May 102016
 

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) melakukan penandatanganan naskah kesepakatan bersama untuk pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan.

Penandatanganan kesepakatan itu dilakukan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu di aula Bhinneka Tunggal Ika Gedung Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Selasa (10/05).

Susi menjelaskan bahwa perikanan telah menyumbangkan pertumbuhan dan membantu mengerek sektor lainnya. “Dulu sektor perikanan tidak pernah lebih dari 7 persen. Perikanan juga menaikkan nilai tukar nelayan dari 102 menjadi 110, kenaikan hampir 8 persen dari kemampuan nelayan. Itu bukti BDP perikanan ini dinikmati stakeholdernya. Lalu kami menyumbangkan deflasi dari harga komodoti karena ikan adalah komoditi yang turun harganya,” jelasnya.

Ketahanan ekonomi dan kewajaran harga komoditi adalah pertahanan bangsa yang paling penting. “Kami memang tidak angkat senjata tapi kami berupaya untuk mempertahankan kedaulatan laut Indonesia,” ujar Susi.

Kemenhan dan KKP tingkatkan kerja sama berantas illegal fishing. (Rini Friastuti/detikcom)

Kemenhan dan KKP tingkatkan kerja sama berantas illegal fishing. (Rini Friastuti/detikcom)


Sementara itu, Menhan Ryamizard Ryacudu mengatakan bahwa pencurian sumber daya alam seperti illegal fishing merupakan ancaman nyata yang harus dihadapi.

“Apabila ada ancaman tersebut, harus dilawan. Memiliki pertahanan yang tangguh merupakan simbol kekuatan serta sarana untuk mencapai cita-cita dan tujuan nasional,” ujar Ryamizard.

Menhan menegaskan bahwa seluruh pihak harus memperhatikan berbagai ancaman terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Keutuhan dan kedaulatan NKRI harus dijaga dari segala gangguan yang muncul.

detik.com

Bagikan Artikel:

  22 Responses to “KKP dan Kemenhan Tingkatkan Kerja Sama Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan”

  1. Mantappp

    • Numpang pertamax bung… hiksss malu saya… :D

      • Kalau bertentangan dgn visi misi maritim dan kemandirian plus menciptakan perdamaian kawasan dan dunia ya ditentang karena bu susi adalah pembantu presiden jd kebijakan harus sesuai garis garis 5 tahun kedepan dan jgn bertindak sendiri selalu kordinasi

    • Sudah semestinya semua institusi yg bertugas di sektor kelautan harus saling bekerjasama saling bersinergi, interaktif, dan terintegrasi untuk semakin meningkatkan pengamanan laut, sehingga dapat meminimalkan celah yg masih rawan adanya beberapa kegiatan2 ilegal, implikasi nelayan sebagai obyek yg mengandalkan laut sebagai mata pencaharian mereka dan semua yg memanfaatkan jasa kelautan semakin merasakan manfaatnya dan kepentingannya, sehingga integritas negara mampu dijaga sepenuhnya demi kedaulatan, keutuhan, dan kesejahteraan bangsa,,,

    • Sudah seharusnya menteri kelautan kkp dan menhan tni al bersinergi,mengamankan sumber daya kelautan untuk kesejahteraan seluruh rakyat NKRI.

  2. Lanjutkan…

  3. Sip

  4. Bu Susi gito loh………

  5. Tuna….ekspor perikanan terbesar kita ke negri sakura…yarezoo

  6. mau koment yg gimana ya aku.

    • Bung s BH rx@ coment apa ajh boleh bung…..asal jangan berbau yg parno parno….heheheeee

    • Gampang bung
      kalau bagus silahkan di puji
      contoh ; hidup pemerintah pak jokowi ..hulubalang dan punggawanya sekarang garang dan berani
      beda sebelumnya pembelian kapal usman harun saja di atur oleh bangsa upilll

      kalau kurang bagus silahkan di kritik
      contoh; ahh ibu cuma sibuk menangkap maling dr luar sehingga gawang jebol di maling dr dalamm..
      ikan mahaaalll cekali..hehe

  7. Tolung pak Rr yg terpenting di jaga perbatasan indonesia MALINGsia di perketat khusus nya pulau2 negara ini sangat berbahaya mental pencuri class berat

  8. ini kerjasama hibah dana operasional dan BBM kapal patroli ke TNI AL ya? sementara kapal KKP lagi dibangun

  9. Apapun yg ibu lakukan pasti kami dukung bu. Asal harga ikan di pasar dalam negeri utk konsumsi rakyat Indonesia yg murah semurah murahnya dan ikan yg berkualitas sangat bagus lho bu. Kalo pihak luar negeri mau beli ikan kita, pastikan mereka membeli dng harga komersial Internasional ya bu. Tapi khusus buat negara tetangga yang ngaku serumpun kalo mau beli ikan kita, kasih aja ikan TiRen ya bu. Itu sudah cukup berkualitas dan mahal bagi mereka lho bu…….(edisi IkanMurah_buSusi.com)

  10. Bu Susi memang sudah terbukti kejantanannya… !!
    Ups… Salah…
    Kehebatannya maksudnya…

  11. Ibu Susi beri lah penyuluhan Nelayan/Peternak Seluruh Indonesia khususnya pesisir pulau jawa, bali, ntb, ntt sulawesi, kalimantan, papua, dll. manfaat ikan sidat yang cukup berpotensi meningkatkan pendapatan rakyat dan negara. Permintaan eksport ke Jepang juga cukup tinggi akibat tragedi fukushima. Belum lagi keran eksport dari china dan taiwan di tutup. Negara yang telah mampu membudidaya sidat vietnam dan korea selatan. Pasaran ikan sidat cukup menggiurkan pasar lokal 150 rb/kg – 1,5jt/kg pasar eksport 1,5jt – 75jt/kg. Bibitnya pun cukup mahal 70rb/ekor. Awasi juga wna yg mendirikan pondok untuk membudidaya ikan sidat.

    • Udah cukup lama kok bung sidat jadi primadona peternak ikan jawa & ambon.
      Tp sidat itu lbh sulit daripada ikan2 lain & butuh perawatan ekstra.
      BBPBAT sering kok sosialisasi soal itu, mungkin jarang di masukan media aja jd jarang ada yg tau.

 Leave a Reply