Des 202018
 

Tank tempur utama Leopard 2A6 Angkatan Darat Yunani © Konstantinos Stampoulis via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Sistem Perlindungan Aktif (APS) Trophy buatan Rafael pada tanggal 6 Desember lalu, telah dipamerkan kepada para pejabat Yunani di sebuah kamp militer yang ada di Avlona. Sistem asal Israel tersebut disajikan pada tank tempur utama Leopard oleh perwakilan ALDI Ltd, seperti dilansir dari laman laporan oleh Defence Point.

Yunani dilaporkan mengungkapkan keprihatinannya atas kemajuan yang sekarang dibuat oleh Angkatan Darat Turki pada Sistem Perlindungan Aktif (APS) untuk tank tempur utama Leopard 2A4 dan M60T Patton.

Sementara itu, dilansir dari laman PRO News, Yunani kini mengkhawatirkan kemungkinan terjadinya konflik militer di perbatasan sungai Evros dengan Turki.

Dalam laporannya, PRO News menyebut bahwa Turki berencana untuk melengkapi sekitar 200 armada tank yang terdiri dari 120 unit M60T, 40 unit Leopard 2A4 dan 40 unit M60A3 dengan sistem proteksi aktif buatan Aselsan yang disebut Pulat.

Sistem Proteksi Aktif (APS) Pulat buatan Aselsan, Turki © Youtube

Pulat merupakan varian dari Sistem Proteksi Aktif (APS) Zaslon-L Ukraina yang diproduksi oleh Turki. Program pengembangan APS berbasis Zaslon-L dikabarkan dipimpin industri pertahanan Aselsan.

Yunani saat ini memiliki beberapa ratus tank Leopard dalam Angkatan Darat. Syarat-syarat kesepakatan dengan Kementerian Pertahanan Yunani untuk Sistem Proteksi Aktif Trophy buatan Rafael Advanced Defense Systems hingga saat ini masih belum jelas.

jakartagreater.com

  One Response to “Khawatir akan Turki, Yunani Lirik APS Trophy”

  1.  

    Wuih kerjasama PT.Pindad untuk Pulat Turkey mantap jg nih untuk LeopardRI.