Dec 202016
 

Tokyo – Presiden Rusia Vladimir Putin tiba di Jepang pada Kamis lalu untuk membicarakan peningkatan kerja sama dengan Perdana Menteri Shinzo Abe, namun kedua pihak kecil kemungkinan membahas kemajuan menuju perjanjian damai yang akan mengakhiri Perang Dunia II secara resmi.

Hal yang menghambat perjanjian damai adalah masalah teritorial empat pulau di sebelah utara pulau Hokkaido yang dirampas oleh Uni Soviet di akhir Perang Dunia II.

Berikut adalah beberapa fakta tentang kepulauan tersebut.

Kepulauan yang dikenal sebagai Wilayah Utara di Jepang dan Kuril Selatan di Rusia, disebut gugusan pulau kecil Kunashiri, Etorofu, Shikotan, dan Habomai dalam bahasa Jepang. Dalam bahasa Rusia dikenal sebagai Kunashir, Iturup, Shikotan, dan Habomai.

Kepulauan tersebut dihuni oleh 17.000 penduduk Jepang, yang bekerja sebagai nelayan, peternak kuda, dan penambang emas, selain pekerjaan lainnya, sebelum diambil alih oleh Uni Soviet setelah menyatakan perang terhadap Jepang di akhir Perang Dunia II. Para penduduknya diusir dengan paksa.

Populasi saat ini adalah 12.346 orang, menurut pemerintah Rusia.

Pulau yang menjadi sengketa ini, membentuk ujung selatan gugusan kepulauan Kuril yang membentang sejauh 1.250 km dari ujung selatan semenanjung Kamchatka di Rusia, menuju pulau utara Jepang, Hokkaido, membelah laut Okhotsk di barat dan Samudra Pasifik di timur.

Total area daratannya hampir 5.000 km persegi, menurut Kementerian Luar Negeri Jepang, sedikit lebih kecil dari negara bagian Delaware di Amerika Serikat dan kurang dari setengah luas wilayah Lebanon. Pada hari yang cerah, Kunashiri dapat dilihat dari Hokkaido.

Sebagian besar penduduk bermata pencaharian sebagai nelayan dan Jepang akan mendapatkan wilayah penangkapan ikan yang kaya jika berhasil menguasai kepualuan ini sepenuhnya, sebagian melalui perluasan zona ekonomi eksklusif.

Kepulauan ini juga dekat dengan wilayah penghasil minyak dan gas Rusia, dan mungkin mengandung tambang mineral yang kaya, sebuah tawaran yang menggiurkan bagi Jepang yang miskin sumber daya alam. Namun menyesuaikan infrastruktur dengan yang ada di wilayah Jepang lainnya akan menjadi peningkatan yang mahal.

Pada 2011, sebanyak 3.500 tentara Rusia yang tergabung dalam Divisi Senapan Mesin-Artileri ke-18 dikirimkan ke kepulauan ini, menurut seorang pejabat tinggi dalam stfa Jenderal Rusia dikutip oleh kantor berita Rusia Interfax.

Peninggalan Perang Duania 2 di Shikotan Island

Unit tersebut diperkuat dengan artileri yang bergerak otomatis, sistem anti pesawat, artileri roket, dan tujuh lusin tank, disampaikan oleh penyiar Kementrian Pertahanan Rusia, Zvezda.

Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu menyampaikan pada Maret lalu bahwa Rusia akan mempelajari kemungkinan pembangunan markas angkatan laut di wilayah kepulauan, yang memicu protes dari Jepang.

November lalu media Rusia melaporkan bahwa sistem misil anti kapal Bastion dan Bal beroperasi di wilayah kepulauan. Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, menyayangkan kondisi tersebut. Tampaknya Jepang, semakin sulit untuk mendapatkan kembali pulau ini, saat Rusia terus memperkuat militernya di sana.

Reuters

  13 Responses to “Kisah 4 Pulau Terdepan yang Jatuh ke Tangan Negara Tetangga”

  1. Yang kuat dia yang dapat

  2. Yg tjd skrg pulaunya gk di rebut.. tp sumber daya alam nya yg diangkut tanpa menduduki fisik pulau..

  3. Baca judul emosi langsung naik ke ubun2…..

    Iseng banget orang lagi bobo juga… heuh..

  4. hukum rimba yg kuat yg mendapatkn itulah mengapa malon beruk kacung brittis dg congkaknya mengambil pulau kita krn dah merasa kaya n jaguh bisa semena2 apalagi tni dlm keadaan lemah, coba sekarang.

  5. hukum rimba yg kuat yg mendapatkn itulah mengapa malon beruk kacung brittis dg congkaknya mengambil pulau kita krn dah merasa kaya n jaguh bisa semena2 apalagi tni dlm keadaan lemah, sekarang silahkn coba lagi maka sabah serawak akan ganti ktp

  6. Ora isoooo komennnnnnntttt

  7. Lahh siapa suruh dulu deklarasi perang duluan,kalo jepang ga ambisius untuk memperluas wilayah,kemudian menyatakan beraliansi dengan hitler maka ga akan ada itu uni soviet bakalan nyerang jepang jg,jadi itu sebagai karma buat jepang karena menjadi salah satu pemicu perang dunia 2

  8. Asek..apa yg dilakukan rusia akan ditiru china di lcs..ikan disedot..migas disedot..sedottttt om…

  9. Jepang pulau-pulaunya sedikit tidak sebanyak Indonesian. Jadi ketika 4 pulaunya direbut Uni Soviet sakitnya tuh terasa sampai sekarang. Kalau kita masih punya ribuan pulau diambil beberapa oleh malingsial sudah dilupakan dan dianggap masa lalu.

  10. Waaah gambar tank is 6 tuh…hahaha tank andalan saya di game world of tanks blizd…hihi

  11. Coba sekarang Malon ngerebut Karang Unarang dan Ambalat berani gak,.. itu kalo mau disalvo RHAN 450,.. jarak tembaknya aja 150 km.. Kalo RHAN 550 udah jadi yg jangkauannya 600-1000 km udah abis tuh semenanjung.

 Leave a Reply