Nov 022018
 

Penemuan Black Box Lion Air PK-LQP, 1/11/2018. (Puspen TNI)

Jakarta, Jakartagreater.com – Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Surjanto Tjahjono mengatakan pengeringan kotak hitam pesawat yang jatuh di air laut harus dilakukan bertahap, dirilis Antara pada Kamis 1-11-2018.

“Pengeringan harus dilakukan secara bertahap menggunakan vakum agar tidak merusak micro-chip yang ada di dalamnya,” kata Surjanto saat konferensi pers pada Kamis 1 November 2018 di dermaga JICT 2 Tanjung Priok, Jakarta.

Dia mengatakan pada proses pengangkatan kotak hitam (black box) pesawat Lion Air JT 610, benda tersebut langsung dicuci dengan air tawar kemudian dimasukkan ke dalam kotak berisi air. Hal tersebut menjaga agar benda tersebut tidak mengering, pengeringan akan dilakukan di dalam laboratorium.

File : Black box. aeroplane.JPG, commons wikipedia, org

Kotak hitam yang ada di pesawat mempunyai ketahanan yang tinggi, dia memiliki ketahanan gravitasi hingga 100 G, kemudian dapat bertahan dalam suhu 800-1.000 derajat Celcius dan dapat bertahan di kedalaman air hingga 4.000-5.000 meter.

Kotak hitam mempunyai dua bagian, yaitu FDR (Flight Data Record) dan CVR (Cockpit Voice Record). FDR berisi data-data mengenai kecepatan terbang dan ketinggian, sementara CVR berisi data percakapan pilot dengan menara pemancar, pilot dengan co-pilot, pilot dengan awak pesawat dan pembicaraan pilot di kokpit.

FDR akan menyimpan data 25 jam penerbangan terakhir, maka dengan FDR, pihak investigator tidak hanya dapat melihat data saat penerbangan terakhir, tetapi juga penerbangan sebelumnya.

Saat ini telah ditemukan kotak hitam yang diperkirakan sebagai FDR, sementara itu letak CVR berada tidak jauh dari FDR. Tim akan terus berupaya menemukan CVR tersebut.

  2 Responses to “KNKT Lakukan Pengeringan Kotak Hitam Secara Bertahap”

  1.  

    Walaupun bs terbaca gak bakal diungkap ke publik secara gamblang! Klu kesalahan pd cacat produksi pihak lion air bs nuntut kompensasi gak ya ke boeing?

  2.  

    divers think the ocean currents are very large, what if we use them to make electricity

 Leave a Reply