JakartaGreater.com - Forum Militer
May 312014
 
Tiang pancang mercusuar dicat merah putih di perairan Tanjung Datuk, Kalimantan Barat, Jumat (30/5/2014). Foto: VIVAnews/Aceng Mukaram

Tiang pancang mercusuar dicat merah putih di perairan Tanjung Datuk, Kalimantan Barat, Jumat (30/5/2014). Foto: VIVAnews/Aceng Mukaram

Pontianak: Bangunan mercusuar buatan Malaysia hingga kini masih berdiri di kawasan peraian Tanjung Datuk, Kalimantan Barat. Tiga tiang pancang 13 meter itu kokoh berdiri di perairan Indonesia.

Tapi ada yang berbeda dari bangunan mercusuar itu. Tiga tiang pancangnya sudah dicat warna merah-putih. Warna bendera Indonesia, karena tiang itu memang berdiri di atas wilayah Indonesia.

image

Tiang pancang mercusuar dicat merah putih di perairan Tanjung Datuk, Kalimantan Barat, Jumat (30/5/2014). Foto: VIVAnews/Aceng Mukaram

Tiang pancang mercusuar dicat merah putih di perairan Tanjung Datuk, Kalimantan Barat, Jumat (30/5/2014). Foto: VIVAnews/Aceng Mukaram

Sebanyak dua kapal perang milik TNI Angkatan Laut disiagakan di kawasan tersebut, KRI 632 Lemadang dan KRI 352 Slamet Riyadi.

Supriyandi, warga Tanjung Datuk kepada VIVAnews, Jumat 30 Mei 2014, mengatakan sebelum ada kapal patroli TNI AL, tiga kapal milik Malaysia sering memasuki perairan Tanjung Datuk. “Tapi selama ada kapal perang milik TNI AL jarang terlihat lagi,” kata Supriyandi.

Menurut Supriyadi hingga kini masyarakat masih kesulitan melaut, karena sejak pembangunan mercusuar itu, nelayan masih takut dengan aparat Malaysia.

“Setiap nelayan melaut diusir sama aparat Malaysia. Padahal di wilayah itu banyak ikannya,” katanya.

Kapal KRI 632 Lemadang di perairan Tanjung Datuk, Kalimantan Barat, Jumat (30/5/2014). Foto: VIVAnews/Aceng Mukaram

Kapal KRI 632 Lemadang di perairan Tanjung Datuk, Kalimantan Barat, Jumat (30/5/2014). Foto: VIVAnews/Aceng Mukaram

Kapal KRI 632 Lemadang di perairan Tanjung Datuk, Kalimantan Barat, Jumat (30/5/2014). Foto: VIVAnews/Aceng Mukaram

Kapal KRI 632 Lemadang di perairan Tanjung Datuk, Kalimantan Barat, Jumat (30/5/2014). Foto: VIVAnews/Aceng Mukaram

Kapal KRI 632 Lemadang di perairan Tanjung Datuk, Kalimantan Barat, Jumat (30/5/2014). Foto: VIVAnews/Aceng Mukaram

Kapal KRI 632 Lemadang di perairan Tanjung Datuk, Kalimantan Barat, Jumat (30/5/2014). Foto: VIVAnews/Aceng Mukaram

Kapal KRI 352 Slamet Riyadi di perairan Tanjung Datuk, Kalimantan Barat, Jumat (30/5/2014). Foto: VIVAnews/Aceng Mukaram

Kapal KRI 352 Slamet Riyadi di perairan Tanjung Datuk, Kalimantan Barat, Jumat (30/5/2014). Foto: VIVAnews/Aceng Mukaram

Kapal KRI 352 Slamet Riyadi di perairan Tanjung Datuk, Kalimantan Barat, Jumat (30/5/2014). Foto: VIVAnews/Aceng Mukaram

Kapal KRI 352 Slamet Riyadi di perairan Tanjung Datuk, Kalimantan Barat, Jumat (30/5/2014). Foto: VIVAnews/Aceng Mukaram

Kapal KRI 352 Slamet Riyadi di perairan Tanjung Datuk, Kalimantan Barat, Jumat (30/5/2014). Foto: VIVAnews/Aceng Mukaram

Kapal KRI 352 Slamet Riyadi di perairan Tanjung Datuk, Kalimantan Barat, Jumat (30/5/2014). Foto: VIVAnews/Aceng Mukaram

image

image

Masyarakat setempat menyesalkan tindakan Malaysia membangun mercusuar di Perairan Tanjung Datuk. Farhad mengaku terkejut ada pembangunan mercusuar Malaysia di kampungnya. “Kenapa mercusuar ada di situ? Itu wilayah Indonesia, bukan Malaysia,” kata dia. (Viva.co.id)

Berbagi

  95 Responses to “Kini Mercusuar Malaysia Berwarna Merah Putih”

  1.  

    merah putih

  2.  

    Hmm

  3.  

    pertamax

  4.  

    Ketiga

  5.  

    Masih sepi luMayan dpt minyak tanah

  6.  

    mantab!

  7.  

    Pertamaxxxx

  8.  

    Mantap setunggal….

  9.  

    Ntu yg ngecat makhluk gaibnya TNI AL…
    Reaksi dr mlsia apa yach…?

  10.  

    menarik … ditaruh frigate Van Speijk class. Apakah ada ancaman udara dan kapal permukaan yang lebih besar? Masih C-802 atau Yakhont ya?

  11.  

    jadi sedikit lucu,,
    malon yang mancang ,, kita yang ambil gratis lagi hahahahaha… 😀

    •  

      Lucu apaan…malon dah dpt sipadan ligitan, kita baru ngecat aja….berunding juga belom.

      •  

        g usah ributin Sipadan Ligitan.ikhlasin aja….kita udah dapet gantinya dari kepastian perjanjian tapal batas dgn Filipina…lumayan gede…belom tambahan 25 rebu km2…dari penghitungan ulang lepas landas kontinen…di samudera hindia..deket sumatera…asal rajin matokin wilayah, indonesia tambah gede kok…kalo Malaysia mah mentok…he5x…perbanyak anggarannya aja…kita matok berdasarkan perjanjian Internasional bukan nyolong2….halal…

        •  

          Mantap infonya
          Thanks

        •  

          Sipadan dan Ligitan memang kita yang salah urus. Meski masih dalam status sengketa, secara fe facto Malaysia lebih hadir di sana. Dan itu yang jadi pertimbangan Mahkamah Internasional di Den Haag untuk memenangkan Malaysia dalam kepemilikan Sipadan dan Ligitan. Pahit memang. Tetapi ada pelajaran yang bisa diambil Indonesia, “Rawatlah pulau-pulau terdepanmu”
          cmiiw

          •  

            mantap…..ambil hikmahnya

          •  

            Kalo kita bisa bermain di Sabah dan Sarawak utk lepas dari Malon, mungkin Sipadan Ligitan bisa kembali kepangkuan NKRI…
            Berani gak ya NKRI?

          •  

            maaf bung xtrada…
            saya pikir pelajaran nya adalah…
            suatu saat kita bisa mengambil kalimantan utara…
            tinggal kampanye militer aja, lalu duduki, lalu klaim..
            nanti jadi wilayah kita…

            hal ini selaras dgn apa yg dilakukan oleh rusia thd cremea, dan china thd LCS…
            kl malingsial protest…
            kita bilang you did it in the past first.. and thank you malingsial we know what to do..
            as Mather as fact.. south kalimantan is our land..

            kita ikuti aja cara dia…

          •  

            Wah lama gak keliatan boss…..ente warjager juga ya..

        •  

          stuju gan
          sbnrnya mash ada potensinlagi yaitu timur lampung, selatan bali, utara biak
          makin luas sbnrnya wilayah kita
          ama sipadan, ligitan gk ada apa2nya bahkan lbh bnyak untungnya
          hasil laut yg bisa di ambil

        •  

          Maslah bukan sipadan ligitan kami di perbatsan darat kalmtan ni..bnyak tapal batas dkgesdr sama malaysia..mirisnya masyarkt yg ekonomk rendah disuruh geser dg imjng2 uang gede pada mau…gmana ni

  12.  

    Sippp…..

  13.  

    Salut……, bravo TNI. Salam NKRI

  14.  

    Besok2 klo ada kapal tldm masuk perairan nkri, kita cat kapalnya merah putih jg, biar sama kaya warna tiang pancangnya…

  15.  

    itu yang ngecat merah putih sapa ya?

  16.  

    mantap TNI ku…kira2 apa ya tindakan Malaysia..beranikah mereka protes ke kita…

  17.  

    muuuuaaanntaaabbb….
    jadi merahh putih 😀

    yang ngerjain sonora,kita yang pakai .
    salut ma TNI kita.

    ” BRAVO TNI,NKRI HARGA MATI “

  18.  

    bertahap akan dibangun 1 batalyon marinir, dan satuan bravo TNI AD, dan TNI AU ….. ……… Untuk bantu penguatan natuna ……… Bravo TNI BRAVO NKRI

  19.  

    Gratis hahaha
    Padahal ratusan juta tuh biayanya..sekalian aja bangun mercusuar pak TNI
    Kalau aja kemaren biarin dulu sampe selesai, kalo udah selesai baru usirrr tuh TLDM
    Bakal tambah untung lah 😀

  20.  

    hehe.. lanjut aah

  21.  

    klo msh saja macam2 sekalian kepala botaknya perdana mentri Najib tun razak kita cat merah putih jg. oke kan kan kan??????

  22.  

    skalian dirikan basis militer disana, sekaligus memperkuat ekonomi warga sana hehe

  23.  

    Behhh…mantaf TNI, malulah Beruk2 MALINGSIAL..
    NKRI harga mati.

  24.  

    bendera malaysia juga ada merah putihnya koq…….

  25.  

    warjager, soryy oot…

    Amankan Perairan Kupang Koarmatim Kerahkan Dua Kapal Perang

    JAKARTA (MI) : Sebagai negara kepulauan, tentunya Indonesiamemiliki titik-titik kerawanan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu secara illegal demi kepentingannya, baik kegiatan di bidang perikanan, minning, logging, smugling, sea piracy maupun yang bersifat trans national crime.

    Untuk mengantisipasi hal itu Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Abdul Kadir mengatakan secara intensif dua kapal perang Koarmatim, masing-masing KRI Multatuli-561 dan KRI Sungai Gerong-906 melaksanakan operasi keamanan laut di perairan Kupang (Laut Timor), Rabu (28/5/2014).

    Perairan sebelah selatan Kupang (Laut Timor) yang berbatasan langsung dengan Australiadan Timor Leste, rawan terhadap berbagai bentuk tindak pidana di laut khususnyaillegal imigrant. Untuk itu, dengan kehadiran KRI Multatuli-561 dan KRI Sungai Gerong-906 yang tergabung dalam Satgasladu dibawah Kodal Guskamla Koarmatim melaksanakan Operasi Kamla fokus pada penanggulangan People Smuggling dan Assylum Seeker.

    Operasi Kamla tersebut diharapkan memiliki dampak penangkalan ( deterrence effect)serta memberikan rasa aman, ataupun kehadirannya dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat/pengguna yang melewati maupun yang bergiat di sekitar perairan tersebut.

    Sumber : TRIBUNNEWS
    —————————————————————————————————————————————————
    KRI multatuli sejatinya adalah Support ship untuk armada kapal selam…
    berarti yang ngikut patroli kapal selam kelas apa aja yah…? dan ada apa di perairan kupang ini..?

    •  

      KRI multatuli itu infonya abu2, gak ada info gamblang dari KRI ini, setahu saya ini adalah kapal markas, kalo blm brubah fungsi lg, bung ucav tau gak sumbernya darimana tentang KRI multatuli ini?? maap bnyk tanya.

    •  

      Kalau ada KRI Multatuli ama KRI Sungai Gerong, waspadalah sama yang ga kelihatan…. hehehehe…

      •  

        Sebaliknya bagi asyllum seeker justru merasa aman bung Palu 🙂 , karena mereka dikasi peta gratis menuju selatan tanpa kepergok patroli asutralia he..he…

    •  

      kemaren ada pencerahan dari bung PS dan bung ngurah rai serta bung jalo di thread yang ngebahas lontong… kalo KRI multatuli ini adalah Kapal support untuk penugasan Kapal selam.. untuk re supply dan re arm armada KS di tengah laut… pastinya di kawal tuh ama para hantu laut.. hehehe…

    •  

      si penggembala lagi ngajak lari-lari hiu martilnya

  26.  

    sy rasa malayzia gak bisa berkomentar apa2 klo patok yg dia bikin d cat merah putih..sbnrnya dia sadar kok klo itu msh wilayah abu2 n di kuasai indonesia..tp krn partai penguasa d sana aja yg ngeyel n cari2 ksempatan buat memancing reaksi kita d saat mau hajatan besar..saluuutt buat TNI yg sdh mlakukan tindakan yg cantikk…trutama awak hiu kencana…maaf newbie coba brkomentar..makasih

    •  

      sependapat bung Obet…negara jiran ini akan bersikap lebih bersahabat andaikata pemegang pemerintahan bukanlah orang2 UMNO…mereka ini yang sebenarnya lebih pro kepada amerika..lain cerita apabila partai oposisi (anwar ibrahim) yang menjadi pemegang pimpinan..

  27.  

    Harusnya di BOM sampai hancur, karena hukum lautnya tetap berlaku selama patok malon masih berdiri walaupun sudah dicat merah putih.. (emosi bikin blunder) . 😯

  28.  

    tembak dulu saja…
    diplomasi belakangan…
    kalo jiran CULAS tukang MALING harus di beri sikap seperti itu…

  29.  

    assalam wr wb, salam kenal warjager, bung2 senior pa kemana ya ?

  30.  

    Emang seharusnya begitu, biar ga nglunjak tu malaisia..

  31.  

    jgn sampai suar yg dibangun itu brubah jd perbatasan yg mrupakan trik dari tldm..
    mending rubuhin az yg cuma tiang itu doank koq..
    bangun yg baru di titik yg mrupakan perbatasan yg sebenarnya..

    •  

      Setuju bung Mandau, menurut saya baiknya kita bikin markas-markas mengapung untuk TNI AL ( di titik-titik terluar perbatasan ) sebagai tapal batas di laut.

  32.  

    Mantap….sekalian aja dipasang bendera MERAH PUTIH..kan yg pertama nyari masalah sono bukan kita….HIDUP TNI

  33.  

    alhamdulilah berita bagus.. yg bikin nyengir sendiri.. setelah kemarin sedih gara gara pabrikan ponsel boyband sam*ung lebih milih mendirikan pabrik di vietnam krn holliday taxnya ampe 30th di sana sedang di sini pemerintah cuma ngasih10th.. tentu ada alasan tersendiri pemerintahan kita cuma ngasih insentif segitu… pak choirul tanjung pun jg berkomentar apabila samsung mendirikan pabrik di vietnam maka. produk samsung akan di kenakan pajak barang mewah…
    mari kita menyadarkan diri .. jgn terlalu demam sama barang impor .. mari kita mulai menyukai produk yg di produksi di indonesia.. kesadaran pemerintah penting. tp kesadaran masyarakat untuk mencintai produk yg di produksi di negeri sendiri lebih penting…

    jaya indonesia ku..

    •  

      Embargo diri sendiri seperti yg dikatakan bung @Satrio, itu jawabannya. Mulai mencintai produk asli yg dibuat anak bangsa, hindari berwisata kenegara seberang dng aktif mengunjungi wisata dalam negeri yg tdk kalah cantiknya dng sekalian membagi rejeki kita pada saudara-saudara kita shg tjd penyebaran ekonomi yg merata dan bisa mempercepat perberdayaan masyarakat diseluruh pelosok tanah air. Maaf, pendapat tukang rombeng.

    •  

      Setuju 50% aja, jaman sekarang kita tidak bisa melepas diri dari import. Yang bisa dilakukan adalah mari dukung dan gunakan semua produk yang diproduksi di Indonesia, karena dalam harga yang kita bayar ada komponen rupiah untuk menggaji karyawan yang adalah saudara kita, juga pajak yang dibayarkan kepada pemerintah kita untuk membangun.

      Jadi mari saya ajak dari nurani saya yang terdalam, kepada saudara-saudara pelanggan warung ini, boikot semua produk yang 100% import jika ternyata ada yang bisa dihasilkan di dalam negeri. Hindari produk samsung, blackberry, LG, dll dan dukung merk-merk yang membangun pabrik, atau data center atau mendukung perkembangan teknologi dan pengetahuan di Indonesia.

      Dengan cara ini, kita semua telah membantu meningkatkan pendapatan bagi pemerintah dan menurunkan biaya ekonomi dari import sehingga berlimpah dana untuk membayar alutsista yang lebih wah lagi…

      Salam Produk Lokal!

    •  

      Justru udah bener yg dibilang CT Bung Tongkang. Kalau kita ngasih holiday tax 30 thn dapat apa kita dari pabrik hp samsul? Ingat loh kita berpenduduk 200jt lebih dengan kekuatan di level menengah, pasar kita besar pastinya jadi inceran produk luar buat dagang dimari. Kalau kena pajak barang mewah yo bagus donk, biar pelaku industri luar sadar kalau mau dagang dimari ya buka pabrik dimari…. Kalau mau di specialkan terus kita dapat apa??? Mau tax holiday, tax incentive, tax deduction, mau buruh murah, mau hati terus nanti minta jantung??? Jadi langkah smart Chaerul Tanjung sudah benar.

  34.  

    ini namanya dah perang psikologi. bayangkan, betapa malunya malay.. hmmm…

  35.  

    rubuhin tiangnya baru oke…

  36.  

    jaaahhh kok menclok disini komen gw hahahah

  37.  

    Denjaka hitam ?????…mohon pencerahannya suhu2 dan sesepuh dimari…

    •  

      denjaka itu ada 2 denjaka hitam & denjaka putih, kalo ga salah yang hitam ilmu kanuraganya lebih tinggi dari yang putih, tapi jangan ditanya sumbernya ya, ini cuma kata orang lewat loh :mrgreen:

  38.  

    ini kapal jenis AKS ya?

  39.  

    liatin abis tanjung datuk ape lagi yg mau diambil ma si malay…klo masih mau betingkah lagi mendingan sikat abis az lah,,,buat ape diplomasi2 segala ngabisin waktu doank…masa kasus penyerobotan berulang- ulang TNI & PEMERINTAH ga kesel ape,,,ane az sebagai rakyat kesel sampe ubun2..damai memang indah tapi klo dah ngelunjak terus2an sama az ngajakin perang dah nginjek2 harga diri bangsa..sekalian mo liat alutsista yg dah dibeli lunas menurut info nya bung nara….NKRI HARGA MATI..!!!!

  40.  

    Pantas aja TLDM kabur jauh2, yg nungguin jagain KRI dengan Yakhont. Bisa jadi mereka udh di lock oleh Yakhont makanya kapok gk mndekat lagi.
    Berbeda sekali dengan tindakan mreka saat sengketa sipadan – ligitan dan sengketa ambalat dulu, wlaupun KRI sudah standby disana, mreka masih saja mndekat…

  41.  

    Ada yang aneh. Katanya malaysia baru bangun mercusuar itu tgl 18 mei. Tapi kalo liat dari fisik bangunan itu udh lumayan lama mungkin bisa satu tahun lebih. Selain itu kalau saya amati di media maupun forum malaysia, hampir tidak ada ada yang bahas masalah ini. Malahan mereka tidak mengenal tempat ini. Salah satu pejabat malaysia sempat komentar mereka tidak pernah membangun mercusuar di tmpat yng indonesia sebut tanjung datuk. Bahkan mereka bilang itu memang wilayah indonesia. Dngan santai dia bilang kami sudah paham kondisi politik indonesia seperti itu. Jika ada tensi politik yang meninggi. Banyak dibuat peralihan politik. Jangan2 ini akal2an TNI kita aja. Ada yg bisa kasih bukti mercusuar itu malaysia yg bikin ?

    •  

      @tongkang,,salah satu pejabat itu siapa yaa..dari BN/pembangkang….
      najib? perdana menteri merangkap menteri perempuan merangkap menteri lain2
      muhyidin yasin wakil perdana menteri merangkap menteri pendidikan merangkap menteri dll
      rosmah mansur istri perdana menteri merangkap segala kementrian yg berhalangan bahkan merangkap perdana menteri jika PM berhalangan

      yang mana satu menterinya bung,,,

    •  

      Udah, nikmati saja … anda juga nggak bakalan bisa membuktikan kalo itu cuma akal-akalan TNI. Itu hanya sebatas opini anda saja.

  42.  

    menyimak saja ah di pojokan…..sambil ngopy

  43.  

    tiang pantjang soedah ditjat merah poetih. tak moengkin itoe orang malay maoe mengetjat berwarna jang boekan bendaranja, pun lagi beanja tak moerah. 😀

  44.  

    Meriem buritan lemadang kayanye sama ama meriem sementara di haluannye kcr60 ye.. :mrgreen:

  45.  

    Sekarang mercu suar, besok-besok menara petronas di cat merah putih…..

  46.  

    Mari kita jaga NKRI, indonesia itu indahnya keterlaluan…banyak yg sirik sama kita..negara yg sangat kaya SDA nya.

    Kalo malon itu busuknya keterlaluan…mari kita invasi malon busuk ini.

  47.  

    Mau dicat merah putih atau dikibarkan 1000 bendera Merah Putih pun tetap akan sama, pendirinya tetap saja sonora.
    Lebih baik tiang-tiang pancang itu dihancurkan.

  48.  

    makasih bung mj atas dukunganya.. kita memang gak bisa terlepas dari produk impor.. tp mencoba menyukai produk yg di produksi di negeri semdiri pasti bisa kan….
    mari para warjager kurangi ketergantungan produk impor… hentikan menyukai produk cbu.. lalu ckd.. hingga akhirnya di produksi di negeri sendiri…
    buat @bung tongkang.. kita emang gak bisa memenuhi komponen lokal langsung secara 100%. tp produk yg agan sebutin setidaknya lebih baik.. mulai mencoba memasukan komponen lokal.. drpd impor seutuhnya….

  49.  

    makasih bung mj atas dukunganya.. kita memang gak bisa terlepas dari produk impor.. tp mencoba menyukai produk yg di produksi di negeri semdiri pasti bisa kan….
    mari para warjager kurangi ketergantungan produk impor… hentikan menyukai produk cbu.. lalu ckd.. hingga akhirnya di produksi di negeri sendiri…
    buat @bung tongkang.. kita emang gak bisa memenuhi komponen lokal langsung secara 100%. tp produk yg agan sebutin setidaknya lebih baik.. mulai mencoba memasukan komponen lokal.. drpd impor seutuhnya……

 Leave a Reply