Sep 252017
 

KRI Bung Tomo-357 Sambut KRI Usman Harun-359 di Laut Mediterania, Lebanon, 23/9/2017.

Laut Mediterania – Setelah menempuh perjalanan dengan jarak lebih dari 6.000 mil laut dari Indonesia sampai Lebanon, akhirnya KRI Usman Harun- 359 tiba di Laut Mediterania Lebanon.

Kedatangan Kapal perang Fregate TNI Angkatan Laut ini disambut oleh para Prajurit Satgas Maritim TNI KONGA 28-I UNIFIL selaku pengawak KRI Bung Tomo-357 yang sebentar lagi akan menuntaskan misinya sebagai pasukan penjaga perdamaian di Lebanon, Sabtu, 23/9/2017.

KRI Usman Harun-359 yang melaksanakan pelayaran selama 39 hari akan menggantikan KRI Bung Tomo-357 yang telah mengemban misi PBB selama kurang lebih 2 tahun sebagai salah satu unsur Maritime Task Force UNIFIL bersama dengan kapal perang dari Brazil, Bangladesh, Jerman, Yunani dan Turki untuk menjaga perairan Lebanon dari kegiatan kegiatan ilegal yang dapat mengancam stabilitas keamanan dan perdamaian di Lebanon.

KRI Bung Tomo-357 Sambut KRI Usman Harun-359 di Laut Mediterania, Lebanon, 23/9/2017.

Kedatangan KRI Usman Harun-359 di laut Mediterania Lebanon disambut oleh KRI Bung Tomo-357 dengan menggelar kegiatan latihan bersama untuk memantapkan kesiapan KRI Usman Harun-359.

Dalam kegiatan ini KRI Bung Tomo-357 selaku kapal yang akan menyelesaikan misi mengirimkan Bendera PBB kepada KRI Usman Harun-359 melalui prosedur Mailbag Transfer.

Pengiriman Bendera PBB lewat laut ini merupakan simbol penyerahan estafet penugasan dalam misi MTF UNIFIL dan juga sebagai bentuk penghormatan kepada kapal perang Republik Indonesia yang baru bergabung di jajaran MTF UNIFIL.

KRI Bung Tomo-357 Sambut KRI Usman Harun-359 di Laut Mediterania, Lebanon, 23/9/2017.

Serial mail bag transfer kedua kapal Multi Role Light Fregate milik TNI AL di perairan Lebanon ini berjalan dengan sukses karena profesionalisme dan semangat yang ditunjukkan oleh para prajurit Satgas Maritim TNI KONGA 28-I/2016 dan KONGA 28-J/2017.

Kegiatan ini diakhiri dengan manuver break away, KRI Usman Harun-359 bergerak menuju pelabuhan Beirut, sedangkan KRI Bung Tomo-357 melanjutkan on tasknya yang ke-55.

Sebelum bergerak ke pelabuhan Beirut, beberapa orang perwira KRI Usman Harun-359 bergabung on board di KRI Bung Tomo-357 untuk mendapatkan pengenalan tentang Maritime Interdiction Operation, Hailing Procedure, Military Air Activity Report dan Proskom sebagai bagian dari proses familiarisasi tugas bagi satgas baru. (Pensatgas MTF 28-I/UNIFIL 2016)

Bagikan Artikel :

  9 Responses to “Ketika KRI Bung Tomo Jumpa KRI Usman Harun di Lebanon”

  1. Semangat..Lanjutkan.

  2. Sayang cuma ada 3 bung Tomo Klas.

  3. Wahaha kalo kapal ginian mana berani bajak laut ngedeket.. bisa cipirit… Apalagi ini ada 2 sekaligus hahaha

  4. Diam-diam eksistensi Indonesia di Lebanon semakin nyata melalui PBB. Buat ngejagain israel kali ya biar nggak nakal lagi sama lebanon. Sampai kaprang juga nongkrong di sana.

  5. Nunggu kapan ada kloning baru dari KRI Usman Harun….siapapun orang kita yang lihat jadi bikin bangga…musuh lihat jadi nyiut nyalinya….balik kanan….kaburrr

  6. Kalau kapal dari Brazil itu perjalanannya pasti jauh sekali ya.. menyebrangi samudera Atlantik. Langsung menyeberang dari selatan samudera Atlantik ke Lebanon atau ke utara dulu menyusuri Benua Amerika.. ??kapalnya pasti battleproven itu.

  7. kayanya ini corvete bukan light frigate

 Leave a Reply