Know-How JakartaGreater

251
88

image

Haha lucu kita ini, 1. Bahwa web ini bukanlah web berita resmi, kita semua sudah tahu. Bahkan seringkali artikel atau komentar di sini berisi informasi yang justeru lebih dulu dari media resmi. Jadi kalau diharapkan validitas atas berita di sini seperti yang ada di angkasa, komando, detik, whatever the name lah, jelas kredibilitasnya berbeda. Atau silahkan saja baca berita dari majalah/tabloid/web resmi pemerintah, dephan, etc jika memang keinginnanya adalah kualitas dan kredibilitas atas sebuah informasi. Toh isinya nggak akan ada yang beda jauh diantara semuanya kalau memang membahas hal yang sama. Di sini kontributor artikelnya, komentatornya, pembacanya, sepertinya tidak terikat dengan rule seperti yang ada di media di atas. Di sini juga tidak ada kontributor resmi yang tersertifikasi (maksudnya terdaftar sebagai pers dari jakartagreater.com di PWI) sebagai wartawan, penulis, etc yang tentunya terikat ketentuan untuk dapat dimintai pertanggungjawabab atas validitas kebenaran berita yang disampaikan dan pastinya kredibilitasnya juga bisa jadi diragukan. kontributor media kalau media resmi, pastinya mereka terikat dengan UU mengenai media dan informasi yang mereka muat.

2. Kalau ada yang bilang web ini diamati oleh banyak IP dari luar negeri atau IP fake, yes bisa jadi benar. Apa tujuan mereka? Bisa bermacam-macam. Semua informasi yang ada disini baik artikel maupun komentarnya juga memiliki tujuan masing-masing. Dari sekedar share informasi atau wawasan, disinformasi, propaganda, penggiringan opini, diskusi, penimbul situasi, atau sekedar komentar expressi (pertamax, premium, bbm, briket) etc. So kalaupun memang ada berita real yang bersumber dari media resmi yang jadi artikel, berita tersebut tentunya harus bisa dipertanggungjawabkan oleh media resmi tersebut karena mereka terdaftar sebagai media informasi/berita resmi. Untuk artikel yang bersumber bukan dari media resmi (kontribusi warjager), selama ini sudah seringkali terjadi diskusi dan perbedaan pandangan yang cukup hangat dan menambah wawasan (tesis dan antitesis). Sudah jelas rule nya selama ini, selama masih disampaikan dengan cara yang baik, penyampaian yang sopan/etis disertai dengan argumentasi baik didukung dengan data maupun tidak (data mempengaruhi kualitas diskusi dan informasi yang disampaikan), tidak mengkritisi seseorang dengan mencaci maki, atau berbau SARA dan penghinaan, go ahead. Itulah diskusi dan warna dinamika jakartagreater.com yang membedakan web forum ini berbeda dengan media resmi, dan forum-forum yang lain. Setiap forum punya karakter, kebiasaan, dan budaya masing-masing yang terbentuk melalui proses waktu.

3. Ada nick name yang bertindak seperti penimbul situasi, pemburu informasi, penggiring opini, dll. Tentunya hal ini akan menambah warna. Hanya harapan saya kepada admin, no tolerance untuk mereka yang bergonta-ganti nick sementara tapi menggunakan IP yang sama. Jelas tujuannya bukanlah untuk hal yang baik. BANNED. Untuk yang kritis dan berkomen melanggar Rule tetapi tidak mengganti nick nya bermacam-macam silahkan diberikan peringatan berjenjang dan edit redaksinya. Banyak informasi maupun komentar yang ada di jakartagreater.com memuat hal-hal yang sensitif sehingga sangat memungkinkan 1 nick yang sama post dari IP yang berbeda tapi orang yang sama, atau 1 nick yang sama post dari IP yang berbeda dan oleh orang yang berbeda. Sebetulnya akan lebih baik jika memungkinkan dibuat registrasi module sehingga member yang registered saja yang bisa memposting komentar untuk mengantisipasi fitnah, dan agar suasananya menjadi lebih kondusif.

Hidup cuma sekali, kalau beberapa kali namanya reinkarnasi.
Banyak artikel dan komentar yang bermanfaat sehingga memunculkan semangat patriotisme yang sudah mulai luntur, artikel atau komentar yang memberikan pencerahan informasi. Tinggal kitalah yang harus memfilter dan memilah-milah mana informasi yang bermanfaat dan mana yang tidak. Karena bermanfaat menurut saya, belum tentu bermanfaat menurut orang lain.

Segala informasi yang ada di sini mempunyai tujuan masing-masing seperti yang sudah saya sampaikan di atas. Kalau memang ada artikel atau komentar yang tujuannya memang untuk penggiringan opini, propaganda, disinformasi, menimbulkan situasi, etc. Kembali lagi kepada kebijakan owner dan tentunya merujuk kepada keinginan warjager pada umumnnya dan tentu saja ada konsekuensi atas setiap kebijakan.

Salam

(by Cakra).

251 KOMENTAR

  1. Pak ndan Satrio kembali…, kembali dr kesibukan beliau sbg penjaga NKRI

    Saya percaya dr kmrn, Pak ndan Satrio dgn kebesaran hatinya akan selalu mengajak rekan2 disini untuk kembali mengingat ular2 yg bisa menggigit garuda hingga sekarat
    Beliau juga akan selalu hadir mengingatkan, begitu ahlinya sang resi drona mengolah informasi dan data sehingga bisa mengolah kata2 untuk menginvasi pikiran kita.

    #mendengarsemilirangindansuaraburungmalam#

  2. Ada sebuah peribahasa “semakin tinggi pohon, maka akan semakin kencang angin menerpanya”.
    Mari kita bersama2 menjaga keberlangsungan forum ini. Jgnlah saling mengiring opini, sara, ataupun kegiatan yang bisa menyebabkan makar. Demi keberlangsungan jakartagreater dan “SALAM NKRI HARGA MATI”

    Mohon maaf saya seorang hanya SR dan berharap jakartagreater tetap hadir sebagai bacaan disiang ataupun dimalah hari.

    Trims bung diego, bung danu, bung satrio, dan bung melektech.

  3. akhirnya sampai titik puncak juga ketika para ahli pergi untuk tiarap maka matilah sebuah forum, alias sepi mas. Dikatakan rahasia bila yang mengetahui hanya segelintir orang dan dikatakan tidak rahasia bila yang mengetahui banyak orang, dan dimanakah kita berada? itu yang harus menjadi jawaban disini kita sendiri yang mengerti.