Nov 132014
 
Latihan Bersama TNI dan AD Singapura (Detik.com)

Latihan Bersama TNI dan AD Singapura (Detik.com)

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Moeldoko menegaskan, dua WNI berstatus permanent resident Singapura dan ikut wajib militer Singapura sudah dideportasi ke Singapura. Kedua WNI itu ikut Wamil Singapura, dan ikut latihan bersama di Magelang beberapa waktu lalu.

“Sudah, sudah dideportasi ke sana (Singapura-red),” kata Moeldoko, Kamis (13/11/2014).

Menurut Moeldoko, kedua WNI itu memang tinggal di Singapura. Mereka wajib ikut wajib militer sebagai permanent resident.

“Ini sebenernya ada kesenjangan, karena WNI yang tinggal di Singapura mendapat permanent resident itu bagi Singapura ditentukan harus wajib menjadi cadangan atau wajib militer. Kalo dia nggak ikut dia akan di-jail, akan masuk jail. Satu sisi mereka punya paspor Indonesia. Kebetulan kita dengan Singapura ada latihan Indopura (gabungan), mereka bagian dari kontingen yang ikut,” jelas Moeldoko.

Kedua WNI itu pun ikut masuk ke Indonesia. Saat mereka masuk itu baru ketahuan. “Setelah itu masuk Indonesia dicatat, ‘lho kamu orang Indonesia kok menjadi prajuritnya Singapura, bagaimana ini ceritanya’. Persoalan Ini tidak murni permasalahan Panglima TNI. Ini persolan Keimigrasian, persoalan kewarganergaraan, dan persoalan-persoalan yang lain. Untuk itu kita komunikasikan kepada kementerian-kementerian yang terkait dengan hukum,” urai dia. (Detik.com)


Jakarta – Panglima TNI Jenderal Moeldoko memberi penjelasan soal dua WNI yang ikut wajib militer Singapura. Menurut Moeldoko, kedua WNI itu sempat ditahan karena ketahuan ikut wamil. Tapi kemudian Panglima Singapore Armed Forces (SAF) Letjen Ng Chee Meng menelepon Moeldoko.

“Ada atensi telepon dari Panglima Singapura, teman saya Letjen Meng memohon ke Panglima TNI supaya ‘2 prajurit saya’ dilepaskan, kan bisa nggak enak, begitu kita lepaskan,” kata Moeldoko di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Kamis (13/11/2014).

Menurut Moeldoko, sebelumnya dilakukan proses diplomatik. Kedua WNI itu berstatus permanent resident Singapura. Mereka ikut wamil Singapura dan berlatih dalam kegiatan rutin Latma TNI-SAF Safkar Indopura di Magelang.

“Akhirnya kita lakukan langkah-langkah diplomatis. Saya waktu teleponan dengan Pangab Singapura saya bilang ‘hati-hati, kamu harus lakukan evaluasi dengan baik karena tidak menutup kemungkinan hal seperti ini bisa terulang lagi tahun depan, kalau itu yang terjadi kita akan lakukan langkah-langkah yang lebih keras’,” tegas Moeldoko.

“Kita punya forum Pangab se-ASEAN di situ kita bisa komunikasikan, biasanya langsung kita telepon,” tutup dia. (Detik.com).

Bagikan Artikel :

  30 Responses to “Ketika Negara (Lain) Memanggil (Eps 2)”

  1. tenumpang tes ah 😀

  2. Kusut

  3. selamat malam…

  4. Sakit hati mendengarnya, apa perlu perang

  5. Aneh pakar hukum.panglima tni..kesan nya tidak tegas..setahu saya bila latihan bersama antar negara .tentara yg dikirim yaitu tentara aktif dan pilihan .dari keterangan panglima tni warga indonesia yg menjadi prajurit singapura seakan cuma prajurit cadangan sehingga tidak perlu di cabut kewarganegaraan indonesia nya…aneh lan mbulettt.

  6. Syukur kalau hanya masalah jail??! saja yg membuat wni tsb ikut wamil, yg membuat khawatir jika mereka menjadi agen yg disusupkan ke Indonesia nantinya. Karena mereka masih memegang pasport resmi RI jadi sangat mudah keluar masuk Indonesia, lalu kenapa pemerintah singapura memandang perlu expatriat untuk ikut wamil, walaupun mereka bersetatus permanent resident?? hal ini yg harus diperjelas.

  7. Ko wamil singapur bisa latihan di magelang ? Yg jd wamil orang indonesia lg, malu-maluin negara aja neh. Ada uunya ga ?

    • Ada bung, Menurut UU no 6/2011 tentang keimigrasian Pasal 123 Dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan pidana denda paling banyak Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah): a. setiap orang yang dengan sengaja memberikan surat atau data palsu atau yang dipalsukan atau keterangan tidak benar dengan maksud untuk memperoleh Visa atau Izin Tinggal bagi dirinya sendiri atau orang lain; b. setiap Orang Asing yang dengan sengaja menggunakan Visa atau Izin Tinggal sebagaimana dimaksud dalam huruf a untuk masuk dan/atau berada di Wilayah Indonesia.

      Kalau menurut saya bisa dikenakan pasal diatas, karena ybs tidak melapor sebagai wni saat masuk wilayah Indonesia. Imho

  8. mantap

  9. Dari ArtikeL pertama dan Kedua terdapat pesan MoraL pada kita semua “MANUSIA TIDAK BISA DILIHAT DARI LUAR TAPI JUGA DALAM DIRINYA” Terima kasih 🙂

  10. Agak bingung ma 2 WNI nya gara2 dpt status PR (permanent resident) dri singapura ikut wamil krn takut dipenjara krn mendapat status PR wajib ikut wamil, tpi 2 WNI itu gak takut kehilangan kewarganegaran Indonesia…nah kalo mereka bener2 di cabut paspor nya ma Indonesia mereka jadi tak punya status kewarganegaran…ya biar mereka rasain sendiri akibatnya

  11. Hati2 balas dendam Usman & Harun versi singapura bung TS.

  12. Tugas besar kementrian luar negri untuk mendata wni yg bekerja dan sekolah di luar negri,,karna kejadian seperti ini akan mungkin terjadi di negara lain?

  13. Bayakin aja tar abis aja

  14. Plin Plan.

  15. Bukan salah WNI nya. orang yg gak mau Wamil bisa di jail. mau gimana?? Singapurnya lah yg Paksa org wamil. Bukan Dari WNI saja, dari malaysia, china, thailand, semua yg PR generasi ke 2 harus Wamil kalau gak wamil bisa di jail. negara lain PR tidak usah wamil hanya di singapura saja.

  16. Misal terjadi perang….apakah yang wamil diikutkan perang juga ? Kalau diikutkan berarti Singapura pasukannya dari berbagai negara dong ?

  17. sabar boss… sambil leyeh leyeh denger klenengan …

    http://youtu.be/3LJnil9PNYo

  18. tangkap saja.atensi dari singapura itu harus di abaikan.karena ini menyangkut warga negara kita

  19. Internasional paspor bung,Kalau anda kerja di luar negara diatas 5 tahun dan anda masih ingin tinggal lebih lama lagi maka anda akan renewal/bikin paspor baru ke kedutaan di negara anda tinggal.Nah paspor yang ada cap kedutaan luar negara/negara anda tinggal di namakan Paspor antarbangsa/internasional paspor karena anda bisa bebas ke negara mana saja di seluruh dunia yang ada hubungan diplomatik dgn negara Indonesia.
    Lalu sewaktu anda pertama kali ke luar negeri sudah pasti anda bikin paspor dan Harus melewati Imigrasi baik naik kapal Ferry atau pesawat terbang maka Imigrasi di Indonesia yang anda lewati itu akan bikin cap di paspor anda.Dan paspor yang anda pegang itu hanya bisa di gunakan untuk ke satu negara tujuan anda saja baik untuk kerja/student/bisnes.paspor yang anda pegang pertama kali pergi ke luar negeri itu dinamakan SPLP–> Surat Perjalanan Laksana Paspor karena hanya bisa dipakai sekali saja/pulang dan pergi untuk satu negara saja.
    IMHO

  20. cerdas….dan ini masih banyak pengikutnya sampe skr…daratan sentris…

  21. Jangan pada lupa sama judul artikelnya. Ternyata ukuran nasionalisme tidak hanya didasarkan faktor ekonomi, buktinya ada aja orang kaya yang juga ingin merasakan jadi WN asing walaupun cuma status permanent resident. Ini yang harus dibenahi oleh Pemerintah. Kalo yg miskin cari nafkah dsna jd pengen pindah WN. Kalo yg berduit pengen hidup senang jd maunya pny dobel WN bisa ksna ksni padahal cari nafkah di indonesia. Coba kalo begini bagaimana, UU kita perlu dibenahi

  22. Sekali lagi Panglima TNI, bpk. Moeldoko menjadi ter heran heran…………..??????????????
    inilah akibat ber tetangga dgn singaporn yg nyeleneh bin songong, kenapa pula tetangga seperti itu pake diajak latihan segala………..heran heran heran ???????????????????

  23. Nggak apa2 bg2 sekalian.Baguskan klo ada rakyat kita jdi tentara negri sebrang.Tinggal gimana bin memanfaatkannya aja.Itu tugas bin selanjutnya.Klo nggak bisa dimanfaatkan,baru diamputasi kewarganegaraannya,termasuk individunya sekalian.

  24. habis mau masuk tentara. mereka gak diterima disini ….

  25. intel kali.

  26. Menurut saya ada kesengajaan dr munculnya berita ini, apakah dari pihak singapur yg sengaja memasukan wamil dari WNI ataupun blow updari pihak indonesia.
    Apapun alasannya informasi permanen resident yg kena wamil disingapur itu sudah lama dan saya yakin permanen resident tersebut tau, tapi saya kurang yakin kalo permanen resident itu tau kalo kewarganegaraan nya bisa dicabut kalo ikut wamil. Tampaknya pihak kemenlu perlu memberikan penjelasan kepada WNI yg bekerja diluar negri sehingga jika menjadi permanent resident mereka sudah tau apa konsekuensi nya

  27. Bukan hanya singapore yg perlu di waspadai, malaysia pun harus dua kali lipat di waspadai,,, Beberapa tahun terakhir ini malaysia secara sengaja merekrut wni di perbatasan untuk menjadi askar wahtaniah (tentara cadangan), mereka dilatih kemiliteran ala malaysia, dan apabila wni tersebut berminat melanjutkan menjadi tentara reguler pemerintah malaysia mempersilahkan,,, waspadai tetangga yg satu itu, kelakuannya licik bin picik,,,

  28. lee kuan yeuw itu asli dari semarang itu artinya singapura sudah termasuk dalam lingkup NKRI, namanya provinsi singapura……betul nggak boss…..he he he

 Leave a Reply