Apr 102017
 

“Pembelajaran kedua, kekuatan udara adalah aspek yang paling penting. Indonesia harus segera memperkuat diri dengan membangun kapabilitas kekuatan udara,” kata Connie.

Kapal perang AS, Tembakkan rudal Tomahawk (U.S. Navy photo by Intelligence Specialist 1st Class Kenneth Moll)

Jakarta – Pengamat militer dan pertahanan Connie Rahakundini Bakri mengatakan negara-negara bukan koalisi (coalition of the non willing countries) termasuk Indonesia, harus segera menentukan perannya dalam membuat kebijakan keamanan dunia.

“Hal ini dilakukan untuk mencegah aksi serupa seperti apa yang dilakukan militer Amerika Serikat ke Suriah. Amerika Serikat meluncurkan rudal ke Suriah, sebagai respons atas dugaan serangan senjata kimia ke sebuah kota di Suriah yang dikuasai pemberontak,” ujar Connie Rahakundini Bakri saat dihubungi dari Jakarta, 9/4/2017.

Apabila tuduhan penggunaan senjata kimia tersebut tidak terbukti, maka negara-negara bukan koalisi harus mengambil peran dalam merumuskan kebijakan keamanan dunia.

Serangan Amerika Serikat ke Suriah, merupakan kabar buruk dan terbukti bahwa negara-negara koalisi (coalition of the willing countries) bisa memainkan alasan apa saja terhadap negara-negara bukan koalisi.

“Serangan pada pangkalan militer udara sebuah negara berdaulat berlatar belakang masalah domestik dengan alasan apapun jelas merupakan pelanggaran terhadap hukum internasional. Apalagi masih bisa diselesaikan secara politik,” kata Connie.

Jelas ini, merupakan perang geopolitik, alih-alih perang untuk isu kemanusiaan.

“Pembelajaran penting yang bisa kita ambil bagaimana dunia harus bersikap dalam pembagian pembuatan kebijakan antara negara-negara koalisi dan bukan koalisi,” ujar Connie.

Patut diingat, Indonesia suka atau tidak suka dimasukan dalam kotak yang sama yaitu negara-negara bukan koalisi. Indonesia tidak bergabung ke dalam aliansi Amerika Serikat maupun Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

“Pembelajaran kedua, kekuatan udara adalah aspek yang paling penting. Indonesia harus segera memperkuat diri dengan membangun kapabilitas kekuatan udara,” kata dia.

Rudal Tomahawk diluncurkan dari VLS Mk41 (U.S. Navy photo by Intelligence Specialist 1st Class Larry S. Talley)

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia prihatin atas serangan rudal yang dilancarkan militer Amerika Serikat ke Suriah, sebagai respons atas dugaan serangan senjata kimia ke sebuah kota di Suriah yang dikuasai kubu pemberontak.

“Adanya serangan rudal Tomahawk AS ke Suriah sebagai respon serangan senjata kimia dua hari lalu, posisi Indonesia sangat mengutuk penggunaan senjata kimia yang memakan banyak korban. Pada saat yang sama, Indonesia prihatin serangan unilateral dari pihak manapun,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir di Jakarta, (7/4/2017).

Menurut Arrmanatha, serangan rudal AS ke Suriah itu merupakan tindakam militer sepihak karena dilakukan tanpa persetujuan Dewan Keamanan PBB, dan tidak sejalan dengan prinsip-prinsip hukum internasional dalam penyelesaian konflik secara damai.

“Bagi Indonesia, stabilitas dan perdamaian di Suriah hanya bisa tercapai melalui dialog, proses politik yang inklusif, dan dengan mengedepankan diplomasi,” ujar dia.

Untuk itu, Pemerintah Indonesia menekankan kepada semua pihak untuk dapat menahan diri, menghentikan seluruh tindak kekerasan serta melindungi dan menghormati hak asasi manusia.

Antara

Bagikan Artikel:
 Posted by at 6:11 pm

  43 Responses to “Ketika Negara Koalisi Memainkan Alasan Apa Saja untuk Si Lemah”

  1. Ayo s teler

    • Cara yg terbaik adalah
      kocok ulang dk PBB
      Dk PBB seharusnya di isi oleh bangsa2 yg mengedepankan dialog demi perdamaian
      Bukan negara pemenang perang dunia2 atau para bandit bandit adidaya,.
      Lucuti smua negara yg memiliki kemampuan nuklir,.krn slama ini senjata nuklir digunakan untuk menakut nakuti negara lain
      Dengan kata lain jika memang senjata nuklir dibolehkan maka smua negara berhak memiliki bkn hanya negri adidaya.

      #banyak yg cinta damai tapi perang semakin ramai#

    • kejauhan bu Connie angan-angannya
      yang benar RI masih berkutat darurat ” pilk*d*” bu……

      Btw , terima kasih warningnya

    • negara kita tidak masuk dalam koalisi!!
      ZERO ENEMY THOUSAND FRIEND is just bul***** slogan!!!!!!!!!!

  2. beritanya masih kontradiktif bu koni
    apa suriah memang menyerang dgn senjata kimia
    atau tak sengaja membom gudang senjata kimia yg sebelumnya dikira gudang senjata konvensional
    atau bisa jadi memang jebakan batman oleh para pemberontak mengingat semakin terdesaknya mereka…
    atau…
    atau…
    atau…
    dan atau

    • Perang SUdah Berubbah JAMAN
      Penuh dengan ilusi dan tipuan juga konpirasi
      klo uda perang terbuka tinggal SALVO sebanyak2 nya RUDAL JELAJAH
      baru pasukan darat datang

      • Benar tidaknya senjata kimia bukan berarti negara lain berhak menyerang negara lain secara militer. Kedaulatan itu bersifat mutlak. Kalau tidak suka/bermasalah dengan negara lain bisa melalui arbitrase, mencari mediator atau lewat PBB.

        Gambarannya:
        Kalau ada suami [assad] memukuli istrinya (KDRT) [rakyat Suriah/negara Suriah/SDA Suriah] bukan berarti tetangganya [amerika dan sekutunya] merasa berhak memukuli suami [assad] tersebut hanya karena tetangganya [amerika dan sekutunya] punya affair dengan istri [rakyat Suriah/negara Suriah/SDA Suriah/MINYAK SURIAH/JALUR GAS ALAM] si suami [assad]

  3. klu Indonesia Ingin Aman. beli Rudal S-300 & kalibri

    • Kalau ingin aman, jgn sampai terpecah belah. Brantas teroris. Brantas makar.

      Yg terpenting adalah mencegah, bukan mengobati.
      Berusaha semaksimal mungkin agar Militer asing tdk punya alasan untuk masuk ke Indonesia.

      • Betul Bung…Jgn beri kesempatan tentara asing utk punya alasan masuk ke INDONESIA.

        Rakyat hrs tetap dekat dengan aparat (TNI – POLRI) agar tdk mudah dipecah belah.

        Sebisa mungkin jauhkan Rakyat dari Figur2 yg sering menyuarakan hal2 negatif saja tentang tanah airnya dan cenderung ke perpecahan.

    • keburu dicegah di parlement bung…….
      asing lebih pinter kok memainkan peranannya , dengan menekan Indonesia lewat “tangan”-2 di dalam …………

      kl sampai lolos, bukan saat ini saja , sedari dulu RI sudah punya kalibr atau s35,
      bahkan roket kartika sudah menjadi rudal jelajah , atau FIR udah g pusing-2 ambil secara paksa, ditodong pun sudah akan diberikan .
      maslahnya sampai sekarang sampai, akan akan,, ya nanti …. masih dalam pembicaraan
      masih berminat , RI melirik ……. Ri angan-2 punya ini dan itu ….

      masih ingat kan dulu S-35 pro dan kontra di d**an …. padahal yang g setuju juga mantan purnawiran juga ….. ( duh lupa ya cinta NKRI diatas segalanya melebihi kepentingan pribadi dan golongan )

  4. Tuh..Tuh..Tuh…..Indonesia Jangan Berbangga Diri dan Berangan angan Semu….Bangga Karena mengira Bahwa Indonesia banyak teman dan Kawan….Jangan Terlalu percaya sepenuhnya Kepada Negara Asing Yang selalu memberi Senyuman Indah…Padahal dibalik Senyuaman itu ada Dusta dan Iri Drengki Terhadap Alam Indonesia yg Subur dan SDA yg Melimpah….Rakyat Indonesia Sudah Jauh jauh Hari Memberi Kritikan , Agar Indonesia Harus Selalu Waspada dan Perkuat Segera Pertahanan dan Keamananya…Terutama Pesawat Fighter yang Mumpuni…Kapal Selam yg Gahar…Pertahanan Udara yg Patent dan Canggih….Ingat…Wilayah Indonesia Sudah dikepung oleh Pangkalan Militer Asing….Jangan Percaya sepenuhnya yang Namanya ASU KIRIK ( AS ) dan Antek anteknya….Sebenarnya Mereka semua adalah Musuh yang Nyata , Seperti Halnya Saeton yg memusuhi Umat Manusia….NKRI HARGA MATI….

  5. indonesia harus wajib punya rudal rudal nuklir tempatkan di setiap perbatasan negara 10 rudal nuklir . hhahha. lg linglung nih

  6. apa itu pesan juga di tujukan ke kita gara gara freeport kemarin yah..

  7. Setuju bung jfs.. Terorisme dan makar untuk pembentukan kekalifahan palsu ala abu bakar al bagdadi harus di hancurkan….. Sedangkan nubuuwah nabi muhammad tentang pemimpin khalifah berbait. Kepada muhammad bin Abdullah al mahdi.bukan abu bakar al bagdadi… Banyak orang terkecoh dengan isis. Mujahidin palsu… Tolak khilafah palsu….Junjung tinggi PANCASILA….. NKRI HARGA MATI…..

    • satu lagi OPM yang di dukung oleh NGO NGO asing berkedok lembaga sosial harus di waspadai, militer amerika akan menggunakan separatis OPM untuk masuk indonesia jika freeport di ganggu. dengan alasan penindasan ham, seperti GAM dulu.

      • makanya TNI main aman gak mau grasak grusuk untuk mengatasi separatis tidak lagi dilakukan tindakan militer tp dengan cara disejahterakan propinsinya. makanya sekarang papua di bangun jalannya di berikan fasilitas pembangkit listrik.

  8. Harus diwaspadai Kalo ddg sdh mrapat…

  9. Tes

  10. Hanya bisa prihatin..
    Dan apa boleh buat..
    Indonesia segera capai MEF..
    Setelah MEF tercapai, barulah SEF(standart esensial force)..

    Harus bisa mandiri dalam membuat produk tempur disegala bidang, TANK,PESPUR,KAPRANG,RUDAL,TEKNOLOGI NUKLIR…
    Yakinlah jika kita mandiri, asu n koloni nya tak berani menyentuh indonesia..

  11. lg pada ribut urusan pilkada sampai pada ikutan demo. padahal menurut saya demo yg kemaren itu gak perlu. lebih baik mendukung agar suasana tertib aman dan lancar.

    STOP PILKADA BERNUANSA SARA”.. dan lebih baik mikirin caranya agar Indonesia kuat. lihatlah ancaman ASu didepan mata….

  12. Negara 1001 tipu daya!

  13. Sebenarnya mami rika itu negara penjaga perdamaianapa penghancur negara berdaulat yg tdk sehaluan dg mami rika sih…. krn selama ini jika d perhatikan mami rika selalu bikin kacau… kalo g nyerang & menghancurkan negara laen scr langsung & ngajak teman2nya… mami rika selalu bikin gerakan pinjam tangan dr kelompok2 yg berseberangan dg pemerintah…. Inonesia hrs waspada jg…. jgn biarkan kelompok2 bentukan spt d timur tengah tumbuh d NKRI….

  14. Setuju bu Connie…

    Sudah waktunya konsep seribu teman, nol musuh di buang jauh2. kosekuensi dari non blok adalah kita harus kuat, sekuat kuatnya. Menurut panglima TNI setelah minyak habis, sasaran berikutnya adalah menjarah negara-negara yang memiliki SDA dan air bersih yang melimpah. Jadi bersiaplah berperang, jika tidak mau diserang. Masak harus tunggu kita diserang dulu, baru melengkapi alutsista? Lah wong pencapaian MEF tahap 2 baru tercapai 40%

  15. Indonesia-Kita cuma berani prihatin , Suriah itu terbukti or tdk terbukti guna’kan senjata kimia, hrs’x Indonesia-Kita dgn lantang mengutuk dulu…

    Itu Suriah negara yg merdeka & ber’daulat…
    Apa’pun mslh’x yg terjadi di’Suriah, negara lain tdk ber’Hak ikut campur urusan dlm negeri Suriah…

    Kecuali ada Hal” yg men’desak ( mslh kemanusian )….
    Itu’pun tetap Ada aturan”x…

  16. “Pemerintah Indonesia prihatin atas serangan rudal yang dilancarkan militer Amerika Serikat ke Suriah” tapi tidak prihatin ketika rezim Suriah membunuh membantai rakyat nya sendiri dengan senjata terlarang. tanya kenapa?

  17. “Pemerintah Indonesia prihatin atas serangan rudal yang dilancarkan militer Amerika Serikat ke Suriah” tapi tidak prihatin atau mengutuk serangan mematikan dengan senjata kimia/terlarang oleh rezim Suriah.

  18. A leaked CNN video and a Truth Seeker RT documentary details the multiple times the corporate media has staged fake news to get the West into war

    https://www.youtube.com/watch?v=blg9XVBUEZg

    In a video leaked online, Danny appears to be falsifying a video broadcast for CNN. Prior to going on air, he requests colleagues to fire weapons to dramatize his Live report with Anderson Cooper. Though he denied any wrongdoings in an interview to CNN after the video went viral, his reliability as a verified news source was called into question.

    http://alexanderhiggins.com/bbc-news-caught-staging-fake-news-chemical-attack-syria/

  19. americASU – donald duck just a puppet.

  20. AS negara yang sangat licik. Selalu membantu di awal merusak di akhir. Dengan tujuan menguasai secara perlahan. Jgn tanya kenapa freeport sulit dilepas mereka.. Karena yg membuat belanda keluar dari indonesia adalah AS . kala agresi militer yg membuat agresi militer berhenti salah satunya adalah orang amerika yg protes ke dk pbb bahwa marshal plan digunakan belanda utk menyerang indonesia. Padahal utk pemulihan pasca perang. Sejak orang amerika protes akhirnya ada banyak perjanjian. Kedua saat pembebasan irian sesungguhnya bukan karena takut saja belanda keluar karena di suruh AS utk keluar .karena AS membantu mengeluarkan Belanda dari indonesia. Indonesia hutang budi ke AS dengan membolehkan tambang di freeport yg ujungnya malah penguasaan freeport dengan tidak meberikan untung besar ke indonesia. .

  21. kalau mau NKRI jaya SDM nya dulu dibenahi. Kebanyakan kita hanya minta ini dan itu. Coba kita ubah dengan cara memberi ini dan itu. Minta destroyer, perpur, rudal, dan sebagainya. Coba kita benahi dimulai dari generasi muda untuk bisa menciptakan destroyer, rudal, perspur, dll.

    Ubah pola pikir hanya menunggu menjadi PENCIPTA.
    Jika masih tidak mampu, bayar PAJAK aja yang benar.

    Maaf jika kata kata saya kasar

  22. Betul bu connie. Kadang bingung sndri dng arah kebijakan pemerintah kita dlm bid pertahanan. Contoh. Bukan brarti Tank tdk penting tp misal Tank di tumpuk ratusan sekalipun dipangkalan tahu2 Tomahawk dll datang dueerr!!: hancur deh smuanya, sia2 beli mahal2. Bgtu sdh hancur smua kmudian tentara darat mrka datang. Kita mau bgmna?? Paradigma perang saat ini adalah rudal.. rudal.. dan rudal. Arhanud dikuati dengan SAM jangan beli yg jarak pendek trs. Apalgi dng meriam arhanud haddduuhh. Hari gini msh sja beli penangkis serud dng jarang 1 km 2 km. Capee deh.

 Leave a Reply