Aug 202014
 

image

X-47B US Air Forces dan UAV “sword” China, sama dan hanya sedikit perbedaan

 

image

MQ-9 Predator USAF dan Wing Loong China

 

image

Tinggal Triton yang tersisa (dan tidak akan lama)

ATM: Amati, Tiru, Modifikasi

  124 Responses to “Kiat Kebangkitan Alutsista China”

  1. mbah bilang apa

    • Ayo mbah..puji2 lagi negara lain mbah..rendahkan Indonesia mbah.!!!.Slm DEVIDE ED AMPERA mbah bowo

      • bukan muji china tapi memang kenyataannya begitu kok dek

        • maaf mbah ya..Dulu dijaman Rasulullah orang kaya mbah ini sudah pernah ada mbah…salah satunya Abdullah bin ubay bin salul,didepan nabi pura2 rendah hati didepan orang menakut-nakuti klo di ajak perang macam2 alasannya..ini yg katanya nabi..
          “ORANG MUNAFIK”..hehehe..orang lain boleh percaya sama mbah klo saya maaf2 aja mbah saya punya keyakinan dan dasar hukum agama sendiri…ok mbah..Lanjutkan perjuangannya..!!!!!

        • gw cuma sembah Yang Maha Esa bukan yg lain mbah.

    • tumben si mbah pagi2 dah muncul…

      • mbah ini, sudah memprediksi china akan menjadi kekuatan yang maha menakutkan di seluruh dunia.

        Melawan kebijakan china sama dengan mati.

        • benar menakut kan kah mbah Bowo….???? kami ini yang hampir 30 tahun bercampur dgn China ( walau pun tak di negri China ) tau kelemahan nya di mana….. he he maaf mbah kalau ngaur

          • mbah ini yakin china akan murka bila dibantah ! karena mereka adalah negeri yang gagah perkasa, pasukan pasukan yang berjuluk serigala serigala biru dari gunung tianmen,

          • Apalagi sekarang anak-anaknya pada manja ya bung Kilik, mari kita puji-puji terus biar mereka tambah kolokan dan tidak mampu bersaing lagi he…he….

        • mampus aja loe wo…

        • Mbah bowo nama aslina sau cheng jadi jgn heran kalooo mengagung2 kan cina

        • apalagi jika aliansi Indonesia- Jepang terwujud di bidang militer. secara kekuatan, indonesia jepang disparitasnya nggak terlalu jauh, jadi sangat memungkinkan adanya aliansi setara antara Jepang dan Indoneisa… CHina bakalan gemeteran mbah menghadapi keduanya.. kalo macem macem, china bakalan mati mbahh..

    • mbah bilang pertamax

    • mbah akan selalu memberikan pencerahan pencerahan pada adek adek semua. Ingat ya, perang itu indah tapi mengerikan.

    • Mbah mu Bowo “Ngatheli”

      • kenapa tersinggung mbah menyebut china sangatlah kuat ? kalau mau kuat ya harus belajar dari mereka. itu yang bener, jangan pake fanatik buta

        • Kali commen mbah ada benarnya.. Seandainya kita belajar sampai ke negeri china pasti kita akan lebih maju.. Gimana caranya? Ya kayak china..

          • caranya ya harus belajar dan belajar, meniru dan meniru, menjiplak dan menjiplak.

          • mbah, klo meniru dan menjiplak, kemampuan kita selalu dibawah yang ditiru dan yang dijiplak nya ,,

            klo mau lebih maju, meniru, sedikit, tp ditambah inovasi,,
            soal nya klo meniru semua seperti gambar di atas, rasa nya kurang baik kedepan nya nanti, utk hub,luar negri nya,

            klo bisa seperti anoa, meski meniru VAB prancis, tp ada yang beda dri body, dan persenjataannya serta kemampuan nya lebih baik, tp harga nya murah..

          • Ada kearifan lokal indonesia ingat 3N; Niteni, Niru lan Nambahi…

    • kayaknya mbah bowo ini orang admin JKGR juga. Mungkin admin memainkan skenario bad cop and good cop untuk sekedar memancing dinamika diskusi yang ujung-ujungnya rating blog meningkat. curiga kok bisa mbah bowo dapat pertamaxx….(kecuali dia seorang admin yang tahu kapan artikelnya dia upload).

      • Mbah Bowo bukan Admin JKGR
        Salam

      • Dulu saya juga sebel sama mbah bowo tetapi lama lama saya biasa ,,,dan menghormati dan menghargai statemen beliau..
        Kalau kita pertama kena suatu racun memang akan meriang tetapi tubuh akan membuat anti body sendiri,, sehingga kita akan terbiasa dengan racun itu (Kebal)
        Dan bila ada jenis racun yang lain yang ingin menyerang maka warjager akan terbiasa dan bijak karena sudah di LATIH oleh mbah bowo selama ini,,jarang lho punya mentor mentalnya sekuat mbah bowo

        Yang saya tangkap dari semua pesan mbah bowo adalah selalu mengingatkan rakyat Indonesia akan bahaya laten Komunis di indonesia yang masih tetap tumbuh,,tetapi bahasa mbah bowo tersamar…
        warjager semoga bijak dan gak terlalu negative thingking karena semua pasti ada hikmahnya,,termasuk mengambil hikmah dari mbah bowo

        • Betul bung@Satrio..Tidak semua racun bisa meracuni tubuh ada juga racun yg bermanfaat untuk tubuh..Contohnya BISA ULAR klo dibuat serum ternyata bisa bermanfaat buat kekebalan tubuh..hehehe..Maju terus mbah bowo tetaplah jadi ULAR BERBISA yg bermanfaat untuk manusia..!!!!!

          • Wah Bung Preman sadis bener, Masak Mbah Bowo di samain Ular… Kasiankan mbah bowo, apalagi roman-romannya negeri ini bakal ada acara sarpahoma…

        • bung satrio terkait dengan komunis yang sudah bangkit dan masuk dalam sendi sendri negara, gimana antidotnya ? trus bila seandainya mk ngabulin permohonan sengketa pilpres, dan capres no 1 jadi presiden (tapi ini masih dalam khayalan yah,namanya juga tebak2 buah manggis) kira2 ancaman untuk terjadinya chaos seberapa besar dan gmana antidotnya, apakah kejaiannya akan seperti taun 98 atau lebih besar

        • sama bung sat… saya dulu juga sebel banget sama mbah bowo. komentnya ngeselin banget. tapi setelah banyak baca jurnal hubungan internasioal tentang agresifits china, kayaknya emang bener bahwa future potential enemy adalah china. US dan sekutunya dah mulai melemah karena ekonominya juga mulai melemah. bener kata mbah bowo, indonesia bakalan berat kalo menghadapi china sendirian. dulu ada seminar dari lemhanas juga pernah menyampaikan seperti itu, makanya indoensia harus segera menjalin aliansi militer yang kuat dengan negara lain. asean sudah nggak bisa diharapkan lagi. aliansi militer harus dengan negara yang kekuatan militernya seimbang, contonhnya adalah aliansi dengan pakistan atau jepang…

          maaf, opini pengangguran

      • Dak masalah.kalau diskusi cuma biasa biasa g ad yang ngebantah g asik.malah tambah menarik ad yang beda pendapat.
        Salam

    • iya RRC itu masih memiliki 300 juta rakyat miskin…yang rawan utk diprovokasi krn mayoritas yang miskin ini bukan etnis HAN…jadi kalo mau acak2 Red China itu mudah…kan…sejarahnya Etnis China bukan prajurit hebat…krn raja2 agung China harus mengirimkan upeti dalam bentuk bantuan ekonomi ke bangsa2 utara spt Mongolia…Manchu…Tajik..dll..supaya mereka tenang dan tdk menginvasi ke selatan…contoh jelas yaitu tembok China itu dibangun krn kaisar China capek menghadapi serangan bangsa2 utara…..fakta ke-dua..China dijajah 2 bangsa asing utara yaitu dinasti Yuan Mongol dan Qing Manchu..selama hampir lima abad…totalnya….itu aja…bangsa China itu memiliki mental pedagang…mereka relatif menghindari perang yang buang ongkos…

      • Jangan lupa china juga perna dukuasai jepang di PD 2

        • Betul Sekali Kawan

        • jepang hanya menguasai pesisir, tidak masuk ke pedalaman china tengah, mohon di baca lagi sejarah

          • Jepang gak masuk karena secara ekonomi gak efisien, secara militer juga buang tenaga…itu hasil baca!!!

          • bener mbah. emang ejpang nggak perlu nguasain sampai tengah. kekuatan militer china pada saat itu adalah pesisirr. di tengah tu ada ekonomi yang bagus namun sangat susah mencapai pertengaahan karena menyangkut logistik militer yang banyak..dengan menguasai pesisir jepang dapat kok menggerakkan ekonomi bahan mentah dari china untuk dipasok eke jepang. karena masyarakat china saat itu lemah banget dan mudah digertak militer jepang

    • Walupun di puji setinggi gunung Dan langit.ke adaan di indonesia tidak akan bisa sebesar China.karena anggaran belanja militer indonesia relative kecil.lihatlah listnya.tidak sepenuhnya memuji Negara lain itu salah.yg salah kalau hukum tidak diletak pada tempat.aku setuju
      dengan mbah yg memuji China.karena sejatinya China yg menjadi Negara contoh pada Indonesia.lagian bawa hukum kesini untuk APA..pantat…bukan anda saja yg tau hukum Pinter..!!!!!

      • Bukan tidak bisa bung, tepatnya belum bisa. bagaimana kalau nanti tiba-tiba pemerintah mengeluarkan anggaran untuk pertahanan berkali-kali lipat??? Kalau soal anggaran masih mungkin bung, Yang susah dirubah adalah mental-mental pengambil kebijakan… dan menurut saya pribadi permasalahan utama bangsa kita ada di manusianya (Pemimpin)..

    • sepakat ma ente mbahh.. musuh kita kedepan adalah pasukan dari utara..

      firasat aen sih gitu juga mbah.. blok barat dan nato udah mulai melemah, sekuat apapun mereka mau mnghancurkan indonesia bakalan impacnt nya nggak terlalu besar. kita harus sadar bahwa dimasa depan ada future enemy(china) dan perlahan lahan mulai tidak terlalu mewaspadai old enemy (USA)..

    • cina bisa kaya gitu

      pertama mereka kompak dan sepaham dalam membangun bangsa.
      kedua mengahrgai dirinya sendiri dan cinta produknya sendiri.
      ketiga tenaga riset diberi kepercyaan utk mengembangkan teknologi.
      keempat menguasai industri dr pecah belah sampai micro chip dari kw1-3.
      kelima rakyatnya tersebar diseluruh dunia dn menjadi warga negara lain, tp secara tidak langsung menjadi agen perdaganagan produk cina. hehehehe.

  2. Kapankah Indonesia..????

  3. ngarep.com

  4. affirmative

  5. Selamat pagi…..!!!!

  6. LANJUT KAN

  7. Hemmm…..
    Absen aja.

  8. Wah ketuju…lumayan b…baca lagi ahhh..

  9. Kalau sebagai pengamat saya masih ketar-ketir negeri upil yg banyak menimbun alutsista modern,karena negeri ini nantinya seperti yahudi lambat laun semua kepulauan Riau bisa dilahap…andaikata di kepulauan riau tidak di imbangi kekuatan alutsista yg setara dengan negri upil ini…ini sudah saya prediksi….

    • sehebat2nya Singapura…mereka hanya negara kota seluar 1000 km2,,,,lagipula mereka jg pasti tdk bermental spt palestina gaza..krn mereka bangsa makmur….sulitlah mereka bertahan…….

  10. hahaha mesin potokopi.

    • Tuh kan namanya UAV kalo di kasih senjata jadi UCAV bukan drone. Repot emang

      • bung freaxout,

        ini dari dronewars.net,

        Unmanned aerial vehicles (UAVS), also known as drones, are aircraft either controlled by โ€˜pilotsโ€™ from the ground or increasingly, autonomously following a pre-programmed mission. While there are dozens of different types of drones, they basically fall into two categories: those that are used for reconnaissance and surveillance purposes and those that are armed with missiles and bombs.

        intinya 2 kategori, intai dan serang (incl. ucav)

        • Iya bung danu. Hanya saja persepsi saya pesawat sipil kan bisa buat rekonaisans dan surveilens seperti AWACS ato armed dengan rudal dan bom seperti CN 235 MPA juga gunship di artikel di depan. Tapi ya tetep aja bukan fighter aircraft kan yah. Puna ato uav yang ecek2 aja ada kalo yang surveilens kalo yang rekonaisans lebih rumit. Ditambahin senjata jadi ucav lebih rumit lagi. Yang paling TOP ada AI nya. Baik rekonaisans, surveilens, armed dan di kasih bom ya ALL IN ONE. Jadi kita hanya memberikan perintah sederhana seperti pada pilot manusia. Maka drone bisa langsung laksanakan. Makanya bung wehr ngga setuju. Peluru kendali aja banyak yang nyasar sehingga menimbulkan kolateral demej lha ini lagi, apa ngga bahaya. Analogi satunya animal kingdom. Hewan ada 3 bagian besar. Hewan berjalan di darat, berenang di air dan terbang di udara. Kalo anda bilang kalo satu binatang dari ketiga golongan besar itu dengan nama hewan. Ya betul dan anda bisa masukkan kesalah satu dari 3 golongan tersebut. Tetapi kalo ada yang nanya binatang mana yang benar benar binatang? Nah ini yang bikin debat kusir. QF 16 ngga pernah sama asu di bilang ucav apalagi uav hanya drone tapi kalo predator ya uav ya ucav ya drone. Apa QF 16 bukan uav, apa QF 16 bukan ucav. Yah jawab sendiri deh

    • Bukan, tapi rekayasa terbalik. Kaya nggak tau saja cina kan selalu begitu

      • Saya bilang poto kopi bukan kopi paste. Kalo potokopi hasilnya tidak sesuai aslinya. Kalo kopi paste hasilnya sesuai aslinya. Yah mirip mocin kan pake mesin honda astrea prima hanya saja sama yang astrea prima asli mopang ya ngga sama kan.

  11. Tuh mbah,predator bs bawa 6 rudal anti tank sekali terbang,ini ancaman real buat tank2 kita,sekelas MBT aja bisa klenger dihantam rudalnya,apalagi klo cuman tank ringan/medium,makanya infantry musti dikawal sekelas leo sebanyak mungkin dan dipayungi SAM mobile minimal sekelas pantsir,s300, AK630 versi darat ato starstreak/mistral yg digotong komodo,baru infantry aman,jd program 1000MBT plus pantsir sudqh sangat tepat mbah,singapork yg cuman sakuprit aja dikawal 120 leo,jd negri kt yg seluas ini minimal 1000MBT br bs melindungi tiap jengkal tanahnya

    • bener dek bener, mbah sangat setuju, dan mbah ingin segera dipersenjai dengan SAM yang mumpuni, jangan seperti sekarang ini.

      China sangatlah menakutkan.

      selama ini kita belum pernah melihat musuh berjalan2 di depan rumah kita.
      dan saat itu akan segera tiba.

  12. Kayaknya mang sengaja . .
    Smua di buat mirip seolah berkata dngn lantang. .
    “tak ada yg dpt d Smbunyikan dari kami.kami bisa membuat apa yg kalian buat. . .”

  13. Semua buatan China hanya bagus chasingnya sj. Kuslias ? Kw

    • itu kalo belinya di Indonesia bung blackhawkdown, coba belinya di eropa, dijamin banyak jumpa produk dari negara eropa juga.

    • yg bagus-bagus itu karena lisensi bung. jangan yg cangih-canggih lah, coba raket nyamuk, mainan anak, lampu pijar, barui seminggu sdh minta ganti. alutsista ? sebelum perang sdh meledak duluan

  14. China oh china..
    ente emank tukang jiplak jempolan… .
    Apa china dh bs bkin engine sndri ya? Klo dh bs makin jozz gandhos aja tu negri panda..
    Mg inhan qt bs semakin maju..
    ngarep.com

  15. China hanya bisa meniru untuk meciptakan mereka kurang sdmnya, jadi tidak perlu takut dengan china, sebab ilmuwan2 hebat itu ada di negeri ini, tinggal pemerintah saja, sejarah pun mencatat bahwa dlu jaman kerajaan kita salah satu negeri dengan kekuatan terbaik sejagat, itu mbah fakta, negeri atlantis,atau negeri saba di dalam al quran, adalah negeri dengan kemakmuran dan kekuatan yang luar biasa, jd suatu hari china akan tunduk dengan indonesia, karena indonesia sudah ditakdirkan besar mbah, kalo mbah muslim cba mbah baca surah “saba” disitu mbah akan menemukan bahwa negeri ini memang negara kuat , dan barat sengaja membuat pengaruhnya di terhadap indonesia, bahwa kita selalu tertinggal akhirnya itu membuat kita pesimis, itulah kenapa mbah bowo saya anggap sebagai penghasut untuk kemunduran negeri ini. karena seriap komen mbah selalu membesarkan negara lain dan mengecilkan indonesia, itu salah besar mbah bowo..

  16. Tetep aja kw tiruan tidak melalui proses engineering yang mumpuni bentuk mirip fungsi dan kinerja jauh berbeda saya sudah sering ngoprek mesin produksi dari china yang hasil copas eropa secara fisik dan dimensi sama tapi kinerjanya sangat jauh berbeda. Kalo mau maju jangan tiru bangsa lain 100% cukup ambil positifnya dan jangan lupa tetap jadi diri sendiri dan percaya pada kemampuan diri yang ditunjang transfer ilmu yang bermanfaat dari luar saya rasa itu yang terbaik. CMIIW

  17. tiru modifikasi

  18. colong amati tiru modifikasi jual….

  19. Master of copy paste..:)

  20. Nga kreatif..cm bisa njiblak ciptaan negara lain

  21. BANGSA YANG KUAT ADALAH :

    1. Minim memiliki 1000 MBT
    2. Minim memiliki 2500 Tank ringan
    3. Minim memiliki 3500 Tank ampibi
    4. Minim memiliki 300 fregate
    5. minim memiliki 25 Destroyer ships
    6. minim memiliki 50 baterai rudal S300
    7. minim memiliki 100 BUK sam
    8. minim memiliki 2 buah kapal induk
    9. minim memiliki 50 Su 35
    10. minim memiliki 100 SU 27

    apakah sudah punya itu semua ?
    monggo bareng bareng mikir bareng mbah

    • mbah…. negara yg bakal kuat adalah negara yg memiliki stock kekayaan alam yg melimpah dan pandai mengguna kan hasil kekayaan alam nya untuk kepentingan negara,ingat tak kasus LCS banyak negara memperebut kan nya karna mereka sudah kekurangan pasokan Gas dan Minyak,dalam kasus ini China lah yg paling agresive…… monggo bareng bareng China lah mbah mikir2 jalan keluar nya

      • jalan keluar konflik laut china selatan adalah senjata.

        • klik panji: nggak bung.. bahkan banyak orang china sendiri juga membenci cina perantauan kok, liat aja singapura yang malah sering menjelek2 in china daratan.. intinya nasionalisme lebih diutamakan daripada kesamaan etnis..

          • yaaah paling pun menjelek2 kan di mulut saja bukti nya tiap taun taokey2 China di perantauan bertandang ke tanah besar dan ada di antara nya bawa duit banyak mungkin juga sebagai Finansial support atau memang ongkos di sana

    • KASIM BOWO…

      OJO NGACOR AE CANGKEMU COK………

    • Bangsa yang kuat adalah bangsa yang memiliki rakyat yang bangga dengan bangsanya dan saling menjaga persatuan dan kesatuan, serta tidak pernah melupakan sejarah bangsanya mbah bowo.
      Mempumyai kekuatan alutsista yang mbah sebutkan itu tp rakyatnya saling perang sendiri.. buat apa mbah? Mau hancurin rakyat sendiri?

    • Masih punya satu Mbah.. Gedhang sewu..

    • iya mbah nanti mbah cukup makan bekatul aja ya mbah hehehehe…..

    • BANGSA YANG KUAT ADALAH :

      1. Minim memiliki 1000 MBT
      2. Minim memiliki 2500 Tank ringan
      3. Minim memiliki 3500 Tank ampibi
      4. Minim memiliki 300 fregate
      5. minim memiliki 25 Destroyer ships
      6. minim memiliki 50 baterai rudal S300
      7. minim memiliki 100 BUK sam
      8. minim memiliki 2 buah kapal induk
      9. minim memiliki 50 Su 35
      10. minim memiliki 100 SU 27

      kurang mbah.. tak tambahi mbah ben akeh

      11. minim memiliki 30 kapal selam
      12. minim memiliki 15 kapal penjelajah
      13. minim memiliki 100 drone
      14. minim memiliki 50 pakfa
      15. minim memiliki 300 heli serang
      16. minim memiliki 300 heli serbu
      17. minim memiliki 3 satelit militer
      18. minim memiliki 100 kapal patroli
      19. minim memiliki 60 kapal amfibi
      20. minim memiliki 1,000.000 prajurit

      ๐Ÿ˜€ akakakkakakakak

    • Mbah ini pie to?? kok menyodorkan list nya bukan senjata nyang dari china ya…??!!

  22. Ga usah ribut china memang lebih unggul dibandingkan kita karena hadis rosullulah saw jg menyebutkan demikian dari beberapa abad yg lalu, kita memang harus belajar dari dia awalnya jg bikin kwnya dulu tar kalau dah pinter bikin yg lebih canggih.

    • AFWAN…

      itu Hadits dhoโ€™if (lemah)

      • betul bung Bonex ..sanadnya lemah..dan dalam pengertian hadist itu juga bukan berarti ilmu china lebih UNGGUL tp maksudnya tuntutlah ilmu walaupun jauh sampai kenegeri china..Utubul ilmi walaw bishshiin artinya tuntutlah ilmu WALAU ke negeri china,tdk ada kata2 yg mengunggulkan china..walaupun sejarahnya waktu itu memang memang nabi melihat peradaban china lebih maju dari benua arab pada waktu itu…slm bung@Bonex@kang somay

  23. Affirmative ๐Ÿ˜ˆ

  24. KIAT kebangkitan TNI AU

    Hoax ๐Ÿ˜€

  25. Iyaa bener emang mirip lawong tot nya lewat pencurian data2 nya USAF, canggih thoo.
    Salut buat cyber2nya china.
    Apapun dilakukan untuk mencapai tujuan. Syarat utama untuk mencapai itu adalah jiwa nasionalme yang tinggi. Setelah itu pasti semua bisa dicapai.

  26. salut buat china.kpn y indonesia bisa lebih hebat dari china

  27. meskipun anda plagiat saya salut anda kreatif, innovatif..saya acungi jempol atas kemajuan teknologi anda. Suatu saat anda akan menjadi negara pemimpin dunia asalkan anda jangan takabur dan sombong. semilyar warga anda akan senantiasa mendukung anda..Bangsa Indonesia harus banyak belajar kepada negara anda..hebat

  28. SEBENARNYA ITU MUDAH PELAJARI,PENTINGNYA PENGEMBANGAN ALUTSISTA TANPA BATAS.SEBENARNYA ITU PEMBOROSAN TAPI LAWAN BERKATA LAIN….. SITUASILAH YG HARUS KITA PELAJARI DAN KITA LAKSANAKAN

  29. Untuk maju, cina kadang2 menghilangkan segala cara. Selain itu perbedaan ideologi dengan negara Europa Dan US menyebabkan mereka bersemangat untuk maju.

  30. 100% untuk mbah bowo.bangsa yg maju adalah bangsa yg bisa berfikir dan melindungi kekayaannya.Ada maling kita gebug.ada pengintip kita colok matanya.Ada tukang bikin onar kita karungi dia.ada tukang gosip kita semprot dgn insektisida.ada yg bermulut tempayan kita sumbat lombok di mulutnya.ada borok di badan kita tabur kemenyan.tapi gimana mau melakukannya lah wong badan aja kurus kerempeng sakit2an di tambahi pula anak2 nakal dan bawel istri pula make up siang malam ngerumpi bareng tetangga.Kata2 mbah bowo seharusnya bisa buat kita berfikir betapa kita harus melatih dan membina otot2 dan urat2 kita biar kekar jos gandos untuk meladeni duel dgn maling,pengintip prawan,preman,bahkan kerbau pun kita berani seruduk,ular bisa kita kunyah.kucing garong kita bikin sate.Kekhawatiran mbah bowo ada alasannya,yg jelas bkn krn komunis tapi karena suatu kekuatan militer yg menggemparkan dan juga tetangga yg usil dibumbuhi pula oleh borok yg ada dalam tubuh NKRI.

  31. bukan nya sombong mereka itu mbah tapi seperti sombong karna kebanyakan rakyat nya hidup makmur,masalah pasir bukan di ambil percuma mbah tapi orang2 kita yang jual ke sana……,Australia…?? biasa itu orang kulit putih maka nya bersahabat dgn orang bule nggak bisa sama dgn besahabat sesama Asia mental nya aja jauh berbeda,… Malaysia..?? memang masalah tapal batas slalu banyak yang di gusur oleh Bulldozer itu kerja para operator yg bekerja di Camp2 pembalakan di sepanjang perbatasan bah kan ada jalan logging yg masuk sampai beberapa kilometer ke dlm negara kita,…..China..?? terserah mau matokin sampai kemana itu LCS asal jangan masuk ke wilayah kita,kalau sampai masuk kan kita bisa bawa ke mahkamah Internasional dan pakai jalur diplomasi bukan nya perang yg di dahulu kan…. he he maaf mbah kalau ngelencong

  32. Faktanya memang begitu Mbah, tapi ada yang menarik, jika china berani mengklaim LCS tapi kenapa china tidak berani aneksasi Taiwan yg nota bene bentukan Kuomintang, musuh bebuyutan PKC china. kenapa…? adakah yg tau rahasia dibaliknya? soal taiwan, china beraninya hanya koar2 doang, itu artinya china masih bisa di ukur. fakta lainnya adl bahwa ternyata china membangun ekonominya bermodalkan hutang ke eropa yg nilainya diatas US$ 1 Triliun, china sudah terjerat secara ekonomi. saran saya jika china akan tetap menjadi negara maju maka china harus transformasi melewati perjalanan sejarah seperti Uni Soviet ke Rusia sekarang. secara ekonomi, kominis tdk bisa diandalkan, kapitalisme pun begitu. yang harus diperhatikan adl pergolakan dunia Arab krn secara budaya akan merubah tatanan dunia. bagaimana skemanya, saya pun tdk tau ๐Ÿ™‚ salam mbah bowo..uo..uo..uo ๐Ÿ™‚

  33. Benar mbah.ketiga negara itu adalah musuh yg nyata ditambahin pula ketiga negara itu masuk dlm aliansi pertahanan FPDA lima negara bila salah satu anggotanya diserang maka kita akan dikeroyok lima negara.dlm lima negara itu ada inggris yg juga masuk aliansi pertahanan NATO dan kita akan dihujani mercon rasa NATO.Ini blm lg calon musuh yg sudah sampai pagar rumah tetangga,siap2 menjarah rumah kita.jgn smp nasib kita seperti sonora dan pinoy disaat menikmati keenakan teh botol sosro sambil ngemil emping mlinjo tiba2 helder uda nyrobot menjarah ayam di rumah kita.Ada lg calon musuh mbah,sebelah timur papua wlpn bkn dg unjuk otot tp memberi tempat penginapan untuk preman kampung OPM bersembunyi dari kejaran hansip.terus uda posisi kita terjepit kayak gitu mau mengadu ke papa Bear? Papa bear kemungkinan sanggup aja membantu tp sdh tentu bayar dgn fulus yg besar.kita punya fulus ngga? Benar mbah bowo,tiga negara itu adalah ancaman yg nyata plus satu negara pelindung OPM.blm lagi armada ke 7 yg sebentar lg akan menggantikan markasnya nyi loro kidul sbg pangkalan.Dan yg pastinya kekuatan helder dari utara siap2 menjarah ayam di rumah kita.Bersediakah kita dgn itu semua? Kecuali kita punya otot2 dan urat2 yg kekar SU35,SU34,kilo klas,seri S,MBT,kapal cruiser,Drone supersonic dan tentara profesional.salam mbah bowo.

  34. Lha Papua Nugini diam-diam juga ikut colak-colek NKRI lho. Tapi hal ini harusnya menyadarkan segenap bangsa indonesia tentang pentingnya menjaga kesatuan dan persatuan, karena NKRI ibarat hewan mangsa yg sedang diintai predator. Pasti ada sesuatu yg luar biasa dari NKRI yg membuat para predator menelan ludah untuk menguasai. Embah Bowo, kalau boleh tahu, ente sudah mengalami berapa jaman tuh? Jangan-jangan ente lahir pas ORBA tumbang, disini mengaku embah tuwir …

  35. salam kepada semua warga jkgr yg sy hormati newbie mau ikut comen, untuk menghadapi agresor semoga NKRI banyak punya ACE sekelas Erich hartman ACEnya jerman dg record 300-an maka negara tetangga akan gemetar untuk coba masuk wilayah NKRI, maaf komen awam tukang kridit.

  36. indonesia pintar ngomong….mau itu, mau ini……… tapi kebanyakan separuh jalan……… sampai sekarang helikopter gandiwa tak nampak batang hingnya…. hanya sampai diatas kertas. bukannya pesimis, kebanyakan seperti itu……apalagi terlalu banyak cemengek yg sibuk berkepentingan habis anggaranlah, tidak sesuai geografislah, walaupun anggaran besar kan bisa diangsur2 selama 5tahun anggarannya pertahun. niatnya tu masih stengah hati ragu2 dgn kualitas SDM, kapan pla majunya…….

    • Mbah sangat berhati hati dalam memprediksi, dan sepertinya prediksi awal konflik laut china selatan adalah blokade laut yang dilakukan china kepada filiphina sekitar tahun 2022-2025,

      Prediksi mbah : (TOKCER)
      Sekitar tahun 2022 -2025 akan terjadi ketegangan yang luar biasa antara china vs filiphina dan juga china vs vietnam, kalau malaysia cenderung diam saja sepertinya, dan sikap singapore malah memihak china.

      Nah, saat inilah posisi kita bagaimana ? nunggu diserang atau segera bergabung dengan aliansi australia dan selandia baru guna mendukung penuh vietnam dan filiphina dalam konflik di laut china selatan.

      keadaan bisa berubah jika :
      1. Indonesia netral, maka kekuatan vietnam dan filiphina akan mudah dihabisi china dengan mudah, dan giliran selanjutnya adalah (Natuna)
      2, Indonesia memihak Vietnam dan filiphina. Nah ini baru seru, China akan langsung mengerahkan seluruh kekuatan armada laut Task forcenya langsung ke selatan, yaitu ke Indonesia. Tapi armada laut ke 7 USA dan juga Task force Australia dan selandia baru akan terjun langsung membantu.

      Monggo mau pilih yang mana ?

      • Klo tahun segitu kemungkinan otot TNI sudah sangat kuat mbah… bisa jadi harapan mbah wo untuk memiliki : s-300 bahkan s-400, su-35, su-30NG, BUK, destroyer class, batle cruisser class, bahkan produk2 dalam negeri sdh bisa unjuk gigi, frigatte, rudal, bahkan pespur dan kasel.

      • Kung Fu lawan Silat kira2 gitu ya mbah Bowo…. apa Silat harus di bantu sama Karate…. he he he maaf cuma break sebentar agar jangan sampai tegang

  37. B.bowo n china boleh bangga dengan sejarah tiongkok, kami bangsa indonesia bangga dengan nusantara kami. Mau rame… ayu kita bikin rame… macan asia akan bangkit lagi…. hidup NKRI

  38. Salam mbah bowo,Kayaknya prediksi mbah tepat sekali.2020-2025 adalah tahun keramat untuk LCS dan juga untuk NKRI (kalau pemerintah sangat bijak meladeni).
    -Gimana kalau kita pilih no 2 mbah,
    Kita harus backup Filiphina dan vietnam krn akan menaikkan moral negara Asean dn kita akan dihormati sekaligus sbg leader/big bos Asean.upil dan sonora akan segan dgn kita sekaligus ikut mendukung kita (kita bisa terapkan taktik sambil menyelam minum air).
    -Dengan begitu Armada ke 7 ,sonotan,All-Black akan mendukung kita dari belakang.
    Katakanlah kita mau mengakuisis SU35 BM,SU34,Dessault Rafale,SAM,BUK,Panstyir,Yakhont,S300,S400 ,kilo klas maka Sonotan tidak akan protes dan Paman Sam akan menawarkan Apache AH-64E blok 3 sebanyak mungkin (taktik kesempatan dlm kesempitan).
    -saya pribadi kurang sreg dgn Eurofighter apalagi F16 blok60 dan super hornet F/E jikalau keadaan jadi darurat dgn naga utara pasti Paman sam akan menawarkan pesawat itu,kurang yakin dgn niat baik Paman sam.
    -kita bikin kerja sama militer diluar aliansi Sonotan,Armada ke 7 dan All-Black yaitu menggandeng Brazil,India,Jerman dan Perancis+Rusia.(strategi kancil sama buaya)
    -Jikalau pergeseran dgn Naga utara cuma menyerempet doang waktu itu kita sdh mempunyai kekuatan militer yg cetar dan jos gandos sekaligus unjuk tanduk kpd ketiga negara musuh yg bikin ulah,sama naga utara saja kita bisa duel apalg dgn tetangga yg sll intai anak perawan kita.
    -Segala impian akan bertaburan kalau pemerintah dan SDM indonesia msh cekcok tentang Alutsista yg paling cocok.sedangkan Naga utara siap2 menjarah ayam di rumah kita dan sang tetangga sdh sering kali mengintip anak perawan kita mandi.
    -Segala kekurangan mohon dikoreksi.

 Leave a Reply