Jun 232017
 

Eurofighter Typhoon dan Su-30MKI (photo : Theaviationist)

Oman menerima batch pertama pesawat tempur Eurofighter Typhoon. Typhoon batch pertama dengan kursi tandem tersebut diterima oleh Royal Air Force of Oman (RAFO) di pangkalan udara Adam pada hari Rabu.

Pada tahun 2012, Kerajaan Oman menandatangani kesepakatan pembelian 12 unit Eurofighter Typhoon dan 8 unit pesawat latih Hawk dari perusahaan BAE Inggris senilai US$ 4 milyar.

Pesawat tempur Typhoon adalah salah satu pesawat tempur multirole modern dengan sayap delta dan tambahan sayap canard di depan.

Selain memiliki kemampuan mumpuni sebagai pesawat superioritas udara, Typhoon juga efektif sebagai pesawat serang darat. Hal ini dibuktikan oleh Angkatan Udara Inggris dalam perang di Libya saat menggulingkan Pemerintahan Khadafi. Typhoon untuk pertama kalinya berhasil menghancurkan kendaraan darat pasukan Libya dengan bom presisi Paveway II.

Dalam duel udara saat latihan perang antara Inggris yang menggunakan Typhoon dan India yang mengandalkan Su-30MKI, varian tercanggih dari Flanker Su-30. Kedua pilot dari kedua negara mengakui kemampuan kedua pesawat tempur seimbang. Meski awalnya mengklaim kemenangan telak dari Typhoon, namun akhirnya India mencabut klaim tersebut. Konon hanya kemampuan pilot yang terbaik yang bisa memenangkan duel udara tersebut.

Bagikan:

  11 Responses to “Kini Oman Memiliki Eurofighter Typhoon, Lawan Seimbang Su-30MKI”

  1.  

    jelas typhoon..kalo dogfight ya…

  2.  

    Kenapa kita gak beli eurofighter aja ya?

  3.  

    SU-30 MKI India sering bermasalah, wajar kalah tanding dengan typhoon, bed dengan milik TNI.

  4.  

    Totalitas tergantung sang pilot seperti,
    Yang satu pihak pasti klaim su-30 rcsnya terlalu gede krna beberapa faktor fisik,
    Tapii disatu pihak ada yg klaim radar typhoon kalah sangar drpd su-30mki.

 Leave a Reply