Mei 262014
 

kapal-selam-kilo-indonesia

Secuil Kisah-kisah Awak “Hiu Kencana” yang tidak terpublikasikan Jilid 8

Kisah ini sengaja saya tulis berdasarkan catatan-catatan tertulis yang saya punya dan juga cerita-cerita dari para “Silent Warrior” pinisepuh saat mereka dulu bertugas mengawaki “Hiu-hiu besi” kita dalam menjaga Kedaulatan NKRI yang mungkin selama ini belum pernah terpublikasikan. Dan tulisan ini saya dedikasikan juga kepada seluruh “Beliau-beliau” tadi berikut juga dengan para “Silent Warrior” muda yang kini masih bertugas mengawal NKRI.

Khusus untuk Jilid ini saya ingin mencoba menuliskan kisah tentang kejadian yang baru saja terjadi tentang sengketa di wilayah Tanjung Datu dan kejadian tahun 1992 dulu tentang sebuah kapal ferry yang mencoba nekad masuk tanpa izin ke dalam wilayah kita. Dan enggak lupa tulisan ini saya buat secara bersambung (soale dibuat disela-sela kesibukan saya alias kalo lagi mood dan ada waktu luang ya nulis, kalo enggak mood ya males nulis soale kerjaan saya bejibun banyaknya). So harap maklum kalau-kalau nanti artikel sambungannya lamaaa banget keluarnya.

Operasi Tanjung Datu
Kisah ini merupakan kisah yang baru saja terjadi beberapa waktu lalu, seperti ramai diberitakan bahwa Malaysia berusaha membangun mercusuar / rig di titik koordinat 02.05.053 N-109.38.370 E Bujur Timur, atau sekitar 900 meter di depan patok SRTP 1 (patok 01) wilayah Tanjung Datu, Kecamatan Paloh, Kalimantan Barat, yang masih dalam Status Quo karena masih terdapat sengketa lahan yang belum terselesaikan antara Indonesia dengan Malaysia. Selain Camar Bulan di Tanjung Datuk, ada empat titik batas lain yang belum ada kesepakatan, yakni Gunung Raya 1 dan 2, Gunung Jagoi, Batu Aung dan D400 yang pada survei tahun 1987-1988 tidak ditemukan titik jatuh air.

Bahwa batas negara Indonesia dan Malaysia di wilayah Kampung Camar Bulan, Desa Temajok, atau sering juga disebut Tanjung Datu, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, hingga kini masih bermasalah. Dalam peta negara kita, garis batas dengan Malaysia terletak 3.900 meter dari garis pantai. Sementara menurut Malaysia, batas negara mereka dengan negara kita terletak 900 meter dari garis pantai.

Perbedaan persepsi tentang batas negara itu berpotensi memunculkan perselisihan wilayah di Kampung Camar Bulan. Dalam kaitan itu, pemerintah daerah setempat terus mendorong masyarakat untuk beraktivitas di wilayah tersebut, antara lain dengan cara menanami lahan. karena jika masyarakat menduduki wilayah ”sengketa” yang luasnya 405 hektar itu secara masif, peluang Indonesia untuk mendapatkan pengakuan secara internasional akan lebih besar.

Masyarakat Camar Bulan belakangan ini mulai aktif melakukan penanaman di kawasan seluas 405 hektar tersebut. Mereka berani menanami lahan setelah Pemerintah Daerah setempat meyakinkan warga bahwa wilayah tersebut sah (masuk wilayah Indonesia), sesuai peta negara kita. Sebelumnya mereka takut beraktivitas di sana karena sering dikejar tentara Malaysia. Kini masyarakat juga tenang karena TNI telah membuat pos lintas batas dan menempatkan anggotanya di sana.

Sebetulnya jauh sebelum adanya pemberitaan resmi oleh berbagai media, warga kita yang tinggal disekitar TKP dan para nelayan yang biasa mencari ikan diseputaran tersebut telah memberikan laporan resmi kepada koramil setempat dan petugas di Pos AL Temajuk tentang aktivitas beberapa kapal tongkang yang dikawal kapal perang negeri Jiran beraktivitas memuat material bangunan dan aktivitas pemancangan.

Laporan tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan mengirim tim kecil dari TNI AL yang menyamar sebagai nelayan ke lokasi TKP yang kemudian mendapati kebenaran atas laporan masyarakat tadi tentang aktivitas negeri Jiran di wilayah sengketa tersebut dan kemudian melaporkannya kepada pusat yang kemudian ditindak lanjuti dengan mengirimkan Korvet KRI dengan terlebih dahulu beberapa hari sebelumnya sejumlah Armada Bawah Air kita sudah diperintahkan menuju ke TKP.

TNI saat itu tidak main-main, berhubung waktunya hampir bersamaan dengan diadakannya latihan gugus pengamanan di Ambalat, maka sejumlah KS kita sudah mengunci basis KS mereka di Sepanggar Bay, Sabah. Sementara di lokasi TKP beberapa kapal tongkang dan sebiji kapal perang pengawalnya tanpa disadari sudah dikepung oleh 4 unit KS kita di mana 2 unit KS lagi berjaga jauh di dalam wilayah laut Malaysia sebagai antisipasi bilamana mereka memang berani ngajak kita duel beneran.

Jangan ditanya nasib satu-satunya kapal perang patroli mereka yang mengawal armada tongkang, kapal patroli itu dilock terus-menerus oleh KS kita, untung saja mereka diselamatkan karena memang perintah “menembakkan torpedo” dari pusat tidak kunjung datang sampai akhirnya mereka membubarkan diri lari terbirit-birit ketika satu KRI kita merapat ke TKP yang kemudian menurunkan beberapa personel Kopaska.

Tindak lanjut dari kejadian ini adalah Mabes TNI mengambil langkah lebih maju. Mabes TNI memastikan akan membangun pangkalan AL (Lanal) di Tanjung Datu, untuk menggantikan Pos AL Temajuk. Lanal itu nanti sekaligus untuk memperkuat pertahanan di kawasan Natuna. TNI kedepannya juga akan membangun air street pangkalan udara aju dan satuan infanteri juga akan masuk di kawasan itu alias penempatan pasukan dalam jumlah besar, karena pangkalan tersebut tidak hanya untuk mempertahankan Tanjung Datu.

Pembangunan Suar oleh Malaysia di Tanjung Datuk, Kalbar

Pembangunan Suar oleh Malaysia di Tanjung Datuk, Kalbar

Saat ini TNI AL telah menyiagakan tiga KRI yang berpatroli di sekitar kawasan tersebut. Kapal-kapal itu adalah Korvet KRI Sutedi Senoputra, KRI Barakuda, dan KRI Madang. Untuk armada bawah airnya TNI AL masih menyiagakan sejumlah KS yang berpatroli rutin dengan Induk pengawasan wilayah tanjung Datu adalah Lanal Pontianak yang membuat pos AL di kawasan Temajuk.

Lusitania Expresso

Lusitania Expresso  berlayar dari Lisabon Portugal menuju Dilli Timtim

Lusitania Expresso berlayar dari Lisabon Portugal menuju Dilli Timtim

Peristiwa 12 November 1991 di Dilli Timor Timur (Timtim) atau peristiwa Santa Cruz adalah kerusuhan yang terjadi antara kelompok anti integrasi dengan aparat keamanan di tempat pemakaman Santa Cruz Dilli Timtim. Kelompok anti integrasi selesai melaksanakan misa di gereja Motael Dilli dilanjutkan demonstrasi yang anarkhis menuntut referendum. Dalam kerusuhan tersebut tidak hanya mengakibatkan korban pihak sipil tetapi juga dari personel TNI.

Peristiwa ini merupakan peluang bagi kelompok anti integrasi di Portugal untuk melakukan provokasi politik yang didukung oleh pemerintah Portugal. Kelompok ini menggunakan sebuah kapal ferry yaitu Lusitania Expresso berbendera Portugal yang berlayar dari Lisabon Portugal menuju Dilli Timtim untuk mencari dukungan dan menarik perhatian dunia Internasional dengan misi mengadakan tabur bunga di tempat pemakaman Santa Cruz Dilli.

Salah satu bentuk respon dari pemerintah Indonesia untuk meredam misi provokasi adalah membentuk Satuan Tugas Aru Jaya (Satgas Aru Jaya) yang mempunyai tugas pokok untuk mencegah dan mengusir ferry Lusitania Expresso yang akan melaksanakan ziarah ke tempat pemakaman Santa Cruz Timor Timur.

lusiana-2

Kapal ferry Lusitania Expresso membawa sekitar 73 aktivis dari 21 negara, 59 wartawan Internasional. Salah satu anggota/ penumpangnya adalah bekas Presiden Portugal Jendral Antonio Romalho Eanes. Eanes yang mengambil alih pemerintahan dengan dukungan komunis tahun 1974-1975. Kala itu, Portugal meninggalkan daerah koloninya Timor-Timur yang mulai dilanda Perang Saudara.

Transit di Darwin Aussie dari Vasco Dagama terus berencana membawa VIP (mantan presiden Portugal). Niatnya berlayar dari Portugal transit ke Darwin dan lanjut ke DILI Timor-Timor (sekarang Timor Leste). Sesampai di TIM-TIM ingin tabur bunga, demikian “misi perdamaian” yang digembar-gemborkan. Kapal Ferry yang dikomandoi Kapten Dos Santos akhirnya gagal masuk ke TIM-TIM karena disambut 3 KRI angkatan laut dan sebuah KS 209 kita.

Pergerakan Kapal Lusitania Expresso:
1) 23 Januari 1992 berangkat dari Lisabon Portugal
2) 24 Februari 1992 berangkat dari Colombo Srilanka.
3) 8 Maret 1992 tiba di Darwin Australia.
4) 9 Maret 1992 berangkat dari Darwin menuju Dilli.
5) 11 Maret 1992 jam 0600 WITA, meninggalkan perairan Indonesia.

Pergerakan TNI AL:
17 Februari 1992
Armada Timur (Armatim) mengerahkan beberapa kapal perang untuk menghalau gerakan Lusitania Expresso, termasuk juga sebuah KS type 209.

6 Maret 1992
Jam 14.28 WITA Pesud Nomad P – 802 mendeteksi Lusitania Expresso pada posisi 11º 52’ S – 122º 07’ T dengan haluan 110 menuju arah Darwin/Australia dan kecepatan 10 knot.

10 Maret 1992
jam 14.10 WITA Pesud P – 802 mendeteksi Lusitania Expresso pada posisi 10º 25’ S – 128º 29’ T atau sekitar 127 Nm Tenggara Pulau Yako. Pada pukul 21.30 WITA KRI Kihajar Dewantara – 364 (KRI KDA – 364) menemukan Lusitania Expresso.

11 Maret 1992
jam 03.00 WITA KRI Yos Soedarso – 353 (KRI YOS – 353) bergabung dengan KRI KDA – 364 yang sedang membayangi Lusitania Expresso. Sementara KS kita juga bergabung dan ikut membayangi dari jarak yang agak jauh

KRI KDA – 364

KRI Ki Hajar Dewantara (364) / KRI KDA – 364

Jam 05.00 WITA ferry tersebut sudah berada pada posisi 23 Nm dari ujung Timor Timur.

05.58 WITA, KRI YOS – 353 menaikkan isyarat K-9 (tanda Internasional sebagai isyarat untuk membuka jalur komunikasi FM – 16).

Jam 06.03 WITA, Dansatgas Aru Jaya memerintahkan KRI YOS – 353 untuk mengusir Lusitania Expreso yang telah memasuki laut territorial Indonesia. KRI YOS – 353 melaksanakan komunikasi, namun sampai dengan jam 06.06 WITA fery tersebut belum mematuhi perintah KRI YOS – 353 untuk merubah haluan keluar dari perairan Indonesia.

Jam 06.15 WITA, setelah mendapat peringatan keras secara lisan dari KRI YOS – 353, Lusitania Expresso berbalik arah 180 derajat menuju haluan 150º yang merupakan arah ke Darwin.

KRI Yos Sudarso 353

KRI Yos Sudarso 353

Jam 07.31 WITA, Lusitania Expreso menaikan tanda isyarat 2 bola hitam pada posisi 4,5 Nm dari batas laut territorial (masih berada di dalam laut territorial), sebagai tanda kapal terbatas olah geraknya. Kemudian, KRI YOS – 353 menaikan bendera RJ – 2 dan RJ – 3, karena ferry tersebut belum bergerak dan masih mengapung di laut territorial, namun diindikasikan hanya mengulur waktu dan mengadakan tawar menawar dengan KRI YOS – 353.

Jam 08.55 WITA, KRI YOS – 353 kembali menaikan isyarat bendera RJ yang artinya peringatan bahwa seharusnya kerusakan mesin sudah dapat diatasi.

Jam 09.22 WITA, nahkoda Lusitania Expresso menginformasikan kepada KRI YOS – 353 bahwa kerusakan dapat diatasi dan bergerak ke haluan 157º menuju Darwin. KRI KDA – 364 membayangi sampai dengan batas ZEE Indonesia – Australia dan meyakinkan bahwa ferry tersebut tetap menuju Darwin dengan dibayangi oleh KS kita.  Bersambung…

“Wira Ananta Rudhiro”
“Jalesveva Jayamahe”

“NKRI harga mati!”

By. Pocong Syereem

  515 Responses to “Kisah Awak “Hiu Kencana” Jilid 8”

  1.  

    uno ach

    •  

      terima kasih banget artikel nya bung PS :mrgreen:

      •  

        bung@ngurah ikutan trims juga sama senior Bung PS, wah jadi sering di lock toh….ks yg ada punduknya…..wuih….hoax…heeee

        •  

          senior warjag ceritain dong tentang operasi jarak jauh infiltrasi kopassus kurang lebih 40km masuk ke negara tetangga untuk nyiduk agen asing yg bermain untuk obok2 nkri…..waktu jaman prabowo pimpinannya (bukan kampanye ya) pada saat itu

    •  

      Saya tidak tahu pasti apa ini benar terjadi .daftar alutsista dijabar dimari benar benar bikin ngeri.bikin gembira anak negri di warung ini.terlepas dari segala kekurangan,kelemahan,dan isu miring si bapak tinggi besar,namun jika si bapak tinggi besar merealisasikanya jelas ia adalah salah satu pahlawan negri ini.setidaknya ia adalah pahlawan bagi kami warga warung sini.Pertanyaan besar? AKANKAH SANG PENGGANTI AKAN MELANJUTKAN PROGRAM INI?MEROMBAKNYA? ATAU MENGHAPUSNYA?MERANGKUL MUSUH DAN MENENDANG TEMAN SEJATI?. semua bisa terjadi….maaf bukan kampanye bung soalnya tidak nyinggung inisial dan nama siapapun. iya toh?hanya sebuah teka teki.

    •  

      Halo om om,, sorry masi new..
      Sebelum nya ini artikel yg sangat menarik, thx om PS, ..
      Terlepas dr sbrapa bnyak ks kita, mnurut ane ini bukan hanya perkara suar kali yah..tapi ini perkara hutan sekian hektar yang di tanami bebatuan bernilai emas..sekian om..
      Semoga TNI kita lebih nakal sedikit..????????????

  2.  

    5 besar gak ya

  3.  

    Jaya lah hiu kencanaku

  4.  

    Ikut nukmak bung PS

    Salam

  5.  

    Uno

  6.  

    haha no 6, lumayan lah..

    •  

      4 KS mengepung.. dua berjaga-jaga di belakang garis musuh apabila musuh ngajak duel beneran.. 4 KS (ngepung)+2KS (jaga) = 6 KS yg di dispatch untuk mengatasi krisis di Tanjung Datu..
      Logikanya seperti ini, yang di dispatch ke TKP aja 6 biji, blom yang lagi patroli, blom yang lagi docking untuk istitahat setelah shift patroli, dan blom yang termasuk sedang perawatan rutin di bengkel… padahal kan KS kita cuman punya 2.. 401 dan 402, hahaha…
      mantep bung PS, setidaknya kita bisa meraba-raba jumlah KS yang dipunya kita..

    •  

      Bung PS maaf OOT…
      SINJAI (MI) : Lima nelayan asal Sinjai, Sulawesi Selatan ditangkap polisi perairan Asutralia saat mencari ikan di perbatasan Indonesia – Australia. Kapal Babussalam 03 yang dibawa para nelayan itu juga dibakar habis. Saat ini kelima nelayan masih ditahan dan menjalani pemeriksaan intensif.

      Informasi yang dihimpun, lima nelayan yang ditangkap itu adalah Musran bin Tuwo, (25) sebagai Nahkoda , Rustan bin Tuwo (24), Surya bin Darli (14), Illa (26) dan Asrullah (25) sebagai ABK.

      Tiga orang berasal dari Dusun Marana Desa Pasimarannu, satu dari Dusun Bentenge Desa Biroro Kecamatan Sinjai Timur dan satu lagi dari Desa Songing Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai.

      Mereka berangkat menggunakan Kapal Babussalam 03 milik Firman warga Dusun Marana, dari perairan Sinjai pada Sabtu 17 Mei 2014.

      Kemudian mereka ditangkap Rabu 21 Mei di sekitar perairan Kepulauan Christmas pada posisi 10° Lintang Selatan dan 108° Bujur Timur sekira 200 mil dari Pacitan Jawa Timur.

      Menurut informasi Kapal Babussalam 03 ditarik ke pos penjagaan Polisi Perairan Australia kemudian dibakar.

      Erna, ibu dari Surya salah seorang nelayan yang ditangkap itu mengatakan, ia mengetahui anaknya ditahan lima hari lalu. Nahkota Musran yang mengabarkan melalui telepon.

      Dalam pembicaraannya, Musran mengatakan saat ini anaknya ditahan oleh kepolisian perairan Australia karena dianggap menangkap ikan di wilayah perairan Australia. Saat ini anaknya Surya ditahan serumah denganMusran.

      “Yang menghubungi saya nahkoda kapal Musran, ia menelpon saya katanya anak saya Surya bersama empat orang lainnya ditahan pihak kepolisian perairan Australia, sekarang ditahan terpisah, Surya bersama Musran, sementara yang tiga lainnya ditahan di tempat yang berbeda dan sejak ditahan tidak pernah ketemu,” tutur Erna ketika ditemui di rumahnya Dusun Marana Desa Pasimarannu Kecamatan Sinjai Timur, Senin (26/5/2014).

      Erna berharap pemerintah Indonesia melalui Kedubes Australia turun tangan segera membebaskan anaknya dan nelayan lainnya.

      Sumber : Sindonews
      ———————————————————————————————————————————————-
      boleh minta penjelasan artikel diatas dari perspektif militer bung PS..? apakah benar para nelayan melanggar batas, atau australia hanya mencari gara-gara dengan kita..? bagai mana nasib update kelima nelayan tersebut..?
      lagi banyak cobaan dari sana sini indonesia.. semoga TNI kita slalu dilindungi Allah SWT dalam menjalankan tugas2 mulianya melindungi NKRI…

      •  

        Tentara sonotan ya begitu kelakuannya… beraninya sama sipil tak bersenjata. Entar ketemu pasukan Nyi Roro Kidul terkencing-kencing dia kayak biasanya. 😀

      •  

        hehehe…. memang banyak kok bung negara-negara yang mau macem-macem dengan kita dengan menggunakan berbagai macam cara. kan dulu-dulu clue nya sudah banyak dijabarin disini. :mrgreen:

        •  

          iya nih bung.. semoga pemimpin kita dan jajaran TNI nya di berikan kesabaran ekstra dalam mensikapi ular-ular berbisa ini.. pemimpin kita memang harus bermental baja dan bisa menghasilkan solusi meski dalam tekanan luar biasa.. gak kalangkabut kemudian membuat blunder yang merugikan bangsa kedepannya..

      •  

        pengennya maen bacok aja sih bung sama yang macem2 sama kita.. kalo militer kita kuat dan sakti mandraguna melebihi rusia, cina bahkan mamarika.. pastinya gak akan ada yang mau macem-macem sama kita…ular-ular berbisa pun paling bisanya cuman ngomong doang tanpa tanpa aksi meski kita petangtang-petengteng seenak dewe..seperti papa ruskie mencaplok crimea.. nato, Uni Eropa, dan mamarika cuman bisa ngomong doang, tanpa perlawanan berarti..

        •  

          setuju bung ucav….
          seneng lihat asu seperti macan ompong…
          ups salah ding…
          macam asu beneran.. menggonggong doang tanpa bisa menggigit… ha hahah …
          gimana mo menggigit lha wong 5 kotanya udah di kunci NUKE…

          seakan papa ruskie ngomong.. if you dare make a single scar in my soil, you will get it too..
          but only thousand times harder..
          check mate..sekak mati..
          ancor pesena telor… duh kannak.. bisa mate …

  7.  

    Nah…muncul juga artikelnya 🙂

  8.  

    akhirnya muncul juga lanjutannya

  9.  

    Semoga TNI semakin jaya, NKRI harga mati

  10.  

    kisah yang menarik buat dibukukan neh 🙂

  11.  

    nyimak

  12.  

    kira2 hiu yg type apa yg lagi ngepung kapur sonora itu om PS…

    •  

      hiu kita kan cuman ada 2 401& 402 :mrgreen:

      •  

        bung ngurah….dua???ratus???
        hehehehe

        •  

          hehehheehehe bung urakan… pokoknya yang jaga sepangar bay itu kelas paus :mrgreen: terus yang ngelock kelas kelas baracuda dan kelas hiu 😀
          imho hanya opini tukang sapu

          •  

            hehehehe
            saya percaya profesionalitas TNI dalam menjaga kedaulatan negara bung ngurah,ga akan pernah surut dan lekang oleh waktu

          •  

            wah kalo yang ngomongnya bung Ngurah Rai, ane percaya 99,99% deh… pa kabar bung ngurah rai.. adiknya kirov bakalan ikutan Latgab ga bung NR..?

          •  

            bung UCAV hehehehehehehe :mrgreen:

            bung urakan bener banget bung,apalagi sekarang hulubalang kita diperkuat dengan persenjataan yang modern ga bakalan ada lagi kasus sipadan jilid 2 😀

          •  

            sepertinya mendekati kesaktian antareja,gatotkaca dan antasena ya bung ngurah
            Dahsyat,determinasi tinggi,dan powerfull
            saya bangga bung

            baca jakartagreater sambil dengar lagu bendera nya coklat dada ini rasanya penuh bung ngurah

          •  

            apalagi anak panah kita jadi semuanya bung…kita tunggu aja beberapa tahun kedepan bung kita akan menjadi negara yang memiliki armada terkuat di kawasan :mrgreen: cmiiw

          •  

            Aamiin
            waahhh,kehilangan kata kata saya
            yg kepikiran sekelas kuntawijaya danu

          •  

            baracuda…
            hi hi hii….
            para komandan bilang…
            kl tertarik artinya sudah sign kontrak.. terus kl sign kontrak artinya barang nya udah dimari..
            lha itu masi digembor gemborkan masi akan dijajaki eh itu barakuda nongol..

            asem senyumku tak ukur 30 cm.. lebar nian..
            hahahha. hahahha hahah…

      •  

        hiunya ada 3 kok
        401, 402, dan polosan 😀 😀

  13.  

    waow….. mantap tenan….. salut untuk TNI kita, berita yang beredar ternyata jauh dari kenyataan lapangan yang sebenarnya.

    •  

      itu lah Bung yang namanya low profile hehe seandainya ada Negara yang berani ngusik kedaulatan,saya yakin hanya sekejap saja negara tsb akan hancur di tangan TNI hehehe NKRI JAYA BUNG!!!

    •  

      kalau media resmi kan harus nurut aturan yang dikeluarin Puspen TNI bung hehehe…. :mrgreen:

    •  

      ic ic….. percaya kok bung PS hehehehehehe….. yang gak percaya silahkan muntah muntah xixixxixixiixixi……….

    •  

      Saya juga salut, ternyata TNI kita malah sudah berpikir kedepan lagi yaitu dengan meng-addres atau memetakan kekuatan dan kelemahan pangkalan-pangkalan militer mereka.

      Selama ini saya berpandangan karena kita terlalu santun, jadi hanya menunggu saja untuk diserang, tanpa melakukan sesuatu, ternyata di luar dugaan. Sungguh brilliant TNI. Tapi untuk pengawasan di perbatasan agar lebih ditingkatkan lagi.

      Bravo TNI.

  14.  

    Surprise banget..! Terima kasih bung PS untuk recent articlenya. Bagi saya, artikel anda kali ini adalah sebuah klarifikasi dari kisah pengalaman sahabat saya. Ternyata memang benar ada 4 KS kita yang sengaja ditongolin ya? Hehehe..! Terbayang bagaimana mereka begitu tergesa-gesanyanya saat harus meninggalkan TKP dengan ancaman todongan torpedo..! Bukan todongan pistol nih bung..! Teman saya langsung demam setibanya di KL..! Terima kasih bung PS, salam hangat untuk anda beserta keluarga..!

    •  

      hehehehehee… kalo ngebanyangin tuh bung yayan, kagak bisa tidur nyenyak deh rasanya. pantesan aja demam bung, nyawa amir melayang 🙂

    •  

      Numpang senyum2 bung Yayan 🙂

    •  

      @Bung Yayan, saya saja mendengarnya merinding Bung, itu belum termasuk gemuruh dilangit ya bung dengan elok layangan melayang membabat layangan tetangga dengan gelasan handal kita. Salute untuk Bung Yayan yang terus menjadi telinga bangsa Indonesia di mana pun Bung Yayan berada. Respect.

    •  

      sepertinya pas di TKP hanya 2 kasel. Begitu di lock lari …. ada satu saat ngerasa aman. Eh baru lega bentar kok ada yg nge lock lagi? …. lari lagi tambah kenceng … akhirnya horizon semenanjung keliatan mulai lega … eh tiba2x di lock lagi ha ha ha.

    •  

      Mau minta bantuan scorpiony ehhh malah udah di tongkrongin ama SI GEMBUL. HAHAHAHA .kencing kencing deh ampe bau pesing……

    •  

      Sesuai info bung Yayan, kepada bung PS saya bertanya….benarkan 4 kapal selam kita sengaja Nyembul…….(bahkan 2 lagi berjaga-jaga)….mengapa strategi/ cara itu dipilih bukankan hal ini sejatinya bertentangan dengan paradigma KS sebagai armada silent Warrior…..

      Trus dengan mengkonfirmasi secara jelas/nyata begini tentang banyaknya KS kita disatu sisi akan menimbulkan deteren efek, disisi lain pasti sonora berupaya membuat langkah antisipasi untuk meningkatkan kewaspadaan apakah kalkulasi ini juga diperhitungkan?

      Mengingat Luasnya wilayah laut kita, tidak adakah cara untuk menempatkan perangkat sonar statis dispot tertentu di wilayah laut NKRI yang disinyalir rawan diterobos (mengingat menjamurnya KS dikawasan), menurut hemat saya semacam sensor sonoboys statis yang berbungsi semacam Radar (early warning sistem) ini langsung terkoneksi ke sistem satelit pertahanan…..bagaimana apakah gagasan semacam ini sudah dirumuskan/ diimplementasikan ???

    •  

      hahaha…. salam hangat Bung Yayan, dan mohon maaf buat teman bung, sudah dibuat senam jantung hehehe… :mrgreen:

      •  

        untung ga di hajar beneran Pak PS,kalau di hajar beneran nanti Pak Yayan kehilangan seorang temen hehehe btw,gahar juga ya si paus lansgung ke lock,padahal belum lama renang di mari hehe salam peluk hangan Pak PS heehehe lop yu pullll

    •  

      bung@yayan reques dunk
      tolong di babarin dari kisahnya temen bung yayan.
      biar kami bisa ngeliat dari sudut pandang yg berbeda.
      seru kayanya, trimakasih.

    •  

      Ternyata ks kira sempat nongol diatas air ya…..kirain cuma sampe periscope depth saja….kalo begitu bisa dikenalin donk bung jenis ks nya dr bentuk towernya……heehmmm jenis apa sja ya.?

  15.  

    izin menyimak

  16.  

    lah kok langsung ke no 8 pyuuh ternya penghuni warjak ni pada siaga smua heee

  17.  

    Bung @PS, 4 unit KS yg kepung kapal si jaguh itu type apa ya..!

  18.  

    Shock terapi yang fantastis 🙂 Trims atas infonya bung PS

  19.  

    bung PS…mantaaaabbbbb
    4 2=6
    itu yg menghalau ditanjung datu
    waaahhh,jgn2?????
    xixixixix
    ga kebayang aaahhhh
    salam bung PS

  20.  

    Bung @PS minta klarifikasi nih kalo boleh 😛
    mengenai KS sonotan yg kejepit posisinya oleh KS kita waktu itu.
    Kok ya saya agak ragu tuh kalo KS mereka di tenggelamkan he…he..
    Ibarat orang bawa mobil ngga bawa STNK trus kena “RAZIA” dijalan seharus nya tuh mobil dibawa ke “POS” untuk “DIAMANKAN”.

    •  

      KS mereka dijepit oleh 2 KS kita sampai dipaksa timbul kemudian seluruh awaknya dikeluarkan paksa setelah itu baru KS nya dijadiin monumen dasar laut Bung hehehe… :mrgreen:

      •  

        wow…..mantab bung PS@…jan ngegirisi tenan….NKRI harga mati
        salam hangat bung PS

      •  

        aaah sayang sekali padahal lumayan kan dapet Collins-class bawa pulang
        trus di pajang di surabaya he..he..he..
        Mirip kasus drone ASU yg di jatuhkan sama IRAN jadi barang pajangan mahal tuh
        trm kasih bung @PS 😀

      •  

        berarti di laut teritori nih ya bung PS ketahuannya … malu deh sonotan he he he. sebenarnya orang sonotan tuh malas-malas … Sydney aja yg keliatan sibuk orang2x Asia he he he.

      •  

        Kesalahan Mereka apakah bgt fatal ya..kok sampe di kirim kedasar laut? Sonotan apa gak protes atau lapor ke asu ya…trus komennya asu apa ya bung, trus mama Ely kok masih kasih baik sama kita?

        •  

          Bantu jawab Bung Radialv,
          ada hukum internasional yang menyatakan bahwa kasel yang melintasi teritori asing harus menunjukan kehadirannya dengan berlayar di permukaan . Apabila kasel yang melintas tersebut dalam posisi menyelam, maka dibenarkan untuk ditenggelamkan.
          Kasel sonotan dinilai sengaja menyusup ke wilayah Indonesia, dan itu suatu kesalahan fatal , apalagi bila kasel tersebut mempunyai misi yang lain misal deploy pasukan khusus dan misi rekon yaitu misi observasi objek-objek di wilayah RI.
          Oz tidak akan memprotes di media karena pertama mereka tidak akan pernah mengakui misi intelijen kasel ,lalu kedua juga menyelamatkan muka pemerintah atas kegagalan .Akhirnya US dengan baik hati akan menyediakan Poseidon untuk mencoba mendeteksi kasel-kasel kita.
          Kalau soal ekonomi semua ya baik-baik saja asal ada sesuatu yang ditransaksikan,he he…
          Silahkan Bung-Bung yang lain menambahi.Maaf kalau jawabn tidak memuaskan, ini baru belajar 😀

  21.  

    @Bung PS, artikel yang mantap sekali. Kepada rekan-rekan mari kita kepala dingin dan tenang dalam menghadapi situasi. Sekarang ini intelejen asing sedang banyak-banyaknya di Indonesia. Saya dari jauh hanya berpesan perkuatlah Persaudaraan dan ingat Bhinneka Tunggal Ika. Tak lupa kami yang jauh diutara akan selalu membuat bangga Merah Putih.

    @Bung PS, saran bung, di babat dulu dong tentang Akula Indonesia. Denger-denger dari comrade yang di russia indonesia agak sedikit berminat dengan Borei Class seandainya “terdesak”. Maaf kalau isu ya bung.

    Jaya terus NKRI

  22.  

    Mlm komandan PS aduh enak2 vaca dah bersambung lagi . Tpi artikelnya mantab bgt salam hangat semga sukses slalu DAN PS

  23.  

    wuiihh… dah rame aja
    belum sempat baca artikelnya… tapi pasti mantaaaap
    salam NKRI bung PS….

    Jayalah Indonesia Raya
    Rayalah Indonesia Jaya

  24.  

    wuihhh…mantapp artikelnya bung@PS.
    Akhirnya jilid 8 keluar juga .. he he…
    yang jelas d jilid 8 ini ,ulasanya lebih cetar membahana ,terkait suar tanjung datuk 😀 .
    ternyata kapal TLDM lari terbirit-birit karena dah di lock ma 4 KS kita xixixi 😀
    salam Hangat bung@PS .
    smoga tetap sehat selalu & dalam lindungan-NYA .Amiin….

  25.  

    ane masih kecil waktu itu, tapi kata temen ane yang anak mabes , mesinnya di sabotase sama kopaska, saluttt buat marnir

  26.  

    sama bung newborn. . .saya juga mau nanya itu. .

  27.  

    TNI saat itu tidak main-main, berhubung
    waktunya hampir bersamaan dengan
    diadakannya latihan gugus pengamanan di
    Ambalat, maka sejumlah KS kita sudah
    mengunci basis KS mereka di Sepanggar
    Bay, Sabah. Sementara di lokasi TKP
    beberapa kapal tongkang dan sebiji kapal
    perang pengawalnya tanpa disadari sudah
    dikepung oleh 4 unit KS kita di mana 2
    unit KS lagi berjaga jauh di dalam wilayah
    laut Malaysia sebagai antisipasi bilamana
    mereka memang berani ngajak kita duel
    beneran.,,……..

    wah perlu diskusi masalah ini ne….kira2 zg jaga2 diwilayah laut si upin ks tipe apa za ….pasti zg bawa s club ne rsanya..hehehehe…mohon pencerahan para sesepuh…

  28.  

    atur nuhun bung PS,
    saya rasa TNI sangat profesional dalam menangangi hal ini. Mulai dari ngirim telik sandi nelayan sampai persiapan dan antisipasi gelar perang. saya nggak tau apakah gelar perang tradisional jama dulu kayak sapit urang (ini yg dipakai Jend Sudirman njepit sekutu di Ambarawa) atau Garuda Ngleyang ada juga di strategi kapal selam. Berarti semua titik kekuatan sonora dan upil sudah dipetakan ya bung? dimana ada apa gimana antisipasinya … mobilisasi musang sudah diantisipasi semua.

    Kapan-kapan boleh tuh dishare strategi gelar kasel. yang umum2x saja 😀
    Yang menarik sebenarnya ketika ada faktor tambahan: preemptive strike dan senjata pamungkas … he he he..

  29.  

    Akhirnya nongol juga nih jilid 8..
    Nunggunya lama keluar’y sedikit tapi mak nyoss..
    Om PS mohon dipercepat recent jilid 9 nya..
    4 KS kita itu yg type apa ya om PS?

  30.  

    Untung panglima trtinggi ndak esmosian CBA klo orangnya pemarah
    Dah suruh perang Kali sama upin ipin,
    Ko ya NDA kapok kapok sll reseh

    •  

      @Bung Pandu Dewanata, salam kenal bung. Pendapat anda agak sedikit “usil” bung menurut saya. ^_^ Oleh sebab itu, menjadi pemimpin di negara ini tidak semudah yang dibayangkan bung, karena dituntut untuk mengatasi tekanan dalam negeri dan luar negeri. Jangan lupakan persiapan AFTA 2015, mari sama-sama menghemat pengeluaran kita untuk mengantisipasi perdagangan bebas, siapa yang kuat dan mempunyai dana cadangan akan menguasai negara lainya.

      •  

        Sedang tabungan ri buanyakkk.
        Emas yg d simpan d swisss buanyakkk.
        SDA buanyakkkkk
        Mau d embargo kangkung bayam tumbuh sendiri d ladang..
        Lemparin pohon singkong aj umbian
        Pusing deh bule2

  31.  

    “karena pangkalan tersebut tidak hanya untuk mempertahankan Tanjung Datu” untuk apa lagi om PS 🙂

    •  

      Sepertinya buat back up natuna bung..dan sebagai penyekat kalimantan utara dengan semenanjung..hehehe

      •  

        Betul Bung Akung…. :mrgreen:

      •  

        Apa sudah ada strategi terbaru dr TNI sehubungan dng info running text metro tv hari ini ttg perkembangan sengketa LCS yg mana kapal cina tenggelamkan kapal vietnam ?

        •  

          pastinya terus kita pantau Bung :mrgreen:

          •  

            BungPs, sayaheran hub antara vinadng indonesia, disatu sisi indonesia memmembeli paket rudal C705dan darencana utk ToToT, sikapccinasptnyaydk afada masalahindonesia membeli paket rudal C 705, cumantthToT iniygbelum jelas,apa cinamauberi Tot atautidak? Disisi lai. lain cinamasukkan wilayahindonesia di bagianZEE pulau natunaygterlihat dlm ninedashline dan gambgambar dlm peta di paspor,pertanyaan sayautk BungPSadalahbgmn pendpt BungPsmengenai hal ini?

          •  

            ToT rudal C 705 itu masih terus berjalan kok Bung, mereka memang memasukan sedikit wilayah kita dalam peta, wilayah itulah yang sekarang menjadi grey area dan masih terus dibahas dalam perundingan antar G to G kok Bung, media aja yang pada enggak tau kabar ini. :mrgreen:

  32.  

    wis bisa di tebak pasti si alay balik kucing”malu” keplayu dr Tanjung datu..hidup NKRI..Bung pocong@ kl boleh tau KS apa aja yg ada d situ? matur nuwun

  33.  

    30 besar

  34.  

    Maaf bung @PS apa saya ketinggalan artikel ya. Yang jilid 7 belum baca tuh. Jadi bingung saya, perasaan up date terus….

  35.  

    kisah yang Inspiratif bung PS ,,ane tahun lalu pernah menyinggung tentang lusiana expresso
    Ijin menambahkan yaa bung PS buat nambah pengetahuan warjager

    Satrio says:
    August 19, 2013 at 12:51 am

    kita pernah sukses jaman eyang menghalau pelayaran kapal Lusitania Expresso mililk perusahaan AA Rocha Cabecas yang disewa kelompok aktivis antiintergrasi Timor Timur terhadap Indonesia, di mulai pada 23 Januari 1992. yang sedang berlayar menuju kota Dili, Timor Timur (sekarang Timor Leste).Kapal berbobot 1.662 ton itu melaju dengan kecepatan 15 knot membawa 73 aktifis non-govermental organization (NGO) dari 18 negara termasuk mantan Presiden Portugal, Antonio Ramlho Eanes, serta 56 wartawan dari enam negara. Pelayaran dengan misi provokasi internasional menyusul insiden Santa Cruz itu berhasil dicium Jakarta.

    Saat itu di Kantor Merdeka Barat 14 sempat pusing dibuatnya sehingga mengadakan rapat kordinasi dengan menlu AA,menhankam LBM,Mendagri R, Menkeh IS, Menhub Az A, Menpen H, Panglima ABRI Jendral TS, KSAL Laksamana A, Pangarmatim Laksda TK, Kabakin, dan Kapolri.
    Hasil rapat menyimpulkan dan memerintah TNI AL untuk menghalau Lusitania Expresso dengan cara apapun, asal tidak melanggar Hak Asasi Manusia (HAM).

    Mereka menunggu lengahnya dan salah bersikapnya pemerintah kita dalam menyikapi setelah sukses menyelenggarakan opera santa cruzz.

    Keputusan pemerintah RI bertolak belakang 180 derajat dengan pemahaman para aktivis di Lusitania Expresso. Mereka berpendapat, pemerintah RI tidak berhak menghalang halangi pelayaran mereka, apalagi sampai mengatur izinnya. Indonesia dinilai tidak berdaulat atas Timor Timur karena PBB pun tidak mengakui intergrasi Timor Timur dengan Indonesia.

    maka”” Operasi Aru Jaya “digalakkan nama sandi untuk menghalau kapal Lusitania Expresso, melibatkan unsur tempur kapal fregat KRI Ki Hajar Dewantara (364), KRI Yos sudarso (353), dan kapal perusak kawal KRI Ngurah rai (344). Juga Kopaska dan Denjaka Ikut.

    Juga dikerahkan juga kapal pendukung LST KRI Teluk Banten (516) sebagai kapal Markas, KRI Sorong (911), KRI Kerapu (812), KRI Ajak (653), dan KRI Rakata (922) sebagai kapal tunda.
    Unsur udaranya yang terlibat , yakni pesawat Nomad N-22, pesawat angkut ringan NC-212, helikopter Bell dan NBO-105, serta satu pesawat surveiller B737-200 dari TNI AU.

    Kolonel W.AS (terakhir menjabat menkopolkam) sbg asop guspurlatim yang mengelar ops tersebut dan berakhir sukses.

    Pak SS asli masih letkol kalau gak salah dan pak EP mantan kasad malah masih kapten saat itu CMIIW

  36.  

    Artikel yg mantaab bung@PS..” JALESVEVA JAYAMAHE ” NKRI HARGA MATI..!!!!

  37.  

    Salam kenal balik bung@daltob.mohon maaf seblumnya bila komnt saya kurang brknan
    Jujur mndgr nama Malaysia bikin tensi naik bung,Dari mulai sipadan ligitan sampe yg teranyar tnjung datuk,bikin gregeten salut buat pak beye Dan petinggi militer kita yg sll mngdpnkan diplomasi ..
    Smga kdpan alutsista tni makin gahar nama nkri sll harum di mata dunia…

    •  

      @Bung Pandu, saya bisa mengerti dan menerima rasa kesal anda bung. Setiap tanah sejengkal NKRI merupakan hasil perjuangan Pahlawan kita. Untuk era sekarang, alangkah indahnya kita menahan sikap dan tunjukan ketegasan kita. Ibaratnya kita sedia payung sebelum hujan, jadi menuggu seluruh list yang telah dipaparkan @Bung Nara datang serta kita tetap menunggu perkembang teknologi pertahanan militer kita seperti @Bung Satrio, @Bung Diego, @Bung Jalo sudah banyak paparkan. Era keemasan akan tiba dan tetaplah kita menghargai dan menghormati mereka sebagai bangsa Melayu karena tidak semua Melayu di Malaysia seperti itu. Namun pada kenyataanya seandainya perang pun meletus oleh “kejailan” mereka, maka berjuang dan angkat senjata lah kita baik secara riil dan diplomasi internasional. Karena ke dua unsur tersebut berkaitan sehingga tidak terjadi perusakan secara kasar oleh asu, sonotan, dan mama ely. Salam hormat untuk @bung Pandu sekeluarga

      •  

        ‘Era keemasan akan tiba dan tetaplah kita menghargai dan menghormati mereka sebagai bangsa Melayu karena tidak semua Melayu di Malaysia seperti itu.’
        Saya suka kalimat anda yang ini bung daltob. Salam

  38.  

    probability KS TNI AL…
    =======================

    contoh hitungan sederhana untuk kemungkinan jumlah KS (Kapal Siluman).
    2KS= 2 (10) (401+402)

    Bila MEF jilid 3 disyaratkan oleh angka imajiner 12KS maka persamaan probality-nya adalah:
    12KS= 12 (10) (401+402)

    kira2 demikian perkiraan saya.

    NKRI tetap jaya …

  39.  

    Akhirnya di gelar juga jilid 8
    Dah lama ane mantengin nh warjag
    Gatel juga kalo ga koment
    Maaf newbi

  40.  

    mantab, ada alasan khusus kah kenapa tidak ditorpedo skalian?

    •  

      kalau hal seperti ini apalagi menyangkut wilayah yang masih termasuk dalam kategori grey area, jangan sampai kita yang letusin senjata duluan Bung…. efek dibelakangnya itu yang bahaya. :mrgreen:

  41.  

    Tapi menurut ssya,malingsi pasti ada yg mau dicari oleh mereka.kita harus jeli melihat situasi di balik semua ini,menurut saya bukan hanya mercusuar itu masalahnya, pasti ada yg lain dibalik semua ini,mereka ada rencana jangka panjang untuk yg mesti di teliti oleh tni,

  42.  

    Assalamualaikum …
    Salam sejahtera bagi kita semua. Akhirnya keluar juga … Buat para warjager kita ga harus maksain KS apa yg ada di Tanjung Datu. Mungkin masih bersifat rahasia, namanya juga lontong … He he he jujur aja neh … Negara lain dah lama memperhatikan arsenal kita. Jadi jangan terlalu vulgar … Yang ‘remang-remang’ kan lebih asyik … Ingat warung kita banyak ‘spy’ … Ingat kontra intelijen kita mainkan disini … Salam hormat ….
    Wassalam … MERDEKA

  43.  

    maaf bung Yyayan mau nanya dkt, kemaren sya liat berita di ASTRO AWANI china mengirimkan 2 ekor panda ke malaysia, plus kerja sama membuat taman tema bunga berkonsepkan tiongkok, awalnya sya fkir cuma kerja sama ekonomi, tp sya jd curiga sbb ketua partai komunis tiongkok yg dtg meresmikan,,
    menurut bung yayan apa motif sebenar??

    maaf oot,,,

    terimakasih bung@PS untuk artkelnya,, kisah hiu kencana memang slalu buat sya dag dig dug,, hehe

  44.  

    @bung PS..KS kita jenis apa yg mengepung mereka..??

  45.  

    bung PS, apa yg dmaksud dg “tidak ditemukan titik jatuh air” pd saat survey 87-88, apakah sumber mt air ?

  46.  

    Nyimak bung PS..
    412 kalo pengen ngilang angka satunya tinggal ganti 0 ya bung.

    salam NKRI

  47.  

    bung Daltop@….trimakasih dibantu jawab salam hangat juga buat anda….ga bisa bayangin lo si upin ngajak konfrontasi ma kita pasti babak belur tu mereka….hehehehe…

    •  

      @Bung Liesto, salam hangat bung.

      Untuk saat ini, menurut beberapa artikel di JKGR, kemampuan pertahanan kita berada di rasio perbandingan dengan mereka 70:30. Karena banyak alusista misterius yang disimpan dengan apik dan menjadi tabir di dalam laut. Hal itu yang paling ditakuti juga oleh asu dan sonotan karena tampak atas bisa ditebak jumlah namun tampak bawah harus meraba dan menduga yang begitu sulit seperti cerita @Bung PS sampaikan. Selain itu, apabila infantri kita melakukan filtrasi ke daerah utara kalimantan, lebih cepat lagi mereka akan bergabung ke Indonesia. Bukan berarti itu menunjukan kegagahan kita atau kesombongan, namun itu fakta yang tidak dapat dibantahkan. Seperti selalu saya katakan Bung, lebih baik rendah hati dan menghargai masyarakat Melayu juga agar kita bisa membawa angin perubahan ke mereka juga sehingga lebih baik dan mengerti akan sopan santun.

      •  

        Sebab Indonesia adalah sang Arjunasasrabahu, bukan begitu bung Daltob? Politik internasional Indonesia tampak benar seperti menggambarkan sang Prabu Arjuna ini. Asal nanti kalau sudah berotot jangan berubah menjadi Kumbakarna, tidak ganteng lagi malah jadi tambah banyak musuh hehe

  48.  

    <:D
    ?) siap !!!
    _||_ Komandan !!!

  49.  

    hahahahaha… jangan jangan seluruh awak kapal TLDM dah pada kencing dicelana tuh setelah mendapat ping dari 4 hantu laut kita. pantesan mukanya nyang pasang pancang tuh pada lesu ampe demam segala hehehehehehe….. untung tombol torpedonya kagak kepencet :mrgreen:

    •  

      scorpene mereka emangnya kemana tuh bung Nara, kok kagak jawab panggilan helep helepnya si laksamana class hehehehehe…. apa die gak bisa nyelem ato gimana tuh :mrgreen:

      •  

        @Bung MP, scorpenenya mungkin sudah di lock juga bung dan di jawab dengan lantang oleh kapten kapal selam kita “Masuk barang itu !” . Mungkin seperti itu bung.

      •  

        hehehehehehe….. kayaknya kalo org belagu emang maunya di skak mat aja tuh bung Daltob, mau maju, ta ceburin langsung ampe nyungsep hehehehehe…

        •  

          @Bung MP, hehehe. Selain itu mungkin sudah kesal KS kita yang ada di lautan mereka pun membalas “Serumpun semprul !” Jadi rig itu pun ditinggalkan begitu saja.
          Hemat saya ya bung MP, fondasi itu tancapkan saja Merah Putih dan bangun mercusuar. Terima kasih loh kita sama mereka tanpa perlu mengeluarkan biaya lagi dan jangan lupa katakan “Ngeri-ngeri sedap barang ini”.

        •  

          setuju bung daltob, kalo perlu kita yang installin radar aktif, passif ama sonar dengan isi sekalian pinsil pinsil made in indonesia hehehehehe…..

        •  

          @Bung MP, kalau pemasangan radar terlalu mengeluarkan biaya bung menurut hemat saya. Lebih baik di permanenkan tiang bendera Merah Putih dan membawa patung Soekarno menunjuk ke arah mereka. Bermain psikis lebih menyakitkan dibandingkan fisik kalau saat ini. Tugas selanjutnya ya pembangunan tanjung datu dan pemecahan konsentrasi pasukan ke daerah perbatasan. Seperti perang Arab bung antara Israel dan beberapa negara Arab. Pasukan ditaruh diluar dan berperang diluar karena kehancuran akan banyak diluar.

        •  

          hmm… ic ic…. masuk akal juga sarannya bung, cukup bawa patungnya Bung Karno terus ngadepnya ke arah mereka. perang psikis yang sangat menyakitkan heheheehehe….

        •  

          @Bung MP, coba kita bandingkan dengan usman harun bung, sakit sekalikan negeri upil tersebut. Begitulah kita mainkan bung, karena kita bisa menghemat anggaran juga untuk menambah tank amfibi kita dan kapal LHD. Terkadang perang adalah reterotika rekayasa dan penghasutan kepada pihak yang akan dihancurkan. Jadi kita kembalikan kepada tetangga kita. Sehingga TNI pun tidak dipersalahkan karena dengan asas territorial protected.

        •  

          sedikit yang bikin besar kepala militer upin ipin karna kemaren disodorkan ma obama daftar alusista yang melebihi dari daftar yang disodorkan ama kita bung Daltob, mereka kira itu cukup untuk menggertak TNI, ternyata pahit yang mereka dapatkan hehehehehe

      •  

        @Bung MP, hehehe saya agak sedikit tertawa dengan dana militer yang akan disodorkan ke upin-ipin. Hal tersebut baru akan perencanaan di mana begitu bertentangan dengan kenyataan mamarika sekarang ini. Sebenarnya mereka menurut saya sedikit “jail” untuk mengetahui akula class kita karena itu yang mau disasar mamarika dan sonoton melihat keagresivan virginia class ke samudera pasifik belakangan ini namun borei class mengkonter dan lagi bermain dengan akula klass kita. Coba colek @Bung Jalo tentang perkembangan pembangunan haul baru PT. PAL.

        •  

          kayaknya ini emang triknya dari Asu bung Daltob, mereka mencoba memainkan pion pion mereka untuk mengorek secara tdk langsung kekuatan TNI kita. soalnya smua tetangga kita jadi pada rese akhir akhir ini. karena list yang mereka bawa ke kita kagak diambil semua, cuman beberapa item aja untuk menutupi stop gap kita yang masih kekurangan. asu pasti mikir, nih jangan jangan udah punya dari t4 laen nih hehehehehe cuman mereka kagak tau secara pastinya.

        •  

          Bung Daltob, Maaf baru baca…

          Pembangunan masih berjalan. Saya sudah lama gak kesana, coba nanya bung java yg deket situ. 🙂

          Lalu ciba colek bung PS, yg di Sulteng katanya sudah hampir selesai atau malah sudah selesai. 🙂

          Maaf nih sudah lama belum mantau lagi kegiatan disana. Lagi lihat project2 sipil 🙂

        •  

          Waduh maaf bung jalo@ baru nyafar ditanya….tentang haul baru masih belom ada tanda-tanda mulai pekerjaan bung. Istilah orang sipil masih clearing atau pembersihan. Kayanya sih mungkin ada schedule baru dan anggaran baru, krn belom dikerjakannya proyek ini “mungkin” 2 masalah itu kayanya yang saya dengar….schedule yang mepet dan anggaran yang cekak jd sulit utk diwujudkan sesuai deadline awal dan rencana design. Imho cmiiw

      •  

        @Bung MP, analisis saya seperti ini Bung, Darwin dan pulau pohon natal akan menjadi basis mereka dan di pinoy juga, maka hantu laut mereka harus berada duluan sebelum “Kapal Besar” mereka seri Nimitz. Clue sebelumnya Bung PS sudah dapat diketahui, mereka ingin sekali mengetahui tabir laut kita. Sehingga mereka dapat menebak serinya dan menghancurkanya dengan mudah namun kenyataanya mereka tidak dapat menduga karena segimana pun besar pangkalan Darwin dan Pinoy akan begitu gentar bertemu tante akula Bung. Itu projeknya kalau tidak ada salah ada 6 yang batal. Nah India membeli satu namun bukan projek yang baru. Sisanya ke – ? Antara China dan Indonesia. Mari bertebak-tebakan. Rusia sudah masuk ke Borei Class untuk peningkatan hulu ledak dan jarak missile. Sehigga prioritasnya Borei. Sedangkan beruang merah memberikan ke kita dengan dasar sejarah mereka. Maaf Bung MP kalau ada yang salah.

        •  

          rilis resmi sih china lom dikasiin tuh bung Daltob. artinya……. hehehehehe bisa jadi tebakan bung Daltob bener dan memang masuk diakal. kan clue yang dilempar ama bung PS, pola penyebaran ks kita cuman 2, laut dangkal ama laut dalam. nah di laut dalam tdk mungkin sendirian kan hehehehehehe……… yang mana area pengawasannya lumayan luas.

        •  

          Salam Bung Daltob,
          Mau nanya nih, dari kalimat “dan menghancurkanya dengan mudah”, apakah South east asia target mereka selanjutnya??
          Nusa mana persisnya, atau sudah mengarah ke sebuah nation?

        •  

          Dan, apakah kita sudah memiliki penangkal untuk Nimitz?
          Maaf, oot…

        •  

          @ Joe Kanda kalo penangkal nya Nimitz class insyah ALLAH sudah ada bung jangan kwatir 😀 :mrgreen: hehhehehee

        •  

          Bung joe…kalau kita sdh memiliki akula,oscar atau borei ada satu torpedo unik yg digotong Paus Paus ini…namanya skval yg dikenal sbg jagal kapal induk…

          isunya tragedy KS Kursk dikarenakan uji coba nih giga torpedo…bergerak dgn kecepatan suara karena saat bergerak tercipta gelembung udara hampa di depan torpy sehingga tidak ada gesekan dgn air laut..

          Monggo bung PS bung nara di babar biar tambah masuk angin Warjager :mrgreen:

        •  

          Permisi bung Wehrmacht numpang lewat ikut menambahkan (maaf thread ini tangan saya agak gatal hehe). Shykval sebenarnya awal mula diciptakannya bukan sebagai penjagal kapal induk, tapi sebagai torpedo pengacau torpedo (aneh kan!). Dalam pertempuran KS sebuah kapal selam dapat terdeteksi dimana posisinya ketik ia sedang aktif menyerang, dan shykval ini baru diluncurkan ketika KS telah diserang oleh torpedo lawan, karakter shykval yang menghasilkan noise yang sangat besar saat meluncur diharapkan dapat membelokkan trajektori torpedo KS musuh dan disaat yang sama menembak KS lawan yang meluncurkan torpedo tadi.

    •  

      maaf Pak Nar mau nanya,hehe personil kita kok tumben ga ada yang renang ke kapal malayshit itu Pak? kalo dulu kan tiba tiba udah ada di atas kapal aja tuh hehehe apa karna mau skalian nunjukin taring,jadinya langsung nongolin ks?
      dan kalau misalkan kita ngeluncurin terpedo dan kapalnya tenggelam,apa malaysia bisa mengajukan protes? selamat malam Pak Nar!

      •  

        oh gitu pak,emang paling pas sih nongolin KS hehehe pasti yang nongolin si kembar 209 sama kilo ya Pak?hehe kan kemaren lagi latihan di amblat tuh…
        lah kok kita yang salah pak? bukanya mereka berada di perairan kita? tempo hari kan kita nembak colins nya aushit tuh,apa berbeda konteks nya dengan ini?hehehe maaf pak kurang berbobot,pertanyaan anak SMA hehehe

    •  

      Hehehe
      Seperti melihat penampakan pocong serem gt yaa bung nara terus langsung lari terbirit birit sambil ngucapin, lontong….lontong….lontong… ups maksudnya pocong bung
      Hehehehehe

    •  

      @Bung MP, memang seperti itu bung, dunia bawah laut memang tabir dan misteri. Coba check saja kepada sesepuh disini seberapa sering Virginia class ke alki kita untuk mengkonfirmasi teman mainya akula namun di cover oleh abang borei. Selain itu mereka mau mengecek amur yang ada untuk di petakan oleh sonotan namun mereka tidak bisa. Cara paling tepat ya lewat upin-ipin karena faktor psikologis masyarakat kita. Sehingga kita lebih baik bermain psikologis dan balikin kembali cara tersebut dengan cara memberikan tanda peringatan 4 kali dan suara gemuruh dari mesin akula. Sudah jelas sekali itu. hehehe

  50.  

    Ah,bung nara baru kelihatan lgsg melengkapi kisah ini
    Pa kabar bung?

  51.  

    Yg berhasil nguping raungan minta tolong mrk kyknya cakra/nenggala ya Bung Nara? Stlh overhaul di korsel kan mrk punya kemampuan nguping berbagai macam jalur komunikasi

    Just IMHO lho

  52.  

    @Komandan Nara, salam hormat.

    Mendengar pendapatnya, jadi sedikit merinding. 4 sonar melock sekaligus atau 4 kali peringatan langsung membuat mereka lari dan meminta bantuan. Bantuan kepada pusat namun tidak ada respon. Ahli bangunan pun lari seketika tanpa mempedulikan instruksi karena nyawa taruhanya. Belum termasuk gemuruh angin ya itu Bung Nara ? Saya mau mendengarkan gemuruh made in russia tersebut dan terbang mencapok eagle. Salute !

  53.  

    Malam ndan..salam hormat..btw ks yg nunggu deket pangkalan ks sonora di sabah berarti dalam wilayah teritori mereka ya..wah salut dgn strateginya dan keberaniannya..juga kemampuan pengumpulan data intelijennya..mantap ndan..oiya sori oot gimana soal TK17 Arkhangelsk nya ndan..ready to sail in the next two months kan.. :mrgreen:

  54.  

    Wuih mak nyooos bener bung nara. Gak sekalian dikasih oleh oleh torpedo barang sebiji.

  55.  

    wuik 4 sonar sekaligus dari 4 hiu? aw aw aw, langsung hipertermia tuh

  56.  

    ANE google setengah mati cuma kecari tu Cakra dan nenggala ga ada yg lain lg.

  57.  

    Wah mantep nih bung Nara kira kira layangn APA yg di pake
    Sampe suara gemuruh bikin upin ipin ketakutan

  58.  

    bung nara..sekali2 klu si upin ipin bikn ulah mbok yaa dksih kenang2 sedikit..biar gk bikin ulah lagi..katanya si upin ipin qt kan serumpun..bleh lah kasih kenang2an sedikit..salam bung nar..

  59.  

    Artikel yang mantap bung PS.. jos ghandos buat TNi kita…
    Kalo dah kayak gini belum juga kapok berarti yaaa,…rai gedhek tenanan tetangga ini!! Hehehe

    •  

      pastinya tetangga sebelah utara itu belum kapok Bung, liat aja nanti kedepannya hehehe…. udah skenarionya demikian Bung… :mrgreen:

      •  

        Walaaah…walaah masih mau cari gara2 thoo
        Karena dibelakangnya ada asu jadi mereka masih ngrecokin aja yaaa bung…atau gak gt udah pesenan dari asu untuk ngusilin…
        Yang q bingung rakyatnya gimana yaa lihat tentaranya kayak gt…apa yang dibanggain coba klo isinya cuma provokasi gt… mungkin bung yayan bisa ceritain ni efek kepada masyrakatnya karena tentaranya harus lari terbirit-birit karena lihat pocong…eh lontong maksudnya…
        Hehehe

  60.  

    Bung PS dan Bung Nara,
    pada kompakan ya melengkapi cerita teman Bung Yayan, he he…
    Saya masih penasaran scorpene si jaguh itu sempat kluar kandang tidak Bung ?
    Bung seandainya nih si jaguh nembak duluan apakah dengan sendirinya kapal patroli berikut tongkang-tongkangnya langsung ditembak walo pun ada orang sipil disana ?
    Lalu apabila ada bantuan dari si jaguh di sekitar wilayah tersebut langsung diserang juga ?
    Nah, apakah ada batasan sasaran agar insiden tidak menjadi perang yang tidak disengaja ?
    Maksud saya ketika terjadi saling balas bukannya kekuatan yang terlibat semakin membesar dan tidak terkendali akhirnya terlambat untuk menghentikannya .
    Mohon pencerahannya .

    •  

      Bung PS,
      klo yg ini “Lalu apabila ada bantuan dari si jaguh di sekitar wilayah tersebut langsung diserang juga ?
      Nah, apakah ada batasan sasaran agar insiden tidak menjadi perang yang tidak disengaja ?
      Maksud saya ketika terjadi saling balas bukannya kekuatan yang terlibat semakin membesar dan tidak terkendali akhirnya terlambat untuk menghentikannya .” 😀

      •  

        kalau mereka yang memulai duluan ya diserang juga Bung :mrgreen:

        •  

          semua udah dalam perimeter radar dan pinsil2x …. mantab nih he he he. solution plannya juga sudah ada dengan puluhan backup scenario. gak bisa gerak he he he.

          – dan akan selalu gitu karena deployment nya sudah permanen sepertinya ha ha ha (nebak2x mulu nih gue) .
          – kalo ada KS dari utara … KS mana yang akan diloloskan sampai semenanjung dan tidak juga dalam pantaun hiu hiu martil kita*
          -bahkan sepertinya jalur supply sabah ke karang burung sriti juga dalam kontrol hiu hiu kita

          Ini jg artinya “soft preemptive”. so, daripada sekedar buka garis perang di ambalat dan tanjung datu … kenapa nggak sekalian masuk jauh ke dalam? Itulah hebatnya kasel. Jumlah 20 atau lebih adalah wajar.

          (*di laut tropis paling ganas hiu martil, kalo yg banyak sih white tip / black tip … kalo di sub tropis baru ada white tiger shark).

  61.  

    bung ps..ada cerita gak yang lebih serem dan misterius dari awak ks kita..salam bung ps..oleh olehnya bung..hehehe

  62.  

    Nanti sama Holywood di buat film sequelnya the hunt for red october : The Hunt for no number Akula he..he..he..
    TLDM: what ship what ship….
    TNI : we are indonesian ghost of war, want some S ?? (Mean s club)
    TLDM: what flavour ?
    TNI : No no no pakcik its not S for ice, its S for sinking your ship ! You infiltrate our sea stupid dumb ass, get the hell out of here….
    TLDM: Toloong…Help….(Akula jaming the radio)
    Sekedar intermeso…..he..he…maaf bung nar bung yayan bung jalo bung ps warga lancang

  63.  

    bung @PS,, tolong d tambah kisah2 mistik dong biar syerem2 sadaaaapppp

  64.  

    ijin nyimak

  65.  

    ternyata sendal jepitnya malon udah dikeker sama lontong2 kita
    bung ps,bung nara,bung yayan,bung satrio,bung diego,bung lare sarkem jg smua warjag salam sejahtera slalu

  66.  

    @ mas Pocong Syereem…

    spasibo tovarishchu…

  67.  

    Ini bener2 artikel…
    zup.zup.zup…berdegup…
    Sundul bung PS, Nara,…

  68.  

    Wahhh salam kenal semua untk lae nara’ diego’ jalo dan semua WRJG sesepuh sampai dengan sa cucu-, cucunya. Numpang nyimak ya?

  69.  

    @Bung Nara: yg lagi nongkrong d juanda niku fighter menopo bomber ? trus lontong gendut si brorei pesolema kapan datengnya ndan Nara?

  70.  

    Salam kenal semua, mantabbbbbbbb alusista kita makin canggih rakyat tambah makmur & tentram, Jayalah Indonesia ku. dagangan somay tambah laku

  71.  

    hehehe yg jelas bukan f16 bung sekilas waktu itu

  72.  

    Jayalah negeri ku. Salam dari Natuna

  73.  

    sampe 3x baca (TRUE STORY) Rentetan Kisah Awak “Hiu Kencana” Jilid 8 . Bener-bener membukakan mata hati NKRI HARGA MATI !!!

  74.  

    Akhirnya jilid 8 keluar..

    Salam kenal bung@PS.. Salam kenal juga bung yayan, satrio, nara, mp, ngurah, stmj dan bung” lainnya dari wong cilik yg ada di NKRI paling timur..

    Sbg wong cilik cuman trm kasih dah diijinin SR selama ini..

    Jayalah TNI.. Jayalah Indonesiaku.. NKRI Harga Mati

  75.  

    Bung Nara konon isunya kita tertarik dengan SSK ANDRASTA terbaru yg ditawarkan si ayam jago? Karena mereka ada kepentingan dengan salah satu blok migas yang ada di borneo. Apakah ada pencerahan untuk isu yang ini?.

  76.  

    Nderek. Maos…………
    Mantaaaaaab…..kita harus tetep ojo dumeh……………JAYA NKRI…..

  77.  

    Terima kasih Bung PS untuk pembahasan Tanjung Datuk…dengan adanya artikel ini masyarakat menjadi paham dan mengerti bahwa sebenarnya sebelum berita pembangunan mercu suar di beritakan oleh media..TNI AL sudah bergerak terlebih dahulu dan sekitar seminggu pasca pembangunan barulah rekan” media mempublishnya…jadi tidak benar jika TNI terkesan lambat menangani masalah tsb…salam

  78.  

    Suka atau tidak Soeharto memang berbeda.Kalem tapi tegas. Masih ingat ketika beliau mengultimatum Lusitania Expresso untuk keluar dari perairan Indonesia dalam waktu 3 hari, jika tidak akan ditenggelamkan. Saya masih SD pada saat itu dan setiap malam mantengin Dunia Dalam Berita yang menayangkan berita tentang insiden tsb.

  79.  

    Kayaknya si Cocor Bebek itu disembunyikan dari mata kamera media ya, krn termasuk barang strategis ya? Hehehe….

  80.  

    anjir min, 4 ks
    jenis n nama tiap ks please

  81.  

    Bung Nara, Bung Sat, Bung Diego, Bung Yayan, Bung Jalo
    Runut berita ini http://indian.ruvr.ru/2014_03_04/Russian-Navy-Cam-Ranh/

    Adakah kemungkinan bagi RI juga menawarkan kerjasama pangkalan bekal-ulang yg serupa dengan Ruskiye?

    Mengingat rencana kerjasama RI-Ruskiye di Biak, apa nggak sekalian jadi pangkalan bekal-ulang juga buat mereka di situ…

  82.  

    SALUTE BUNG PS ARTIKELNYA GURIH TENAN
    MATUR NUWUN

  83.  

    hahaha…. betul Kamerad Nar, itu komandan KLDM keliatan ketakutan banget saat itu 😀
    salam hangat Kamerad :mrgreen:

  84.  

    hehehe… Kamerad Nar betul :mrgreen:

  85.  

    Wah.. ternyata comments-nya lebih seru lagi. Melihat kemajuan alutsista kita, saya sebagai bangsa indonesia merasa bangga sekali.

    Tepat sekali yang dilakukan oleh para pemikir strategis kita, dengan menerapkan show of force yang soft sehingga negara lain masih tetap meraba-raba kekuatan bawah laut kita. Tapi kalau kali ini si jiran tidak kapok juga, ada baiknya kita menerapkan strategi yang lebih high level.

    Kepemilikan alutsista yangmempunyai daya deterrent yang lebih tinggi memang suatu keharusan. Makanya saya sangat mendukung pengadaan heavy fighter spt flanker. Dalam urusan menjaga kewibawaan, tidak perlu dipikirkan biaya atau nyawa dan harga diri terancam.

    Hanya pesawat sekelas heavy fighter flanker yang bisa membuat suara gemuruh di udara. Dan hanya ks sekelas akula yg bisa membuat deterrrnt yg lbh tinggi. Dan kalau saya mendengar ks virginia sering main dimari, walaupun menurut saya hal itu pasti terjadi krn begitu banyaknya pangkalan asu yg mengelilingi kita maka jawabannya adalah ks sekelas akula utk menghadapi ks viginia class.

    Sekali lagi bravo terhadap pemikir strategis kita sangat efisien dan tunjukkan agar jangan main-main lagi dengan kita. By the way, saya salut juga dgn sby, disatu sisi di lapangan kita tegas tapi dibidang diplomasi, kita malah ingin menunjukkan kpd dunia luar bahwa negara kita adalah cinta damai. Menurut saya kombinasi taktik yg sangat brilliant, disatu sisi di lapangan kita ingin menunjukkan kpd si jaguh supaya kapok, di sisi lain kita ingin menunjukkan bahwa kita adalah negara beradab yang santun shg banyak negara yang ingin selalu berteman dgn kita.

    Bravo NKRI.

  86.  

    Possibility nya gimana ndan Nar & ndan PS soal ini..diambil juga kah..mumpung ini :mrgreen: soale bisa dipelajari sekalian kelemahannya kan 😀

  87.  

    yen tak pikir2x, berarti deploymenet kasel yang di Ambalat dan Natuna sudah bukan gelar patroli ALKI atau patroli perbatasan biasa saja. Tapi sudah gelar perang terbatas, strike latency ZERO. he he he.

    Tentunya yang operasii ALKI masih (ini boleh dibilang kayak penjaga portal gitu) , termasuk operasi espionage yang ditemani dewi nawang wulan di laut kidul.

  88.  

    Sebelum ada rilis resmi dari Wadas lintang jangan berisik ! nanti dimarah lo ! ini strategi jangan di umbar umbar nanti kita yg lemah . kalau ada intelejen asing mudah terbaca kekuatan kita , tenang saja udah kumplit .hanya yg memiliki wadas wadas tolong berkumpul supaya bumi langit menyatu takan lari gunung dikejar .
    Tata letak geografi nkri kembali pada sejarah sehingga tidak bermasalah dikemudian hari .,artikel diatas merupakan / yang dikatakan konspirasi ………..disaat penyerahan kedaulatan NKRI penjajah sudah tahu daerah potensi yang ada di NKRI sehingga tanpa sadar daerah itu yg sering bergejolak sampai hari ini dgn hembusan devide et impera bila mana apa yang merupakan daerah daerah potensi itu bermasalah maka masuk lah kaboi dgn segala eksen dan setelah sadar upeti yg diminta TULANG pun tak dapat dinikmati ..SADARLAH SAUDARA SAUDARA DUNIA MENGINGINKAN !!!!!!!!! SORGA DUNIA !!!!!!!!!!!!
    maka jangan terlalu diumber diwarjagjer ini segala apa yg ANDA tahu … nyanyikanlah < MAJU TAK GENTAR ……………………………………………………………………………………..

    M………E………R………D…….E………K……..A

  89.  

    kita punya 4 KS ?
    moga2 mimpi jadi nyata. haha

  90.  

    Ndan, kira2 kt pnya brpa biji yg seperti ini,
    https://www.youtube.com/watch?v=uIuwbclsEj4 ?

    •  

      Yakhont mah banyak Bung, mau yang versi coastal atau di instal di KRI ada semua kok :mrgreen:

      •  

        Kumendan..ane msh penasaran nih..yg dr om beckham ntu yg dateng yg mana jadinya ndan..mba tuti apa mas agar toh..cluenya msh simpang siur inih… :mrgreen:

      •  

        bung PS ini filming cuplikan yg ini dari ks yah..?
        https://www.youtube.com/watch?v=JxrSOimGTJs
        soalnya angle nya deket banget sama aer.. kira2 KS kita yg mana nih yang kebagian role filming…?

        •  

          209 Bung :mrgreen:

        •  

          Comrade@ nara kalo yang code ini dapat ga ya SS-N_23_SKIFF atau RSM-54 😀 :mrgreen:

          •  

            yang ini saja sudah mantab comrade 10 multiple target :mrgreen: kalo buat ngetest upil,sonoran ,sonotan dah kerasa banget tuh mereka hehehehehhehe 😀 😛

          •  

            auch.. “reported range was 11,547 kilometers”.. ampuun.. apalagi yang kedua.. “Reportedly capable of piercing anti-ballistic missile defences”… uuuh.. maknyuss…
            kayaknya mau di install di Typhoon yah..?

          •  

            The R-29RMU Sineva (Russian: ??????, lit. “blueness”), also designated RSM-54, is a Russian liquid-fueled submarine-launched ballistic missile. It has the GRAU index 3M27, and is identified by NATO as the SS-N-23 Skiff.[1] It can carry four supersonic warheads and is designed to be launched from Delta IV class submarines, which are armed with 16 missiles each.

            The first full-range test was reportedly conducted on October 11, 2008; the reported range was 11,547 kilometers. The R-29RMU entered service in 2007 and is expected to remain in service until at least 2030.[1][2][3]

            Current plans see the construction of approximately 100 such missiles.[4]

            The Sineva missile has reportedly been replaced by the R-29RMU2.1 “Liner” missile in 2012
            ——————————————————————————-
            Pensil ini ya Kamerad @NR utk bawaan T*****n?

          •  

            yang saya aneh malah kenapa kita butuh SLBM kayak begini bung Nara.. kan kita doktrinnya defensif.. atau buat Pre-emptive strike nih.. buat sekalian ngancurin pangkalan musuh.. hahaha..

          •  

            canggih2 dong skg periskop KS kita hehe

          •  

            bung sekalian nanya deh.. hehe janji terakhir hari ini.. maaf merepotkan komandan..
            Patriot system OHP dan class Frigates yang di list JK kemarin jadi di akuisisi kita apa ngak…? selain itu yang masuk lagi yang mana..? hehehe..

          •  

            Jadi inget artikel bung jalo yg “potensi hedging nuklir indonesia”..
            SLBM kita punya, teknologi nuklir kita mumpuni.. pasti tetangga mikirnya “jangan2 Indonesia punya….”
            Misteri itu yg bikin Indonesia ngeri2 sedap… launcher nya di pegang presiden ya bung..? Sesuai dengan clue komandan tempo hari, yg katanya akan di bentuk kotama baru yang langsung dibawah komando Presiden..

        •  

          wah.. kirain periskopnya dah bisa langsung rekam.. hihihi.. wew, dirupiahin bisa 60 jt lebih tuh.. kayaknya bung jalo tuh yang shoot.. hahaha…

          •  

            waduh kok loncat kesini yah.. sorry bung nara.. haha..

          •  

            yah tapi lumayan kan bung buat rekam kenakalan sonotan fleet.. sampe akhirnya ada yang dipecat gara2 di black mail hasil rekaman dari periskop 209.. hehehe…

    •  

      tinggal di tunggu nyang versi udaranya ya bung PS 🙂

  91.  

    mantap

  92.  

    maaf neh mau nanya sama sesepuh atau sobat2 disini..

    Kalo NKRI punya Alutsista gahar tentunya untuk efek deterjen..
    Nah kalo Presiden GAHAR…bisa dibuat sebagai deterence kaga.?? 😀

  93.  

    Kapal selam koq bisa nge-lock? LOL

  94.  

    Ijin gabung dulu buat para sesepuh warjager

    Met kenal …………….

  95.  

    Makin hari pantengn warjag tambah ilmu nih,..
    Semakin tumbuh jiwa nasionalis saya hahaa,..yg bikin miris bnyak anak negeri yg cndrung mrmhkan militer kita,klo borei dah kluyuran di mari mantep,jadi ingt prtnyaan dubes Russia ,Indonesia tlh membeli kapal selam BNV dgn tehnologi terbaru Dari Russia,colek bung pocong sama bung nara ah….bravo TNi ..I love indonesia

  96.  

    lontong yg sering mgapung di laut sawu kok g prnh kliatan di lanal kupang y..
    amatir mikir…

  97.  

    bung PS astuti itu udh masuk sini belom?denger” sih uda.kalau uda gmn caranya bawa tuh kapal segede gabon ke negara kita secara rahasia?kan bisa aja org sana curiga kok kaselnya gk muncul lagi

  98.  

    itu KCR 40 udah pernah diinstal buat diujicoba Bung. rencananya di KCR 40 dan 60 :mrgreen:

    •  

      kirain semua kapal kita mau di pasang CIWS.. kan gahar bung.. hehehehe… selain buat PSU, untuk nge raid Kapur musuh kan lumayan.. apalagi pake HE ammo.. ngeliat di youtube sekali burst aja kapal tongkang milik perompak somali langsung meledak.. hahaha..

  99.  

    Maaf bung ps. Mau tanya mengapa pilih name pocong syereem.? He..he..he….

  100.  

    om PS, om Nar.. udah mulai bisik-bisik ada yang di juanda.. Lha Adisucipto di kasih apa.. masa’ dari jaman kemerdekaan dulu cuma baling-baling bambu.. ga ayik ah ga brong knalpotnya..

  101.  

    Saya No Comment lah kalo masalah kinerja TNI,. :mrgreen:

    komentnya buat perkembangan dan kemungkinan alutsista yang akan di akuisisi aja., what’s the next one?.. tebak-tebak buah duren yang jatoh berapa ntar,. durian ambruk 😀

  102.  

    selamat bertugas kembali bung PS hehe

  103.  

    Salam kenal utk warjager semuanya, selama ini sy hanya sbg SR tetapi ada pertanyaan nih buat bung PS. Selama kepemimpinan presiden kita sekarang ini sy mencatat kita sudah beberapa kali kedatangan Armada Kapal dari Rusia.

    – Tahun 2005 kita kedatangan Armada Rusia tetapi tdk disebutkan kapal apa saja yang datang (sumber situs kedutaan besar federasi rusia utk RI)

    – Tanggal 24-28 Maret 2009 kedatangan kapal perang Rusia dipimpin oleh Kapten Besar AL V.N. Sokolov dgn membawawa Kapal Perang Besar Buru Selam ADMIRAL VINOGRADOV dan Tanker laut BORIS BUTOMA (sumber situs kedutaan besar federasi Rusia untuk RI).

    – Tanggal 19 Januari 2012, Tiga kapal perang Angkatan Laut Rusia masing2 ADMIRAL PANTELEYEV, FOTIY KRYLOV dan BORIS BUTOMA merapat di pelabuhan Tanjung perak Terminak Jamrud Utara, Surabaya. (Sumber Republika Online tanggal 15 Agustus 2013)

    Apakah kedatangan Armada tersebut murni sebuah kunjungan atau merupakan pengawalan terhadap “barang” (KS) yang mempunyai nilai strategis itu apalagi dengan membawa tanker laut BORIS BUTOMA?

    Maaf mungkin datanya tidak falid (kurang lengkap) krn mungkin lebih banyak lagi yang datang.
    Tks

  104.  

    Mantap bung fantasi militernya!!

    •  

      Fantasi militernya yang mana ya Bung ?
      Kira-kira Bung SiakIndragiri bisa jelaskan tidak perbedaan tindakan Malay pada kasus Tanjung Datu ini dengan kasus Ambalat?
      Ada apa gerangan Malay langsung kabur dari Tanjung Datu sementara dulu mereka masih ngotot saja berkeliaran di Ambalat ?

  105.  

    Bung PS, kalo di dalam KS untuk awak beragama islam bagaimana cara menjalankan ibadah shalat 5 waktu?

  106.  

    sekedar info bung jopi, PS dll
    Rossi punya 60 lebih lontoong besi.
    delta 667 berkode K ad 9 units, typhoon 941 berkode tk 208-17-20, borey 955 berkode k 535-550-551-? semua bertipe SLBM.
    sierra 945 berkode b+k, victor 671berkode b, akula 971 berkode k ad 10 units, yasen berkode k 329-?-? semua bertipe nuke att.
    Oscar 949 berkode k ad 8 units bertipe cruiser.
    636/877 kilo berkode b ad 18….units, Lada 677 berkode b.

    jadi yg tipe 941tk, 971k, 636/877b ekm, 677k 950 sebagiannya berada d NKRI dan berkamuflase sesuai kebutuhan.
    mhon maaf jika salah

  107.  

    One hundred

    Saatnya, penutupan leaks-nya. Jangan terlalu banyak, ntar musuh pada tau … 😀

  108.  

    kalo dah banyak hantu yang berenang..pliss donk yang kilo ditampilin…plisssss….fotonya doank wes…

  109.  

    Siapapun bung semua, Bung – bung yang jaga samudera, saya doakan…..sehat selalu. selalu diberikan pencerahan atas suasana negeri dan menjadikan ibadah dan kebaikan kelak.
    tetpa sehat selalu dan selamat bertugas..

    U Bung NR, PS, D, Yayan, Nara, Bung W, dan bung semua.

  110.  

    Oh ya bung bung semua…apa lanal Banjarmasin bisa di singgahi ks?

  111.  

    TNI-AL tetap Masih melatih awak ks…sudah angkatan pelatihan lebih dari sepuluh….padahal ks cm 2. penalarannya gmn? mungkin cakra dan nanggala di shift pagi, siang,malam…beda komandan beda awak kapal tiap shift. yo pikir dewe yo rek…pelajari phenomena sekitar indonesia: rusia yakin indonesia kuat melawan tetangga, tetangga mulai inden ks baru….ada yang ghoib di indonesia, yang tau indonesia-rusia.

  112.  

    Salam kenal buat semuanya…setelah membaca serial tulisan mengenai hiu kencana saya merasa bangga dg kemampuan dan mentalitas krunya.Kebetulan dlm tulisan terdapat nama mantan tetangga saya yakni Bapak Laksma (purn) Soeprajitno.mengingatkan saya tentang beliau yg low profile dan tegas.Jayalah TNI dan Bangsaku….salam NKRI

  113.  

    salam kenal semuanya,, mau nanya nihh,,, kapal selam indonesia pernah ngak sandar di ujung sulawesi tengah(bukan palu)????

  114.  

    Parah banget nih.. Alusista Indonesia yang sengaja di rahasiakan dibongkar disini.. Mohon maaf,. Sy org tidak tahu apa2.,, tp kalo bisa rahasia TNI jgn dibongkar..

    NKRI harga mati..