Kim Jong Un Tak Habisnya Uji Rudal

Korea Utara telah menguji-tembak dua rudal jarak menengah di dekat pantai timur semenanjung Korea, ujar kepala staf gabungan Korea Selatan (JCS).
Rudal-rudal itu ditembakkan dari Sukchon County dekat provinsi Pyongan Selatan, yang berbatasan dengan Korea Selatan, dan terbang sekitar 800 km sebelum jatuh ke laut, CNN melaporkan.

Salah satu dari dua rudal Rodong meledak di pertengahan penerbangan, menurut laporkan Washington Post.Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengatakan: “Kami telah melihat laporan bahwa Korea Utara meluncurkan rudal balistik ke laut Jepang dan Kami terus memantau situasi di Semenanjung Korea”.

“Kami menelepon lagi kepada Korea Utara untuk menahan diri dari tindakan yang lebih meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut dan berfokus untuk mengambil langkah-langkah konkrit ke arah pemenuhan komitmen dan kewajiban internasional.

“AS tetap teguh dalam komitmennya untuk membela sekutunya, termasuk Republik Korea dan Jepang. Kami akan terus berkoordinasi erat dengan sekutu kami dan mitra di wilayah ini.”

Awal bulan ini, Korea Utara meluncurkan dua rudal jarak pendek dari provinsi Hwanghae Utara. Rudal-rudal itu terbang kira-kira 500 km sebelum jatuh ke laut dekat kota pesisir Wonsan.

Pada bulan Februari 2016, Dewan Keamanan PBB dengan suara bulat mengadopsi Resolusi 2270, dengan memberikan sanksi terhadap Korea Utara termasuk inspeksi wajib kargo, larangan pengiriman mineral langka dan avtur, dan embargo perdagangan senjata dengan Korea Utara.

Army-technology.com

Tinggalkan komentar