Mar 052014
 
Koarmatim akan gelar kekuatan Alutsista (photo:Koarmatim)

Koarmatim akan gelar kekuatan Alutsista (photo:Koarmatim)

Surabaya 05/03/2014 – Komando Armada RI Kawasan Timur akan menggelar kekuatan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) TNI Angkatan Laut dalam waktu dekat. Gelar Alutsista TNI AL bertempat di Dermaga Koarmatim, Ujung, Surabaya Jawa Timur

Seluruh peralatan tempur digelar mulai senjata strategis kapal perang, antara lain Peluru Kendali (Rudal) C-802, C-805, Exocet, Torpedo, berbagai macam roket anti serangan udara dan anti kapal selam serta meriam Penangkis Serangan Udara (PSU).

Persenjataan Korps Marinir kendaraan tempur amphibi berupa Tank BMP-3F yang baru saja dibeli dari Rusia, Tank LVT-7 buatan Amerika Serikat, kendaraan tempur Tatra, roket multi laras RM 70-Grad, Kendaraan Amphibi Pengangkut Artileri (Kapa), serta beberapa Tank Aphibi lainnya dan Meriam Howitzer 105 mm.

Digelar juga senjata dan matrial khusus milik pasukan khusus Angkatan Laut dari Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska), Intai Para Amfibi (Taifib) Marinir, Detasemen Jalamangkara (Denjaka) TNI AL, peralatan selam penyelam tempur TNI AL dan peralatan khusus milik Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal).

Koarmatim akan pamerkan rudal C 705 dan C 805

Koarmatim akan pamerkan rudal C 802, C 805 dan lainnya

Di Dermaga Koarmatim bersandar berbagai jenis kapal perang terbaru milik TNI AL, yakni Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) jenis Ship Geometrical Modularity Approach (Sigma), Kapal Cepat Rudal (KCR) buatan dalam negeri kelas Beladau, kapal angkut matrial dan personel jenis Landing Platform Dock (LPD) buatan PT. Pal Indonesia, dan kapal amfibi.

Kemudian kapal perang jenis korvet, frigate, destroyer, vanspeijk, kapal patroli cepat rudal (Fast Patrol Boat) buatan PT. PAL Indonesia, Kapal Cepat Rudal dan Kapal Cepat Torpedo (KCT), kapal Penyapu Ranjau dan Buru Ranjau (BR), kapal bantu, Kapal Selam Kelas Kilo buatan Jerman dan berbagai macam kapal perang lainnya.

Dalam gelar Alutsista ini TNI AL juga mendemontrasikan kemampuan unsur laut dan udara dalam mendukung operasi laut peperangan anti kapal selam. Demonstrasi peperangan laut diawali dengan sailing pas kapal perang oleh enam kapal perang yang tergabung dalam Divisi satu terdiri dari kapal perang jenis Sigma, Kapal Cepat Rudal dan kapal patroli cepat. Kemudian enam kapal Divisi dua terdiri dari kapal perang jenis Sigma, Kapal Cepat Rudal dan kapal patroli cepat serta sailing pass delapan kapal Divisi tiga terdiri Landing Craft Utility (LCU) (LCVP) Combat Boat dan Sea Rider.

Operasi laut terintegrasi antara lain kapal perang dan unsur udara diawali dengan penyebaran ranjau laut oleh pesawat udara jenis Cassa U-612 ke perairan lawan kemudian penembakan roket multi laras anti kapal selam RBU-1000 dari KRI Tjiptadi-381 dan peluncuran torpedo anti kapal selam dari Helikopter Bolcow BO NV-410 yang terbang dari atas geladak KRI Sultan Iskandar Muda-367.

Demontrasi selanjutnya yakni simulasi pembebasan sandera di KRI Banda Aceh-593 yang melibatkan pasukan khusus TNI AL gabungan Kopaska dan Taifib dibarengi dengan penerjunan pasukan (free fall) dari pesawat Cassa U-617, serta penyerbuan dari laut dengan kendaraan tempur air cepat Sea Rider.

Tak ketinggalan demonstrasi fly pass pesawat udara terdiri dari empat pesawat jenis Bonanza, dua pesawat TB10 dan TB9, empat Nomad, dua CN-235, lima Cassa, empat Heli Bell dan satu Heli Panther.

Kesiapan unsur Gelar Alutsista ditinjau langsung oleh Pangarmatim Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum., didampingi Komandan Guspurla Koarmatim Laksamana Pertama TNI Aan Kurnia, S.Sos., Komandan Pasmar-1 Surabaya Brigjen TNI Mar Siswoyo Hari Santoso, serta pejabat TNI AL lainnya. (Dispenarmatim).

  61 Responses to “Koarmatim Gelar Kekuatan Alutsista”

  1.  

    TNI AL Gelar KEKUATAN alutsista sebanyak itu hanya HOAX atau BENERAN. Gambarnya tidak lengkap.

  2.  

    Selamat untuk para pecinta NKRI.

    Sedikt demi sdikit potongan tentang kekuatan alutsista kita mulai terkuak dg adanya kabar terbaru yaiutu:
    “Koarmatim Gelar KekuatanΒ Alutsista”

    Ada Peluru Kendali (Rudal) C-802, C-805, Exocet, Torpedo, berbagai macam roket anti serangan udara dan anti kapal selam serta meriam Penangkis Serangan Udara (PSU) & yg ga kalah santer beritanya yaitu tentang: Kapal Selam Kelas Kilo buatan Jerman.

    Wah ini bisa jadi berita paling hot saat ini(sales obat caicing bisa laku keras ini πŸ˜€ ) atau jangan-jangan siwartawan salah kutip mengenai berita ini.

    Itu Loooooooh πŸ˜€ ada kiloNYA tapi buatan jerman πŸ˜€

    Maksunya apa ya πŸ˜€

    •  

      baru denger ada kilo buatan jerman ntar ada kilo buatan tanah abang :-)) semoga cepat d koreksi ma @bung Diego πŸ™‚ :-))

    •  

      Itu dari situs resmi Koarmatim. Mana berani saya mengkoreksinya, takut salah. Maksudnya Kilo Rusia atau KS XXX Jerman, yang mana ? πŸ˜€

      •  

        BENER bung Diego yang buat berita adalah dinas penerangan armatim yang jelas user ngerti akan jenis alutsista yang tiap hari dilingkungannya
        Bukan wartawan bodrex seperti biasanya hehehehehe

        Ada lagi ne kutipan beritanya yang janggal
        “”peluncuran torpedo anti kapal selam dari Helikopter Bolcow BO NV-410 yang terbang dari atas geladak KRI Sultan Iskandar Muda-367.””
        Bolcow dan bisa berperan ASW ? apa ada heli Asw lain neh ?? kan panter belum serah terima?

        Kalau killo buatan jerman
        analisanya “dalam benak penulis berita mereka sadar bhw punya 2 jenis KS satu kilo dan satu U 209 tinggal penerapan tulisan yang ada diangan pemikiran pembuat berita itu agak rancu maunya nulis U 209 tetapi masih terbawa eforia KS baru yg dipunyai yaitu si Kilo jadi nulisnya bercampur begitu.Kalau yg tidak dipunyai bisa saja nulisnya KS Colin buatan jerman πŸ˜€

        Ini seperti fenomena menyebut nama Janda istri kedua diakui berasal dari daerah istri pertamanya :mrgreen:
        contoh :bung danu yg kawan akrab bung now dan tau rahasia bung now yang baru punya istri kedua seorang janda bernama syahrintil asli sukabumi sedangkan istri pertama bung Now bernama sarinah yang asli bandung.
        Bung Danu yang terpesona dengan janda istri kedua bung Now,disuruh release berita ,sehingga bung danu menulis beritanya jadi begini:
        “Bung Now menghadiri acara kondangan beserta Istrinya Syahrintil yang asli Bandung”
        πŸ˜€ πŸ˜€ ;D dan warjager pun pada bingung

        Untuk Destroyer sama deh kasusnya baru melihat dari northen fleet dan tau mana yang akan diambil jadi masih tersepona,,eh terpesona,
        padahal destronya baru nanti saat sail comodo datang kesini ..ups
        hehehehehe

        •  

          gak nyangka ya, ternyata begitu adatnya bung @Danu πŸ˜†

          •  

            sempat heran dan meras otak juga pas baca artikelnya.dan kita tahu itu resmi dari Koarmatim jadi yah yah yah yah upz

        •  

          dalan situasi abu2 seperti itu saya tidak akan cuap2, tapi berusaha memancing di air keruh, mencari peluang di dalam ‘kesempitan’ (U know what I mean laa) πŸ™‚

        •  

          widih pengalaman sendiri ya,bung? hehe asal nggak salah sebut namanya ajah πŸ™‚

        •  

          Selamat Siang
          salam kenal juga bung EA
          Membandingkan sovremeny dengan DZP destroyer itu tidak apel to apel
          Dengan perbandingan ukuran kapal yang hampir sama sovremeny panjang 156 m lebar 17,3 m tonase 6.500 ton dan DZP class panjang 144,24 m lebar 18.80m tonase 6.050 ton,

          Sovremeny destroyer untuk anti kapal permukaan anti-surface warship dan anti sub marine warfare ASW dengan teknologi thn 80an sedangkan DZP adalah destroyer Anti Air Warfare ( AAW ) teknologi 200oan
          Radar dan sensor DZP menggunakan Thales Nederland SMART-L long-range air and surface surveillance radar lebih superior dibandingkan Radar sovremeny Air target acquisition radar,

          Keunggulan sovremeny adalah rudal yang digotongnya yaitu Raduga Moskit anti-ship missile system dengan empat-cell launchers terinstal didua tempat sehingga mampu memuat 8 Moskit 3M80E missiles, yg nato sebut SS-N-22 Sunburn. Misil sea skiming ini mempunyai kecepatan 2,5 Mach dengan warhead 300 Kg high explosive dan mampu membawa war head nuklir 200 KT dengan daya jangkau 10-120 km Sedangkan sovremeny yang akan kita ambil akan memakai rudal satu paket atau kita ganti. Masih pakai Sunburn SS-N-22. versi upgrade, bisa nembus 220 km.yang tidak kalah dengan Yakhont dan jangan lupa bisa bawa nuke warhead

          Sovremenny diintegrasikan dengan berbagai senjata seperti rudal jelajah P-270 Moskit anti kapal, rudal Shtil permukaan ke udara (SAM) SA-N-7, NATO reporting name Gadfly., empat senjata 130 mm, empat senapan Gatling AK-630, dan peluncur roket RBU-1000 anti kapal selam (ASW), dan dua tabung torpedo kembar 533mm.
          Sovremenny dilengkapi dengan sistem propulsi turbin uap GTZA-647, dan empat boiler-nya memberikan kecepatan maksimum 32 knot. Dek pendaratan pada Sovremenny bisa mengakomodasi satu helikopter.
          Destro Sovremenny-Project 956 adalah jenis salah satu kapal perusak terbesar yang dimiliki Angkatan Laut Federasi Rusia. Galangan kapal Severnaya Verf membangun total 21 kapal perusak kelas Sovremenny yang saat ini masih tersisa 9 unit yang 5 unit dimiliki oleh Angkatan Laut Federasi Rusia dan 4 unit lainnya berada di bawah layanan Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China. improved versions designated 956-EM.pada tahun 2000an dengan pembaharuan sisitim sensor dan senjatanya

          DZP kan memang berbasis pada hull milik sigma. Krn sifatnya yg modular, maka basic design Sigma ini mudah sekali untuk dikembangkan jadi kapur sekelas real fregat atau destro sekalipun.
          DZP yang kita pesan itu adalah Sigma baseline 3 dg bobot > 5000t, dilengkapi VLS yang mampu mengakomodir rudal anti kapal sekelas yakhont/RX tripel digit, plus medium/long range SAM sekelas Aster 30/SA-N-6. Adapun perangkat cms dan lain2 kurang lebih akan pakai Smart-L thales.

          Dari sisi harga DZP memang lebih mahal, namun jangan lupa bahwa DZP yg kita pesan itu punya spek yg unik, dan mengakomodir “local content” baik di sensor suite maupun weapons system.mengacu pada desain dzp milik netherlands navy

          DI TNI AL kedua destro ini akan saling melengkapi dan tentunya dari blok timur akan ada destro yang lebih modern yang akan memperkuat armada timur (tebak aja)
          IMHO

        •  

          Bung Satrio, yang confirm dari pihak Armatim ternyata rudal C 705 yang dipasang di KCR. Jadi yang di rilis kemarin itu bukan rudal C 805. Mereka mengakui salah ketik rilis dan sudah ditarik dari website resmi Dispen Armatim.
          Sedangkan yang heli BO NV-410 itu confirm. Heli tersebut sudah dimodifikasi agar mampu mengusung torpedo dan selasa besok akan unjuk kebolehan meluncurkan torpedo tersebut, setelah dalam simulasi KRI 367 mendeteksi adanya kapal selam musuh di koordinat tertentu.
          Untuk yang kapal selam, mereka kekeuh menyebut TNI AL akan menampilkan KS Kilo buatan Rusia, namun KS ini yang dibeli Indonesia dari Jerman. Dispen Armatim menyebut indonesia membeli kapal selam Kilo buatan Rusia melalui Jerman. Ini yang ingin saya konfirmasikan kepada Bung Satrio, apakah memang dulu Jerman menjadi perantara pembelian? Kalau memang benar kenapa ya..? Jadi teringat saat kita beli pesawat tempur dari Israel dulu yang didatangkan secara terpisah dan diangkut melalui laut. Mohon pencerahannya. salam

          •  

            Setahu saya tidak bung jiwa bening karena pembelian killo memakai state credite dari rusia , gak mungkin lewat Jerman, disinfo tu

            Sebenarnya itu informasi back ground mereka mau mengatakan KS setara Killo made in jerman.
            Kalau yang mendekati statemen tersebut yaitu KS 212 yunani yang sudah jadi dan tidak bisa ditebus.. dialihkan kekita ,,dan memang pernah ditawarkan kok ..cuma Info kelanjutannya yang gak ada,
            Bisa saja memang sudah diambil dikeep infonya berbarengan akuisisinya dengan leo,bremen dan grob.

            Jaman Pak Harto pun kita ditawari killo oleh china ,,ditukar dengan whiskey yang tersisa,.

            IMHO

          •  

            Naah… itu yang masuk akal @Bung Satrio… karena yang saya hadapi tadi seorang Pamen, jadi saya tidak enak menjelaskan terlalu mendetail. Takut nanti dikira menggurui.
            Saya sendiri sebenarnya ingin melihat penampakan KS tersebut, yang sempat diambil gambarnya oleh kawan Dispen Armatim, tapi karena melihat ada komandan mereka di lokasi jadi saya urungkan. Makanya, saya tunggu kehadiran Bung Satrio di dermaga Madura minggu depan, kita nonton sama-sama… πŸ™‚

          •  

            kalau dari sisi senyap, KS Jerman yang setara Kilo mungkin bener kata bung Satrio, yaitu type 212…tapi type 212 nya Yunani ini kan dibuat setara dengan type 214..kalau jadi diambil bakal wow donk..

            “The AIP system is very quiet and produces no exhaust heat, making the U212 very difficult to detect”
            http://www.naval-technology.com/projects/type_212/

      •  

        Helicopter panther yang mana ini?…he..he..he..pengalihan terkait dana sekian t yang tidak ijabahi menkeu…jadi muncul di koarmatim?…

      •  

        @bung diego, emang ud da jd destroyernya…??? πŸ™‚

      •  

        Bung Diego, Bung Satrio, Bung Now, serta sesepuh warjager lain, saya tidak berani berjanji menceritakan detail seperti yang dirilis kawan-kawan Dispen Armatim. Saya kenal beberapa kawan Dispen Armatim termasuk pengetahuan mereka tentang alutsista TNI AL. Yang jelas, sya sudah dapat konfirmasi langsung dari Kadispen Armatim tentang apa yang dirilis melalui forum JKGR ini, dan Kadispen Armatim membenarkan hal tersbut.
        Saya juga sama penasarannya dengan anggota forum ini. Saya tidak sabar ingin mengecek satu persatu alutsista TNI AL yang akan digelar Armatim di dermaga Madura. Saya sudah mengantongi pass masuk untuk acara hari selasa tersebut. Mudah-mudahan saya juga bisa bertemu dengan Bung Danu, Bung Diego, Bung Jalo, atau bahkan Bung Satrio sendiri untuk menyimak bersama-sama langsung di lapangan, hehehe…. see u all next week… πŸ™‚

        •  

          Kalo info ini valid 100 %…pantes SBY ‘pede’ dgn UU Minerbanya dan berani menolak kinginan bos Freeport..dan Newmont…pertama kali dalam sejarah..Presiden Indonesia ..berani nolak kemauan …juragan tambang Amrik….Australia digertak lewat sekutu minimalis kita … Red China …yg latihan di Samudra Hindia….Perlahan tapi pasti..Indonesia menjadi negara kuat secara militer dan kuat secara ekonomi…. spt analisa athan Korsel di Malaysia itu….

          •  

            Hehehehe… @Bung Traveller, kita tunggu bersama-sama ulasan para sesepuh warjager setelah menyaksikan langsung hari selasa besok ya… Karena beberapa yang disebutkan dalam rilis itu ternyata ada yang dikonfirmasi pihak armatim, meskipun ada yang diralat.
            Yang pasti menurut saya, selasa besok di hadapan SBY sebelum mengakhiri masa jabatan, TNI AL tentu ingin menunjukkan kekuatan mereka yang sesungguhnya. πŸ™‚

          •  

            ditunggu foto2nya bung Jiwa Bening, have fun !

            jangan lupa lensa tele πŸ™‚

    •  

      Biasanya kalau artikel resmi kaya gini yang bikin staf dinas penerangan, bukan wartawan luar. Mungkin staf dispen armatimnya orang baru. Tapi mestinya artikel ini sepengetahuan kadispen armatimnya ya (letkol loh).. Kemungkinan kedua, ini sengaja seperti yang kemarin2, informasi dibikin agak2 blur biar warjagers beli obat cacing semua….:)

      salam kenal bung2 warjagers…

    •  

      kalau yang bilang dari dispenarmatim kita percaya aja sudah, tetapi kalau memang C805 sudah ada di Koarmatim, akan diluncurkan lewat KRI apa ya?van speijk??
      mungkin bung satrio bisa ngasih clue tentang destro yang ada di artikel ini..kelas apa yahhh??salam..

  3.  

    Mbah2 yg paham mohon pencerahannya, kapal selam kilo n destroyer d artikel diatas apa bener,tp koq kilonya buatan jerman…trus apa dispenarmatim gak paham asal ketik aja?
    Trus apa bener C805 dmiliki jg oleh indonesia?

  4.  

    rudal c805???
    ap gk salah tuh….tolong pencerahanya dari para sesepuh, ap benar tni al sudah punya rudal c805?

  5.  

    Destroyer bung? Yakin nih udah dateng tuh maenan!

  6.  

    Bikin bingung aja ada destro dan rasa jerman

  7.  

    atau..mau menuliskan rudal C-802 yg diluncurkan dr KRI layang 805??? ah berita. yg bikin deg-degan..tapi sst..infonya dua KCR 40 udah diinstal dgn rudal C-705…sepertinya ini yg mau diuji….

  8.  

    sambil ngopi sekalian cek sapa tau caps lock error πŸ˜€

  9.  

    ..mau oom, besok2 klo RAN salah lg main criket di halmn belakang HAJAR ae, ….’SORRY BOTT’..urusan belakang

  10.  

    link beritanya sudah di close, ada rahasia dalam rahasia.

  11.  

    hemmm… KS KILO RASA CENGBOGO πŸ™‚

  12.  

    “Kemudian kapal perang jenis korvet, frigate, destroyer, vanspeijk, kapal patroli cepat rudal (Fast Patrol Boat) buatan PT. PAL Indonesia”

    wait second..,,apakah indonesia sudah punya destroyer?? πŸ˜€

  13.  

    lah pake nanya bung,,ya mau banget!

  14.  

    lah pake nanya bung,,ya mau banget! bocoran trimarannya bung surya,gimana kemajuannya?

  15.  

    Kembaran cakra dan nanggala akhirnya muncul jg, tentu saja dengan nomer lambung sama..

  16.  

    Saya justru agak curiga nih…kenapa Koarmatim tiba2 mau pamerkan Arsenalnya? Apa ada kaitan dgn meledaknya gudang amunisi Kopaska? Atau ada kaitannya dengan hasil jalan2 pak Moel dari rumah koko Panda? Atau ada sesuatu dibalik Gelar Maenan berlabel DANGER ini? hmm…. ada apa ya..@#$&*?

  17.  

    Lho bung wedus harus teliti
    walaupun saya selengekan memberikan infonya pasti ada mozaik info yang berkaitan
    Tinggal di rangkai dengan mozaik info info lain yang pernah di release.

    Kan sudah jelas Bung Danu lagi eforia terpesona dengan mainan mainan barunya bung Now yang mau datang.dan yang sudah datang
    Destro dan real Fregat itu mau datang jadi tunggu aja.
    Kalau Janda killo ma bung danu terpesonanya sudah mau luntur karena sudah ada perawan improve yang jauh lebih cantik dan gahar sedang dibuat mainan oleh bung Now sehingga bung danu sampai ngiler salah nulis dalam release. :mrgreen:
    Hanya nunggu legalitas saja kok agar bung now bebas membawa ke kondangan janda dan perawan nya kemunculan dlm kamuflase ganda :mrgreen: diluar istri pertamanya yang 80an itu πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

    Info dari Koarmatim kemarin adalah termasuk info background yang harus diramesi karena itu alutsista strategis tidak mungkin dibuka gamblang ke publik.

    analisanya Bentar lagi akan ada info back ground susulan dari TNI AD dan TNI AU
    IMHO

  18.  

    Bung Satrio terima kasih banyak untuk penjelasannya.. dengan plus minus yang bung satrio jelaskan tadi memang keduanya saling menutupi. Semoga yang kita dapat yang tipe EM-956 ya..

  19.  

    nggak usah bingung2 , ayo entar liat barangnya di armatim, he he he ……

  20.  

    WOIII kampreettt… itu destroyer beneran nih?? Jangan PHPin gua lu ya… ini hati udah berbunga-bunga cerah bagai bulan purnama denger negara kita punya destroyer..!! bohong gua sumpahin lu..

  21.  

    Kita tunggu pawai ultah TNI 5 okt 2014, apakah isi diskusi kita ini real atau cuma sekedar angan-angan kita saja. πŸ˜€ salam kenal dari silent reader.

  22.  

    ASekedar nyumbang saran aja Ini saya, dulu ada jendral bintang 2 pernah berbicara di salah 1 stasiun TV swasta yg namanya info sensitif mengenai alutsista mematikan dilarang mebicarakan kepada pihak manapun, baik itu keluarga, teman ataupun kerabat apalagi di share ke publik, barang siapa membocorkan maka akan di anggap sebagai pembocor rahasia negara (keamanan negara terancam) dan bisa dipidana berat.
    Alutsista itu termasuk salah 1 yg harus di jaga kerahasiaanya, demi keamanan negara.
    Kabar alutsista kalau sudah diberitakan oleh pihak yg berwenang jadinya pasti dapat dipertanggung jawabkan kebenaranya,gak asik untuk diperdebatkan kecuali ada wartawan salah kutip berita ( namanaya jga manusia wajar kalau ada salah kutip berita πŸ˜€ )

    Nah yg paling asih untuk diskusi yaitu kalau kabar tersebut masih samar2 tentang modernisasi alutsista TNI πŸ˜€ mari kita berdikusi sambil bertukar pendapat tentang analisa kemajuan alutsista TNI tebak-tebak buah manggis πŸ˜€

  23.  

    WKWKWKWK…Kapal Selam Kilo buatan Jerman ??????……….orang kita emang suka HOOOOOAAAAAXXXX…..WKWKWKWK…!!!

  24.  

    Kita khan memang punya : KRI Gadjah Mada

    Tapi dulu!!!!!!!!!!…………………..

  25.  

    Sebenar nya dalam penyerbuan armada ke kubu musuh
    Hanya diperlu kan 2 ( dua ) hal .
    Pertama :
    Faktor tanggung jawab ke depan .
    Ruang gerak armada ( intern ) .. . kekompakan . integritas dan bisa dipertanggung jawabkan .
    Kedua :
    Kekuatan fisik dan mentalitas personil armada .
    Terima kasih .

 Leave a Reply