Kikav 8 Kostrad Lakukan Pemeliharaan Trio Panser

Kikav 8 Kostrad melakukan pemeriksaan Alutsista dalam kontek Pemeliharaan Harian dan Pemeliharaan Mingguan Ranpur di Markas Kompi Kavaleri 8 Kostrad, Jabung, Jumat (6/1). Pemeliharaan ini bertujuan untuk menjadikan Alutsista dalam keadaan siap siaga sehingga dapat menunjang tugas para prajurit Kikav 8 Kostrad.

Pemeliharaan Gerak Ranpur ditujukan pada Trio Panser, yaitu Panser Saladin, Panser Saracen dan Panser Ferret. Ketiga panser itu merupakan asal pabrikan Alvis di Inggris yang sama-sama didatangkan pada awal tahun 60-an.

Pjs Komandan Kompi Kikav 8 Kostrad, Lettu Kav Edward, mengatakan bahwa Trio Panser memiliki sejarah yang menentukan pada saat terjadinya pemberontakan G30S/PKI. Menurutnya, Trio Panser bertugas sebagai pelindung sekaligus benteng Istana Negara saat terjadinya pemberontakan.

“Meski sudah berusia lanjut, Trio Panser ini masih aktif dioperasikan hingga saat ini. Kiprahnya bisa dilihat dalam tiap latihan tempur yang dilaksanakan oleh Kikav 8 Kostrad. Trio Panser ini masih dapat menunjukkan performanya saat melewati medan-medan latihan yang ekstrem”, ujar Lettu Kav Edward.

Pemeliharaan Gerak Ranpur dilaksanakan dengan mengelilingi Asrama Kikav 8 Kostrad dan Brigif Para Raider 18 Kostrad sejauh 4 kilometer. Kegiatan pemeliharaan gerak bertujuan untuk memanaskan mesin dan mengecek seluruh sistem yang terdapat pada Alutsista tersebut.

Selain pemeliharaan gerak Ranpur, dilaksanakan pula pengecekan terhadap sistem kemudi, pengereman, kelistrikan dan pengapian Ranpur.

Sumber: Divif 2 Kostrad

Leave a Reply