Koarmada I Kerahkan 8 KRI ke Laut Natuna Utara

Natuna, Kepulauan Riau, Jakartagreater.com    –    Kesiapan unsur-unsur Koarmada I dalam melaksanakan tugas untuk menjaga kedaulatan dan menegakkan hukum di laut terus ditingkatkan.

Untuk memastikan kondisi tersebut, Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Muhammad Ali melaksanakan peninjauan kondisi kesiapan unsur KRI yang digelar di Natuna, Kepulauan Riau, ada Selasa, 07-01-2020, dirilis Dispen Koarmada I.

Koarmada I mengerahkan 8  KRI pada operasi di Laut Natuna Utara dalam menjaga kedaulatan dan menegakkan hukum di perairan yurisdiksi nasional.

Panglima Koarmada I mendampingi Pangkogabwilhan I melaksanakan pengecekan dan sekaligus memberikan penekanan kepada unsur-unsur yang sedang melaksanakan bekal ulang di dermaga Faslabuh Satuan Terintegrasi TNI Selat Lampa Natuna, untuk memberikan direktif sekaligus memberikan semangat kepada personel yang berada di daerah operasi.

Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono dalam penjelasannya bahwa semua unsur yang melaksanakan patroli akan terus melaksanakan pengusiran secara persuasif kepada kapal-kapal yang melakukan pelanggaran wilayah sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan.

Dalam kesempatan ini, Pangkoarmada I Laksda TNI Muhammad Ali menekankan kepada Komandan KRI supaya tetap menjaga semangat dan moril prajurit demi tercapainya tugas dalam melaksanakan tugas operasi ini. Tetap bertindak profesional dan tidak terpancing emosi.

Gelar operasi ini selain diperkuat dengan kekuatan udara TNI AU, juga diperkuat dengan unsur patroli Bakamla. Untuk meningkatkan introperability antara unsur laut dan kekuatan udara, koordinasi dan komunikasi terus dilaksanakan secara komprehensif.

Presiden Kunjungi Natuna

Presiden Joko Widodo tinjau kesiagaan unsur Operasi Siaga Tempur Laut di Natuna, Kepri, 8/1/2020.

Esok harinya, Rabu 8-1-2020, Presiden RI Joko Widodo melihat secara langsung kesiagaan unsur-unsur Operasi Siaga Tempur Laut di Dermaga Faslabuh Satuan TNI Terkoordinasi Selat Lampa, untuk bertatap muka dengan prajurit yang sedang melaksanakan tugas operasi.

Unsur-unsur Operasi Siaga Tempur Laut (Siaga Purla) 2020 yang sedang melaksanakan bekal ulang di Dermaga Faslabuh Satuan TNI Terkoordinasi Selat Lampa mendapat kunjungan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Presiden menyampaikan bahwa kehadirannya untuk memastikan penegakan hukum atas hak berdaulat kita, hak berdaulat negara Indonesia atas kekayaan sumber daya alam laut kita di Zona Ekonomi Eksklusif, kenapa hadir Bakamla dan kenapa di Natuna juga hadir TNI AL adalah untuk memastikan penegakan hukum yang ada disini, tegas Presiden.

Presiden Joko Widodo tinjau kesiagaan unsur Operasi Siaga Tempur Laut di Natuna, Kepri, 8/1/2020.

Unsur-unsur Koarmada I akan terus melaksanakan operasi sesuai dengan tugas pokok, secara profesional dan dengan tegas menindak segala bentuk ancaman kedaulatan dan pelanggaran hukum laut yurisdiksi nasional. Operasi Siaga Purla 2020 juga dilaksanakan dengan interoperabiliti yang diperkuat dengan unsur udara TNI AU dan Bakamla.

Kunjungan Presiden RI didampingi oleh Panglima TNI, Pangkogabwilhan I, Pangkoarmada I, Pangdam I/Bukit Barisan, dan Deputi Opslat Bakamla.

Tinggalkan komentar