Jan 012015
 
BBhoTBi

Helikopter jenis Dolphin milik Basarnas yang mengangkut jenazah menuju darat (liputan6.com)

Tantangan besar menanti tim SAR gabungan dalam mengevakuasi korban AirAsia QZ8501 dari KRI Bung Tomo menuju Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Beberapa helikopter yang dikerahkan tidak semuanya sanggup menjalankan misi dengan baik. Hanya helikopter jenis Dolphin milik Basarnas yang bisa mengangkut jenazah menuju darat.

Sang pilot helikopter, Kapten Laut (P) Candra Budiarjo menuturkan sulitnya melakukan evakuasi saat cuaca ekstrem seperti yang terjadi Rabu pagi di perairan sekitar Selat Karimata. Cuaca kala itu terbilang sangat buruk. Awan hujan disertai angin kencang sudah menyambut di depan mata.

Beruntung, helikopter buatan Prancis itu memiliki teknologi tercanggih saat ini. Teknologi radar dan autopilot yang membuat helikopter ini bisa bertahan di tengah terjangan angin kencang perairan Selat Karimata.

“Iya kita tadi waktu menuju ke KRI Bung Tomo untuk melaksanakan evakuasi terkendala cuaca. Tapi saat ini heli kita tercanggih, dilengkapi dengan radar cuaca. Jadi kita dipandu dengan radar dari KRI,” tutur Chandra di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Rabu (31/12/2014).

Dengan kondisi cuaca seburuk itu, lanjut Candra, panduan arah dari KRI Bung Tomo membuat dirinya lebih mudah menentukan posisi helikopter agar bisa mendarat dengan baik di KRI Bung Tomo. Yang pasti, cuaca ekstrem saat itu membuat helikopter berguncang cukup hebat.

“Yang penting kita tahu limitasi dari pesawat kita mampu landing di derajat berapa, selama itu masih masuk. Memang ketinggian ombak laut tinggi, habis itu kita punya patokan limit untuk landing keselamatan. Jadi kita punya kemiringan digrit, masih bisa masuk kita masuk, limit kita lihat dulu,” jelas dia.

Dengan kerja sama yang baik antara dirinya dengan KRI Bung Tomo, helikopter berhasil mendarat mulus. 2 Jenazah yang sudah dimasukkan ke kantung mayat hitam milik Basarnas langsung diangkut sekali jalan.

“Kita ambil yang sudah dievakuasi di KRI Bung Tomo. Jadi kita tinggal ambil saja. Langsung ambil 2 kita, sebenarnya ada 3 tapi karena tempat terbatas. Yang jadi kendala ke sana dan pulang ke sini dan terus landing perlu ekstra karena cuaca ekstrem,” ujar dia.

Meski sudah bertugas sejak 2005, Chandra mengaku kondisi cuaca seperti ini termasuk yang paling sulit untuk ditaklukkan. Cuaca ekstrem menjadi salah satu penyebab utama sulitnya proses evakuasi.

“Ini termasuk sulit karena cuaca ekstrem, cuma kita terbantu dengan pesawat yang baru,” tandas dia. (Liputan6.com)

Bagikan Artikel :

  76 Responses to “Kisah Pilot Helikopter Saat Evakuasi Korban AirAsia”

  1. pagi. . .

    • Kata disebelah kita sudah punya 8 AS565 Panther (kan sudah 2015), tapi kenyataannya cuman 2 unit dauphin yg bertugas (punya basarnas). Sisanya disembunyiin di gua kale ya, biar gak dilihat orang luar. Padahal kita lagi butuh heli seperti ini malah pakai Orion Australia, apalagj Panther ASW yg sensornya bagus pasti sangat dibutuhkan. Kenapa harus disembunyiin?

    • tiap baca A1 list gahar ane cuma bilang “Amin” aja biarpun bibir ikut senyum2 n ndak usah d ambil pusing…. sekalipun d List itu muncul kapal Induk :D,, ya tetep bilang “Amiiiiiinnnn”… “Amin” adlh doa n harapan agar impian terwujud biarpun entah kapan…. jadi kalo besok muncul lagi A1 List yg Gahar2 n sulit/ tidak percaya yo kita tetep wajib ucapkan “Amiiiiiiiiiiiiiiin!!!!!!!!”,,, jgn ada ribut d antara kita yaaaaa… d buat hiburan ajahhhhhhhh….

      • A1 list itu seperti daftar belanjaan ibu2 yg mau ke pasar, ditulis semua.
        Reality nya ya tergantung isi dompet yg Ibu bawa dunk.
        klo cukup uangnya.. beli semua, nggak cukup ya..beli yg urgent aza dlu.

        • ooo mirip belanjaan ibuk2 ya…itu nama ibuk2 yang gak tau di untung nama nya. . .udah jelas duit nya sedikit,buat daftar belanja banyak dan udah jelas duit nya banyak. . .hehe. . .

          SALAM NKRI

          • justru itu namanya Ibu2 cerdas…yg sdh tahu rencana kemana keluarganya 5 thn kedepan…ha7x….jawaban yg cerdas itu Mbak Leony…..hidup itu harus dgn perencanaan…

          • Iya dunk, Namanya juga nulis semua barang yang wanted,Affordable dan available… ,
            baru deh selanjutnya penyaringan pake RFI (request for Information ) ke manufacturer dan matching kriteria User + KKIP… plus rengekan fansboy kyk loe2 itu πŸ™‚
            ->Contoh program pengganti F5,
            tulis aza dulu LIST barang nya , ex:
            Su-35,F16Blok60,Gripen NG,Eurofigter, Rafale, F15,F18… Buanyak..deh ,
            setelah disaring paling cuma 1 jenis yg kebeli.. ,
            yg lain loe boleh bilang Ghoib deh..terserah loe.. πŸ˜› , lah emang prosesnya begitu… mo apa lagi..?

            salam OPTIMIS , yg pesimis kelaut AZE.. πŸ˜›

          • Mungkin lebih baik bedakan antara A1 dengan rencana…

          • sejarah alutsista TNI memang nggak ada yg pasti, walaupun list A1++ sekalipun.. ,
            makanya TNI sptnya belajar dari strategi china, ngapain cuma claim 1 pulau, Claim aza sebanyak2nya / semuanya dulu, lalu lihat reaksi dan hasil nya..
            “the winner take it all”.

          • Mosok sih bung? Dapat data dari mana?? Mungkin saya kasih sedikit clue, dalam setiap pengadaan alutsista ada yg namanya Tim Interdep coba lihat tupoksi mereka dan dari mana mereka, pasti akan ada jawaban untuk anda?

            Apa perbedaan antara mimpi, harapan, dan perencanaan? Ketiganya memiliki perbedaan dalam hal kemungkinan? Mimpi, kemungkinannya paling kecil atau bisa juga mustahil. Harapan, kemungkinannya lebih besar daripada mimpi. Sedangkan kalau perencanaan, itu sudah menuju realisasi.

          • A1 list + ngeles = cuma rencana

        • Like bnget bung..

  2. uno

  3. slamat pagi di hari pertama tahun 2015

  4. smoga smua bisa di evKuasi…

  5. Semoga proses evakuasi berjalan dengan lancar,,,,,, amien

  6. bagus helikopternya semoga ada TOT

  7. Om Saya percaya pilot indonesia adalah yg terbaik,,ngalahin lulusan top gun lah,,,,klo dikasih pesawat sama,,

  8. bung jalo@ klu di sebelah katanya ada 8 dn ternyata cm 2 artinya ada mark up dong .. kpk harus meciduk para goib dn meminta keteranganya siapa tw permintaan 8 di beli 2 .. ayo kpk segera bertindak ciduk aje ketua gembong gaib nya heee

  9. Kalau saya percaya yg lain belum datang. Baru dipesan saja termasuk yg 11 unit untuk AKS and AKP

  10. bung waduh…….ha,ha,ha,ha,ha,he,he,he,he,he,he,hu,hu,hu,hu,hu,hu,hi.hi,hi,hi,hi,hi

  11. memupuk rasa nasionalisme tidak harus tidak harus mempercayai hal hal ghoib yg dihembuskan oknum tidak bertanggung jawab,
    apalagi pembohongan publik d jadikan aliran, saya sudah lama tobat…. anda….?
    2015 masih percaya alutsista ghoib….

    • Harus diakui wktu membaca list itu perasaan memang mengharu biru, siapapun yang mencintai negeri ini pasti berharap list itu benar. cuman ya gitu, karena terlanjur terbang tinggi ke awan, pas jatuh sakitnya tuh disini hehe..

      tapi… saya ttp yakin tidak semua di list itu harapan palsu koq.

    • Djoko Jawa kowe ora percoyo perkoro ghoib??? dadi kowe kuwi ora percoyo hal ghoib? Gusti Allah swt kuwi ugo GHOIB !!!

  12. Semoga – jgn sampe tambah korban dari SAR

  13. kebanyakan ngomong, kebanyakan menghayal!!

  14. dari forum topik loncat jkgr, dari jkgr loncat patriot garuda, dari patriot garuda loncat ke laut, makanya para sesepuh jadi goib, seperti list” yg mereka katakan smuanya ikut”tan jadi goib

  15. kalo heli made in russia gimana?

  16. mong gawe nutupi,lek pancen tni nduwene yo mung kuwi.

  17. Prettone kowe ngomong opo !! prettone kowe ura usah kakean cangkeman ! njaluk taksunati maneh opo piye? wis meneng wae kowe !

  18. Yg kebangeten sbnrnya siapa..Pembuat daftar ghoib?? org yg mempercayainya?? org yg tdk mempercayainya??

    Trus yg pinter sbnrnya siapa..pembuat daftar ghoib?? org yg mempercayainya?? org yg tdk mempercayainya??

    Jawabannya memang banyak, tapi..embuuhlaah..

    Numpang Salut niih bwt tim sar..semoga dilancarkanNya segala aktivitas disana..

  19. Landlord the insider

  20. Kasihan..

  21. Sewaktu TNI – AL baru mengoperasikan frigat v. Speijk yg kemudian menjadi AMY klas, di lengkapi dengan helikopter AKS ” Wasp” buatan Wesland, UK.
    Uniknya helipad di kapal frigat tersebut di lengkapi dengan “besi berani” yg berfungsi sebagai penahan badan helikopter apabila melakukan landing, sehingga apabila kapal dalam kondisi yg tidak stabil, karena gelombang air laut, helikopter akan tetap mampu mendarat di helipad dengan aman, karena badan helikopter melekat erat di alat tsb.
    Sayang helikopter AKS “Wasp” tsb sdh di grounded, sedangkan penggantinya tidak ada yg di lengkapi dengan peralatan tsb disamping itu helikopter yg ada sekarang tidak memakai sistim “lipat”= “folding” baik “tail boom” maupun “main rotornya” serta tidak memakai roda castor.

  22. ANGKAT TOPI & DUA JEMPOL UNTUK TIM BASARNAS, TNI, NELAYAN, TIM DVI !!!
    Terus berjuang untuk mengevakuasi seluruh penumpang dan kru ” Airasia “, mengidentivikasi,merecoveri serta memulangkan ke keluarganya, ………….Alloh menyertai kita !!!

  23. Selot suwi malah dadi wagu tur ragu karo list A1 sek di gembor gemborke wingi lik, padahal aku wes seneng banget..-_-

  24. Bung Jalo, apakah bombastisnya list A1 tempo hari ada hubungannya dengan political campaign dari pemerintahan yg mau lengser? (bung pernah posting soal unsur politis didalamnya kalau tdk salah) entah ya…sense saya mengatakan begitu, mungkin juga salah. tektokan antara list A1 dan reportase di negeri brunei apakah bernilai sesuatu?

 Leave a Reply