Aug 302017
 

Perkiraan lintasan rudal Korea Utara (CNN international).

Tokyo- Ai Onodera sedang tertidur lelap pada Selasa 29-8-2017 sewaktu alarm di telepon genggam mengejutkannya pukul 06.02: “Peluncuran Rudal, Peluncuran Rudal, Korea Utara menembakkan Rudal, berlindung di gedung kokoh atau di bawah tanah.” 4 menit sebelumnya, pukul 05.58 waktu setempat, Korut meluncurkan peluru kendali balistik pertamanya untuk terbang di atas Jepang menuju ke pulau utama di wilayah Utara Jepang. Peluncuran ini serupa terakhir kali terjadi pada tahun 2009.

Dalam waktu 3 menit peluncurannya, Perdana Menteri Shinzo Abe memerintahkan pejabat untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi yang masuk. Semenit kemudian, pemerintah mengirim “J-alert” pada sistem peringatan nasionalnya, dan mengatakan kepada penduduk wilayah Utara, termasuk Onodera tentang ancaman Rudal Korea Utara.

Dengan panik, Onodera menyalakan televisi. Semua saluran menyoroti siaran resmi dengan peringatan yang sama. Onodera cepat-cepat mengontek suaminya, yang sedang dalam perjalanan bisnis. “Saya takut tidak dapat bertemu lagi dengannya,” ujar wanita berusia 33 tahun itu yang tinggal di Sapporo, ibu kota Hokkaido.

Beberapa menit sesudah peringatan publik pertama, pukul 06:06, Rudal memasuki ruang udara di atas Hokkaido, menurut siaran resmi pemerintah yang dirilis segera setelahnya.

Pada pukul 06.07 waktu setempat, Rudal yang menempuh jarak hampir 12.000 kilometer per jam dan pada ketinggian maksimum 550 kilometer, meluncur melintasi pulau dan jatuh ke laut.

Kebingungan, Keputusasaan muncul di banyak kota di wilayah Utara. Sirene meraung-raung dan pengeras suara mendesak warga untuk mengambil tindakan pencegahan, mengakibatkan beberapa orang berebut meninggalkan rumah mereka, sementara yang lain mengaku tidak tahu apa yang harus dilakukan.

“Kami merasa putus asa mengetahui tidak ada yang bisa kami lakukan bahkan sewaktu sebuah Rudal melintasi langit Jepang,” kata Hiroaki Kumasaka, usia 38 tahun, pekerja di sebuah perusahaan penerbitan dan berada di Stasiun Tokyo untuk melaksanakan perjalanan bisnis ke wilayah Utara.

“Saya mengirim pesan kepada keluarga saya dengan mengatakan ‘Jepang tidak lagi aman,’ dan orang asing yang berdiri di sebelah saya berbagi perasaan yang sama dengan saya,” katanya. Dalam beberapa pekan terakhir, Korea Utara sudah meluncurkan serangkaian Rudal ke Jepang, tetapi sebagian besar jatuh ke Laut Jepang di sebelah Barat negara tersebut.

Ancaman yang berkembang telah mendorong beberapa kota pesisir di pulau utama Honshu di Jepang untuk mengadakan latihan Rudal. Hokkaido, pulau berpenduduk 5,5 juta yang dikenal dengan resort ski, makanan laut, Bir dan kentangnya, melakukan latihan militer pertama pada Jumat 25-8-2017.

Pukul 6.12 waktu setempat, sekitar 14 menit sesudah diluncurkan di dekat ibukota Pyongyang, Rudal terjatuh di Laut Pasifik sekitar 1.180 kilometer di sebelah Timur Tanjung Erimo di Hokkaido. Peringatan dari Badan Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana yang mengatakan Rudal sudah melintas di atas Hokkaido, dikirim 2 menit kemudian.

Andrew Kaz, seorang warga negara AS berusia 24 tahun yang bekerja sebagai Asisten Guru bahasa di kota Kushiro, Hokkaido Timur, mengatakan dirinya khawatir dengan potensi respon dari Jepang dan AS.

“Sebelumnya saya sudah mengetahui ini akan terjadi, tetapi saya merasa peluncuran Rudal ini sepele dan tanpa kendali,” ujarnya. “Segalanya tampak seperti bisnis seperti biasanya, tetapi anda dapat mengatakannya bahwa orang-orang sedang terguncang,” katanya mengomentari kejadian tersebut. Antara/Reuters, 29-8-2017.

  58 Responses to “Kisah Penduduk Jepang Saat Korut Luncurkan Rudal”

  1. Kalo terjadi ledakan , ini adalah nuklir ke 3 ya jepang :v

  2. NGERI NGERI SEDAPPP………….”

  3. 13 kali peluncuran

    • kenapa Enggak dicoba Sistem pertahanan Udara Jepang yaaa ??
      Ada SM3 , Patriot PAC dan THAAD sudah terinstall di jepang.

      Mumpung gratis dapat misil nyasar ….
      Khan enggak melanggar hukum international juga khan ? malahan misil korut itu yang melanggar dan berhak dijatuhkan..

  4. Perthanan patriot jepang mana

  5. Rudal yang menempuh jarak hampir 12.000 kilometer per jam ???
    itu mksud nya apa bung diego, masa jarak tempuh rudal dr korut ke jepang 12rb km? koorut ke jepang ga sampe 2000km bung? klo kecepatan rudal nya 12rb km per jam masuk akal sie, tp ga trlalu cpt itu melesat nya???

  6. Korut memang hebat …..negaranya mandiri …. mana khebatan rudal THAAD ……kok bisa kecolongan

  7. Upaya yg cukup top buat sekutu AS berkeringat

  8. provokasi yg hebat

  9. Jadi…….. Kapan mulai perang ?

  10. brrti rudal korut sdh siluman..ampe system rudal Thaad gk bs mndeteksi…itu baru satu..yg disimpen mgkin 100 biji lebih

  11. Hebat buat korut..

  12. jgn perang dulu ..kapal selamku baru 1 yg terkirim. pesawat tempurku belum jd prototype nya

  13. Kalo Rudal balistsik korut terus ke utara bisa2 sampai di kepulauan KURIL – Russia , kalo terus keutara lagi bisa sampai ke pulau st lawrence – amerika..!!! Memang sudah keterlaluan nihh korea utara.

  14. Apa yg di rebutken dari perang dan apa untungnya

  15. kebanyakan pnduduk jpang waktu itu pasti putusasa

  16. om kim.. pesen satu jatuhin di gedung DPR..

  17. Ane penasaran, klo tuh rudal terbang diatas pulau Jawa apalagi diatas Jakarta, apa yg akan dilakukan pemerintah pusat dan TNI? Apakah kita bisa menangkisnya ? Apakah evaluasi bagi sipil sudah siap?? Semoga komentar Ane bisa dibaca diplomat Korut di Jakarta terus disampaikan ke The Dear Leader Kim Jong Un biar Pemerintah dan TNI tau kalo Skyshield gak akan cukup buat nangkis Hwasong 12. Segera perbanyak radar, Buk M, S300 dan S400. Nunggu sistem pertahanan dari SAAB kelamaan.

    • Kalo sekarang yg pasti aman..hanya dermaga2 yg ada Corvete dan fregat baru..tinggal dihidupin mesinnya sistemnya berjalan..kan ada SAMnya…mereka..gudang amunisi itu…

      • Iyalah sekarang aman emang kita punya masalah sm korut?? Kalau di asean sekarang sih yg mungkin di rudal korut itu juragan pisang sebelah wkkk… Indonesia ga punya masalah ko sm korut… Ya tapi pastinya memang kita darurat juga butuh sam yg kuat… Tapi bukan untuk hwasong 12 untungnya sekarang tapi buat F35 dan F15 xixixi…

      • Iya bung FNC…kita butuh SAM yg banyak dan kuat..utk didarat dan laut..tapi semuanya harus didukung dengan kekuatan darat..yg bertugas sebagai penjaga aset didarat..yg menurut saya pribadi sampai hari ini penambahan+penguatan AD sangat bagus,mantap..AD akan kuat jika ada payung udara yg kuat (pespur)…armada pespur akan kuat jika ada AWACS,AEW&C,amunisinya,..bla..bla..bla..kejadian disuriah contohnya..disalvo 59 unit rudal tommahawk kalo yg disalvo kita hadeeeh..habis udah..seperti di yaman..saudi mengerahkan 100 pespur..hadeeh..apa gak gelap langit kita kala itu…dan kemungkinan jika terjadi WAR..serangan rudal yg 1..sebagai pembuka jalan tanpa beresiko nyawa..tapi tepat sasaran…butuh SAM disini..short-medium-long…long saja tidak cukup..medium banyak aja masih kurang mumpuni kerjanya..bisa lost..bisa kehabisan amunisi..kalo disalvo+combo..kepemilikan jumlah SAM..juga akan mempengaruhi..jumlah kepemilikan pespur (yg pasti berani memiliki lebih banyak dr sebelumnya)..setahu saya lho ini…monggo yg mau ditambahi atau yg diskip..

        • Haha… benar bung INDO elite belum lagi ancaman drone2 yg bisa menyerang… Udah banyak yg punya drone serang tapi kok gada yg mo jual ke indonesia yah? Adanya dari cina sedih … drone Sekarang udah jadi ancaman serius juga masa mo ditembak pake semangat itu drone xixixi…

        • Drone tempur multirole…kurang tahu ane..mungkin ada temen yg mau jawab ini…ntah diharga(pembatasan harga)..atau bentuk kerjasama yg diinginkan indonesia..atau masalah laen…nah…banyak subjeck yg ditanyakan…ahhahahah

  18. Korut bukan negara ideologi islam, kere & ga da minyak..
    Punya nuklir lagi…
    Buat uncle sam , jelas ga ada untungnya klo nyerang korut…
    Buang2 energi…

  19. Sepertinya emg perlu kejadian kayak peristiwa Bawean dan Ambalat biar pemerintah sadar dan segera memperkuat sistem pertahanan pake S300/350/400. Kalo yg dari Swedia mending kelaut aja.

  20. Negara kecil tapi di segani

    • Apanya yg disegani bung? trump kemaren nantang perang, knp korut malah pending? dgn alasan bla bla bla??? justru skr korut itu negara pecundang, pengecut dan pembohong…mau serang guam di tngah bulan august…nothing, smpe skr nol rdk ada bukti…omtok..omong tok…tak bernyali

  21. Korut juga sih pengecut, katanya mau ngebom Guam. Mana buktinya?
    Mati aja tu komunis.

  22. Sebenarnya rudal yg diluncurkan itu gagal atau tidak? Ada yg bilang meledak kemudian diralat katanya berhasil…

  23. Korut harus sadar diri jugak, kalok tidak punya kawasan yang luas buat apa melakukan uji coba rudalnya,jika negara Japan akan menjadi tumbalnya,kedua jika terus menerus melakukan uji coba maka ekosistem lautan pasipik akan rusak.

    • Nah disitulah letak dr kebodohan si kim jong un cs…ga melihat untung rugi nya, yg penting rudal nya berhasil melesat, terlalu primitif jd manusia…seolah2 mrk ga butuh hasil laut yg berlimpah, seenak nya menghancurkan ekosistem di laut yg ktnya semua itu titpan anak cucu kita…

  24. Iya bener tuh bung…sy jg ga abis pikir, ktnya anti komunis tp malah banyak yg dukung korut yg jelas2 komunis…sy setuju dgn anda..

  25. Jd pelajaran bagi Ri atas kejadian yg menimpa Jepang,agar RI bs memiliki sistem pwrtahanan udara yg mumpuni bkn hanya Manpad aja yg dibanyaki walaupun kita butuh banyak jg.

 Leave a Reply