Nov 052018
 

Kapal selam serang cepat bertenaga nuklir, USS City of Corpus Christi (SSN-705) milik Angkatan Laut AS © US Navy via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Kapal selam India INS Sindhudhvaj (S56) diduga “menenggelamkan” kapal selam bertenaga nuklir, USS City of Corpus Christi (SSN-705) dalam sebuah latihan yang disebut Malabar yang diadakan setiap tahun antara militer India, Jepang dan Amerika Serikat.

Seperti dilansir dari laman National Interest, kapal selam ditugaskan untuk saling melacak satu sama lainnya di sekitar Teluk Bengala.

“Cara yang terjadi adalah bahwa INS Sindhudhvaj mencatat Efek Hidrofonik (HE) – yang secara sederhana disebut suara bawah laut – dari kapal selam bertenaga nuklir dan mereka pun berhasil secara positif mengidentifikasinya sebelum mengunci SSN-705. Yang tidak terjadi dalam latihan tersebut adalah benar-benar menembaknya”, kata seorang perwira angkatan laut India kepada India Today.

Kapal selam diesel-listrik India kemudian “menenggelamkan” sebuah kapal selam nuklir, USS City of Corpus Christi menggunakan torpedo 533 mm. Jika deskripsi India tentang peristiwa itu benar, itu akan menjadi sebuah titik terang dalam catatan kelam Angkatan Laut New Delhi.

INS Sindhughosh (S-55), kapal selam diesel listrik (SSK) Angkatan Laut India © US Navy via Wikimedia Commons

Dalam beberapa tahun terakhir ini, armada kapal selam India yang terabaikan telah mengalami banyak bencana. Kapal selam telah kandas, terbakar dan bahkan tenggelam karena kombinasi kurangnya investasi, akibat kelalaian dan korupsi. Mungkin insiden terburuk adalah ketika INS Sindhurakshak tenggelam di pelabuhan Mumbai setelah terjadinya serangkaian ledakan torpedo, menewaskan delapan belas pelautnya.

Meski demikian, itu bukan kejutan besar bahwa kapal selam diesel listrik (SSK) kelas Kilo buatan Rusia akan mampu mengalahkan kapal selam serangan nuklir kelas Los Angeles. Sebab kelas Los Angeles adalah desain kuno yang secara perlahan digantikan oleh kapal selam kelas Virginia yang lebih baru dan secara eksponensial lebih tenang dan senyap.

Namun, yang harus dicatat disini adalah bahwa kita tak tahu aturan keterlibatan atau parameter yang disetujui oleh kedua belah pihak. Lebih jauh lagi, harus dicatat ada kemungkinan bahwa itu terlalu dibesar-besarkan.

Desain konseptual kapal selam nuklir kelas Virgina © US Navy via Wikimedia Commons

Tetapi fakta dasarnya adalah bahwa Kilo merupakan kapal selam yang sangat tenang dan sangat mampu karena sistem propulsi diesel-listriknya. Bergerak menggunakan tenaga listrik pada saat terendam, kapal diesel-listrik itu telah digambarkan sebagai “lubang di air” atau “lubang hitam” dan merupakan masalah yang menjengkelkan bagi Angkatan Laut AS.

Angkatan Laut AS mengembangkan berbagai macam cara untuk melawan kapal-kapal semacam itu adalah merupakan prioritas tinggi bagi Washington karena banyak musuh potensial seperti halnya China dan Iran mengoperasikan kapal selam sejenis itu.

Sementara kapal selam diesel-listrik (SSK) umumnya lebih tenang daripada kapal selam nuklir, Angkatan Laut AS lebih memilih kapal bertenaga atom karena jangkauan mereka, kecepatan dan daya tahannya. Misi global Angkatan Laut AS pada dasarnya mengamanatkan sebuah kapal yang dapat beroperasi secara mandiri jauh dari perairan rumah untuk waktu yang lama. Angkatan laut dengan misi yang lebih lokal dapat mengoperasikan kapal selam diesel-listrik jarak pendek.

Sementara itu, berdasarkan laporan media India yang mungkin atau mungkin juga tidak, insiden ini menyoroti akan kebutuhan untuk sepenuhnya menggantikan kelas Los Angeles dengan kapal selam kelas Virginia secepat mungkin.

Kelas Virginia adalah secara garis besar lebih tenang dan menawarkan sensor yang jauh lebih baik serta mampu membawa lebih banyak senjata. Kapal selam baru jauh lebih efektif terhadap ancaman seperti Kilo daripada pendahulu mereka kelas Los Angeles.

Membeli sebanyak mungkin kelas Virginia menjadi sangat penting karena semakin banyak calon musuh yang membeli kapal selam bermesin diesel canggih seperti Kilo atau Amur buatan Rusia yang jauh lebih mampu.

  80 Responses to “Ketika Kapal Selam Nuklir AS “Dikaramkan” oleh “Black Hole””

  1.  

    kadang klaim dalam simulasi masih perlu diteliti lagi, parameter seperti berapa akurasi senjata, kena atau tidak torpedonya.
    lalu apakah musuh bisa menghindar dan lari ? atau malah balik menyerang ….?

    semua itu sepertinya dilupakan.

    •  

      Kl sudah di kunci dan terpedo sudah meluncur, jelas wassalam… Gmn cara menghindar?? Kl lari, lbh cepat mana laju terpedo sama kapal selam… dan kl mau nyerang balik… sudah di sebutkan di atas kl kapal selam nuklir amrik kesulitan untuk ndeteksi kapal selam kelas kilo tenaga diesel buatan rusia…

    •  

      sama seperti kapal selam Prancis yang sengaja dilupakan pernah mengacaukan grup serang kapal induk AS 😀 hihihihi

  2.  

    Kapal selam kelas Kilo – The Black Hole of Diesel-Electric Submarine

    https://militerhebatdunia.blogspot.com/2017/06/kapal-selam-kelas-kilo-black-hole-of.html

  3.  

    Perlu dicatat, Dalam peperangan sesungguhnya, sensor, processing system, countermeasure, periskop, dan subsystems kapal selam lain sangatlah penting. Mungkin saja kalsel amrik ssn-705 beberapa subsytems nya telah dimatikan untuk menjaga kerahasiaan teknologinya dari india, jadi potensi sesungguhnya dari kalsel jenis los angeles ini tidak di pergunakan. Maklum kan hanya latihan

    •  

      awas prosedural dibilang konter propaganda

      klaim 2 tersebut hanya digunakan sbgai kompor nasionalisme utk politik domestik sama dgn tetangga utara yg klaim F-22 di lock sma pesawat hawk

      yg penting woles wae lah

    •  

      Perlu dicatat, Dalam peperangan sesungguhnya, sensor, processing system, countermeasure, periskop, dan subsystems kapal selam lain sangatlah penting. Mungkin saja kasel India INS-S56 beberapa subsytems nya telah dimatikan untuk menjaga kerahasiaan teknologinya dari Amerika, jadi potensi sesungguhnya dari kasel jenis Kilo ini tidak di pergunakan. Maklum kan hanya latihan.

      Ucapan yg sama 😀

  4.  

    Ngeles adalah jawaban yg paling gampang 😀 gak perlu juga nulis capek-capek klo cuma buat ngeles 😆

  5.  

    Kasel kilo disel elekrik india mampu menenggelamkan kasel nuklir los angles amerika masih dalam latihan
    😆 😆

    •  

      karena masih latihan, tidak semua kemampuan Kilo dikeluarkan, sehingga SSN gak mampu mendeteksi 😀 katanya yang ngeles 😛 wkwkwk

      •  

        Xaxaxaca….!!!
        Orang indihe dipercaya…musrik tau…!!!

        •  

          Perlu dicatat, Dalam peperangan sesungguhnya, sensor, processing system, countermeasure, periskop, dan subsystems kapal selam lain sangatlah penting. Mungkin saja kasel India INS-S56 beberapa subsytems nya telah dimatikan untuk menjaga kerahasiaan teknologinya dari Amerika, jadi potensi sesungguhnya dari kasel jenis Kilo ini tidak di pergunakan. Maklum kan hanya latihan.

          Pinjam kata-kata Mirza Mahendra 😛

          •  

            Naa gue tanya sama loe…apa pungsi dari dua kapal selam tersebut…???
            Apa karna mungkin sama sama bisa menyelam…xaxaxax…!!!
            Maka gue suruh loe pahami dulu kedua sista…biar jelas….!!!

          •  

            yang pasti bukan untuk menyembunyikan pria idaman anda bung Aming Lee 😆 wkwkwkw

          •  

            Mungkin dirahasiakan atut istri sipria & keluarganya, atut tdk diakui kalleee, itu makanya lg menunggu istri sipria & keluarganya tdk ada lg kalleee
            😆 😆

  6.  

    Tetapi fakta dasarnya adalah bahwa Kilo merupakan kapal selam yang sangat tenang dan sangat mampu karena sistem propulsi diesel-listriknya. Bergerak menggunakan tenaga listrik pada saat terendam, kapal diesel-listrik itu telah digambarkan sebagai “lubang di air” atau “lubang hitam” dan merupakan masalah yang menjengkelkan bagi Angkatan Laut AS.

    Itu katanya National Interest lho, bukan saya yg berpendapat begitu 😀 klo panas ya monggo komen langsung ke NI 😆 wkwkwkw

    •  

      Wkwkwkwk…semua tau…terus dimana…penjelasan nya…?!?!!

    •  

      Lagian kemaren orang malon simulasi dan latihan untuk menghancur kan cina aja biasa aja..xaxaxax…

      •  

        trus apa hubungannya dengan berita 2015 dengan malon dan cina? jaka sembung tuh

        •  

          Xaxaxa…maksud gue orang malon sama indihe….sebelas dua belas gitu…masak gitu aja engak paham…apa lagi menganalisa dua kasel tersebut…secara teoritis…!!!

          •  

            trus bagaimana dengan Prancis yg tempo hari 😀 apa menurut anda sebelas dua belas tiga belas? 😀

          •  

            Gue engak ngebatah kebenaran dalam satu sudut pandang…tapi dalaam keswluruhan nya…!!!
            Maka kata gue jangan melulu tau spesifikasi sista semata…tapi harus paham benar tentang sista tersebut…maka nya gue meles komen panjang panjang hanya nulis spesifikasi semata…lagian orang lain juga sudah paham…!!!

          •  

            of course we all understand about how pariah the American toys in front of the Russian masterpiece

    •  

      Memang bung lingkar, kalsel sekelas diesel apalagi yg udah AIP, kyk type 214 atau lada class emang F-22 nya bawah laut. Silent But Deadly ?

      Kekurangan kalsel nuklir adalah suaranya yg sangat berisik. Tapi kalau diudsra ada B-52 di dalam laut ada kalsel nuklir

      •  

        dan memang saat ini kelemahan teknologi LA-Class telah diperbaiki dan disempurnakan pada Virginia-Class, dan tentunya AS punya trik tersendiri menghadapi Kilo-Class

      •  

        Naa dek mirza yang akhir nya paham…!!!
        Kasel nuklir peruntukan samudra lepas dan khusus membawa misi kehancuran…dia tidak seperti kasel disel peruntukan patroli dan pemburu…!!!
        Kasel nuklir tidak atau mendekati sasaran jarak dekat dia berada pada samudra atau laut internasional dan misi yang diemban juga langka…kecuali sekedar latihan dan misi diplomasi lain nya…!!!

        •  

          Jadi jangan selalu adu kerbau…karna militer bukan gelangang adu ayam…!!!
          Tapi lucu juga sulasi dan latihan…terkadang seolah olah discenario kan kenyataan…padahal itu sulit terjadi…kasel disel biasa dipesisir atau tidak jauh dari daratan…itu bisa dilihat dari segi logistik dan kemampuan nya,,,sedang kasel nuk itu tidak bisa bermain pada daerah tersebut selain badan yang luar biasa juga tidak sesuai pungsinya…!!!
          Bila secenariokan pada lautan dalam jelas kasel disel bukan apa apa…bukan hanya kemampuan menyelam tapi juga ketahanan mengsi ulang batrey dan logistik lain nya…!!!

          •  

            Tapi yg hancur itu mungkin jk aming tdk lg merahasiakn pria trsebut, bisa jd hancur cita²nya, oleh krna itu msh dirahasiaknnya karn tdk diakui kallee, yaa sambil menunggu istri sipria & keluarganya tdk ada lg
            😆 😆

      •  

        Klo dilihat dari SSN sendiri sekarang di gunakan oleh negara-negara kekuatan nuklir. Seperti Amrik, india, U.K, France, Russia, Cina.

        Doktrin kapal selam nuklir serang waktu itu, diperuntukan memburu SSBN (ballistic missile submarine) dan proteksi kapal induk. Pada waktu itu (perang dingin), kalsel serang nuklir noise levelnya masih relatif tinggi, dengan kata lain sangat berisik dan mudah dideteksi dengan sonar. Oleh karena itu SSN perang dingin seperti los angeles class nya amrik atau akula class nya ruskiye tidak diperuntukkan untuk memburu kapal selam musuh (selain SSBN) atau kapal surface fleet musuh, Tapi diperuntukkan untuk aset power projection atau aset proteksi atau untuk SLBM denial asset.

        Tapi masa udah modern bung, kalsel nuklir sekarang sudah hampir se-senyap kalsel disel elektrik. Contohnya virginia dan yasen class submarine, kalsel ini kalsel nuklir rasa disel.

        •  

          Yaa itu harus bung senyap bukan berarti ungul dalam segala medan…yaa engak…???
          Kalo medan pesisir pantai atau laut dangkal masih kasel disel electrik…!!!
          Tapi untuk apa kasel nuk main dipantai…dia ditengah lautan lepas dan tak perlu kepermukaan laut untuk tarik napas segala…mungkin naik sedikit bila ingin melepaskan rudal balistik…dan itu memang pungsi utama nya…meluncurkan SLBM…dan wasalam negara yang jadi target…tanpa perlu repot repot kepesisir untuk menembus pertahanan lawan…!!!

          •  

            Ada benernya sih bung, selain itu kan kalau kalsel serang nuklir SSN (bukan SSBN) biasanya eksklusif buat negara2 kaya yang juga nuclear power (contohnya mama rika yg kalselnya nuklir semua ??)

            Sedangkan kalsel diesel ini lebih terjangkau dan kalau gk punya ambisi ekspansionis kyk amrik, saya rasa kalsel disel ini pilihan yg cocok.

            Kalau masalah kalsel utk air dangkal, yg paling pas itu kalsel midget bung..

            Hanya opini

          •  

            klo saya cenderung idem dengan opini bung @Mirza Mahendra mengenai SSK dan SSN lebih kepada “biaya” akuisisi dan operasional, daripada laut dalam dan dangkal selama masih dikemudikan oleh manusia ya mereka tetap perlu ke darat 😀 toh untuk mereka yang suka main dengan air dan pasir ada kelas midget yang lebih sesuai 😀

          •  

            Kalo midget lebih tepat nya untuk misi khusus atau operasi khusus ketimbang pungsi kasel pada umum nya…karna keterbatasan…dalam operasi midget lebih pada pendukung infiltrasi dan sabotase bawah air…itu biasa nya yaa…!!!

          •  

            Udah idem salah paham (engak nyambung)lagi…xaxaxa…
            Baca lagi yang bener bung lingkar…!!!

          •  

            Betul itu kata lingkar, mengenai pria rahasia idaman, mungkin dirahasiakan atut tdk diakui kallee, kecuali menunggu istri sipria & keluarganya tdk ada lg kalleee
            😆 😆

          •  

            Wah alee itu bung aming yah … haha

          •  

            Kalo huha semua orang itu aming…emang aming sendiri yang bisa komeno…..xaxaxa..

          •  

            nah disini mungkin bung @Aming yang gagal paham 😀 emng dikira SSK Jerman dulu cuma main dihalaman belakang rumah aja ya? 😆 wkwkwkwk

          •  

            Waduh tambah ngawur kamu…!!!
            Liat lagi komen kamu diatas replay bung mirza…!!!
            Masalah biyaya dan pendanaan akusisi…dengan operasional laut dalam…itu beda kasus dek…!!!
            Satu menejemen marketing(penjualan) satu lagi masalah habitat dan kemampuan kasel…tau…!!!

            SSK jerman tahun berapa dek…apa udah ada kasel nuk tahun segitu…laa wong yang punya kasel aja bisa di itung jari…jadi jelas engak ada lawan kasel tahun segitu…cuma ranjau laut tok…xaxaxaxa…lucu…!!!

          •  

            Wah, ente yang ke GeEran bung dengan komentar bung @Mirza 😛 wkwkwkw, coba baca baik-baik, ingat, komentar bung @Mirza aja, jangan yang laen, 😀 hihihihi

          •  

            atau mungkin menurut anda Shortfin Barracuda milik Australia bakal dipakai untuk maen disepanjang pantai benua Australia saja 😀 hihihi… klo itu sih saya gak tau mau komen apa lagi mengenai jalan pikiran anda bung 😆 wkwkwkwk…

          •  

            Mmng benar pula itu, klu aming msh merahasiakn pria trsebut, mungkin msh dirahasiakn atut tdk diakui, oleh krna itu dirahasiakn lg menunggu istri sipria & keluarganya tdk ada lg kalleee
            😆 😆

          •  

            Xaxaxa …GR…???…gigi loe rontok…!!!
            Yang di mana gue ke gr an…???

          •  

            Xaxaxa…baru tau gue tu kasel mau dibuat versi disel electrik…tapi jelas tu kasel desain kasel nuk…!!!
            Lagian baru mau dibuat(rencana)nanti jangan jangan kayak projek kasel terdahulu lagi…main rubah aja bukan bagus malah ancur lagi…xaxaxax…

          •  

            Emang selama ini kemana aja om? Makanya jangan liat keatas mulu, sakit tuh leher jadi seperti onta…

            Shortfin Barracuda Specifications

            Type: Diesel-electric attack submarine
            Displacement: 4,500 t surfaced
            Length: 97 m (318 ft)
            Beam: 8.8 m (29 ft)
            Propulsion: pump-jet
            Speed: In excess of 20 kn (37 km/h; 23 mph)
            Range: 18,000 nautical miles (33,000 km) at 10 knot

            Lagian yang merubah sudah pakar, tapi klo anda yang disuruh merubah ya saya yakin pasti ANCUR 😆 wkwkwkwkw

          •  

            Pakar apa…???projek kasel kemaren aja ampir buat gulung celana…dimana pakar nya…apa pakar projek gagal dan buat bangkrut negara gitu kali yaa…???
            Xaxaxa…

          •  

            Tapi yg hancur itu mungkin jk aming tdk lg merahasiakn pria trsebut, bisa jd hancur cita²nya, oleh krna itu msh dirahasiaknnya
            😆 😆

          •  

            Tapi yg hancur itu mungkin jk aming tdk lg merahasiakn pria trsebut, bisa jd hancur cita²nya, oleh krna itu msh dirahasiaknnya, karna tdk diakui kalleee sambil menunggu istri sipria & keluarganya tdk ada lg kalleee
            😆 😆

    •  

      fakta dasarnya adalah kilo disebut sebagai black hole, krn sering kebakaran mesinnya.
      bahkan pas ada didermaga lhooo….
      upssss seharusnya ini rahasia….xaxaxa

  7.  

    berhubung sudah buanyak para comentator,saya yg kasih penengah”hiburan”biar gak pada spaneng,kalau indonesia di laut,,serahkan ke nelayan”,sudah pada pake bom ikan condet lawong rongsokan kapal pd 2,saja hilang,di darat,serahkan pada maling” curanmor itu tank”akan lenyap,belum tukang rongsokan,di udara serahkan pada dukun”,cukup di buat mules perut pr pilot pesawat musuh&di bikin macet gak meledak semua bom”nuklir,,,hahaha gitu aja kok repot(silahkan kalau mau senewen).

  8.  

    Russia lg mmproses kasel nuklir elektrik
    😆 😆

  9.  

    Bung lingkar, tenang bae indonesia kan dalam negosiasi beli kalses disel elektrik jenis Type-214TN atau kilo class.

    Untuk kalsel midget, sedang dalam pengembangan sendiri.

  10.  

    Tapi yg penting india dalam latihan tersebut mnjg data teknologi kasel trsebut
    😆 😆

 Leave a Reply