Nov 132014
 
Perbatasan Indonesia Malaysia (photo: Ahmad Dzakirin)

Perbatasan Indonesia Malaysia (photo: Ahmad Dzakirin)

Jakarta – Anggota DPRD Nunukan Ramli kaget ternyata banyak warga desa di perbatasan RI-Malaysia di Nunukan, Kalimantan Utara memilih menjadi warga Malaysia. Alasannya mereka merasa lebih diperhatikan dan mendapat kesejahteraan.

“Mereka malah senang pindah ke Malaysia,” imbuh politisi PAN ini, Kamis (13/11/2014).

Ramli yang berdialog dengan warga perbatasan, Rabu (12/11) pun hanya bisa geleng-geleng mendengar pengakuan itu. Memang, suplai barang dan pekerjaan lebih menjanjikan di Malaysia. Mereka mendapat gaji yang lumayan, belum lagi pendidikan anak-anak mereka bagus.

“Lapangan kerja di Malaysia memadai, fasilitas dan suplai barang juga bagus,” terang Ramli.

Dia berharap pemerintah pusat tak diam saja soal insiden ini. Segera melakukan tindakan agar mencegah eksodus warga karena bagaimanapun akan mempengaruhi batas wilayah.

“Ada 10 desa yang sebagian penduduknya sudah menjadi WN Malaysia,” tutup dia.

Bagikan Artikel :

  101 Responses to “Ketika Negara (Lain) Memanggil”

  1. JAYA TNI

  2. koramilnya mana?

    • salam kenal bung…. betul bung xtrada.. kalau cuma pindah ke WN an tidak ekuivalen dengan pergeseran patok… Tapi kalau Malaysia berani caplok wilayah NKRI, saya kira tidak ada jalan lain kecuali dengan KETEGASAN Tindakan…

    • Ada benarnya..koramil, polsek, rt,rw, muspida, bpn, dprd, etc.panjang deh.tapi rumput tetangga lebih hijauuuu..data lengkap ada di bata merah

    • betul bung.banyak yg mengira bahwa dengan berpaspor negara lain,wilayah yg di tempati juga berpaspor negara lain.semoga pemerintahan jokowi segera memprioritaskan masalah ini terlebih dahulu.ini adl bentuk perang secara diam2 dari malaysia.jika mereka menghargai kedaulatan negara kita,tidak seharusnya mereka menerima permintaan kewarganegaraan dari warga kita tanpa berkoordinasi dan konfirmasi terlebih dahulu kepada pemerintah kita.kenapa orang DPRD baru tau sekarang jika ada eksodus seperti ini????jika kita berbenah mulai sekarang sesungguhnya sudah terlambat.tapi itu lebih baik daripada tidak.negara yg besar ini seakan2 tidak memiliki taji jika berhadapan dengan malaysia.kemana fungsi MUSPIDA,perangkat desa dan orang2 yg berurusan dengan administrasi di daerah nunukan,kenapa tidak ada laporan sama sekali?kenapa baru ter ekspos sekarang?kemana pemerintah daerah?kemana?kemana?dan kemana?????generasi sekarang tidak menhargai apa yg telah di lakukan para pejuang kemerdekaan yg rela mengorbankan seluruh kehidupannya demi mempertahankan setiap jengkal tanah yg mereka cintai.tp generasi sekarang tidak memahami makna perjuangan mereka.

      • kalo mereka mau pindah yah g apa2lah…kan kampung sebelah jg masih kerabat mereka…masalah pindah WN hal yg biasa aja….hikmahnya pembangunan di Perbatasan harus lebih terencana..shg timbul pusat2 ekonomi..kalo makmur pasti mereka akan balik lagi…ini sih sdh sifatnya manusia mencari penghidupan yg lebih baik…

    • setuju bro…he7x…my uncle jg WN Malaysia…ada jg kerabat WN Belanda…

    • Kalo saya masih ragu untuk mengandalkan GPS. Terlalu banyak variabel yang bisa diutak-atik. Pertama, semua satelit gps itu dikendalikan oleh siapa, mungkinkah masih bisa dikirim koordinat palsu, kedua, bisa saja dari lokasi terdekat dikirim sinyal gps palsu dengan pancaran gelombang radio yang lebih kuat dari sinyal gps aseli (seperti yang dilakukan Iran terhadap UAV Amrik)? Tapi saya setuju dengan bung Xtrada bahwa jaman sekarang pergeseran patok sudah banyak berkurang.

    • ya beda konteksnya bung Ahmad. Kalo pindah kewarganegaraan karena keinginan pribadi sih sah-sah aja. Tapi kalo keinginan itu timbul karena bujukan maling dalam rangka mencoba menguasai tanah tempat kita tinggal ya ini baru luar biasa….

  3. Semoga mendapat perhatian.

  4. Ikut Prihatin mudah2an kedepannya lebih diperhatikan

  5. Sampai jumpa kembali kawan……

    tamparan keras buat R.I.,,,, plaaaaakkk.

    aayo Indonesia,, perbaiki diri dandan semenarik mungkin biar seluruh rakyatmu tetep lengket kaya perangko πŸ˜€

  6. Prihatin…nasionalisme sudah luntur…

    • nasionalisme tapi kelaparan emang bisa bertahan ?? kalo situ enak tiap hari bisa makan enak kalo sodara2mu diperbatasan apa sama dengan apa yang kamu makan,

      • Bung Bangjo, maaf ga bermaksud apa-apa… tinggal di ibukota belum tentu semuanya bisa makan enak… mungkin bisa bertanya pada para veteran pejuang-pejuang untuk mencapai kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan apa aja sih yang dialami… saya menduga tidak hanya rasa lapar tapi juga kehilangan harta, sanak dll… sekali lagi maaf tidak bermaksud menggurui… hanya membandingkan…

  7. pertahankan tk bisa dipisahkan dr ekonomi,, jgn spt korut,,jadilah spt china yg kuat militer dan ekonominya

  8. slamat tinggal wahai saudaraku….
    pilihanmu adalah jalan yang sudah ditakdirkan oleh Allah pada kita semua….
    teruslah lurus kedepan jangan melihat kebelakang,karna pintu kami tidak terbuka untuk kedua kalinya….
    semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari
    salam penuh kesedihan dan air mata tak akan mengubah apa yang sudah digariskan…
    doa kami selalu menyertaimu

  9. Biar aja pindah jd warga negara lain, yang penting wilayahnya ga ikut pindah.
    wilayahnya yg kosong kasihkan pada WNI yg masih setia pd NKRI
    semoga pemerintah cepet sadar dan memperhatikan daerah2 perbatasan.

  10. hancur hati negara ini

  11. Miris sekali, Indonesia yang besar ini seolah dipecundangi malaysia.
    Siapa yang patut disalahkan disini? Saya rasa semuanya salah. Pemerintah kita yang meributkan masalah gaje, pemerintahan malaysia yang mau saja menerima WNI, dan termasuk saya yang hanya bisa diam saja tanpa melakukan suatu tindakan.
    Belum terlambat bagi kita untuk berubah, sehingga kejadian ini tidak akan terulang. Pikirkan yang terbaik untuk rakyat jangan hanya memikirkan diri sendiri dan golongan. Saya sebagai rakyat juga akan mencoba melakukan yang terbaik untuk bangsa ini.

  12. tunggu 5-10 th kedepan,akan berbalik keadaan dimana orang malaysia yg ingin menjadi warga negara Indonesia…amin

  13. nasionalis??? kami jauh lbih nasionalis dibanding kalian… menikmati hasil SDA kami mlain dri nenek moyang sampai anak klian skrng…mnguras habis kkekayaan alam kami…merusak hutan kami…. kami berjuang untuk hidup dperbatasan tanah tumpah darah kami sndiri yg kami perjuangkan sejak nenek moyang kami hidup…. tau apa kalian ttng nasionalis?? malaysia lebih memanusiakan kami dibandingkan pemerintah indonesia….

    salam kemanusian * Bangsa dibuat agar rakyat bisa hidul sejahtera, jika tidak untuk apa??

  14. Warga negara boleh pindah tapi wilyah nkri harga mati berani geser patok apalagi caplok desa yang masuk wilayah nkri= ngajak perang!!!! dan tidak ada negosiasi untuk masalah ini clear!!!! untuk politisi pan harusnya bisa membedakan masalah pindah warga negara dan patok perbatasan. Masalah ini mirip dengan imigran gelap diperbatasan amerika dan kuba dimana banyak warga kuba yang ingin jadi warga negara amerika. Solusinya jelas sila ke lima pancasila harus ditegakkan dengan pemerataan pembangunan. Kalo perlu galakkan lagi program transmigrasi.

    • setuju bung.
      yg jadi saya heran, kenapa jiran itu mau mengimimg-imingi mereka pndah warga negara?
      karena pastii pemerintahnya jg harus menyediakan mereka makan dan perumahan dll.
      apa negara itu kekurangan orang? atau akal2an saja spy mereka bisa mnegklaim
      bekas wilayah warga kita yg eksodus menjadi milik nya juga?
      Kudu hati-hati ma tetangga yang satu ini, akalnya licik…

      • disini juga bumi allah bung.sama kok.bukan hanya disana saja.yg perlu di tanyakan,kenapa negeri anda tidak konfirmasi kepada pemerintah kami jika ada eksodus warga indonesia ke negara anda.jika anda menganggap kita adalah jiran yg baik,tentunya ada baiknya saling mengingatkan.

        • kalau di ikutkan laporan berita (diatas).. penduduk kamu yang berhijrah.. dari negeri kamu masok ke negeri kami melalui sempadan negara kami…. kenapa kami harus bagitau.. sama pemerintah kamu..

          dan tentu juga pemerintah kamu juga tau … yang banyak warga kamu berhijrah ke negara kami..

          berkenaan eksodus WNI atau TKI.. pemerintah kamu mesti ada maklumat .. takan semua hendak di suap.. pemerintah negara kamu seharusnya peka..

      • Memang licik, coba cek ke wilayah malaysia bagian utara menurut bung yayan disana melarat sama seperti wilayah kita yang kurang beruntung. Sok-sokan nampung warga Indonesia!!

  15. nasionalis??? kami jauh lbih nasionalis dibanding kalian… menikmati hasil SDA kami…mnguras habis kkekayaan alam kami…merusak hutan kami…. kami berjuang untuk hidup dperbatasan tanah tumpah darah kami sndiri yg kami perjuangkan sejak nenek moyang kami hidup…. tau apa kalian ttng nasionalis?? malaysia jauh lebih memanusiakan kami dibandingkan pemerintah indonesia….

    (Ini fakta…ga percaya silahkan tnggal ddaerah perbatasan 1 bulan saja)

    salam kemanusian * Bangsa dibuat agar rakyat bisa hidul sejahtera, jika tidak untuk apa??

    • Bung Amote…Anda sebut anda lebih nasionalis dan anda jga bilang malaysia lebih memanusia kan Anda dari pada pemerintah Indonesia…saya tak paham maksud Anda.

      • gni loh bung ente pernah gk hidup serba kekurangan, tak ada listrik, air pun tempatnya susah, infrastruktur masih seadanya. kalo ujan jalanan gk bisa dilewati. kagak keurus ma negara, kalo ente prnah hidup seperti itu ente akan tau apa itu “memanusiakan”.

        • Bangjo apa hubungan nya dg nasionalis

        • nah,justru nasionalis itu letaknya disana bung bangjo.pejuang terdahulu tidak mendapat fasilitas apa2,tp merek berjuang demi bangsa.maaf ini hanya opini saja bung.mari kita share disini.semoga pemerintah yg baru dapat segera membangun perbatasan yg lebih baik dan sejahtera.kita semua berharap seperti itu

    • coba artikan apa itu nasionalis bung?supaya kami mengerti maksud anda.karena bagi sebgaian besar warga jakarta greater nasionalis adalah mencintai bangsa dan negara ini dengan segala kekurangan dan kelemahannya.apapun yg terjadi,dan bagaimanapu keadaanya,ini tetap identitas diri setiap warga indonesia

      • AKUR, maaf saya kopas :
        mencintai bangsa dan negara ini dengan segala kekurangan dan kelemahannya.apapun yg terjadi,dan bagaimanapu keadaanya,ini tetap identitas diri setiap warga indonesia
        – by bung @juang

    • Ini komen paling mantepp…

  16. Alhamdulillah sesusah susahnya hidupku di Negara tercintaku ini..tdak mlunturkan rasa Nasionalis di dada…wlaupun memang bgitu susahnya mncari pkrjaan yg layak,korupsi merajalela,nepotisme dan uang pelicin msih bgitu kntal..wlau si kaya tdk lg perduli dgn si miskin,byk pjabat yg lupa tugas dan kwajibannya hanya bisa berjanji…ksenjangan sosial itulah sbnarnya yg dpt mngikis rasa Nasionalis dn bisa mlahirkan pembrontak sprti gam,rms,dan opm…ISLAM NKRI Harga mati!!!

  17. Buruknya sistem pemerataan pembangunan yg diterapkan pemerintah RI berdampak buruknya fasilitas dan infrastruktur yg mereka harapkan sebagai warga perbatasan,, ini bukan kesalahan mereka semata tp kesalahan besar pemerintah RI yg sudah mengingkari amanahnya,,,

  18. tak perlu menyalahkan yg pindah warga negara, dan tak perlu menyalahkan pemerintah, karena cuma itu pilihan yang ada saat ini.

  19. Bung wijaya…

    Monggo ikut merasakan menjadi warga yg tidak dianggap diperbatasan…..

    Yang hanya bisa kalian cap tidak nasionalis…

  20. Jgn menyalahkan warga perbatasan dan juga jgn menyalahkan malaysia, kalau saudara2ku semua pernah ke perbatasan indonesia-malaysia dan tinggal disana pasti anda akan mengerti.

  21. Kalo urusan pindah jdi WNA itu hak masing2 pribadi tpi kalo sampai menjual wilayah itu yg dilarang keras…silahkan saja bila merasa lebih enak menjadi WNA tpi wilayah NKRI tak boleh diubah sejengkal pun

  22. pemerintah patut di salahkan…………..krrna tidak pecus mensejah terakan rakyatnya……
    Taunya cuma ngurusin partainya saja dn korupsi………….

  23. Nasionalis..?? Nasionalisme..?? Seperti apa ya bentuknya..?
    Kalau melihat keadaan sekarang ini…orang yg memiliki rasa nasionalisme yg “cukup” tinggi kebanyakan orang yg menengah keadaan ekonominya…
    kalau yg ekonomi bwah dia merasa kurang perhatian pemerintah/dan kesenjangan sosial yg tinggi dgn orang kya sehingga nasionalisme tidak akan terasa karena kesusahannya..
    Kalau orang dgn ekonomi tinggi kebanyakan dia sudah merasa kuat dgn kemampuannya tanpa peduli negara dan lingkungannya..yg dipikirkan uang,,uang..dan uang…sehingga nasionalisme hanya sekedar kata dan simbolis saja…walaupun masih “cukup “banyak yg memiliki nasionalis yg baik dgn peduli terhadap lingkungannya…
    Coba lihat sekeling kita akan hal ini..
    Maaf kalau ada kata2 yg kurang berkenan…
    Salam nkri..

  24. Sedihh..hhhhhhh…,itulah klu pra pmimpin yg di DPR cman cakar cakaran..sampai terabaikan nasib dn kesejahteraan saudara saudara kta yg di perbatasan..perhatian sekaligus penanganan yg lamban..insfrastuktur pun kurang memadai….

  25. kami tidak pernah makan dari apa yg anda usahakan…. kami warga perbtasan berada di medan terdepan bersama TNI mnghdapi Inggris n Ausi pada opreasi Claret….

    mau merasak Nasionalisme kami, silahkan kami nantikan diperbatasan kalimantan

    Edisi semangat menanti…….

    • Bung Amote@ kami dr jawa brdoa untuk saudara” kami diperbatasan agar slalu diberi ketabahan, kekuatan, kesehatan dan keselamatan dimanapun berada.

      Kami bharap kpd pemerintahan skrg agar lebih mmperhatikan nasib saudara kmi diperbatasan.

      Doa kami… Ya Allah bukakanlah mata dan hati pemimpin kami menjadi amanah hingga mereka peduli thdp nasib seluruh rakyatnya dimanapun berada. Berikannlah kami kekuatan untuk menjaga persatuan bangsa kami dlm bingkai NKRI

    • bung amote,apakah anda juga sudah berpindah kewarganegaraan???kami pun berharap daerah perbatasan dapat dibangun dengan segera,agar orang indonesia yg berada di perbatasan dapat lebih sejatera.

  26. jangan dikaitkan mereka dengan rasa nasionalisme mereka.apa yang pemerintah sudah lakukan untuk saudara kita di perbatasan.???/ nihil… saya berasal dari kalimantan merasa sedih dengan saudara kami di perbatasan.program percepatan pembangunan daerah perbatasan hanya sekedar janji manis hanya sekedar lip servis.kaltim tempat di mana saya dilahirkan sebagai penghasil devisa negara terbesar bagi republik ini.tahun 2010 penyumbang 320 TRILYUN apa yg kami dapat kan……nihillll….. miris amat sangat miris….kemiskinan di daeraah kami…. eksplorasi minyak gas dan pertambangan besar-besaran sda kami hampir habis… apa yg kita dapatkan….

    • Bung@laskar langit..Saya jg dari kalimantan..tpi di kalsel pang…ya saya jg sering dengar tentang hasil SDA Kaltim..dan hasil yg di kembalikan tuk daerah tidak sesuai…karena kebanyakan tambang yg besar2 kantor pusatnya kebanyakan di jakarta demikian jg dgn perijinan dan pajaknya…jdi saya jg ikut prihatin dgn keaadaan ini..tpi allah telah menyatakan yg isinya kurang lebih seperti ini”cari penghidupan yg lebih layak walaupun harus hijrah(pindah ketempat lain)” karena islam tidak di batasi pagar apapun selain akidah..jdi d manapun kita sesama muslim tetap bersaudara..
      Maaf tidak ada maksud “SARA”.karena saya tidak ada menjelikan yg lainnya.
      Salam nkri

    • Kalau ada rezeki dan kesempatan maen ke jakarta bung. Iseng2 lewat daerah Kota, Gajah Mada Hayam Wuruk. Sesuaikan jadwal saudara dengan kunjungan kerja pejabat pemerintah saudara atau anggota dewan. Sukur2 ketemu sama anggota dewan saudara atau pejabat p3merintah anda yg lagi wisata lendir. Maaf terdengar kasar.. namun uang APBD memang byk abis utk yg begituan. Silahkan googling silahkan bertanya sama mucikarinya…

  27. Cinta bertepuk sebelah tangan..lama kelamaan tentu rasa cinta akan hilang…apalagi kalau ada cinta yg lain yg siap menerima cintanya…mungkin ungkapan ini agak sesuai dgn keadaan warga di perbatasan yg sekian lama cinta tanah airnya tetapi negara tidak mencintainya(kalau mencintai tentu apapun kebutuhan akan di penuhi,,terutama kebutuhan akan hidup yg layak,pekerjaan yg layak ,pendidikan,kesehatan, sarana dan prasarana untuk kehidupan itu).dan ada yg lain(malaysia,walaupun mungkin ada maksud tertentu) mencintainya dgn membolehkan memanfaatkan penunjang kehidupan maka cinta warga pun pindah ke sana,,walaupun mungkin dgn agak berat hati karena cintanya di terima oleh “orang lain” bukan cinta pertamanya…CMIIW
    Salam nkri

  28. Memang warga tapal batas itu selalu didiskriminasi oleh pemerintah, Jadi wajar aja kl mereka lebih condong ke malaysia. Walau dihati mereka jiwa nasionalisme masih berkobar tetapi kebutuhan primer,sekunder, dan tertier mereka lebih mudah didapat di malaysia. Disini kita harus ikut mencoba merasakan bagaimana jika kita dalam keadaan tsb??? Apa yg kita lakukan??? Jawabannya sudah jelas pindah warga negara jalan terbaik utk menyambung hidup.

  29. Kalau mengartikan Nasionalisme= urusan perut silahkan ,negara tidak berhak melarang setiap warga negara nya pindah kewarganegaraan, ini juga sebagai gambaran belum mampunya pemerintah dalam pemerataan pembangunan diperbatasan .semoga ini menjadi tamparan buat pemimpin daerah dan pusat agar lebih memperdulikan saudara-saudara kita diperbatasan yang masih ingin menjadi warganegara NKRI .

  30. Kok tadi gak Bisa koment yaah ??? DiLarang Koment KaLi he he he :mrgreen:

  31. Saya setuju warga kita pindah bila perlu deportasi.. Tapi khusus buat warga penghuni senayan yg doyan duit..

  32. Jangankan di perbatasan NKRI, lah wong di perbataasan DKI aja masih banyak kisah sedih. Hanya saja yang di perbatasaan DKI lebih parah. Udah ga bisa makan, ga ada yang peduli, ga bisa pindah warga negara pula.

  33. hal ini yg dulu sering saya ungkapkan..rakyat di sepanjang perbatasan butuh perhatian extra,ini bkn lg masalah nasionalisme tp perut..malaysia bs memberikan apa yg dibutuhkan mengapa tdk,bs di bygkan lagu kebangsaan malaysia mereka lbh hafal drpd indonesia raya,menonton siaran televisi malaysia semua chanel terang sedang indonesia cm dpt tvri itupun msh harus pake antena yg tingginya kaya pohon kelapa,sinyal selular lbh mudah operator malaysia,jual beli sembako lbh mudah,jual hasil perkebunan seperti coklat,karet,lada dll lbh tinggi di malaysia,emas jg mereka berani beli lbh tinggi,pelayanan kesehatan yg sangat memadai dll..klo keadaannya seperti itu siapa yg tdk berpaling kawan…patok batas negara sebenarnya wni sendiri yg memindahkannya bkn ulah pemerintah malaysia,krn mmg keinginan mereka utk menjadikan daerahnya sbg bagian dr malaysia,alasannya ya lbh terjamin..

    • Assalamualaikum wr.wb.
      sip πŸ˜‰

    • @frans setuju dengan komen anda. pemerintah harus lebih fokus lagi mengurus perbatasan.Sesuai amanat UUD 1945 ….. Kalau rakyat di perbatasan kurang diperhatikan, wajar saja mereka hijrah ke tetangga.contoh kecil kalau anak dalam satu keluarga kurang diperhatikan ya wajar saja mencari perhatian diluar rumah.IMSO

  34. Jangan menyalahkan warga perbatasan, anda tidak tahu bagaimana susahnya hidup mereka, untuk menjual hasil ladang saja mereka harus berjalan kaki selama 4 jam, kalau tidak percaya silakan lihat tepatnya dipekan lachau daerah sri aman serawak..

  35. Tanya kenapa ?

  36. Iki Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia gaweane opo kok bola- bali terulang terus ?!

  37. klo rakyat makmur, nasionalisme pun tak akan pernah luntur !!! semoga keadilan dan kesejahteraan untuk seluruh rakyat Indonesia segera tercapai ! amen

  38. Makanya ada baiknya besok2 judul berita diganti, jangan SEKIAN DESA DICAPLOK MALAYSIA, tapii.. SEKIAN DESA DIABAIKAN NEGARA atau NEGARA MENGABAIKAN MASYARAKAT PERBATASAN YANG MEMBUAT MEREKA PINDAH. Lbh bagus lagi ada berita yang mengatakan NASIONALISME TIDAK BISA DIUKUR DENGAN PERUT LAPAR.

  39. Aku pernah dnger suatu ungkapan, “kau boleh membenci pemimpinmu,tapi kau harus membela tanah airmu”.

  40. Bukan lagi masalah cinta tanah air..tapi kenyataannya “rumput tetangga memang lebih hijau” # Miris tapi tak bisa menyalahkan mereka

  41. Darah dab hati saya merah putih….

    Warga Negara Indonsia….

    Saya tidak rela kami sllu di cap tidak Nasionalis..dan yg kalian harapkan hanya wilayah yg luas tampa pernah mau memperhatikan manusianya.. seolah2 yg diperlukan hanya kekayaan alam luas wilyah kami….

    • Asal ente tahu bung amote…sy kerja di perusahaan keuangan malaysia yg beroperasi di indonesia…saya yg mencarikan uang buat anda nikmati diperbatasan karena untung dari perusahaan malaysia yg diperoleh di indonesua di putarnya di malaysia…jadi jangan bicara malaysia lebih memperhatikan anda ketimbang kami orang indonesia nasionalis…anda cuma menikmati sisa makanan orang malaysia sementara kami yg nasionalis ini yg masak untuk kalian! Jangan sombong jadi orang malaysia! Sy tau bener rapuhnya sistem moneter malaysia yg sangat bergantung pada operasional perusahaan mereka di luar…

    • Saya percaya hati bung merah putih….boleh kok bung bekerja dan cari makan di malaysia tapi urus ya syarat syaratnya seperti pasport dllnya jadi statusnya pekerja asing atau TKI trampil lah…lha kalau trus menjadi warga negara malaysia dgn alasan cuma isi perut ya akan banyak yg mengatakan bung menghargakan NKRI dgn isi perut..

  42. Mungkin perlu di pikirkan usul saya tempo hari….pindahkan WNI dari perbatasan darat ke pusat konsetrasi masyarakat yg mudah akses kehidupannya…lalu jadikan daerah perbatasan itu daerah militer,buat parit dan jebakan tank memanjang perbatasan selebar 6 meter dan sisi kita buat gundukan tanah setinggi 6 meter untuk pos penembakan dan pillbox meriam…kita jadikan perbatasan kita inferno buat penerobosnya…drpd jadi perdebatan gak berujung soal nasionalisme dan kesejahteraan…

    • Wah bung @wehrmacht, boleh tuh ide bagus, jadinya perbatasan diisi oleh tentara semua. Ayo siapa ikut jaga perbatasan bareng TNI (jangan nyebrang tapi ya!!!)

      • He he kalau nyebrang hukum militer yg bicara bung…satu peluru di belakang batok kepala…namanya wilayah militer… πŸ˜›

        • @wehrmach masalahnya kalau tanah yang mereka tinggali itu tanah keramat atau tanah peninggalan nenek moyang mereka dulu jadinya susah, namanya juga desa pasti nilai2 kebudayaan yang turun temurun pasti benar-benar dijaga apalagi itu menyangkut tanah leluhur …..

  43. Nasionalisme seharga beras dan sembako

    Nasionalisme zaman sekarang bergeser maknanya, bukan lagi melulu tentang perang melawan kolonial, berjuang mengusir para penjajah, mengangkat senjata dalam pertempuran
    Nasionalisme berbanding lurus dengan infrastruktur yang memadai
    Nasionalisme adalah persamaan hak dan kewajiban
    Nasionalisme adalah seperangkat aturan hukum yang ditaati dan dijalankan dengan konsisten oleh seluruh pihak
    Nasionalisme adalah idiom tentang seberapa layak negara memperlakukan rakyatnya
    Nasionalisme adalah bagaimana caranya hidup sejahtera
    Nasionalisme bukan apa adanya, tapi ada apanya.

    Nasionalisme makin hari makin sempit ternyata.

  44. Astagfirullah, kalau lihat fotonya itu di aji kuning, kecamatan sebatik utara, kab nunukan, prov kalimantan utara, 2 bulan sekali saya pergi ke sana, saya sangat prihatin dengan pindah kewarganegaraan WNI -> WNM, semoga dengan berhasilnya pemerintahan baru Jokowi JK, menghemat anggaran 15 T dibulan pertama kepemimpinannya anggaran yang di hemat tersebut dapat digunakan untuk mensejahterakan warga di perbatasan. Aamiin Ya Rabbal Alamin

  45. Yang salah adalah pemerintah pusat sampai pemerintah daerah setempat, kenapa buta, tuli, gagu, dan lumpuh,……….gak malu sama tetangga,………ini juga mengherankan !!!

  46. solusinya cuman atu..kayak yg pernah ane bilang, bikin jalan sepanjang perbatasan..secara ada jalan ada kehidupan..

    setelah ntu, pindahin tembok cina ato pagar israel ke semua perbatasan πŸ˜€

  47. solusinya cuman atu..kayak yg pernah ane bilang, bikin jalan sepanjang perbatasan..secara ada jalan pasti ada kehidupan..

    setelah ntu, pindahin tembok cina ato pagar israel ke semua perbatasan πŸ˜€

  48. dobol adalah anugerah..

  49. Pada pindah?itu wajar jika tdk ada perhatian pemerintah .sebab perhatian pemerintah hanya tertuju pd jawa.jika pemerintah malaysia mau memberi modal dan tempat wira usaha menjadi wna pun tdk masalah.jika pemerintah malaysia mau menyedot para wira usaha muda yg memiliki semangat untuk maju,saya yakin ekonomi malaysia akan bangkit.daripada jiwa wira usaha kami padam dan pemerintah hanya tahu menagih pajak!,pajak!pajak!

  50. kelemahan indonesia di perbatasan adalah infrastuktur yg jelek,dan kurangnya pasokan bhan pokok ke perbatasan semua dsediakan malay,jauh sekali perbandngan malay dg ndo disana,mudahan 2 pembentukan propinsi baru dsana bisa mempercepat pembangunan di perbatasan,klo tdak berarti ada kesalahan di pemdanya,jgn lupa malay membantu menjadikan wrga dsana menjadi wrga malay pasti ada udang di balk batu apalagi niatnya klau bukan mencaplok wlayah disana secara diam2

  51. kata bung Satrio.., jatuh kerena tertiup angin sepoi2.. he..3x

  52. Nasionalisme itu sudah luntur dari pemerintah pusat hingga daerah sehingga mereka menelantarkan masyarakat di perbatasan dan juga masyarakat Indonesia secara umum. Jadi pertanyaannya berapa banyak Nasionalis yang masih tersisa di Republik ini? Karena banyak yang hidup di Indonesia, memiliki surat warganegara dan kependudukan, punya tanah dan aset di Indonesia tapi tidak Nasionalis juga.

    Nasionalis adalah seseorang yang memikirkan dan menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi dan golongan. Sikap Nasionalis dimulai dari pemimpin Republik ini dan kemudian diwariskan ke anak cucunya, apa kira-kira yang sudah diwariskan pemimpin Republik ini dari masa ke masa? Sikap mementingkan kepentingan bangsa dan negara atau malah sebaliknya lebih mengutamakan kepentingan pribadi dan golongannya saja?

  53. Merdeka atau mati..(itu tahun 1945) karena kita dibikin lapar susah dan kekurangan.
    tp sekarang Orang mana yang kuat liat anak istrinya kelaparan dan kekurangan?.

    silahkan yang mau jawab?
    ini salah satu forum yang freedom tanpa merugikan orang lain.

  54. titik koordinat perbatasan darat laut dan udara sudah jelas kok, lalo nda percaya datang aja ke Badan Indormasi Geospasial …

    Yang menjadi masalah adanya oknum baik bangsa sendiri ataupun puhak asing yg mencoba menggerogoti NKRI …

    Bersahabat tapi menusuk dari nelakang, ini bahaya yg harus segera ditindak. Awasi betul2 dgn negara yg ngakunya sahabat macam : Singapura, Malaysia, Australia, dan Amerika ..

  55. hei bung untuk apa ribut-ribut tentang marga negara yang exsudus kenegara tetangga ga akan ngerubah keadaan.
    tapi kita punya prinsip nasonalisme yang kita pegang””JANGAN ENGKAU PERTANYAKAN APA YANG NEGARA BERIKAN KEPADAMU TAPI APA SUMBANGSIHMU UNTUK NEGERI TERCINTA INI””

 Leave a Reply