Sep 132017
 

Secara teknis, knalpot vektoring thrust 3D memberi pilot kemampuan untuk manuver yang tidak biasa. Pesawat tempur seperti SU-30MKM bisa menurunkan kecepatan hingga 0 km/jam. Dengan knalpot vektoring 3D juga, pesawat tempur bisa melakukan rolling atau manuver berguling dengan sangat mudah.

Saat satu knalpot vectoring kanan mengarah ke bawah dan bagian kiri mengarah ke atas, pesawat tempur bisa berputar ke kanan. Atau jika kearah sebaliknya, Su-30MKM bisa rolling ke kiri tanpa menggerakkan stik control. Jika kedua knalpot vectoring thrust diarahkan naik dan turun berlawanan, Su-30MKM akan langsung mengurangi kecepatan hingga nyaris 0 km /jam.

Melambat atau berhenti mendadak dalam dogfight udara mungkin tidak ideal, tapi dalam kasus pesawat tempur musuh berada dibelakang dan mengincar bagian knalpot mesin SU-30MKM yang panas, dengan manuver yang tepat seperti mengurangi kecepatan dengan tiba-tiba, Su-30MKM bisa membalikkan keadaan dari dikejar dan di bidik menjadi berbalik dengan posisi yang lebih menguntungkan untuk ganti mengejar dan menyerang.

  136 Responses to “Knalpot Vectoring Thrust Su-30MKM yang Sexy”

  1. Su 27 dan su 30 mki nggak bisa goyang2 spt punya malaysia?

  2. pesawatnya canggih tapi pilotnya nggak canggih, guling”nya malah nyampe tanah..hihihii

  3. Warjag biasa menyebutnya knalpot. Nggakpapa kan dalam obrolan santai, untuk mempermudah saja. Tapi kalo artikelnya juga menyebutnya dengan kata knalpot kok kesannya gimanaa gitu. Karena itu kan memang bukan knalpot.

  4. Emangnya motor pakai piston dgn knalpot, wallah admin admiiin.
    Yg jelas itu ruang lingkaran api pendorong pesawat, yg memang sebagai incaran radar & rudal pesawat apapun itu jenis pesawatnya yg blm memiliki platform pelindung detek radar & rudal.
    Kalau utk manuver menyerang balik sekitar 360° secara cepat supaya radar lawan tidak punya waktu utk membidik walau masih di jangkauan radar lawan, tapi turunan su27 sudah memiliki radar yg mendetek dibelakangnya serta rudal yg siap ditembakkan.
    Tapi manuver 360° itu pernah dilakukan mig23 ketika dlam pengejaran f14 & berhadapan langsung sprti posisi saling tembak.
    Hahhahaa

  5. Manuver pugachev tak berguna jika lawan berada 2 km di atas sukhoi baik seri 30mkm/mki/mk2 ataupun seri 35.

    Su-35 service ceiling 18 km.
    EF typhoon service ceiling 19,8 km.
    F15 service ceiling 20 km
    F22 service ceiling 20 km

    • Manuver goyang geol tentu tetap sangat berguna bung. Antara lain untuk menghibur sang lawan.

      • Kalau pesawat tanpa manuver sudah jelas sprti kalkun yg mudah ditembak, sama sperti f16.
        Jadi manuver itu penting jika pesawat misalnya su35 dlm pengejaran oleh pesawat musuh, disitulah nanti manuver2 su35 dibutuhkan utk melepaskan bidikan musuh walau masih didalam jangkauan radar musuhnya & utk menyerang balik tergantung kecepatan manuver pesawat & taktik pilot, tapi taktik yg bisa dilakukan tanpa hrs brmanuver 360° yg posisinya berhadapan saling tembak adalah bermanuver membuat lingkaran yg nantinya pesawat musuh akan ikut membuat lingkaran yg artinya buru memburu & disitulah digunakan afterburning utk mendekati pesawat musuh utk membidik & kena bidikan booooouummm.
        Hahhahaaaa

        • Laaah si Alisa ini nggak ngerti rupanya.

          Walau Su-35 melakukan berbagai macam bentuk lingkaran masih dibatasi oleh ketinggian / altitude yg 18 km di atas permukaan laut.

          Sementara itu F15,F22 dan EF typhoon masih berada di atasnya yaitu 19,8 km dan 20 km di atas permukaan laut.

          Su-35 sedang menari geal-geol di bawah, cukup ditembak dari atas oleh canon 20 mm punya F15/F22 atau canon 27 mm punya ef typhoon.

          Xixixixixi

    • Bung cipoa bener, tidak satupun manuver sukhoi yang bisa mencelakakan pespur lawan…CATAT ITU!!!

      yang bisa mencelakakan musuh adalah rudal atau minimal canon 30 mm…

    • Who look first can shot first. Mau terbang 2 km diatas Su35 kalo dah kedetect radar Su35 lebih dulu ya matilah tuh pespur dihajar R77-1

    • Hahaha… Padahal Kemarin Ada Komen Begitu Lho… Dan Apa Masih Gk Puas ama Balasan Saya Yg Kemarin Woof?

  6. Wah, klo pilot nya cuman satu, apa nggak malah ruwet itu ya….

  7. bung jimmy ni ada ada saja..jualan sih jualan tp g gitu juga x ..masa knalpot di bilang sexy..yg sexy itu wanita atuh..hihihihihi

  8. Wah betul itu siapa yang lebih dulu lihat bisa tembak duluan.

    Radar AN/APG-77v1 pada F22 dapat mendeteksi RCS 1 m2 pada jarak 400 km atau lebih.

    RCS su-35 2 – 3 m2 jika dilihat dari depan tetapi akan jadi sangat besar jika dilihat dari atas.

    Jika 1 m2 saja bisa dilihat sejauh 400 km apalagi yang lebih gede yaitu 2 – 3 m ? Pasti Su-35 akan terlihat lebih dahulu oleh radar AN/APG-77v1.

    Alias Su-35 pasti keok duluan.

    Keok, keok, keok, keeeoooook

    Xixixixixi

    • la bung Phd, ngitungnya SU-35 vs F-22 yang dimana generasi 4++ vs generasi 5 ya jelas kalah toh bung, kecuali kemampuan pilotnya itu sendiri. T_T

      • Makanya walau udah mau beli Su-35 JANGAN TERLALU kepedean dan sombong sebab masih ada yang teknologinya jauh lebih maju.

        Jadi apa kita perlu beli Su-35 ? Ya, buat hadapi F35.

        Apa kita perlu beli F15SE juga ? Ya, buat hadapi Su-35 China.

        • Harga dan spek dari f15SEA gmn bung tn? apakah ada kabar burung bahwa pemerinrha akan membeli nya?

        • hehe maaf bung, saya bukan termasuk kelompok itu loh. walaupun saya suka sama SU-35 tapi saya tidak pernah bandingin dengan F-22 karena saya tahu bahwa lebih canggih raptor dibanding flanker family kecuali kalau melawan SU-57,saya kira hampir sama kemampuan F-22 dengan SU-57 .

        • Su35 vs f22…?
          Dari Spek ya jelas bukan levelnya to Om Tn
          Kalau lawan f22 berarti kita vs AS,lha cuma AS yg punya f22

          Dari segala kemungkinan potensi negara lawan,hampir semua pakai Made in USA (kecuali China)…
          Masa iya,TNI beli pespur AS untuk melawan pespur AS pula?

          • Bung Sibluu,

            Yang saya katakan RI butuh F22 atau F15SE itu untuk menandingi hegemoni China.

            Ingat China protes sesudah RI menamakan ZEE natuna sebagai Laut Natuna Utara.

            maka saya sebut kelemahan Su-35 jika melawan F22.

            Su-35 China tidak akan dilawan dengan Su-35 RI.

            Yang bisa melawan Su-35 China adalah :
            1. F22
            2. F15 SE.

          • Memangnya pespur China yang harus di waspadai hanya SU35?
            Lalu apakah jumlah SU35 China dengan Indonesia berimbang?

            Dari pada menghayal F22 dan berharap F15SE dari mamarika dan untuk menyikapi paranoid mas bro PhD, lebih baik beli S400, tinggal pencet beres.
            Paling tidak pespur dibawah gen 5 masih bisa terditeksi dengan jelas.

          • S400 ?

            Di sini es paling murah juga 1000 atau 2000.

            Xixixixi

          • Lha kalau lawan kita China,memang betul kalau di lawan pake Made in USA
            Faktanya,bukan China yg berwajah agresor..justru gank barat yg memporak porandakan dunia dg misi2 militernya….
            Kalau China agresor,tentu Taiwan sdh dari dulu dihajarnya

            sekeliling kita dipenuhi tetangga2 yg bermuka dua,terlihat paranoid dg kita..entah apa alasanya
            Bukan tanpa alasan Darwin dijadikan pangkalan marinir AS,bukan tanpa alasan pula US marine rajin minta latgab perang hutan…..
            Semua (China dan cherrleader US) adalah potensi nyata ke depan (mungkin ya hahahaha)

            itu sih ocehan saya saja yg orang kampung ini

      • ya sih, beda gen. Tapi jika dalam peperangan kan bisa kepergok pesawat mana saja yang dimiliki lawan. Bahkan dalam keadaan non perang pun bisa saja ada ketemuan tanpa janjian. Tukino yang lagi jalan-jalan (tepatnya: terbang-terbang) ketemu Supir Kornet USA yang nyelonong kira-kira gimana kejadiannya ya.

        • Ya si Tukino tinggal laporan saja:
          Lapor. Ada Kornet nyusup. Laporan belum selesai!

        • Ya si Tukino kenalan aja sama supir kornet kali-kali aja dapat kornet kalengan gratis.

          Xixixixi

          • Supir Kornet:
            Ngapain kamu di sini?

            Tukino:
            Lhah lu ngapain? Ini kampung gue!

            Supir Kornet:
            Aku mau lihat yang geal geol goyang dangdut, kok malah kamu yang nongol.

          • semangat banget jadi cheer leaders, jeng @TN Phd.

            irbis, pesa, gotongan ampe 8ton, super manuver dog fight, kh58 anti radiasi, jangkauan 4500km, 2,25mach, pelapis cat anti radar, khibiny..
            sudah cukup untuk bikin geger kawasan…
            ampe pada gedebukan cr antidot…
            kasihaaannn….

            bhuuaahahahahaha…
            hoooeeekkk..

    • Analisa jika didasari atas ketidak sukaan dr awal atau istilahnya penilaiannya sangat subjective, sampe kapanpun gak akan ada untungnya beli SU-35. Krn paham yg dianut adalah pahamnya si DR lapak jualan pespur rongsok.
      Mosok SU-35 disuruh lawan F-22 yg beda kelas. Pasti itu promotornya yg gemblung. Emang gak nemu yg sekelas kah.? Itu ada F-15 dan F-18 sbg potensi musuh tetangga. Klo F-15 upil mau mengudara dmn.? Kasat mata aja nampak kok, gak perlu nerbangin si Sukhoi segala. Arhanud sekitarnya sdh bisa mengcover. Tinggal F-18 selatan yg di jagain.

      Kalo beli kaleng krupuk gripen tambah keok lg, kalah segala2nya.

      Ahhhhh….analisanya gak asyik banget. Ketauan klo analisa sentimen dng bung Jimmy doank……preettt lah

      • Lho ngapain prat pret prat pret…

        Kalo bung Ruskye sakit perut ya silakan ke bilik termenung… jangan buang angin di sini.

        Dalam pertempuran itu prajurit yg berangkat nggak pernah tahu bakal berhadapan sama siapa dan pakai kendaraan apa.

        Lha kalo nanti ketemu ama F22 ya si pilot Su-35 mesti siapkan hati dan pikiran toh ? Kemungkinan dan resiko terburuk khan harus dipikirkan juga toh ? Nggak selalu yang berangkat hornet atau f35 lho.

        Lho saya ini kasih tahu resiko terburuk kok malah Ruskye ini banyak angin di perut.

        Piye jal….

        • hahahahaha

        • F22 ketemu SU-35 dimana.? Dlm konflik apa.? Mbok ya kalo menganalisa yg objective. Kok terkesan maksakan gitu.? Musuh potensial itu upil dng F-15 & 16 nya sementara Sonotan itu dng F-18 nys.
          Lalu ikutnya F22 itu alasannya apa.? Alasan sekutu dekat.? Kalo itu yg dipake jd alasan artinya yg dihadapi bukan cuma F16, F15, F18, tp jg Rafale, Thypoon, F22, F35, B-2 Spirit. Tutup buku sdh negara yg namanya Indonesia.

          Makanya jng kebanyakan berkolaborasi dng si DR, gagal jual kaleng rongsok gripen, lalu memojokan SU-35.
          Kalo yg punya F22 itu mau perang dng RI cukup kerahkan B-2 Spiritnya aja utk masuk hancurkan objek vital, gak perlu susah2 nyruh F22 hadapi SU-35.

          Kenapa gak sekalian aja ente bilang yg mampu ngalahkan F22 itu cuma Gripen jaleng rombeng. Ente jadi sales gripen jng malu2, all out donk spt abang ente si DR.

    • Bahkan radar pun tdk akan ada gunanya… semua tergantung pilot… pilot mami rika suka tidur d pesawat… kalo g percaya coba deh buka youtube… cari F-14 yg patroli wkt perang Teluk dulu… pilot kok tidur sampe ngiler2 d vidéo kan oleh temannya…. gitu bangunnya langsung makan roti g pake sikat gigi dulu…

  9. Tes komeng

  10. Bikin besar kepala tetangga jaguh aja nih klu ngebahas SU-30MKM!he3.

  11. Lawannya F 22 kan baru keok? Kalau lawan Gripen keok ane ga percaya wkkk…
    Wah bahagia banget lah kalau bisa dapet gado2 F 15 sm sukro, masalahnya kalau ga dikasih gimana??
    Yes setuju lawan berat sukro itu F 15 dan keok kalau lawan F 22 (bukan gripen lho yah xixixi) Dan lagipula kan seperti yg Ente bilang bung Tn, indonesia butuh barang yg semurah – murahnya dan ga murahan, Murah tapi kemampuan Ok, Murah Punya Detterrrent tinggi, Murah tapi bisa mengimbangi pespur2 tetangga yg canggih…. gripen paling murah sih tapi kalau di suruh lawan F 15, F 35, apalagi F 22 yah rasanya cuman di iklannya doang bisa menang wkkk… Gimana dong? Sukro paling murah walaupun terkendala teote tapi rasanya kalau beli pespur buat antisipasi ancaman yah memang kita perlu sih… Kalau ga Melihat Harga yah ane juga Pengennya indonesia juga Punya F 22… Bah, ga mungkin dikasih
    F 22 ya sudah Rafale jng Thyphoon karena Thyphoon juga dikenal pespur yg banyak masalah(walaupun tidak sebanyak F 35 sih) dan kalau ditanya kemampuan Bahkan lawan F 22 rafale pernah menang ko…

    https://medium.com/war-is-boring/the-french-shot-down-u-s-stealth-fighter-f59db16282ca

    Cuman kalau rafale ane sayangin Cantelannya itu lho coba bisa di sematkan kedalam seksinya pasti poll… Tapi kembali lagi Rafale muahal, sedang kita butuhnya pespur yg ga mahal tapi punya kemampuan dan detterrence buat imbangin pespur kawasan..

    • Utk melawan pesawat siluman diutamakan kecerdasan radar, seperti radar irbis sukhoi yg sudah memiliki rumus dilayar pilotnya, tapi aesa blm memiliki itu.
      Hahhahaaa

    • Bung Fnc,

      Ssst jangan bilang2 ya, saya kasih tahu sesuatu mengapa gripen bisa menang lawan Su-35.

      Yang nongol gripen di radar Su-35 tapi rudalnya dilepas F22 dari arah lain.

      Saat Su-35 sedang sibuk bermanuver melepas chaff dan flare, gripen nungguin sampai chaff dan flare Su-35 habis lalu siuuuut gripen melepas rudalnya, akhirnya Su-35 jadi keok…

      Keok keok keeeeooooooook

      Xixixixi

      • Wkkkk… Curang dong tuh gripik Hmmm… Masuk akal sih daripada skenarionya lapak gripik xixixi

      • Ahh bung tn balesnya bercanda…. Keknya bung Tn ngotot adu su -35 sm F -22 karena ada juga yg ngotot Su- 35 bisa menang lawan raptor yah xixixi…

        • Iya betul lebih bagus bercanda daripada biarin kepala jadi panas sampai buang-buang angin seperti bung Ruskye itu.

          Entah mungkin bung Ruskye klolodan sandal atau gimana kok sampai prat pret prat pret…

          Xixixixi

      • Radar nebo itu seperti yg digunakan s200, s300, s400 & s500 yg dgn mudah mendetek pesawat non siluman & pesawat siluman secara bersamaan.
        Hahhahaa

        • Saya baca di

          https://defence.pk/pdf/threads/nniirt-1l119-nebo-svu-rlm-m-nebo-m.469917/

          Tertulis :
          the Nebo SVU will be capable of frustrating offensive operations by any air force not equipped with an F-22 or better capability.

          Terjemahan bebasnya NEBO bisa menghadapi serangan dari AU manapun yang TIDAK DILENGKAPI dengan F22 atau yang lebih canggih dari itu.

          Jadi F22 nggak bisa dideteksi oleh NEBO.

          NEBO bisa deteksi altitude 20 km dengan jarak 380 km.

          Sementara F22 bisa deteksi NEBO pada jarak 400 km.

          Xixixixi

          • Loe blm pernah dgr pesawat siluman amerika pd remuk yaa, diwaktu perang teluk & yugoslavia atau kosovo, yg saat ini kemampuan radar nebo sudah mengalami peningkatan

          • Dan struktur pesawat siluman amerika itu bahannya hampir mirip dgn f117 yg pernah ditembak jatuh.
            Hahhahaaa

          • F117 itu BUKAN F22.

            Serinya saja beda apalagi pesawatnya.

            😛

            Xixixixi

            Yang pasti NEBO bakal terlihat duluan oleh F22 oleh sebab itu NEBO akan ngoook ngoook ngook seperti KEBO.

            Xixixixi

          • Payah sangat ngertinya yaa broo.
            Yg bilang f117 itu F22 bukan sy, sy katakan f117 struktur bahan pesawatnya hampir sama dgn yg digunakan f35 & f22.
            Berisik berisik sprti b*bi lepas dari kandang.
            Hahahaaa

          • Hampir sama berarti BEDA.

            Angka 1,200000 BERBEDA dengan 1,200001

            JELAS ?

      • Yah… kalo gripen nungguin 35 kehabisan flar ya bisa jeblug duluan gripen kehabisan bahan bakar… pesawat kecil gitu….

  12. Berarti tn lebih parah gak ngertinya mengenai yg disebutkannya itu service celliing.
    Service celling itu gunanya sebagai pengecoh radar & rudal penjejak, jika pesawat tn sudah diburu rudal maka pilot tn akan melakukan pengecohan rudal seperti mengeluarkan kembang api atau melakukan service celling, service celling itu membuat rudal lawan hilang kekuatan ketika menanjak & tn selamat dari buruan rudal.
    Hahhahaaa

    • Lho kalo F15 dan F22 sudah di altitude 20 km sedang su-35 baru di 18 km, jika F15 ataupun F22 lepasin peluru dari ketinggian 20 km khan makin nambah kencang kecepatan pelurunya karena ditarik gravitasi, sementara itu Su-35 udah kelimpungan karena udah mentok nggak bisa nanjak lagi.

      Akhirnya seperti burung pipit disergap elang si Su-35 keok duluan…

      Keok keok keeoooooook…

      Xixixixixi

      • Kalau utk menanjak itu gak begitu penting, yg penting itu bagaimana tn bisa membalikkan keadaan jika sudah diburu lawan utk menang, mungkin dgn taktik yg pesawat itu sudah mendukung utk taktik itu, supaya tn tidak seperti kalkun yg mudah ditembak.
        Jadi manuver itu bukan cuma utk mengecoh radar & rudal lawan tapi bagai mana utk mmbalikkan keadaan dgn pesawat yg sudah mendukung utk taktik pilot.
        Jadi kalau ingin membeli pesawat? Bukan mmbeli utk piknik yg hrs hemat bbm tapi belilah yg sudah mendukung utk kebutuhan yg dimaksud, kemudian tergantung penggunanya tn, tapikan sudah sy sebutkan bagai mana taktiknya itu hanya saran.
        Hahhahaaa

      • Kalau utk menanjak itu gak begitu penting, yg penting itu bagaimana tn bisa membalikkan keadaan jika sudah diburu lawan utk menang, mungkin dgn taktik yg pesawat itu sudah mendukung utk taktik itu, supaya tn tidak seperti kalkun yg mudah ditembak.
        Jadi manuver itu bukan cuma utk mengecoh radar & rudal lawan tapi bagai mana utk mmbalikkan keadaan dgn pesawat yg sudah mendukung utk taktik pilot.
        Jadi kalau ingin membeli pesawat? Bukan mmbeli utk piknik yg hrs hemat bbm tapi belilah yg sudah mendukung utk kebutuhan yg dimaksud, kemudian tergantung penggunanya broo, tapikan sudah sy sebutkan bagai mana taktiknya itu hanya saran.
        Hahhahaaa

  13. pokoknya mau beli pesawat tempur buatan manapun mau barat atau timur yg penting dilengkapi missilnya …..juga beli pesawat AEW&C nya yg punya kapabilitas AWACS itu bru jadi lompatan besar bagi TNI-AU..

  14. Malaysia sudah dogfight dengan F-22 menggunakan thrust vector control Su-30MKM dalam latihan Cope Taufan 2014. Berjaya “menembak jatuh” beberapa F-22. Beritanya di sini;

    http://www.thestar.com.my/lifestyle/features/2014/07/22/joint-rmaf-usaf-exercise-brings-raptors/

    Respect juga diperolehi antara pilot USA dan Malaysia;

    “Bro, both sides’ learning curve went right through the roof. On the first day! We both went home with a mutual and healthy respect for each other’s capabilities. And to have these (USAF) guys say that we were s*** hot is the biggest compliment you could give a fighter jock.”

    Beritanya di sini;

    https://www.nst.com.my/news/2015/09/man-turning-and-burning-best

    • Mungkin mrk kagak percaya broo, karna mrk sudah tersanjung dgn produk2 yg mrk sebutkan itu.
      Hahhahaaa

    • Emangnya kalau pesawat mau bertempur janjian dulu gitu ?

      Di dalam latihan itu, baik F22 maupun SU-30MKM Malaysia itu udah tahu bakal ketemu siapa, pesawat lawan tanding berangkat dari mana, siapa yang lebih dulu mengudara, bakal bertemu di wilayah udara mana semua pihak sama-sama tahu dan tak ada unsur kejutan di dalamnya.

      Realitanya dalam pertempuran udara sesungguhnya semua itu serba mendadak dan penuh unsur kejutan.

      Tujuan latihan itu untuk mengukur kapabilitas pesawat yang mirip dengan pesawat yang dijadikan lawan tanding dalam latihan, sejauh mana kapabilitas pesawat itu.

      Hasil latihan dijadikan bekal untuk :
      pilot F22 agar memperbaiki kemampuan bertempurnya.
      Perusahaan inhan US agar memperbaiki kemampuan pespurnya, bisa jadi dengan melakukan berbagai upgrade.

      Artinya : kemampuan F22 sekarang ini lebih tinggi daripada di tahun 2014.

    • Waduhh… Wkkkk… Nanti kalau Su-35 dateng harus nembak F-22 nih, masa beruk aja bisa kita nggak… lama2 JKGR jadi ada dua kubu nih Timur dan barat… Ane yg doyan gado2 masuk mana nih yah xixixi…

      • Beruk itu malayusia yaa yg loe maksud broo.
        Kalau malayusia lg rajin mungkin bisa menang dalam latihan, kalau gak yaa, menang sekali, kagak mau latihan & kalahnya berkali kali & latihan lagi.
        Hahhahahaaa

      • Beruk bisa nembak F22 ?

        itu pilot F22nya yang sengaja mengalah…sebab merasa kasihan pada si beruk…. Biar si beruk senang gitu..

        Xixixixi

  15. Nah …dari pembicaraan yg bergengsi dan humoris diatas…sangat jelas…kemampuan 2 pespur tsb…jadi beli yg mematikan…jangan diperbanyak FA 50nya..xixiixix..(FA 50 beli secukupnya aja..berdasarkan kebutuhan,..)..karena kita mampunya beli sukhoi…kayaknya sukhoi kudu diperbanyak ini…terutama kelas SU 35…dari pembicaraan diatas lho…jadi 3 sukhoi lawan 1 F22..perbandingannya?…sya yakin banyak menangnya si sukhoi…rafale?….thypoon??…F16 viper?..gripen NG?..MIG 35?…nah anda semua yg hapal sampai baut2nya..kasih dong pendapat anda pribadi..mana yg cocok dicombo sama sukhoi kita..dengan alasan yg “nggenah” dan bersahabat…hahahaah…monggo..

    • Lha FA-50 butuhnya 714 unit tuh, piye ?

    • Satu-satunya negara di kawasan yang jelas-jelas menantang Dash Nine China adalah RI.

      china sudah beli 24 unit Su-35.

      Supaya seimbang dalam menghadapi China seharusnya RI diperkuat dengan minimal 12 unit F22. Toh RI adalah bumper dari serangan China bagi sekutu US yaitu Singapore dan Australia.

      Namun jika tidak diperbolehkan oleh US biarlah diturunkan sedikit ke arah F15 dari varian Silent Eagle sebanyak minimal 24 unit spek lengkap.

      • beli su 35 cuma 11 biji aja gorengnya nyampe gosong,apalagi mau 24 biji F15 yg hargane selangit,edisi ngimpi kali
        xiixixixixi

      • busyyeeeedddzzz…
        jeng TN..

        yg kemungkinannya lebih besar, kenapa g romy rafaele..??
        kebanyakan minum juice seledri nih..
        bhuuaahahahaha….
        keok keok keok…
        hoooeeeekkkkk…

      • Ini orang kesannya maksa ya…!

        USA adalah negara yang sangat berbelat belit dalam urusan alutista, mereka pasti melindungi kepentingan koleganya di kawasan Asia Tenggara dan Australia.
        Jadi jangan harap negara yang di pimpin Trump mau menjual alutista dengan speck yang sama dengan koleganya…!
        Btw Indonesia memang menentang 9 Dash yang dibuat sepihak oleh China, tapi Indonesia tidak pernah berusaha untuk mengakui terlebih lagi memiliki daerah yang diluar dari wilayah Indonesia seperti konflik di LCS.
        Jadi negara Indonesia lebih kecil untuk head to head dengan China karena Indonesia tidak memiliki kepentingan di laut, udara ataupun daratan (kepulauan) di LCS yang disengketakan oleh beberapa negara.

        Anyway perlu anda ketahui, Indonesia dalam membeli alutista (pespur ataupun yang lainnya) bukan untuk menjadi negara agresor, negara Indonesia dalam hal alutista lebih bersifat untuk melindungi diri.

        1 hal lagi yang saya ingin sampaikan adalah, saya mohon anda jangan bertingkah seakan-akan paham dan mengerti kebutuhan, budged dan politik dalam alutista antar negara.

        • Bung Wangsa,

          Lho siapa yang bilang harus jadi agresor

          Saya khan bilang untuk menyeimbangkan.

          Coba lihat Korsel punya berapa ratus golden eagle.

          Apakah Korsel agresor ? Tidak bukan ? Semuanya Korsel lakukan untuk melindungi diri dari Korut dan China.

          Bukankah RI jauh lebih luas dari Korsel ?

          Bukankah potensi ancaman ada dari berbagai macam arah ?

          Semua yang saya katakan itu adalah kebutuhan RI dalam melindungi diri.

          Mau dikatakan suka atau tidak saya tetap pada pendirian bahwa RI butuh 714 pespur.

          Memang tidak dalam setahun, tetapi butuh waktu bertahun-tahun, 15 – 30 tahun untuk mewujudkannya.

          • Setelah perang saudara antara KORSEL – KORUT dalam hal ini kedua belah pihak saling berlomba untuk melindungi diri, lalu kalau Indonesia?
            Meskipun negara persemakmuran Ausie Cs sering usil, hingga saat ini Indonesia masih dapat melindungi diri dari mereka dengan segala kekurangan dan kelebihan yang Indonesia miliki.
            Btw jika berbicara 15 – 30 tahun adalah wacananya mungkin berbeda, karena perkembangan teknologi di dunia alutista mungkin sudah jauh lebih efisien.
            Semua kembali kepada kebutuhan user, buded dan politik (dalam dan luar negri)

    • Kebanyakan kalo 714 bung…setahun kita hanya menghasilkan pilot temput 13 orang..kalo tambah 13 lagi wajar..jadi 26 setahun..kalo ngeronda wilayah RI kan semua pespur aktif..sekalian nambah jam terbang dan memantapkan tunggangannya…kalo gak sering dilatih nanti pas perang dadakan seperti yg anda katakan diatas..dia harus bawa buku panduan…rumit lho..walaupun saya bukan pilot..saya yakin pasti rumit..danbutuh ketenangan dan pikiran jernih kalo dalam perang…apalagi mereka para penunggang tunggal alutsista..

      • Lah 13 orang per tahun itu kalau sekolah penerbang tempur cuma satu dan pesawat latihnya dikit.

        Kalau sekolah penerbang tempurnya diperbanyak jadi 8 kali lipat maka bisa 8 x 13 pilot = 104 pilot tempur baru setahun.

        104 / 2 = 52 pespur baru
        52 x 5 tahun = 260 pespur baru

        Untuk sampai 714 unit dengan dana USD 2 milyar per tahun, nggak sampai 15 tahun. Dengan catatan pespur ringan dan murah semua setingkat FA-50.

        Xixixixi ngayal.com

    • Hahaha… Busyeeettt 714 Biji…

      #Kolaps Dah Negri Kita…

      • Lihat saja Korsel golden eagle series ada berapa ratus unit, padahal Korsel juga punya F15.

        RI khan lebih luas dari Korsel.

        potensi ancaman dari kanan kiri depan belakang.

        Wajar jika RI butuh 714 unit pespur.

        • “Lihat saja Korsel golden eagle series ada berapa ratus unit”, padahal Korsel juga punya F15.

          ————————

          Busyeeettt Promo Lagi… Perasaan Golden Eagle Series ROKAF Mulai Dari Light Attack-Trainer Aircraft Gk Sampe 100Unit Deh… Coba Deh Googling Dgn Judul “List Equipment Of ROKAF”

          • Dia mabok kecubung… ?

            Jumlah ideal memangnya bisa disamakan dengan legenda membuat Candi Prambanan…

          • Xixixixi golden ROKAF 60 unit nurut Wiki, TETAPI mau bikin KFX 120 unit untuk ROKAF semua. Selain itu ROKAF juga punya F5 158 unit, F15 59 unit, F16 118 unit, F35 order 40 unit.

            60 + 158 + 59 + 118 + 40 = 435 unit pespur punya ROKAF.

            Sekarang korsel punya 395 pespur dan mau tambah 40 unit dan 120 unit sedangkan potensi ancaman hanya dari utara.

            Saya bilang RI butuh 714 unit kok diprotes. Padahal potensi ancaman dari mana-mana.

            Yang o’on itu saya atau yang protes.

          • Indonesia di ancam apa ya dari Utara?
            Apakah Indonesia ikut berkonflik di LCS?
            Atau China ingin ekspansi militer ke Indonesia?

            Yang pintar jawab !

          • “Saya bilang RI butuh 714 unit kok diprotes.”
            —————————

            Itu betul, kan butuhnya segitu, tp mampunya cuma segini. Butuhnya makan 3x sehari tp mampunya cuma bisa beli makan utk 2x sehari.
            Jd yg o’on siapa.? Ya yg protes sama yg di protes…… Xixixi

  16. Melambat atau berhenti mendadak dalam dogfight udara mungkin tidak ideal, tapi dalam kasus pesawat tempur musuh berada dibelakang dan mengincar bagian knalpot mesin SU-30MKM yang panas, dengan manuver yang tepat seperti mengurangi kecepatan dengan tiba-tiba, Su-30MKM bisa membalikkan keadaan dari dikejar dan di bidik menjadi berbalik dengan posisi yang lebih menguntungkan untuk ganti mengejar dan menyerang.

    ———————————————————
    ———————————————————

    Nah Yg Jadi Pertanyaannya Pilotnya Bisa Ngelakuin Kagak?… 😛

    #Colek Bung Colibri

    • lah latihan awal sama pilot top rusia aja 6 bulan…plus su30mkm sudah 10 tahun umurnya..kok ditanya bisa gak bisa..

      skrg pilot disana bisa gak?? nyoba nyetir aja belum..bisanya cuman mbacot doang..wakakakaka..

      tu su30mki ( i for indonesia edisi mimpi basah) di bikin pesawat kamikaze aja.. pasti bisa lah..disana kan pakar bikin anak..1 pilot mati masih ada jutaan menanti…kalau pesawat gampang..minta saja hibah dari gurun arizona…wakakkakaka

    • Ya bisa aja bang Jim…… dengan syarat Mig29 jadi dibeli tuan Takur, wangnya buat beli spareparts SU30MLM……. Multi Level ….. 😆

      • Sepertinya kita emang ga akan pernah bisa akur sm beruk2 jadi kalau soal ancaman utamanya bukan dari Cina tapi tetap mereka yg harus kita waspadai… dan karena mereka kalau Perang itu ga berani sendirian maka FPDA harus di awasi terus jng sampai kita tertinggal… nanti juga kalau sampai FPDA perang sm cina selama cina tidak mengancam wilayah kita maka jng pernah kita ikut berperang demi beruk dan sekutunya

  17. Struktur pesawat Su35 tidak memiliki gesekan diudara tapi bukan siluman sehingga radar lawan tidak bisa mendeteknya kecuali melalui ruang lingkaran api pendorong pesawat yg belum memiliki flatform pelindung anti radar & rudal & dari flatform su35 yg mudah didetek radar lawan, utk mengecoh radar lawan bisa menggunakan service celing atau menanjak sehingga bidikan layar pilot akan hilang walau masih di area radar lawan, bisa juga bermanuver dgn posisi saling tembak & mmbidik balik membentuk lingkaran seperti yg saya katakan barusan diatas.
    Hahhahaaaa

  18. Wes wes ojo do ribut , mending goyang ae
    Hajarr
    O a o e

  19. Rame juga Lapakan disini ….

  20. Suhu turun tahta semua me reply rata2 coment bung TN PHD… ramaikan terus suhu, xixixixixi…. 😀
    Colek MBAH BOWO, Neng CINTIA, Bung Colibri. dll

    • Xixixixixi

      Saya jelaskan kebutuhan akan pespur jenis lain yang lebih canggih dari Su-35 untuk menandingi 24 unit Su-35 China, yang lain malah protes.

      Pulau Natuna memang tidak bakal diambil, tapi laut ZEE Natuna yang diganti nama jadi Laut Natuna Utara dengan segala kandungan kekayaan alam di dalamnya itulah yang bakal direbut China.

      Saya juga jelaskan kebutuhan pespur light fighter juga diprotes. Dibilang agresor segala.

      Padahal ancaman datang dari kanan kiri atas bawah.

      Ntar juga kalau diambil sama kanan kiri atas bawah, gara-gara pespur kita kurang ya rasain aja.

      Sekarang ini negara kita kuat kalau diserang sendirian asal bukan serangan China.

      Untuk menghadapi China, RI butuh para tetangga walau mereka usil.

      Untuk menghadapi kelompok tetangga usil RI juga belum kuat jika diserang bersama-sama.

      Nanti di tahun 2024, RI akan cukup kuat untuk bertahan hadapi kelompok tetangga usil.

      • “Saya juga jelaskan kebutuhan pespur light fighter juga diprotes. Dibilang agresor segala”

        ———_—————————-

        Saya gak bilang ente agresor lho bung. Itu tuduhan yg kejam banget.
        Saya cuma bilang ente sales enginer nya gripen rombeng, satu team dng DR……..xixixi….pis..piss…pipisss

      • Paranoid ya mas bro?

        Yang masuk wilayah laut Indonesia (Laut Natuna) adalah kapal nelayan dari berbagai negara, bukan hanya berasal dari China dan itu adalah fakta.
        Bukan kaprang, kaplam ataupun pespur…
        Dalam hal kejadian ini di mohon akal sehatnya untuk tidak memperkeruh suasana untuk membawa ke ranah militer hingga terjadi gesekan yang lebih ekstrime.

        Meskipun ada kaprang, kaplam ataupun pespur yang masuk wilayah Indonesia, Indonesia ataupun penerobos tidak bisa dengan sesuka hati menembak target tanpa pemberitahuan terlebih dahulu…
        Hal / kejadian tersebut pernah terjadi di daerah laut dan udara Indonesia.
        Seperti contoh kaprang negara Malaysia ataupun pespur USA yang sedang mengawal kapal induk mereka.

      • emang boleh pesen f22?….
        Lha sekutunya AS macam siroil aja gak dibolehkan kok malah kita…..f15se? Masih selevel su35 kan,belum lg kemungkinan kongres yg akan memveto untuk menjaga sekutu lamanya macam Singapore ataupun ausie
        Jadi harusnya kalaupun lawan China yg lebih realistis ya rafaelle,cuma harganya itu yg wow…..perkembangan tekhnologi makin cepat Om,mungkin saat ini f22 masih terbaik,tp setau saya Russia ataupun AS sdh mengembangkan gen 6…

        hal itu yg bikin geli om Tn

        Memang negeri kita istimewa,banyak yg ingin merampoknya tapi ancaman terbesar bukan China,gank bule dan jongosnya yg realitanya rajin mengepalkan tangannya ke muka kita….
        China akan mikir kalau mau ribut dg kita,krn dia butuh teman untuk melawan hegemoni AS di Asia tenggara

        Oiya,mari disruput kopinya wkwkwkkwkwk

  21. Masuk muri nie,..komentar terbanyak di jkgr….dr pagi smpe mau midnight gini, masih aja ada yg komen, bahkan nambah banyak…sabar bung tn, phd…

  22. Saya lebih suka SU-34 Full Back dibandingkan SU-30 MKM
    Meskipun tidak selincah SU-30 MKM milik tetangga, SU-34 Full Back sudah botol pulpen

  23. Sudah memberi keuntungan ke perusahaan US seperti caltex, unical, chevron, conoco dan freeport selama 30 tahun lebih saja cuma dapet 2 ska f16 a/b dan 2 ska f16 block 25 itupun plus embargo.

    F15SE atau F22 mau sih…siapa yg ngak mau…tp mau ngak menyerahkan pulau papua dan kalimantan ke US…#mikir.

    Kalau ngejer pesawat musuh yg masuk wilayah nkri…ya pesawat apapun di gunakan buat ngejer. Memangnya pilot f5 tiger kita mikir 1000kali sewaktu ngejer f18 aust yg nyolong sampai pulau rote?
    Memangnya pilot f16 a/b kondisi embargo kita mikir 1juta kali saat ngejer f18 cvn yg maen2 tanpa ijin di atau pulau bawean….

    Kalau merasa bisa ngasih f15 dan f22 ke tni au …langsung buat saja proposal…aksi nyata langsung

    • Trump pernah berjanji, “Dalam setiap pertempuran yang di perintahkan, dia (D Trump) berjanji akan menempuh cara apapun untuk mencapai kemenangan.”

      Salah satu untuk menang dalam perang tanpa bertempur adalah menghancurkan sisi ekonomi dari negara yang di targetkan.
      Salah satu sisi ekonomi yang dimaksud adalah sumber daya alam negara yang dituju.

    • Kagak mungkiiiiiin brooo, walau perusahaan2 amerika banyak mengusai tambang2 besar, karna dulu pun, ketika indonesia ingin memenuhi arhanmilnya diudara armada pertahanan militernya, indonesia hrs beli cas tidak boleh banyak tanpa tot, setelah pembelian kedua maka dapat tot dari f16, setelah dipakai? Indonesia hrs membuat laporan terlebih dahulu sblm angkat senjata, kalau tidak indonesia disebut negara radikal & ujung2nya diembargo. Sudah pernah terbukti kan.
      Hahhahaaaa

  24. Padahal artikelnya SU-30 MKM yang sexy, tapi mengapa malah fokusnya jadi SU-35… mana ada F22, F15 dan ada Gripen segala… bayangkan seperti peluncuran motor Honda Beat seri Viper atau apalah tapi debatnya malah CBR, Ninja, GSX sama YSF… jauh bener

 Leave a Reply