Kim Jong-un Ingin “Memberi Hadiah” Kepada AS

Kim Jong-un melihat hulu ledak roket setelah simulasi pengujian rudal balistik kembali memasuki atmosfir, 15 Maret 2016. © KCNA

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah menyerukan pengembangan industri pertahanan Korea Utara untuk memberikan “paket hadiah” lebih besar kepada Amerika Serikat, seperti dilansir dari Sputnik News.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kim Jong-un setelah berhasilnya peluncuran sebuah rudal balistik pada Senin seperti diberitakan oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) pada hari Selasa, 30 Mei 2017.

Kim menggaris-bawahi bahwa dengan kejayaan baru Korea Utara, Amerika Serikat maupun Korea Selatan akan semakin khawatir.

Pada hari Senin, 29 Mei 2017, Pyongyang meluncurkan rudal balistik yang terbang sekitar 280 mil dan jatuh ke zona ekonomi eksklusif di Laut Jepang. Langkah tersebut telah dikritik oleh para pejabat Jepang, Korea Selatan dan juga Rusia.

Sejak awal 2016 silam, Korea Utara telah melakukan sejumlah peluncuran rudal balistik dan uji coba nuklir yang melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB, sehingga memicu kritik dari seluruh dunia serta meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea.

Masyarakat internasional, termasuk juga AS, telah mengkritik kegiatan militer negara Asia tersebut dan memperketat sanksi terhadap Pyongyang.

Tinggalkan komentar