rasa profesional demi kepentingan dan keutuhan NKRI,, malaysia di anggap tetangga malah ndak tau diri,,tetangga kalau berkali2 ndak tau diri sekali2 harus di tegasin supaya dia tau bahwa tetangganya selama ini niat baik dan mau menjaga rasa bertetangga yg baik.

    • ya begitulah sifat dan perlakuan seorang adik kepada kakaknya. adik selalu mau menang dan kakak selalu mengalah tapi kalo kakaknya mulai marah, si adik ngadu ke emak bapaknya.
      Tapi kali ini si adik memang harus di beri pelajaran oleh si kakak

  5. Kerja bagus Pa Panglima

  6. Siap Panglima bila malaysia tidak mau membongkar mercusuarnya.. kita bongkar sendiri saja Pangilma, krn nanti kalo kelamaan diplomasinya dikhawatirkan kasus Sipadan Ligitan akan terulang..apalagi ini tapal batas laut bila bergeser sedikit saja dampaknya akan luas misal ke wilayah ZEE NKRI…bila perlu mercusuar tsb Dijadikan Sasaran Tembak saja utk tes Tembak Rudal KCR Kita( maaf bila Berlebihan)

  7. Hrs di deadline si m.sia, kl ttp diabaikan,panggil aja juragan loak biar dibongkar 🙂

  8. jgn sampe tanggal 25 bisa berabe. hajar aja pak

  9. hayoo silahkan ditebak..dibongkarnya dengan cara apa?? heee…pakai TNT atau cukup panggil tukang bangunan

  10. diancurin pakek rudal aja pak…. pasti ada digudang yang mau exp….
    tau pakek bom 100 kg TNT, jangan lupa juga kembang apinya….
    maaf cuman kicauan bocah….

  11. Ngapain ditunggu, tinggal bongkar saja,,giliran bendera ISIS dibilang akan dibakar kalau berkibar padahal dibendera ISIS ada kalimat tauhid, kalimat yg wajib dimaknai oleh muslimin untuk mempertbal iman,, jelas dong beliau lebih berani terhadap Allah SWT dari pada malaysia..so bongkar saja itu menara ngpain nunggu malaysia wong malaysia bukan tuhan

    • Bung Joni@ pernyataan anda ada benarnya. Kenapa klo yg berbau Islam lsg diberangus. Tapi giliran ada yg mau cabut TAP MPR tentang pelarangan komunis di Indonesia, sedikit sekali yg bersuara

      • @eros..tunggu tanggal tayangnya istilah bahaya laten

      • Kalimat tegas tidak perlu dengan mengunkapkan maksud sebenarnya, yg mengibarkan bendera isis itu masih WNI, alangkah baiknya kalau beliau berkata :

        ” Untuk pengibar bendera isis di Indonesia kalau kalian masih WNI cintailah Bendera Merah Putih, Bendera yg juga diperjuangkan umat muslim yg lahir sebelum ISIS ada, kalau kalian masih ngotot bearti anda berbuat makar dan ada sanksinya”

        Menara yg dibangun malaysia itu jelas bukan WNI yg bangun alias bangsa lain buat apa dinegosiasikan hal yg jelas” ingin menguasai teritori NKRI

  12. Saya ingin nge-bold kalimat ini, “Menurut Hikmahanto, Malaysia mencoba mengulur-ulur waktu membongkar tiang pancang meski telah dilakukan perundingan. Malaysia terlihat hendak bertahan dalam membangun mercusuar dengan harapan pemerintah Indonesia lalai dan mengabaikannya”

    Ini seharus nya bisa dieksploitasi untuk MEF II and beyond, semisalnya kita punya target waktu untuk menyelesaikan semua sengketa tapal batas dengan tetangga2 kita khusus nya Malaysia, katakanlah hingga 2019/2014 tentu nya sebagai negara yang aktif dalam mewujudkan perdamaian dunia dan sebagai de facto leader of ASEAN Indonesia ingin memfokuskan kekuatan militer untuk mendukung resolusi2 damai dikawasan dan bukan untuk konflik2 perbatasan dengan tetangga. Jadi dengan tenggang waktu tersebut diatas, komunitas internasional harus memahami bahwa Indonesia mau tidak mau harus mengakuisisi alutsista dengan kualitas dan kuantitas yg “Wah”.

    Maaf cuma pendapat.

  13. 15 pass…gk mlorot

  14. Percaya Diri, Tegas, Berwibawa, Elegant. Mantap !

  15. ciri2 yg pas buat kriteria calon Menhan.

  16. “Saya tegaskan, jika Malaysia tidak mau bongkar, maka kami TNI yang akan membongkarnya,” tegas Moeldoko.

    tetep ga setuju sama kalimat ini…

    kenapa tidak memaksa malon yang bongkar?

    Tetangga saya buang sampah di tempat sampah rumah saya, saya suruh dia ambil. saya teror dia tiap hari untuk ambil.

  17. “Saya tegaskan, jika Malaysia tidak mau bongkar, maka kami TNI yang akan membongkarnya,” tegas Moeldoko.

    terus malaysia mengatakan : “monggo, silahkeun…”

    akirnya tni atau orang indonesia yg macul2 tu beton…tldm ngipas2, sambil minum air kelapa di kapalnya.

  18. sriuh orang madura pak yg bongkar

  19. Di bom pake roket C705 pak dari Kapal Perang Bung Tomo Class..itung2 unjuk gigi..:)

  20. Ngga usah dihancurkan, lanjutkan pembanguna suarnya tapi kita yg memakai suarnya wong itu diwilayahkita. Jadi suarnya tetap punya kita dan kibarkan sang saka dwi warna kebanggaan kita, maaf cuma pendapat tukang ngarit.

  21. Bung reog apa kabar mampir neng siman lek ngulon

  22. tetangga model beginian kalo sehari”nye mah laganye selangit…!
    kite diemin….eh ngelunjak,
    di tegor dikit….sok galak”,
    di jitak….tereak”,
    enaknye mah di gebok…trus di sikat…di piting biar ntu pale ngejeledak…hehe..,
    palingan die manggil pak rt…pak rw, kalo gak manggil deh sodare”nye buat bekingan….ga mempan juga
    nyewa deh preman tukang palak….gitu deh gaya tetangge banyak gaye…tapi modal gile !
    terakhir kalo ga mempan ntu tetangge palingan tereak….pulisi…pulisi….ane kena gebok…ade nyang ngelanggar HAM….makdikipe…..kwekwekwek !

  23. Alhamdulillah sae bung paijo, sekarang masih di kl atawa sdh mudik di PO ?

  24. Untuk bang yayan salam kenal hati2 di negri jiran jaga diri dan kluarga jangan sampai karena artikel bung yayan yg sueger jadi bumerang mari kita jaga nasionallisme kita dengan cara kita sendiri2

  25. Malaysia, negara kaya baru, congkak, angkuh sok kuat, tapi gak berkutik dengan negara Brunei Darussalam

  26. kesuwen mbah moel, banting aja sampek remuk.

  27. Insya Allah, perlahan namun pasti, stigma bangsa miskin yang seringkali kita dengar dari mulut dan media mereka, akan segera pudar dengan berganti semburat cahaya yang lebih bersinar. Selama 7 tahun di Malaysia, saya berlangganan majalah Perajurit, satu-satunya majalah pertahanan yang hingga kini masih bertahan di Malaysia. Baru di edisi Agustus inilah, saya membaca sebuah media Malaysia yang secara polos mengkhawatirkan kondisi internal di tubuh militer Malaysia yang dinilainya kian lemah dan semakin tertinggal oleh negara-negara tetangganya. Padahal, tujuh tahun lalu majalah inilah yang telah membuat saya memberanikan diri untuk bertanya langsung pada Menlu RI saat itu, Hasan Wirajuda ketika melakukan temu wicara dengan warga Indonesia di KBRI Kuala Lumpur. Saya satu-satunya peserta yang mengajukan pertanyaan di luar topik, yakni masalah konflik Ambalat, padahal saat itu kami sedang membahas kasus Nirmala Bonat. Saya masih ingat dengan pengakuan Atase Pertahanan RI yang menyatakan kekuatan TNI saat itu sedang berada pada titik nadir, berbanding terbalik dengan kekuatan ATM yang dalam kondisi prima. Beliau menekankan, bahwa kita harus memenangkan diplomasi secara mutlak, supaya perang tidak meledak. Beliau juga menegaskan bahwa lemahnya TNI saat itu tidak sepenuhnya benar disebabkan oleh korupsi dan kemiskinan, tetapi yang lebih utama adalah disebabkan oleh adanya faktor embargo..! Sejak saat itu, saya mulai intens mengikuti perkembangan TNI, baik di dalam maupun di Luar negeri. Alhamdulillah, sekarang hampir tidak terdengar lagi adanya ancaman serius terhadap kekuatan bangsa kita. Kalau bicara konflik sih, hampir semua negara, pasti menghadapi konflik. Tapi Tuhan selalu bersama kita..!

  28. Tak kasih foto masa muda pak Moel Yang gak ada di Internet,khusus buat warjager
    Pak Moel saat Taruna

    Pak Moel itu adalah perpaduan antara pak SBY dan Pak PS ,,beliau Tentara pemikir dan ahli strategi seperti pak SBY dan Tegas seperti pak PS,, bagi penggemar kubu nomer satu bila kecewa dengan jagoannya yang kalah dalam pilpres saat ini dan juga penggemar pak SBY ,Pak Moel bisa menjadi Alternatif Idola dimasa depan untuk bisa menduduki jabatan strategis di Indonesia

    Walau perawakannya tidak tinggi besar tetapi rahangnya yang kuat mencermikan kedisiplinan dan kekuatan juga Integritas dalam dirinya,

    Maaf pak Moel bila SR ,hanya Kekaguman Tukang warnet saja
    hehehehehehe

    • Pak PS itu pak Pocong Syerem ya bung @satrio?? maaf ..

    • Kan tempo hari sya prnh nanya Om.. Kpan Pak Moel pensiun. Beliau pas bgt utk RI 1 taun 2019.

      Kalo Pak Moel SR dimari.. Mohon di inget nie Pak, saya gk ridho klo Bapak gk nyalon RI 1 utk periode 2019-2024. 🙂

      • Pensiunnya Pak Moel sih masih Tahun depan ,,
        Analisa saya bila Presiden Terpilih jadi terlantik,,, Pak Moel yang pertama yang diturunkan
        karena saya melihat sikap tegas beliau menjelang Pilpres dan tersinggungnya beliau dengan kasus babinsa yang didengungkan kubu dua agar tersirat ketidaknetralan TNI ..

        Kalau menurut Undang Undang calon Panglima mendatang adalah dari AU .jadi bisa dianalisa siapa saja kandidat untuk menjadi Panglima kedepan,,
        Gak tahu lagi kalau peta politik berubah,,karena calon Panglima dan Kapolri harus dengan persetujuan DPR,, kalau dpr suara terbanyaknya gak nututi yaa akan ada tarik ulur.. dan deal deal nya
        Semoga pak Moel nanti tidak jadi korban politik sehingga harus melakukan kebijakan kebijakan yang tidak populis sesuai keinginan Presiden terpilih tetapi atas nama Panglima,.

        Saat Pak Habibie memimpin kabarnya banyak pergeseran PATI (hampir 100 ;perwira) karena keinginan pihak pihak tertentu bukan karena faktor profesionalisme dan keinginan pak habibie,
        Kabarnya Saat itu semua diatas namakan keinginan Presiden Habibie agar tidak terlihat tebang pilih..

        maaf Analisa ngawur Tukang warnet saja

    • ane melihat mbah moel ini wajahnya beraroma patih gajah mada

  29. boikot produk negara jiran tukang maling…yukkkk….

  30. tinggal di liat aja actionnya..kira2 klo malaysia nggak bongkar tu mercusuar,tni ada nyali nggak ngbongkarnya..action bs diliat dlm 1bln ke depan,klo lbh bs di artikan ragu2 atau takut2

  31. lamp@kabar baik saudaraku..ah cm sebentar doank,waktu berputar tak terasa,besok pagi saat kita terbangun tanpa sadar usia kita sdh bertambah satu hari..nikmati hidup saja,selalu Berterima kasihlah kepada Tuhan maka Tuhan tidak akan pernah menjauh dr kita..GBU

  32. profisional bung contoh di company di tempat sy berkerja semua alat berat orang indonesia yg kendalikan boss sy lebih percaya orang indonesia ketimbang orang malaysia sendiri karna apa mereka tidak di percaya karna malas salam hangat bung

  33. segera hancurkan pak panglima,jangan lama lama

  34. Untuk bung pengamat kampun mungkin benar dengan pendapat anda bahwa tki gak profesional tp sebagai bos yg juga manusia tak seharusnya menyiksa prt jangan bandingkan tki ama bung yayan seorang profesional yg ngakunya cuma koki yg teryata seorang bisnis man .realitis saja bang banyak soudara kita yg terpaksa mengais rejiki di negri orang tanpa di bekali skil yg cukup karena apa bung kemiskinan atau munkin faktor pendidikan yg cukup.tp saya bangga bung jd tki apalagi klu ke kambodia kita sangat hormati bung

  35. Udah siapin aja kapal di pelabuhan tj perak bikin pengumuman untuk sukarelawan yg mau bongkar tuh tiang pancang bonusnya besi buat dikiloin .

  36. Mantabz,pak panglima yg satu ini.HAJAR aj pak jgn di ksh HATI,paling2 jg panglima ATM nya cium tngan lg sama pak RI 1 kita yg bru,kya wktu ntu cium tngan ke SBY,gara2 invasinya ke NKRI GATOT,th 2005an di kalimntan blah mna gtu.

  37. Pesen ane….tuh mercusuar biarin aje bongkar November untuk penyambutan plus uji coba Usman-Harun…tembak dr deket si Upil hehehe

 Leave a Reply