Sep 212014
 

image

Haha lucu kita ini, 1. Bahwa web ini bukanlah web berita resmi, kita semua sudah tahu. Bahkan seringkali artikel atau komentar di sini berisi informasi yang justeru lebih dulu dari media resmi. Jadi kalau diharapkan validitas atas berita di sini seperti yang ada di angkasa, komando, detik, whatever the name lah, jelas kredibilitasnya berbeda. Atau silahkan saja baca berita dari majalah/tabloid/web resmi pemerintah, dephan, etc jika memang keinginnanya adalah kualitas dan kredibilitas atas sebuah informasi. Toh isinya nggak akan ada yang beda jauh diantara semuanya kalau memang membahas hal yang sama. Di sini kontributor artikelnya, komentatornya, pembacanya, sepertinya tidak terikat dengan rule seperti yang ada di media di atas. Di sini juga tidak ada kontributor resmi yang tersertifikasi (maksudnya terdaftar sebagai pers dari jakartagreater.com di PWI) sebagai wartawan, penulis, etc yang tentunya terikat ketentuan untuk dapat dimintai pertanggungjawabab atas validitas kebenaran berita yang disampaikan dan pastinya kredibilitasnya juga bisa jadi diragukan. kontributor media kalau media resmi, pastinya mereka terikat dengan UU mengenai media dan informasi yang mereka muat.

2. Kalau ada yang bilang web ini diamati oleh banyak IP dari luar negeri atau IP fake, yes bisa jadi benar. Apa tujuan mereka? Bisa bermacam-macam. Semua informasi yang ada disini baik artikel maupun komentarnya juga memiliki tujuan masing-masing. Dari sekedar share informasi atau wawasan, disinformasi, propaganda, penggiringan opini, diskusi, penimbul situasi, atau sekedar komentar expressi (pertamax, premium, bbm, briket) etc. So kalaupun memang ada berita real yang bersumber dari media resmi yang jadi artikel, berita tersebut tentunya harus bisa dipertanggungjawabkan oleh media resmi tersebut karena mereka terdaftar sebagai media informasi/berita resmi. Untuk artikel yang bersumber bukan dari media resmi (kontribusi warjager), selama ini sudah seringkali terjadi diskusi dan perbedaan pandangan yang cukup hangat dan menambah wawasan (tesis dan antitesis). Sudah jelas rule nya selama ini, selama masih disampaikan dengan cara yang baik, penyampaian yang sopan/etis disertai dengan argumentasi baik didukung dengan data maupun tidak (data mempengaruhi kualitas diskusi dan informasi yang disampaikan), tidak mengkritisi seseorang dengan mencaci maki, atau berbau SARA dan penghinaan, go ahead. Itulah diskusi dan warna dinamika jakartagreater.com yang membedakan web forum ini berbeda dengan media resmi, dan forum-forum yang lain. Setiap forum punya karakter, kebiasaan, dan budaya masing-masing yang terbentuk melalui proses waktu.

3. Ada nick name yang bertindak seperti penimbul situasi, pemburu informasi, penggiring opini, dll. Tentunya hal ini akan menambah warna. Hanya harapan saya kepada admin, no tolerance untuk mereka yang bergonta-ganti nick sementara tapi menggunakan IP yang sama. Jelas tujuannya bukanlah untuk hal yang baik. BANNED. Untuk yang kritis dan berkomen melanggar Rule tetapi tidak mengganti nick nya bermacam-macam silahkan diberikan peringatan berjenjang dan edit redaksinya. Banyak informasi maupun komentar yang ada di jakartagreater.com memuat hal-hal yang sensitif sehingga sangat memungkinkan 1 nick yang sama post dari IP yang berbeda tapi orang yang sama, atau 1 nick yang sama post dari IP yang berbeda dan oleh orang yang berbeda. Sebetulnya akan lebih baik jika memungkinkan dibuat registrasi module sehingga member yang registered saja yang bisa memposting komentar untuk mengantisipasi fitnah, dan agar suasananya menjadi lebih kondusif.

Hidup cuma sekali, kalau beberapa kali namanya reinkarnasi.
Banyak artikel dan komentar yang bermanfaat sehingga memunculkan semangat patriotisme yang sudah mulai luntur, artikel atau komentar yang memberikan pencerahan informasi. Tinggal kitalah yang harus memfilter dan memilah-milah mana informasi yang bermanfaat dan mana yang tidak. Karena bermanfaat menurut saya, belum tentu bermanfaat menurut orang lain.

Segala informasi yang ada di sini mempunyai tujuan masing-masing seperti yang sudah saya sampaikan di atas. Kalau memang ada artikel atau komentar yang tujuannya memang untuk penggiringan opini, propaganda, disinformasi, menimbulkan situasi, etc. Kembali lagi kepada kebijakan owner dan tentunya merujuk kepada keinginan warjager pada umumnnya dan tentu saja ada konsekuensi atas setiap kebijakan.

Salam

(by Cakra).

  252 Responses to “Know-How JakartaGreater”

  1. Selamat malam…!!!

    • Selamat malam.. ! Bung Mirza is numero uno lagi :mrgreen:

    • Terima kasih saran nya bung cakra….

    • Sebagai orang sipil dan awam seperti saya ini, sangat setuju dng pencerahaan dari bung Cakra. JKGR memang beda dng warung2 sebelah yang jualan dng menu yang sama. Apalagi dibumbui dng bumbu2 pencerahan dan masukan2 yang bisa saja jadi menu pilihan bagi pengambil keputusan. Terlepas dari itu semua, bagi saya pribadi,banyak ilmu yang saya dapatkan di warung ini.

    • ga bisa dibuka bung,,

    • Saya numpang disini ya rekan-rekan semua. Mohon maaf artikel ini sebetulnya adalah komen saya di artikel lainnya. Sebetulnya komen ini tidak layak dijadikan sebuah artikel. Hanya saja mungkin Bung Diego memiliki pandangan lain (memberikan apresiasi) dengan mengangkat opini/komen dari seluruh warjager seperti saya yang hanya orang awam biasa mengenai hal-hal dan dinamika yang ada didalam JKGR. Sejauh yang saya ketahui memang baru JKGR yang memberikan apresiasi kepada pengunjung dan warganya dengan mengangkatnya menjadi artikel (krna sy memang hanya mengunjungi beberapa blog, web, dan forum militer saja). Tentu ini akan menjadi pembelajaran buat saya dan teman-teman warjag lainnya. Semoga ada manfaat dan hikmah yang bisa kita ambil dari setiap artikel, komen, dan argumentasi yang ada di JKGR tercinta ini.

  2. mlm jg rekan mirza

  3. Seharusnya JKGR menjadi tempat untuk menambah pengetahuan, memupuk nasionalisme, dan mempererat persatuan antara saudara sebangsa πŸ˜€

    • Betul bung data….ambil yang baik,dan tinggalkan yg buruk…..selamat malam…!!!

      • ….ada banyak hal yang perlu untuk diperbaiki dalam berkehidupan berbangsa sekarang ini…. sehingga ada keinginan ……agar forum ini ….dapat menjadi salah satu bagian …dalam membangun….karakter insan indonesia….yang pintar, bijak dan berintegritas.
        ….pasti akan ada banyak pula ragam .pemikiran…dan mungkin akan bnyak pula…perbedaan…..
        …saat kita berbagi dengan yang ada di kepala kita ….akan lebih bijak …jika itu bermuara pada kemaslakhatan dalam berbangsa dan bernegara……..
        ….tentu akan berbeda bahasa dan kata…..dalam menyapaikan tuturan ungkapan..kita. ….berkehendak untuk menjadi lebih baik adalah suatu keharusan bagi kita……

        ….dengan berketetapan dalam hati, marilah kita menjadikan forum ini menjadi bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya……….wasallam…

  4. Terima kasih bung @cakra yg begini saya suka. Agar pembaca dewasa dan bergrilya sesuai kemampuannya mengunyah baik itu clue maupun hoax hoexnya yg menjadikan kamuflase agar tersamar olh pndang ular” diluar. Salam.

  5. Wah pada tidur neh …

  6. Wuih ternyata “rame” ya disini……baru tahu πŸ™‚

  7. Dah lama ga mampir…..eh bener jadi “rame”, ga nyangka aja ane. Asli kaget baru tahu ini hari setelah lama ga ngorbit dimari

  8. Mbah Bowo Harus di banned buung… πŸ˜€ dia menggiring opini terus agar kita takut sama pasukan dari utara.. xixixixixixi.. πŸ˜€

    • Bowo kok dilawan, gak bakal wowo di banned, kalau di banned ya sepi, lha wowo iku sopo tho..?
      Lha wong…..si nganu kok… hehehe… gak bakal di banned πŸ˜€

      Wo! Nungging !!

    • Mbah bowo,dan neng okelah pernah di banded sama admin bung. Tapi sudah dpet remisi jd sudah bebas lg.
      Slamat pagi bung loki

    • Mbah bowo adalah artis JKGR,opininya sebenarnya membangun nalar warjager,dan ada satu yg tidak dimiliki oleh warjager yg lain tp dimiliki oleh mbah bowo ( peringatan ttg bahaya eks………”).walaupun cara penyampaian mbah bowo kadang membingungkan dan bikin gemes,tp intinya tetap sama menggalang persatuan/kekuatan NKRI.salam MBAH

    • Mohon untuk yang mengaku ngaku mbah bowo segera insaf, saya ngak pernah komentar ngawur dek.

      Mohon untuk Bung diego dan admin menertipken nama mbah bowo selain saya, mbah ini tua, wajib di hormati karena berwibawa.

    • mbah Bowo jgn di banned lah,alih-alih menggiring kpd opini tertentu ttp justru dpt lbh “buat” kritis membaca situasi dan memutuskan…anggap belajar kewiraan dg metoda yg berbeda.
      yg ringan-ringan sajalah-have fun salam.

      • mbah bowo itu unik πŸ™‚ setiap mbah bowo berkomentar membuat suasana jadi berubah,kalau dikunyah baik2 perkataan mbah bowo sebenarnya membangkitkan jiwa nasionalisme bagi yang membaca komentarnya,,maaf cuma pendapat dari se orang satpam,,salam

    • Jangan suka fitnah Datuk Hitam

      Dulu Mbah Bowo pernah di-banned, tapi banned itu juga ada periodenya 1 bulan…3 bulan

      Kalau dia ngetrol baru Jena banned. Kalau hanya berbeda pendapat…ya itulah kehidupan.

      Rekan di sini banyak jadi saksi, Mbah Bowo pernah dibanned
      Sekarang namanya sudah direhabilitasi as a freeman

  9. <:D
    ?) siap !!!
    _||_ Komandan !!!
    Jadi penggembira…

  10. Susahnya masuk di jakarta greater

  11. Opini yg membangun

  12. ngupi sek lah πŸ˜€ di nomer cakep nmer 10

  13. πŸ˜† :mrgreen: πŸ˜† generals our base is under attack!!! :mrgreen:

  14. Artikel yg mencerahkan bung salam kenal. Bung Diego bagaimana kabarnya bung Nowyoudont apakah beliau sr aja atau udah ganti nick.

  15. ini pasti mbah bowo πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜†

    Ada nick name yang bertindak seperti penimbul situasi, pemburu informasi, penggiring opini, dll. Tentunya hal ini akan menambah warna. Hanya harapan saya kepada admin, no tolerance untuk mereka yang bergonta-ganti nick sementara tapi menggunakan IP yang sama

    • diharapkan Bung Nowyoudont atau Bung Diego mem-Banned akun yang disebutkan bung ambelgedesss diatas πŸ˜€

      • setubuh gan πŸ˜€

        • ojo,gak seru lagi ntar,tiap blog besar pasti punya komengtator konyol,liat dah di blog motor macam IWB,TMC dan indobiker

          ane juga yakin admin sini gak ngebanned si doski πŸ˜†

      • Pede banget . kwkwkwk Kayak Farhat Abbad , apa jangan2 emang si gendut Farhat Abbas . wkwkwkw

      • Setuju dengan bung falm…kalau ada yang kontra langsung dicap agen asing, langsung dibilang ular. Yang model begini dibiarin sama admin..miris!

        • Maklum bung, opininya dimentahin itu rasanya pasti kaya dilecehin.ckckck

          Disini itu bukan hebat hebatan tau info ttg military, tp lebih tepatnya kita cari tau sebanyak banyak info untuk menambah wawasan.

          Kan kelihatan lucu gitu, opininya hebat dan sangat yakin itu benar, tp saat ditanya simpel aja gk bisa.

          Dari perdebatan itu kita nambah wawasan, perdebatan itu dihadapi bukan dihindari. Karena dr awal disini bukan ajang sok hebat dan paling lengkap tau info military, tp lebih mencari tau banyaknya opini masyarakat Indonesia.ttg militer negara sendiri.

      • @Falm, sabar aja ya. Emang kbnykan disini kayak gt… Udah wajibnya untuk menyadarkan mereka yg lagi pada pingsan.

      • Bung Falm kalau ada yang percaya itu fullback, mestinya tak perlu diprotes. Kalau tak sependapat, anda bisa bilang tak sependapat karena apa.
        Juga tak perlu seperti “menantang” adu logika. Tinggal anda sampaikan saja logika berpikir anda. Jadi tak harus debat head to head. Dengan pendapat yang berbeda secara otomatis yang terjadi adalah debat tanpa harus “berhadapan”.
        Memang ini adalah masalah pilihan kata, kalimat. Tapi itu penting.

  16. Dari beberapa forum diskusi tentang militer yang saya ikuti/amati,jakarta greater adalah salah satu yang banyak membernya..banyak opini berkualitas dari para sepuh berdasarkan data,fakta dilapangan langsung maupun sebatas “katanya”..walau artikel ataupun klue dari para sepuh yang dahulu sering dipublis sekarang juga udah mulai berkurang..Tapi itu tidak mengurangi antusiasme para pecinta dunia kemiliteran..krna lewat forum inilah kita dapat pengetahuan2 tentang kemiliteran,geo politik dan kebijakan2 strategis..salut buat bung diego dkk..
    Salam

  17. ALHAMDULiLLAH Akhirnya masuk juga sy setuju degan bung Cakra beda pendapat sih BoLeh tapi tetap kita Santun daLam mengutarakan Pendapat kita terutama di Koridor Topik Forum MiLiter janfgan di Giring ke Topik Pembicaraan PoLitik yg Akhirnya jadi ajang ngeTroLL

  18. Setuju dan sependapat bung Cakra.

  19. Beneran neh ndan satrio dll pada cabut…pusing gua

  20. Ga ada loe ga rame..!!! Saran ane biarinin az dulu klo dah keterlaluan banned az,apelagi berbau SARA, segala macem..!!! Jadi biar kita tau mane yg pe’a ama yg bukan..biar bung admin yg bisa memilah&memilih untuk nge bannednye…supaya nih warung tetep kondusif…satu lagi tuh menurut ane soal nick yg rada menghina seseorang kasih peringatan suruh ganti klo ga mau banned az…!!

    …NKRI HARGA MATI…

  21. Iya bung data,alhamdulilah….gimana kabar anda hari ini bung…???

  22. nyimak tok pokok’e..

  23. Bung admin apa ada campur tangan absolute power yg membuat para sesepuh mengundurkan diri….kalo iya ane dah curiga belakangan ini

  24. Pertamax 9,2 πŸ™‚ πŸ™‚ B-)

  25. Bung bamse

    Iye gan…ane juga curiga (curi mangga tetangga) hehe

    Kok bung Nara juga gak pernah muncul batang idungnya….

    Malam warjager

  26. waduh cluenya apaan ya kok gambar rudal….
    pasti mau beli ini senjata…

  27. ane setuju bgt ama bung@cakra,,n ane yakin para sepuh pasti akan kembali memberikan clue,,hoax ataupun pencerahan di forum ini,,mkn saat ini mrk lg pada sibuk tk mempersiapkan perayan TNI 7 oktober nt,,n ane jg yakin para sepuh ada disini tapi hanya sebagai SR,,ane yg baru aja disini dah cinta ama ni forum,,apalg para sepuh,,pst mrk lbh cinta lg ama ni forum..YAAAAKkiiiin..

    • Bener bung…dari awal para sesepuh sudah melabuhkan hatinya di JKGR…tak bisa ke lain hati..tempat kita berdiskusi bersama..siang dan malam tanpa ada rasa kesenioritas dan koment2 spt forum sebelah..yg sangat detail dan jago ketika membahas berbagai alat spareparts alutsista luar negeri tp lemah dlm aplikasi kehidupan nyata militer.

  28. Salam kenal jugs taufik cooy

    Salam NKRI

  29. Selamat malam semuanya, semoga warjager disini dikasi kesehatan dan kabaikan amin πŸ˜€

    Saya dulu sempat usul sm Bung Diego kalau melampirkan berita, foto atau dukumen yang dijadikan bahan diskusi disini sebaiknya melampirkan nama/sumber berita semata-mata untuk menghargai dan memberikan atensi penghargaan atas kontribusi dan juga menghormati hasil karya tersebut πŸ˜€

    Balik lagi ni ke pokok pembicaraan diskusi sesuai judul berita diatas πŸ˜€ saya sangat setuju sekali dengan pendapat bung Cakra, beda pendapat itu biasa, tidak percaya dan meragukan sumber berita maupun tidak percaya sm tulisan komentar teman-teman disini itu juga hal yang lumrah (namanya juga manusia pasti mempunyai keyakinan dan pendapat yang berbeda-beda) justru dengan semakin banyaknya teman-teman disni yang ikut hadir akan memberikan warna perbedaan antara jakartaGreater dengan berita media sosialainya (semakin banyak yang berkometar dan berbeda pendapat maka akan semakin banyak ilmu yang didapat) yang penting penyampainya harus sopan dan tidak menggunakan kata-kata kotor/ora pantes, silahkan teman-teman warjag menyampaikan pandangan atau pendapat masing-masing justru ini tujuan kita kumpul disini untuk berdiskusi dan saling menimba ilmu bersama saling menkoreksi kekurangan dan memberikan nasihat satu sama lainya

    Yang komentar/mengutarakan berbau SARA tidak ada toleransi!…… Baned permanen

    Yang ngetrol atau gonta-ganti nick name namun IP tetap sama diberi peringatan tegas

    Terimaksih kepada teman-teman warjag disini yang telah ikut memberikan pendapat atau bantingan sehingga menjadikan jakartaGreater semakin menarik untuk dijadikan tempat diskusi yang mencerdaskan dan menjadikan kita semua tetap bersatu Bhineka Tunggal Eka

    Salam untum admin dan teman-teman semuanya baik yang jadi SR maupun menyempatkan waktu untuk berkomentar di JakartaGreater

    • jgn trllu sewot napa bung@yuda. woles… jgn emosi btin

    • Bung falm….itu link gambar kl tidak salah bung luki yg bawa dmari,dgn tujuan ingin di babar/dibahas/di diskusikan…dan menurut saya ADMIN di sini tidak menggiring warjager untuk mengakui itu su 34….justru para warjager yg menebak2…toh misal itu bkn su 34 y gak mslh,,kl ada yg beragumen itu bnrn su 34…y gpp…toh jg gak melanggar hukum…toh jg masyarakat pingin TNI makin kuat…mgkn dr argumen itu,pihak TNI bs memenuhi impian rakyat….

      #maaf kl komen saya lancang…saya hanya SR dr beberapa bln yg lalu,mgkn hmpir 1thn..,dan jarang koment#

  30. artikel bung cakra..visualisasinya photonya ?..termasuk hoax kah itu?

  31. Yaahh seperti begitulah …. yg penting woles…

  32. testing

  33. makin malam makin rame πŸ˜€

    • Kalau pgen gag di cloning pake gambar avatar aja bung yuda.

      Cuma saran tapi ane kgk tau caranye.

      slamat pagi bung

      • hahaha kalau pake gambar diri sendiri dibilang sok eksis lagi bung πŸ˜€
        Pagi bung πŸ˜€

      • tinggal daftar di engravatar.com bung, daftar, konfirmasi email lalu masukkan foto, kelar bung cmiiw..

      • bung blaze,

        apakah engravatar.com akan mencegah avatar dobel/duplikasi ?

        klo gak, avatar tetap bisa dikloning, incl diedit sesuai kebutuhan dari gambar aslinya,

        http://imagehost.vendio.com/a/35061734/aview/xboxBlack_Ops2.jpg

        • Memang tidak bung Danu. Simplifikasi kalau demikian ya? Hem semua memang kembali pada niatannya. Dengan menambah avatar sebagai bentuk kecintaan warga di sini untuk memberikan IDnya. Metadaya yang tercantum, historikal, kronologis bisa dicek pada admin bila ada masalah krusial. Salam tabik bung.

          • waduh klo smua saling mengaku benar terus yang salah siapa…

            apa sudah lupa forum ini kan untuk diskusi kita bersama sebagai sesama military fans.

            jadi apakah itu berita nyata atau goib yah kita terima saja tergantung kita menilainya

            seperti apa.

            bagi yang tidak pecaya ya sudah gak usah kebakaran jenggot, kalau pun anda tahu itu

            benar ya monggo ya mbok di babar dengan jawaban yang intelek walaupun dalam

            bentuk clue karena sifatnya yg rahasia karena kondisi khusus.

            forum ini besar oleh kita dan kecil karena kita juga, lah terus klo semuanya marah

            terus pergi siapa lagi yang nongkrongin forum ini.

            ayo smua pada mawas diri….

          • salam bung blaze, jadi penasaran juga pasang avatar πŸ™‚

  34. Trimakasih Bung Cakra pencerahanya,,,

  35. Militer Indonesia Blogspot: ada penampakan lontong cakra & nenggala renang sejajar..

  36. Judul trit:”teluk palu lebih strategis buat kapal selam”…,mohon dibabar para sesepuh ttg lontongnya…

  37. bner bung … sayang hal positif banyak yg menghadang ingin merusak suasana -.-

  38. wes aku mumet kalau soal politik , wes bendera putih kalau politik mah πŸ˜€

  39. laperrrrr -.-

  40. Fanatik yg berlebihan yang kebelinger Hanya ada di INDONESIA BUNG ! . Makanya orang indo tuh udh gak bisa di lembutin , di hunuskan pedang baru nurut bung

  41. salah ketik email bung diakhir , hhah maklum belum tidur dari kemarin πŸ˜€

  42. Ghoib ghoib ga entek entek dibahas.wkwkwk

  43. memang kita orang Timur bung , tapi faktanya kelakuan rakyat kita dan DPR kayak barat bung , harusnya kita malu sama korsel dan jepang , mereka tetap memegang teguh prinsip orang timur , lah kita apa yg perlu dibanggakan bung ? , kelakuan orang kita sekarang cuma bisa comment , ngeluh , mikirin diri sendiri , KORUPSI , gak punya malu dan lain2 , nah ini yg mesti kita revolusi total diri kita , kalau gini terus hancur bangsa kita kalau gak mau berubah bung #Opini tukang warnet πŸ˜€

  44. salam kenal bung , Ane hanya FMB bung πŸ˜€

  45. Para sesepuh dah pada kabur dak gak asik lagi

  46. Sesekali tiap weekend perlu bikin artikel bahas IGO biar bs gencatan senjata dan sementara menghentikan “peperangan komen”

    Yg muda muda bs senang..yg sepuh jg senang kembali muda., jadinya muda dan sepuh bersatu dlm satu tujuan..IGO.!

    biasanya bahas body pesawat, ganti bahas body IGO..
    Bahas onderdil tank ganti bahas onderdil IGO.
    Bahas senjata pamungkas negara lain diganti bahas senjata pamungkas IGO

    Tp sekali lg, cm klo weekend aja lhoo..

    Monggo dilanjuutt..

    #isukisukbojoisihturu#

  47. Kalau mau comment ya comment aja bung…ini forum bebas kok asal kita tahu betasannya apa ya comment aja. Gw juga sering nanya kok kalau ga ngerti. Enjoy aja

  48. Kita boleh bangga bahwa JKGR sudah masuk salah satu referensi Wikipedia.
    Bravo JKGR!!

  49. Kritik itu wajar tapi sopan, para sesepuh udah pada mengundurkan diri dari forum ini. Jadi Jakarta Greater udah jadi blog biasa ga ada spesial lagi. Sayang sekali !

  50. Sakbetulnya aku harapkan artikel berbobot guna diskusi santun.
    Contoh misalnya : (judul) QUO VADIS TNI AU?

    Banyak masalah antara lain :
    1. Posisi TNI AU dalam Doktrin Hankamrata, seharusnya no. 1, tapi sekarang mendelep.
    2. Begitu banyak jenis dan tipe alutsista TNI AU sehingga membahayakan logistik.
    3. Bagaimana postur TNI AU sd 2020-2022 untuk antisipasi perkembangan pertahanan kawasan.
    4. Dll

    Tolong buat dong warjagers.

    • sy setuju dengan bung antonov

    • Setuju tp sayangnya bahasan yang anda sampaikan itu tidak akan menarik perhatian khalayak ramai disini yang senangnya berita bombastis dan mistis itu. Mungkin bung Antonov masih ingat bagaimaba keadaan JKGR yg dulu. Yang selalu memberikan artikel berita resmi bahkan pertandingan persahabatan sepakbola antara Indonesia Vs. Chelsea pun dijadikan artikel. Dampaknya JKGr ga rame dan sepi peminat…hehehehehe

      Melihat perkembangan JKGR semakin hari semakin prihatin karena banyak jebolan forum topix yang nonkrong disini membawa kebiasaannya dari sana..anehnya disini malah dianggap “dewa”.

      Di lain pihak, saya juga bangga akan kemajuan dan keramaian JKGR setahun belakangan ini. Salam hormat untuk Bung Diego.

      Jayalah Tentara Nasional Republik Indonesia!!

      • bung sangkur aka astra purnama..
        Seingat saya anda baru bergabung disini dibulan sepetember tahun ini.,,
        Tahu apa anda dengan perjuangan Warjag,,meniti keberhasilan

        Koment anda menyiratkan keirian dari anggota forum lain
        dan harusnya gak perlu itu diungkapkan ..

        Kebiasaan bergosip bukan mengungkapkan siapa pribadi orang lain ..melainkan siapa pribadi kita

        • coba tampilkan Tulisan saya disini yang menuliskan S 300 diloading menggunakan makasar class,, ditengah lautan

          Jangan keliru mengunyah,,
          Tentang bung nara saya selalu mengingatkan siapa nick disini yang menjudge seseorang dengan kata pembohong dan melecehkan, toh mereka juga tidak tahu rahasia nya kan

          Saya tidak suka dengan perbedaan yang merendahkan ,,,
          Dan itu sudah saya perangi dari dulu,, disini,, dan sekarang makin santer auranya disini,,
          Gak percaya boleh saja,, tapi gak usah menjudge yang nggak nggak

      • Sudah saya jawab dikoment no 70 ..

  51. salam kenal bung taufik cooy
    kita sama sama military fans boy hehe..
    harapan dan keinginan supaya militer indonesia maju
    dan kuat smoga ya
    mari sama sama kita simak para sesepuh dan warjager di sini memberikan pencerahannya

  52. …Ada nick name yang bertindak seperti penimbul situasi, pemburu informasi, penggiring opini, dll. Tentunya hal ini akan menambah warna. Hanya harapan saya kepada admin, no tolerance untuk mereka yang bergonta-ganti nick sementara tapi menggunakan IP yang sama. Jelas tujuannya bukanlah untuk hal yang baik. BANNED…

    > apapun misi nick tertentu, penimbul situasi, pemburu informasi, penggiring opini dsb jika ybs bermain cantik, logika solid, data lengkap, analisa mantap, saya acungkan 2 jempol, saya masih harus belajar pada ybs.

    gonta-ganti nick IP sama, jika setiap nick menampilkan argumen berbobot, why not?
    daripada 1 nick 1 IP komennya gak mutu?
    di tv kita sering lihat 1 partai / 1 koalisi orang2nya ngomong berbeda…

    …Banyak informasi maupun komentar yang ada di jakartagreater.com memuat hal-hal yang sensitif sehingga sangat memungkinkan 1 nick yang sama post dari IP yang berbeda tapi orang yang sama, atau 1 nick yang sama post dari IP yang berbeda dan oleh orang yang berbeda…

    > agar sederhana, tolok ukurnya 2 aja, hitam-putih, bernutu atau garbage ( SARA, bonbin, ngetrol, menyerang pribadi), mau posting dari segala pelosok dunia hingga akhirat silakan πŸ™‚

    mbah bowo aslinya aktivis penentang KS (khususnya kilo) for whatever reasons, pernah di-ban karena ngetroll, sekarangpun selalu nyerempet ngetroll dengan argumen ‘nyerah aja ama cina’
    tapi selalu menghindari SARA, bonbin, menyerang pribadi…

  53. buat yg suka ngeyel jangan kebangetan dunk, tetep harus berbatas, pendapat bisa beda tapi tetep menghargai perasaan orang lain… itu sih kalo menurut aku…

  54. Siiip….setuju……,apapun warnanya kita harus saling menghormati, santun dan saling menghargai ….selamat menikmati liburan bersama keluarga bagi semua keluarga besar warjag…….maaf wong ndeso..

  55. Selamat pagi bung NR. salam hormat untuk anda dari saya, salam kenal. numpang nanya, di artikel terdahulu, ada dialog bung NR dengan atasan, menyebutkan sebuah lokasi lembaga negara, apakah benar itu eks kantornya pak HP?? (tentang sitrap di pejaten).

  56. Mengapa bnyk yg membaca jkgr karena banyak yg bsrharap perubahan di militer indonesia khusisnya alutsista dan profesionalisme TNI.

    Peningkatan kemampuan militer tentu meningkatkan diplomasi dan kebanggaan WNI asli karena tpajaknya digunakan dengan sebaik-baiknya. Mengapa saya buat wni asli? Karena bnyk wni dindo hanya numpang cari rejeki dengan segala cara dan mengabaikan kewajibannya spt meniou laporan pajak, kolusi penggunaan lahan dan seterusnya.

    Nkri harus memiliki nilai sehingga rasa kesatuan tetap terjaga

  57. test avatar

  58. Like this..setuju bung, setuju sekali. Perlu diakui, Mbah Bowo telah menjadi maskot Jakartagreater

  59. Bung Admin, menurut saya, mau ganti nick ganti apapun tak masalah. Yang kita cerna adalah isinya. Toh secara umum kita tak pernah tahu betul latar belakang si empunya nick, kecuali beberapa yang kita kontak secara personal. Jadi kalau diperingatkan ya yang isinya dipandang cenderung keterlaluan dalam konteks tak baik, apapun bentuknya (penimbul situasi, penggiring, disinformasi).
    Dengan begitu warung ini akan makin melatih semua pengunjungnya untuk cerdas dan dewasa. Itu adalah salah satu prasyarat bangsa untuk maju.

    • Waduh kalau bung Ghi sering ganti nick berarti ane akan sering salam kenal dengan ente dong ? hihihiih :mrgreen:

    • Kalo besok ada 1IP yang pake nick anda, lalu nick yang sudah familiar disini seperti bung diego, nyd, WH, wermacht, tetapi mencaci maki satu sama lain, provokasi sara. Atau at least menyampaikan komen yang tdk bermutu untuk orang sekelas mereka yang tentunya jauh lebih baik dari saya, bagaiman menurut anda?

  60. Itulah misi. Berhasil membuat para sesepuh unhappy terus mengundurkan diri . misi mereka berhasil entahlah siapa mereka

  61. Maaf yg dimaksud itu siapa bung sangkur? Kalau anda ga suka dgn opini atau artikel sesepuh( gelaran penghormatan) knp anda ga langsung debat dg si empunya? Memukul belakang itu tindakan tidak ksatria.Pingin liat anda debat di warjag dgn sesepuh yg anda tak sukai secara face to face.biar kami2 ini bisa menilai “kualitas” anda.cmiiiw

    • Iya nih orang dr kemarin2 komenya ngetrolll melulu ? Ampunn dahh…

      • bung Sangkur yg sabar, mungkin yg dimaksud ngeetrol adalah membantah pendapat tanpa menyertakan data pembanding, di artikel sebelumnya bantahan bung sangkur sudah disertai data pembanding,saya suka itu, mungkin bahasanya saja yg agak di perhalus, maaf. dari situ saya jadi tau banyak beragam informasi yang belum saya ketahui, jd saya bisa banyak belajar, numpang komentar d sini,

      • Terima kasih masukannya Bung Djoko. Akan saya cerna ulang gaya penulisan saya

      • Bung Sangkur, saya yakin tak semua yang tak “vokal” dalam merespon info yang “menggetarkan” adalah ngangguk-ngangguk saja.
        Jadi kurang pas rasanya kalau ketaksetujuan lantas membuat anda membuat penilaian seperti itu. Kita pada dasarnya tak tahu apa yang ada di pikiran masing-masing yang lain.

    • Anda langsung menjudge nick name seseorg disaat orgnya lama ga nongol.Pingin liat anda face to face dgn nick name yg anda sebut sendiri( tindakan ksatria).

      • Bukankah kenyataannya memang begitu? Face to face? Hayuk. Bukannya ada rencana mau mengunjungi pindad. Mari kita saling bertemu di forum itu dan saling bersilaturahmi dan berbagi pengetahuan

  62. Misi mereka berhasil membuat pecah belah dan unhappy

  63. Khusus yang sebagian teman-teman singgung, mbah bowo, saya kira warung ini juga perlu intermezo. Jadi kalau sekali-sekali mbah bowo bicara yang dipersepsikan agak “aneh” oleh sebagian teman, menurut saya tak masalah. Anggap saja intermezo, kita malah bisa senyum, menyehatkan.Tapi intinya selama tidak dipandang cenderung keterlaluan tak masalah.

  64. baca komen disini yg buat kita bisa terharu, tertawa, terhina, bangga, ngerti, berkenalan dll.., hidup JKGR lanjutkan.

  65. Sudahlah jangan sampai ribut mengenai penggemar warjag, mulailah fokus tentang alutsista biar masyarakat luas tahu tentang alutsista TNI kedepanya…karakter manusia memang banyak celotehanya tanggapin saja dengan baik…

  66. Met pagi, thank’s JKGR saya terhibur klo baca artikel2 di sini, maaf masih egois unt. kesenangan sy pribadi, moga pencerahan yg sy dapat, bisa bermanfaat bagi sy, kel, dan yg lainnya. Moga sehat2 semua dan salam NKRI….., kangen ama artikelnya bung Yayan, bung PS, dll, sekali lagi terima kasih

  67. mnyimak.. πŸ™‚ ..

  68. Mau bicara data bung sangkur? Anda tau bahwa angka statistik diambil berdasarkan perkiraan karena data samplingnya penuh fluktuasi dan semuanya memiliki kesempatan yg sama untuk muncul (probabilita).akhirnya diambil jalan tengah yaitu rata rata….rata rata adalah nilai kompromi…bkn kebenaran…

    Jadi janganlah terlalu mengagungkan data…itu bias…malah kebenaran kadang jauh dari data yg disajikan…semua memiliki kemungkinan…

    Anda lihat selama ini yg anda sebut hoax selalu bs di temukan dengan fakta di lapangan…mengutip kata napoleon “tidak ada yg tidak mungkin di dunia ini” memang absurd tetapi selalu memiliki kemungkinan untuk benar…

    Itulah kenapa dalam akuntansi tdk ada kata benar tapi wajar walau data dan angka sdh disajikan sereal mungkin…itu karena selalu ada ketidak yakinan atas data yg disajikan…

    • Nah ini saya baru tau mengenai ilmu akuntansi. Terima kasih atas penjelasannya Bung.

      Yang saya sayangkan disini, kalau berbeda pendapat langsung dicap ngetrol, agen asing dan ular. Seakan -akan dialah yang paling benar disini

      • Bung sangkur@ anda bilang bahasa “sesepuh” adalah salah kaprah? Untuk pengetahuan anda,inilah kelebihan JKGR menghormati para penulis artikel padahal kita tahu artikel itu diambil dari DATA absolut atau sekedar Hoak Hoek,atau hanya penjabaran dari Lapak tetangga tapi intinya adalah kembali lagi kita bisakah kita mengunyah tanpa merasakan pahit manis di lidah.kita sbg warjag hny bisa menyaring dn mengayak kebenaran info/artikel tsb tanpa men”Judge” nick name seseorg.ibarat menjadi seorang anak yang baik bila di suruh memilih pakaian yg baik dan berkualiti dgn pakaian yg lusuh/kumuh/tiruan kita bisa memilih yg mana tanpa memprotes keras.krn disitulah kecerdasan kita diuji mana yg asli( DATA)dan mana yg tiruan(Hoak Hoek).Cmiiiw

    • Bung Wehr, ini menarik. Mestinya masyarakat Akuntansi harus berani keluar dari zona “aman” dengan berani ( tentu dalam konteks tertentu) bicara benar atau salah (subject to standard).

      • Kebenaran itu relatif bung GHI…tergantung sudut pandang siapa yg memandang…

        Contohnya, dua negara yg sedang berperang sama sama menganggap dirinya benar dgn menyodorkan berbagai macam fakta dan data…lucunya tentara dua negara ini kadang sama sama berdoa memohon kemenangan pada tuhan yg sama….suatu ironi…

        Begitu pula akuntansi…seorang auditor tdk dpt membantah suatu kuitansi yg bisa ditelusuri keabsahannya…padahal kuitansi tsb sdh di markup sedemikian rupa…sang auditor juga sdh melakukan benchmark ke beberapa supplier lain untuk membuktikan bahwa harga tersebut memang wajar…padahal para supplier itu melakukan praktek yg sama juga yaitu komisi…akhirnya didaptlah kesimpulan bahwa kuitansi tersebut adalah wajar…itulah kenapa sy tdk pernah mendewakan data…

        Inilah kebenaran ala dunia accounting…sampai kapanpun tidak akan ada kata benar…karena semua berbasis perkiraan (seperti data statistik) dan kebenaran yg semu…

        • Bung Wehr, saya bisa mengerti tentang bagaimana markup “berjamaah” dilakukan. Tapi masyarakat ini, dalam situasi tertentu, rasanya terkadang perlu akuntansi yang “berani” bilang “tak benar”.

          Tentang data statistik. Statistik sendiri salah satu artinya adalah sample. Untuk itu metode statistik punya cara untuk memberikan referensi sejauh mana benarnya dengan menggunakan rentang atau range berupa derajat keyakinan (confidence level) atau juga dengan batas kesalahan (margin of error).

          Dan ini mereka sudah “buktikan” bahwa metode mereka memang bisa dipercaya kebenarannya dengan rentang keyakinan tertentu tersebut, yang tampak dari hasil hitung cepat di berbagai pemilihan umum di seluruh dunia yang amat banyak amat dekat dengan hasil akhirnya.

          Jadi, dalam konteks mengungkap kebenaran, menurut saya statistik sudah lebih maju dari akuntansi.

          Tapi memang karena semua data adalah menyangkut banyak hal terkait dengan manusia di balik data, saya juga sepakat kalau kita tak mendewakan data alias perlu ada opini kritis atas data yang tersaji.

          Ayolah Bung, ajak teman-teman akuntansi diskusi .. hehehe

        • :mrgreen: bung GHI,ngajak orang akuntansi ngomongin alutsista? Kayaknya susah bung…sy aja sdh termasuk anomali…kawan kawan sejawat bilang sy sdh gila…. πŸ˜€

          Salam hangat bung πŸ™‚

  69. Setuju bung, pada perinsipnya semua warga punya peran dalam penambahan Dan pengembangan wawasan kita. Walaupun para warga Ada yg menjengkelkan seperti mbah bowo, tapi kalau tanpa beliau koq rasanya kurang pas. Ibarat sayur kurang bumbu. Intinya kita saling berbagi info, berbagi pengetahuan walaupun kita Ada yang belum pernah copy darat. Atau kapan2 admin undang deh kapan2 copy darat agar kita bisa saling kenal. Mana tahu bisa menambah Sahabat. Menambah saudara. Agama mengatakan tali siroturohmi menambah rezeki.

  70. masuk sini bung: https://en.gravatar.com/ kalau sudah kebuka webnya, cari di sudut kiri atas β€œsign in” lalu ikuti protapnya, lalu masukan gambar yang mau di pakai untuk avatar lalu save. kalau sudah save, coba tes koment di jkgr, jangan lupa saat “sign in”, email harus sama dengan yang di JKGR. selamat mencoba.

  71. Bung @Falm & Bung @danu, saya suka pola fikir Anda. Saya setuju, sekeras apapun perdebatan krn perbedaan, tdk shrsnya dianggap sbgai “musuh”. Slama perdebatan atas perbedaan pandang tdk sampai kluar batas (SARA, bonbin dll), why not? Bukankah justru perbedaan itu yg bikin indah??? Saya pribadi paling menikmati ketika muncul kontra opini dari para warjager.

    For Bung @Falm juga tdk prlu emosional gt. Santai saja. Daripada Anda terus-menerus melakukan “pembelaan” diri dgn menyerang yg lain, jauh akan lbh baik dan bisa dinikmati warjagers (khususnya saya) jika Anda terus-menerus menguatkan opini Anda trsbt, tentu dgn data, logika, analisa yahuuuuut. Saya sedari td berhrp Bung @Falm menjelaskan apa ruginya menaruh cocor bebek di hanggar Sukhoi MK2. Mhn maaf Bung @Falm, saya awam, dan sangat2 awam soal militer, Alutsista. Dari Anda2lah saya brhrp pencerahan dan menimba ilmu.

    #EdisiSalamSatuNusaSatuBangsa

    • Saya hanya mempertanyakan, kan jd GK nyambung, warjager bilang cocor bebek adalah alutsista yg pembeliannya tidak masuk catatan SIpri, atau luput dr novosti dan jane. lah trus dengan entengnya gitu naruh di hanggarnya si Bongkok MK2? Sesuai pendapat diatas, yg dihindari adalah intelejen yg terus korek alutsista TNI, tp dgn entengnya naruh itu cocor di makasar, trus apa yg rahasia? Nyambung gk dgn gegap gempita yg di blow up dlu yg pada bilang ‘itulah Indonesia dan TNI, ada aja rahasia alutsistanya’. Lah trus ini dimana rahasiany?

      Buatlah opini yg dlu itu dgn fakta sekarang itu nyambung, kali kaya gini gk nyambung. Buat apa susah susah ada kerjasama rahasia kalo ujung ujungnya mejeng di tempat yg mudah diterka. Sumoah lucu.

      Jgn permainkan logika orang orang yg punya mimpi, jgn malah bikin jd seorang pengkhayal, tuntun mereka semua dgn benar supaya nasionalisme itu bisa bertumbuh dengan nyata.

      Sekarang dihadapkan kita ‘punya’ cocor bebek di makasar, trus nasionalisme kita tumbuh, trus terjadi perang, kita semua teriak ke TNI supaya cocor bebek bantu serang musuh, trus TNI blg kita gk punya itu cocor bebek dan kita ngerasa selama ini dibohongi, dan nasionalisme dan rasa berani yg terbentuk hanya karena kita KATANYA punya alutsista gahar tp pas tau faktanya langsung ciut.

      Itulah dampak yg saya yakin akan timbul. Pupuklah cinta tanah air karena memang lo cinta Negara ini, mulai dr hal simpel kok. Yg pelajar ya belajar utk jd yg terbaik, yg pegawai/pekerja taat pajak, dan pemangku jabatan tetap.jauhkan korup.

      Saya hanya kecewa opini yg dibuat terlalu mudah diutarakan tanpa dicerna.ckckck

  72. JKGR ini teman dikala senggang , sangat asik sesekali menyimak JKGR sambil ngupi..menikmati pembicaraan antar warganya..dan semakin seru ketika salah satu sesepuh misalnya bu PS atau bung Nara..maka akan banyak yg menyapa dan bertanya..tetaplah berdiskusi jgn krn satu hal mengorbankan seluruh warga Jakarta greater memperoleh ilmu dari para sesepuh yg menjadi tukang sapu/ user.

  73. Pak Satrio kembalilah pak..kami para warjager masih memerlukan bimbingan dan ilmu dari pak Satrio beserta bung2 sepuh para user dibawah koordinasi pak Satrio..jgn biarkan ular2 ini memenangkan pertempuran opini..Para Garuda janganlah kalian Pergi, tetaplah bersama kami disini JKGR.

  74. semua orang awalnya dr orang yang ngga tau apa2 bung taufik…termasuk ane orang yg kapasitas otaknya cm dikit banget…hehehehe

  75. Selamat SORE
    Bung FALM aka bung Johan ini kenapa ya kebaakarang Jenggot dan menfitnah,,
    Siapa sesepuh yang memakai nick lain dan komentar ? agar fitnahnya tidak menyebar,,
    Saya tahu anda bergabung di Warjag mulai bulan puasa kemarin dan sya sudah baca semua koment2 anda,, sebelumnya anda santun , tetapi bila artikel menyangkut pak JKW dan ras tertentu anda kebakaran Jenggot,,jadi saya tahu anda siapa,,

    Masalag cobek ,, siapa sesepuh disini yang mengatakan itu cocor bebek milik Indonesia.??
    Kalau itu memang bener Cocor bebek parkir dishelter belum tentu itu milik Indonesia karena bisa saja dipinjamkan atau mengikuti latma dengan kita,,
    Kelebihan cocor bebek ? baca baca aja lagi,,digogel,,

    Saya memang lulusan topix apa ada yang salah ? Saya aktif disatu thread saja disaat itu menolong para keyboard warior memberikan motifasi dan tambahan ilmu juga nasionalisme yang sedang berdebat dengan malindo .. disana persaudaraan sesama bangsa terbangun karena ada musuh dari luar negara,,Dan kenapa disini saling menyerang sesama anak bangsa..

    FITNAH itu ibarat menyebar helai helai bulu kemucing ditengah keramaian pasar,, dan disaat kita menyadari tindakan itu keliru,, dan berniat menebus dosanya dengan cara mengumpulkan kembali helai helai bulu kemucing dipasar … Apakah kita bisa ?

    Saya berniat SR karena saya merasa malu karena ada sesepuh disini yang menjelekan Kepala negaranya,,, Dan saya yang sudah dianggap tetua disini jadi ikut terdampak karena merasa ikut menyandang nama besar Warjag,,

    Yang perlu di Benahi disini adalah SIKAP SANTUN, dan HORMAT , agar nama besar warjag tidak tenggelam oleh kesombongan,ke egoan dari masing masing pribadi… Kapal ini jangan dibiarkan tenggelam atau tidak ada lagi yang menumpang ..karena tidak bisa memuat kebesaran ego masing masing,,
    Karena kita tidak tahu apa yang terjadi kedepan,, maka dari itu bersiaplah dan waspada akan segala rongrongan kepada ibu pertiwi
    Salam

    • Saya sependapat dg anda bung Satrio. Kadang perbedaan membawa manfaat tp jg membawa masalah,tergantung dr persepsi kita. Mengenai corbek,rekan2 di TNI AU jg sempet geleng2 & senyum2 entah krn berita/hoex nya,tp apa yg tersirat dr bahasa tubuh mrk sy bsa ambil kesimpulan : A. Mrk mengharapkan pespur ini,B. Mrk sdh merasa ckp terwakili dg alsistama yg mrk awaki sekalipun anggaran msh jauh dr ckp.
      Mengenai aspek kewiraan,nasionalisme sy hrp makin di tingkatkan lg d diri masing2 warjager’s & mengenai bahasa “everything must be by data” tergantung user & suppliernya,knp bsa sy bilang bgtu. Ini pengalaman pribadi sy saat penugasan di pagar kaltara,kmi dpt DATA INTEL byk ilegal logging msk jauh k dlm pagar & di sebutkn adlh mrk sipil,tp stlh olah TKP ternyata kombatan. Nah dsna analogi sy bermain “supplier” datanya trnyta “walking foe”. Intinya adlh Rahasia bsa jd Rahasia jk di olah dg bumbu & orang yg tepat atau sebaliknya,Militer itu adlh hal yg kompleks & rumit serta memiliki “kedalaman” berbeda. Mari sikapi dg bijak,dewasa,arif info yg ada. Salam hormat bung Sartrio,maaf membuat anda & sesepuh lain turun gunung serta bertapa. Jgn lelah cerahkn mrk semua demi kemajuan bangsa.

    • Tetap bersama kami pak Satrio dan para Garuda penjaga NKRI.. JKGR ini sudah semakin besar pak..terlihat dari majalah Angkasa yg sedikit mengulas isu” dimedia sosial ttg typhoon yg tentunya mengarah ke warjag ini, artikel bung Yayan yg menjadi sebuah pembahasan di koran sindo, juga photo” awal kedatangan logistik pasukan Amerika di banyuwangi telah masuk sebuah berita online. utk itu tetaplah berjuang bersama kami rakyat Indonesia sbg pencerahan dan penumbuhan rasa kebanggaan thd TNI kita..Tentara Rakyat yg lahir dari rakyat. Hanya dalam waktu seminggu kami sgt kehilangan komentar para sesepuh Garuda” NKRI yg biasa kami jumpai disetiap artikel..maka teruslah bersama kami baik dalam suka dan duka dalam keluarga Warjager.

    • Maaf bung satrio…mungkin sy yg sering menjelekkan mantan kepala negara kita dan sy mohon maaf kalau berpengaruh pd mood bung satrio…tapi sy tegaskan itu murni pendapat pribadi sy dan tdk ada hubungannya dgn JKGR…

      sy memang bkn sesepuh tp saya merasa mungkin sy salah satu yg sering menyerang mantan kepala negara secara vulgar…jika itu membuat bung satrio kurang enak hati saya bersedia undur diri dr forum ini…teman teman membutuhkan anda bung satrio…mereka butuh pencerahan dr anda yg sdh pasti tdk bs sy berikan… πŸ™‚

      • Jakartagreater tampaknya sedang masuk masa “turbulensi” dan saya percaya bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa dikritik / mau menerima kritikan, karena dari situlah akan muncul kompetisi pemikiran, yang menghasilkan pemikiran pemikiran baru.

        Perbedaan adalah harus/ anugerah, apalagi ideologi Indonesia menyatakan itu, bukan hanya perbedaan suku suku, tapi juga cara berpikir.

        Saya usul soal perbedaan tidak usah diperdebatkan, asal sopan.

        Jangan bicara soal mundur atau mengundurkan diri. Apakah obsesi kita hanya sebatas itu ?

        Semper Fi

        • Aih cakep nih jawaban bung Diego, itu bung yg saya harapkan. Baru saya bermain posisi kontra langsung banyak bilang Banned. Wkwkwk

          Gk akan kontra selamanya saya, selama inputnya benar dan bisa dicerna clue dan valuenya ya saya diem aja.

          • bagus bung Falm

            saya kira kekanak kanakan kalau ada yang opini kontra terus di banned.hehe..pengalaman dari Mbah Bowo dulu banyak yang minta di banned. tapi setelah dipikir pikir opini mbah bowo sebenarnya juga banyak benarnya sekaligus menajamkan nalar kritis kita

        • @bung diego…terimakasih sarannya…semper fi…sangat menyentuh hati…semoga bung satrio jg membacanya agar segera dpt bergabung dgn kita. πŸ™‚

          @bung falm…sy jg sering kontra dgn warjag yg lain…penolakan sy soal elang botak sampe sy sempet “bercengkrama” dgn bung melektech,soal apache,soal perlakuan perbatasan…tp sy sampaikan dgn cara yg santun…sy kira anda tdk mengikuti ROE pihak kontra di warjag ini sehingga anda terkesan ngetroll…bung Frans dan bubg BHD pernah seperti anda tp akhirnya mereka ikut juga ROE disini…cobalah untuk mengerti psikologis disini bung…disini ratarata awam militer seperti sy sehingga mungkin kata kata anda terkesan sombong untuk ukuran kami…

          • Owh begitu ya bung, oke saya minta maaf untuk para warjag kalo saya terkesan memburu.

            Saya akan lebih santun dalam bertindak dan berucap, namun saya akan ttp kontra jika memang saya rasa gk sesuai.

            Salam warjag

          • A plseiangly rational answer. Good to hear from you.

        • sy suka dgn jawaban bung diego, mngkin kita harus belajar menerima kritikan walaupun latar belakang kita yg berbeda. sy mungkin termasuk salah satu orang yg paling sering mengkritik bung satrio dan teman”x, walaupun sy secara pribadi sangat menghormati bung satrio sebagai salah satu sepuh di JKGR di masa wal blog ini berdiri dan masih sepi pengunjung. pada masa itu saya rasa diskusi sangat hidup dan menampilkan fakta yg real dan tulus.

      • Jangan mundur bung wehrmacht. Justru comment – comment anda asik dan dapat diterima akal sehat. Masalah beda pendapat itu biasa. Mengkritik presiden pun biasa. Justru aneh kalau ada yang mempermasalahkannya. Kita tidak hidup di zaman orba kan? take it easy ajalah.

    • Wow bulan puasa? Tidak apa apa meski anda menebak nebak saya baru join bulan puasa. Hahaha

      Oke terima kasih untuk jawaban anda yg simpel dan tegas.

      Tp latma apa yah? Atau sukhoi siapa yah, adik saya tidak ada cerita apa2 ttg latma sama rusia atau sama siapa saja yg punya cobek.

      Hah tp yasudahlah, setidaknya sudah dibantu jawab sama sesepuh, drpd sama orang2 yg bangga itu cobek kita, jdnya malah lucu.

      Saya juga sering nongkrongin topix tp tidak ikut komen, anda paling sering kasih clue lontong dan katanya punya astute yah kita. semoga yah, kalo lontong saya no komen, itu sulit saya ketahui.

      Salam

      • coba dituliskan disini tentang tulisan saya tentang clue astute,,

        Agar saya dan teman warjag bisa menilai apa yang anda tuduhkan

        • Saya sudah lupa di page berapa anda sempat bahas astute itu, tp yg saya ingat hanya clue berhubungan dengan sambutan wah si mami queen royal saat bapak presiden kita kesana, sampai jd berita dunia militer bgt.

          Terakhir saya kunjungi sudah smp page 2rb, gtw deh skarang, saya tinggalkan karena sudah banyak cerita sejarah.

      • bung falm

        sebenarnya gambar yang kemarin dijadikan topik itu saya juga belum yakin kalo itu Fullback.. saya malah lebih yakinnya SU30 MK2. karena masih ragu2 akhirnya saya share aja gambarnya dan malah dibuatkan topik baru oleh admin sebagai siluet.

        setelah liat komen2nya malah bikin senyum senyum sendiri.. hehehe
        tapi ya sudah laah.. nunggu pencerahan berikutnya dari sesepuh… πŸ˜€

    • Terima kasih bung Satrio (maaf baru baca), saya tahu ini dimaksud untuk saya. Tapi mohon maaf bung, saya bukan sesepuh saya cuman rakyat biasa dan tidak suka dianggap sesepuh. Ok masalah sopan santun, saya mohon maaf karena tidak menghargai anda ataupun Pak Presiden kita. Maaf ketidaksukaan saya dilimpahkan di warung ini, mungkin karena saya banyak kejadian tidak baik jadi suka membawa-bawa masalah ini di warjag.

      Saya tahu umur saya masih muda, jadi pemikiran saya sepertinya sangat belum dewasa. Jadi sekali lagi saya mohon untuk bung Satrio. Saya suka terbawa emosi, yah beginilah darah muda. Ok kalau bung tidak suka, ya udah saya mohon maaf dengan ikhlas. Saya agak emosi karena saya dibilang menggiring, maaf ya bung saya tidak dapat apa2. Untuk apa saya menggiring opini, ok kita bicara sebenarnya, waktu pemilu saya tidak memilih siapa2.

      Nulis artikel saya tidak meminta imbalan, karena ini murni kegemaran saya dengan ilmu pengetahuan jadi saya ikhlas. Untuk masalah kepentingan jokowi, saya memang kenal beberapa timsesnya karena dulu satu profesi. Tapi mohon maaf kalau mau langsung silahkan kita bersama2 atau kroscheck sendiri apakah saya ada hubungan dengan mereka. Kalau pun ketemu denga teman2 itu saya tidak akan membicarakan beliau.

      Untuk masalah membocorkan, mungkin saat ini saya tidak akan diberikan info lagi tapi kenyataannya saya tetap memperoleh info dari sumber saya. Dan saya tidak akan membababrnya disini, mohon maaf karena ada sesuatu hal.

      Saya bercerita sedikit, dulu saya pernah diajak media luar untuk membuat satu artikel lengkap tentang salah satu badan penelitian di Indonesia. Artikel ini menyangkut salah satu penelitian penting milik negara, dan saya menolak. Padahal saat itu tawaran imbalannya itu sungguh besar, tapi saya lebih memilih mundur. Hingga kini tawaran itu masih berlaku, tapi tidak perlu kita bahas, silahkan teman2 maknai arti tersebut.

      Maaf saya disni tidak gila atau ingin dihormati, saya pernah adu argumen dengan bung Antonov, lalu bung flanker bravo, saya tetap senang dengan perbedaan itu dan saya belajar, maupun tetap menerima argumen dari mereka karena itu lah perbedaan yg patut kita terima.

      Kalau masalah saya tidak suka beliau, maaf itu asli opini dan sering saya bilang itu tidak perlu diikuti. Saya sering bilang saya tetap terima kritik maupun saran karena saya cuman manusia yg banyak salah. Jadi mohon maaf, saya dari kemarin selalu sabar karena dituduh yang gak2 karena saya menghormati anda maupun beberapa teman lain yg sudah mmebantu saya belajar disini.

      Terima kasih

      • Teruslah berkarya Bung Jalo. Terus terang artikel dari anda sangat berkualitas terutama masalah yang made in indonesia. Tentang peroketan misalnya, anda sering memberikan update-update yang info tersebut susah didapat di luar sana. Saya berharap besar anda tetap mau dengan ikhlas terus berkontribusi disini. Tolong cerahkan kami.

        Saya juga aneh tiba-tiba bung Satrio “ngambek” dan ingin mengundurkan diri dari sini saat anda membeber alustsista yang sebenarnya dimilik Indonesia. Terus terang ini menjadi tanda tanya besar bagi saya. Kemudian oleh oknum disini anda malah dituduh menggiring opini. Aneh betul, dikasih info alutsista yang realitanya demikian kok malah ga terima. Masih suka yang serba mimpi? justru ini bahaya karena kita akan terbuai dan tak ingin TNI berbenah menjadi kuat. Bagi yang sering mencap orang lain dengan sebutan ular..siapa yang ular itu sebenarnya hah?

        • Saya ularnya bung, td saya juga udh disebut ngetrol.

          Mimpi boleh bung, asal jgn ketinggian, jadinya malah ngayal. Paling enak tuh kalo udh di awang awang trus dijatuhin, pasti sakit banget.

          Perlahan dibantah punya siapa itu, trus mgk punya ini, punya itu, mungkin lagi mampir aja. Yakali mampir.

          Gimana mau halus, secara udah maen tuduh ngetrol, banned aja, wihhh serasa paling paham x yah? Bisanya cuma iya iya doangkan? Nah orang yg iya iya doang inilah yg gampang digiring ke arah yg kita mau, terlebih orang yang punya harapan besar/ngayal lebih gampang lagi untuk digiring kemana mana.wkwkwk

          Sorry just opinion, miris, gua benci bgt malon, tp ini bangsa sendiri malah mau ngikut kaya malon. Ckckckck

          Mimpi besar tanpa tindakan itu adalah NOL besar saudaraku.

          Semangat NKRI ku!!

    • Semua sudah jelas semua dan para narasumber satu Persatu sudah mulai turun Gunung…semuanya pun sudah saling memaafkan atas kesalahannya masing2 dan mengeluarkan uneg-uneg nya masing2…jd lebih baik gak usah di permasalahkan lg dan anggap aja udah Clear..jkgr tempat buat saling nimba ilmu saling berbagi dan tentunya berdiskusi…berita resmi,artikel dari narasumber dan komentar yg di jadikan artikel adalah ciri khas dari jkgr yg gak bisa di dapatkan di forum2 lainnya…semua yg ada di sini pun pastinya bisa bersikap dewAsa dan saling menghargai dan menghormati perbedaan,karna ini Indonesia , negara yg berdemokrasi…dan perlu di ingat Indonesia di dirikan dari perbedaan yg saling bersatu… Anggap saja saat ini kita sedang ada di masa transisi untuk menuju jkgr yg lebih baik ke depannya…mari kita ciptakan diskusi yg sehat dan menggunakan bahasa yg sopan…yg terakhir pro dan kontra adalah hal yg biasa dalam berdemokrasi,sikapi dengan bijak dan santun…

    • Kritik dan FITNAH harus dibedakan,,
      Bila sudah menyangkut Fitnah maka akan berakhirnya diranah hukum,, dan bila itu menyangkut Kepala negara maka warjag akan terseret dan bung diego pasti mengerti dengan apa yang saya maksutkan

      @Bung Wehrmack
      Coba didalami lagi tentang Mikul Ndhuwur mendem jero ”
      Apa yang kita ucapkan adalah benih yang kita tabur ,, suatu saat kita akan menuainya,,
      Memang efeknya tidak terasa langsung sekarang tetapi bisa dikemudian hari,,
      Saya juga ingin MENGAJARKAN disini tentang Mikhul Ndhuwur mendem Jero agar warjager tahu bahwa selain itu bertentangan dengan etika juga sangat berbahaya bagi pembaca lain dari generasi muda yang membaca disini,,
      Kita yang lebih tua memberikan contoh yang BAIK bukan yang JELEK.dan semoga itu menjadi tradisi di warjag yang lain daripada blog lain

      @Bung Falm
      Anda butuh Jawaban katanya semua sesepeuh dengan pertanyaan mudah gak bisa njawab dan nyungsep,, setelah ada alternatif jawaban anda nguber tanya yang lain,, coba belajar mengunyah dulu dan cari cari Informasi,, yang pasti jawaban anda sudah saya jawab,

      Yang belum bisa anda buktikan perkataan anda mana sesepuh disini yang mengatakan siluet itu cocor bebek.. dan
      Mana bukti anda yang mengatakan Sesepuh memakai ncik lain untuk berkomentar,,
      kalau anda tidak bisa membuktikan maka itu tergolong fitnah,,,
      Anda kurang terampil mengunyah tetapi Ego anda lebih besar sehingga memenuhi rongga kepala anda .,.,.masih banyak yang perlu dipelajari,, dan bukan hanya dibuktikan dengan suaranya lantang,

      @Bung Jalo
      TErimakasih bila anda meminta maaf secara terbuka diwarjag tentang perkataan anda tempo hari ,, semoga didengar dan dibaca oleh beliau beliau sehingga Warjag tidak menjadi sorotan ,,
      Kalau bisa koment yang diprotes oleh bung Delta whisky , saya juga baru membaca tulisan diakhir ramadhan itu,,,setelah diprotes oleh bung delta whisky,,kalau bisa koment tersebut dijadikan spam atau di edit saja,, sayang bila terbaca oleh bangsa lain dan bangsa kita sendiri,

      @Bung Sangkur
      Koment anda yang ini …””Saya juga aneh tiba-tiba bung Satrio β€œngambek” dan ingin mengundurkan diri dari sini saat anda membeber alustsista yang sebenarnya dimilik Indonesia. Terus terang ini menjadi tanda tanya besar bagi saya. Kemudian oleh oknum disini anda malah dituduh menggiring opini””

      Kembali tulisan anda menunjukan ketidak tahuan anda,, makanya banyak membaca koment koment disini
      Anda tidak tahu permasalahan bung Jalo dan hanya asal koment,, dan mereplay,
      Saya selalu suka dan memberikan apresiasi kepada tulisan kontributor disini,termasuk bung Jalo,, dulu saya yang memulai membudayakan dan menyumbang tulisan disini
      Yang saya tidak suka disini adalah menyerang simbol simbol negara dan alat negara… karena VIRUS itu Mudah MENULAR. dan jangan terjadi di warjag kedepannya,

      Kalau anda belajar dan mengerti apa ular dan garuda,,maka bila anda sudah paham maka anda akan terasa ngeri karena ular dan garuda sejatinya adalah saudara,,,
      Mungkin dan bisa saja teman,saudara disekitar anda sekarang adalah termasuk para ular,

      Dear ALL Warjag
      Teruslah berdiskusi dengan santun perbedaan adalah hal yang biasa..
      Di salah satu group tertutup di FB sudah diperingatkan group itu diawasi ketat, karena arah group sudah tergiring opini sebaga tempat menghujat simbol simbol negara dan TNI nya,
      Juga diperingatkan agar anggota group dari TNI yang aktif untuk tidak gampang tergiring dan merespon komentar komentar yang melecehkan itu,,

      SEMOGA disadari oleh semua pihak dan ini demi kebaikan Warjag sendiri,,
      Identitas bangsa bisa kita bangun disini,, untuk membangunnya diusahakan dari bahan bahan pilihan agar tidak keropos dikemudian hari,,
      Dan saya berusaha mewujutkan itu ,

      Salam

      • Idemmm kang satrio ?? MaturSuwun kalih wejanganipun …. πŸ™‚ πŸ™‚

      • Dan satu lagi untuk disadari
        TIDAK ADA Prajurit yang menyerang atasannya di muka umum apalagi panglima tertingginya,,

        Bila disini ada yang mengaku user asli tetapi suka menyerang kebijakan Panglimanya nya disini

        Saya malah curiga itu bukan user,, karena termasuk sudah lupa dengan sumpah Prajurit ,dan Sapta marga yang harus dipegangnya
        Imho

      • Baiklah bung Satrio. Saya mohon maaf atas kekurang telitian saya. Besar harapan saya juga seperti halnya bung Jalo, anda mundur dan tetap memberikan kontribusi disini tentunya setelah mood anda baik.

        • Maaf..maksud saya anda jangan mundur dan teyap dengan ikhlas memberikan kontribusi disini

          • Bung sangkur,anda berjiwa besar, mau mengakui kesalahan/kekeliruan dan tdk malu utk meminta maaf, semoga sikap anda ini bisa ditiru oleh warjager yg lain
            Bravo NKRI.

        • Terimakasih bung Sangkur atas jiwa Besar anda,,
          Teruslah mengkritik dengan asas Kontruktif,, karena itu juga baik..

          saya juga tidak anti kritik asal dilakukan dengan santun,,

          Bung Fadil, termasuk juga warjager lama dan memang sering mengkritik dan saya gak pernah memprotes beliau karena santun

          Terimakasih warjager semua,,

          • waduh klo smua saling mengaku benar terus yang salah siapa…

            apa sudah lupa forum ini kan untuk diskusi kita bersama sebagai sesama military fans.

            jadi apakah itu berita nyata atau goib yah kita terima saja tergantung kita menilainya

            seperti apa.

            bagi yang tidak pecaya ya sudah gak usah kebakaran jenggot, kalau pun anda tahu itu

            benar ya monggo ya mbok di babar dengan jawaban yang intelek walaupun dalam

            bentuk clue karena sifatnya yg rahasia karena kondisi khusus.

            forum ini besar oleh kita dan kecil karena kita juga, lah terus klo semuanya marah

            terus pergi siapa lagi yang nongkrongin forum ini.

            ayo smua pada mawas diri….

    • Jangan tinggalkan warjag Bung Satrio…saya sangat membutuhkan pencerahan dari Bung..karna saya tdk tau apa2…

  76. Saya lebih suka bantingan nya bung Jalo ,Sempak, Melektech lebih realistis daripada Clue” yg wow bisa menjurus ke menghayal, kita juga gak bisa menyalahkan sesepuh lainnya karena ekspetasi tinggi terhadap alutsista mutakhir membuat meng ‘IYA’ kan dgn senyum ‘hehehe’ kalau ditanya TNI sdah mempunyai alutsista trsebut padahal belum punya ,demi memupuk semangat nasionalisme dan patriotisme ke warjager .dan sering yg relistis di anggap ngetroll dibilang gak dikunyah dulu clue” nya trus yg nelan mentah” disebut apa . Kalau memang rahasia biarlah jadi rahasia jgn dibabar dsni karna gak semua penghuni forum ini bisa menyerap clue” sesepuh dengan benar ,kadang yg gak ada dianggap ada .

    • Tu banget itu bung.. saya ngetrol katanya.wkwkwk

      • Bung falm ? Maap sebelumnya kalo ente emanx g maw di anggap ngetrolll !!! Ntu di treath sebelah prtanyaan kang erich di jawab dulu… Kalo ente bisa jawab ane geh ama sampeyan

      • salam kenal bung falm…saya juga penasaran bung sama yang anda sebut sesepuh disini Yang belum bisa anda buktikan perkataan anda, mana sesepuh disini yang mengatakan siluet itu cocor bebek…

        clue ndan satrio tentang astute. klo memang anda sdh SR dari 2012…

        klo memang anda gak ngetrolll…

        perbedaan pendapat itu pasti, tetapi penyampain yang baik itu lebih bisa diterima…
        maaf tukang cuci Piring lancang

        salam hangat bung falm

  77. wieeeh…rame bingit…..#minum kopi aaaah.. πŸ™‚

  78. ente ini aneh, kenapa pake sewot banget sih, ini negara demokrasi bung, nggak semua ahli mengenali pesawat sekali lihat. , apa kira2 koment anda yg kasar2 itu,bisa mnyadarkan siapapun, anda pahlawan kesiangan bung, kita percaya kata2 siapapun diforum ini, nggak akan mengubah apapun.nggak merugikan siapapun, apa anda kira orang2 disini para pengambil keputusan, kalo memang iya, mereka yg lebih tahu aset alutsista kita. percayai apa yg anda percayai dan jangan merendahkan orang lain, ada alasannya kenapa anda dibilang ngetroll..

  79. yak pasukan batu bata mulai menyerang soalnya warungnya sepii. ngga ada kewiraan ngga seru buat military fans boy

    • siap siap pakai helm bung F
      heheh salam

      • warung ku smoga smkin maju & aman…mngutip prnytaan bung Diego..
        jkgr sdg mmasuki masa turbulensi”… smga bs sgra brlalu… bs mmbwt oleng…tp jgn smpai trjatuh..maju trus…shingga mncpai tujuan dgn slamat..yaitu para pnumpang bs sll mndpatkn bhan pmblajarn & informasi dr sini..
        mari sm2 brdoa

  80. Kalau untuk nick sebaiknya satu saja [ supaya kita saling kenal baik ]. :mrgreen:

    • Saya setuju sebaiknya satu. Tapi kalau ada yang ganti tak perlu otomatis dianggap berniat jelek. Nanti kan kelihatan dari komen nya. Kalau saya tak pernah ganti nick. Cuma khawatir ada yang salah kira dikira bung GIE .. πŸ™‚

  81. hikz..hikz…hikz… πŸ™

  82. @falm koen iki aneh lw gk ada yg gelem jawab pertanyaanmu kog ngotot mending turu ae ben gk nyampah nang forum….peace.

  83. 7 macam persahabatan dalam Islam :

    1. “Ta’aruffan” persahabatan yg terjalin karena penah berkenalan secara kebetulan, seperti pernah bertemu dikereta api, halte, RS, kantor pos dll.

    2. “Taa’riiihan” persahabatan yg terjalin karena faktor sejarah, misal teman sekampung, satu almamater, pernah kost bersama dll.

    3. “Ahammiyyatan” persahabatan yg terjalin karena faktor kepentingan tertentu, seperti bisnis, politik, bila ada maunya dll.

    4. “Faarihan” persahatan yg terjalin karena hoby, misal teman futsal, badminton, berburu dll.

    5. “Amalan” persahabatan yg terjalin karena seprofesi, misal guru, dokter, notaris dll.

    6. “Aduwwan” sahabat tapi musuh, didepan seolah baik tetapi hatinya penuh benci, menunggu, mengincar, kejatuhan sahabatnya.

    7. “Huban limaanan” sebuah ikatan persahabatan yg lahir bathin, tulus saling cinta dan sayang karena Allah, saling menolong, MENASEHATI DGN SANTUN apabila sahabat kita keliru, menutupi aib sahabat dan mendoakan kebaikan sahabatnya.

    Dari ke 7 macam persahabatan diatas, poin 1 – 6 akan sirna di akhirat yg tersisa hanya ikatan yg ke 7, maka berpulang kepada diri kita masing – masing persahabatan apa yg ingin kita bina selain menambah wawasan dan silaturahmi di forum ini…. maaf tidak bermaksud menggurui dan menarik kearah agama tetapi hendaknya kita mempunyai tujuan kearah mana kaki kita akan melangkah.

  84. Pertamax

  85. Alhamdulilah.. Kang satrio ampun nungull ?? Di tungGu wejangane malih kang… πŸ™‚

  86. Apa hanya karena sadar membayar “PAJAK” , saya berhak tahu isi perut TNI?????

    Alangkah bijak seseorang yang telah memberikan berita, walaupun hanya sebatas “clue”, yangmana di dasari rasa tanggung jawab, bahwasannya apa yang telah di beber kan yang hanya sebatas “clue” bisa memberikan motivasi kepada para wajib pajak “yang konsen/perhatian” di forum militer, menjadi bahan renungan untuk meningkatkan rasa “memiliki” apa-apa yang ada di tubuh TNI.
    Makna “rahasia”menjadi makna kiasan “clue” adalah suatu titik, dimana si penulis telah memberikan kemampuannya dalam olah kata yang demikian indah, ibarat kain tipis yang bisa tembus pandang tapi masih bisa memiliki fungsi “menutupi”.
    Ketika bujang, saya hanya bisa membayangkan “menikmati tubuh lawan jenis”
    Setelah kunikahi lawan jenis saya, saya bisa melakukannya dan ada kewajiban baru untuk saya yaitu harus “menutupi” semua aurat tubuh istri, baik secara “fisik” maupun fitnah lidah(bukan fisik)
    Perbedaan status itulah yang harus kita sadari bersama, “Status” sipil mempunyai batasan terhadap “status” tentara dan sebaliknya, itu bisa di buktikan di medan perang.

    Semoga pajak yang saya bayarkan tersalurkan dengan baik.
    Dan maaf buat para warjager, hanya tulisan di akhir minggu, salam hangat untuk semua.
    NKRI Jaya

  87. Nyeruput kopi dlu bung, apalagi habis hujan, mantap

  88. hehehe,,,kadang emang susah nahan emosi,,tp ada klw saling mengingatkan lbh bagus.
    hehehe untuk sekarang saya masih betah sm satu nick..salam kenal bung Data.

  89. lama ga buka main ke warung JKGR ,,rame banget pas mampir ini malam

  90. satu hal yang pasti.. Nasionalisme yang semakin membuncah serta kepercayaaan pada para punggawa pertahanan negeri ini.. saling berbagi suatu hal yang pasti.. valid atau tidak, tinggal masing2 yang mengolahnya.. salam.. NKRI harga MATI

  91. Pak ndan Satrio kembali…, kembali dr kesibukan beliau sbg penjaga NKRI

    Saya percaya dr kmrn, Pak ndan Satrio dgn kebesaran hatinya akan selalu mengajak rekan2 disini untuk kembali mengingat ular2 yg bisa menggigit garuda hingga sekarat
    Beliau juga akan selalu hadir mengingatkan, begitu ahlinya sang resi drona mengolah informasi dan data sehingga bisa mengolah kata2 untuk menginvasi pikiran kita.

    #mendengarsemilirangindansuaraburungmalam#

  92. Bung Diego,diliat dr jam komen..kok komennya jd nggak urut, krn HP sayakah masalahnya?

  93. Bagus skli tuh pncrahan nya Mas Cakra. . . .saya stuju tuh. . .NUMERO UNO. . . .

  94. Ada sebuah peribahasa “semakin tinggi pohon, maka akan semakin kencang angin menerpanya”.
    Mari kita bersama2 menjaga keberlangsungan forum ini. Jgnlah saling mengiring opini, sara, ataupun kegiatan yang bisa menyebabkan makar. Demi keberlangsungan jakartagreater dan “SALAM NKRI HARGA MATI”

    Mohon maaf saya seorang hanya SR dan berharap jakartagreater tetap hadir sebagai bacaan disiang ataupun dimalah hari.

    Trims bung diego, bung danu, bung satrio, dan bung melektech.

  95. akhirnya sampai titik puncak juga ketika para ahli pergi untuk tiarap maka matilah sebuah forum, alias sepi mas. Dikatakan rahasia bila yang mengetahui hanya segelintir orang dan dikatakan tidak rahasia bila yang mengetahui banyak orang, dan dimanakah kita berada? itu yang harus menjadi jawaban disini kita sendiri yang mengerti.

  96. Kamu ketahuan bohong

 Leave a Reply