Sep 112017
 

Peringatan Hari Jadi ke-72 TNI Angkatan Laut, di Koarmatim, Surabaya, 11/9/2017.

Surabaya – Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) memperingati acara puncak peringatan hari jadi ke-72 TNI Angkatan Laut Tahun 2017, di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung, Surabaya, Jawa Timur, Senin, 11/09/2017. Upacara ini dipimpin Kepala Staf Armada RI Kawasan Timur Laksma TNI Roberth Wolter Tappangan, mewakili Pangarmatim Laksda TNI Darwanto.

Kasal Laksamana Ade Supandi dalam amanatnya yang dibacakan Kasarmatim menyampaikan bahwa, pada hakekatnya upacara peringatan hari jadi TNI Angkatan Laut ke-72 memiliki makna historis sebagai upaya pelestarian momentum awal kelahiran dan perjuangan TNI Angkatan Laut dalam mengisi kemerdekaan serta menegakkan integritas, kedaulatan bangsa dan negara. Adapn makna evaluatif yakni sebagai momentum introspeksi dan evaluasi diri, tentang kekurangan dan kelebihan pelaksanaan tugas di masa lalu guna pemantapan dan penyempurnaan di masa mendatang.

Peringatan Hari Jadi ke-72 TNI Angkatan Laut, di Koarmatim, Surabaya, 11/9/2017.

HUT TNI Angkatan Laut mengambil tema “Bersama rakyat, TNI Angkatan Laut siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian”. Menurut Kasal, tema ini diharapkan menjadi sarana refleksi pelaksanaan tugas-tugas pembinaan dan operasional TNI AL guna mendukung program pemerintah menjadikan Indonesia menjadi poros maritim dunia.

Sejalan dengan visi poros maritim dunia, pemerintah telah menetapkan kebijakan gelar kekuatan TNI yang tersebar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kebijakan pemerintah ini ditindaklanjuti TNI dengan menetapkan rencana penguatan kemampuan TNI secara terpadu di pulau-pulau terluar dan strategis yaitu Natuna, Yamdena – Selaru, Morotai, Biak dan Merauke.

Peringatan Hari Jadi ke-72 TNI Angkatan Laut, di Koarmatim, Surabaya, 11/9/2017.

Ddalam rangka memeriahkan HUT TNI AL ke-72, Koarmatim telah melaksanakan berbagai kegiatan meliputi, Donor Darah, lomba kebersihan lingkungan Flat DBAL, Ziarah ke TMPN (Taman Makam Pahlawan Nasional) 10 November, Lomba Memancing Ikan Bandeng antar satker dan Panen Bandeng di tambak Koarmatim.

Selain itu,pada acara peringatan Hari jadi TNI AL, Koarmatim memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyaksikan secara langsung acara puncak tersebut.

Peringatan Hari Jadi ke-72 TNI Angkatan Laut, di Koarmatim, Surabaya, 11/9/2017.

Acara puncak peringatan HUT TNI AL ke-72 diisi dengan kegiatan upacara parade dan defile, dilanjutkan dengan pertunjukkan sosiodrama pertarungan kerajaan Mongol dengan Kerajaan Majapahit yang dipersembahkan oleh SMU Hangtuah 1 Surabaya dan sosiodrama Kesatrian Majapahit persembahan sanggar seni Mojokerto dan ditutup dengan Defile Pasukan Upacara. Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan pelepasan prajurit Koarmatim yang akan memasuki masa Purna Tugas.

Hadir pada acara ini Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmatim (Danguskamlatim) Laksma TNI I.N.G. Sudihartawan, S.Pi., Koorsahli Pangarmatim Kolonel Mar Tory Subiyantoro, para pejabat utama Koarmatim, para Komandan KRI yang berada di pangkalan serta tamu undangan dari purnawirawan dan PPAL. (Dispen Armatim).

  3 Responses to “Koarmatim Peringati Hari Jadi ke-72 TNI AL”

  1. Knp background nya harus kri teluk bintuni? knp ga kri surabaya atau kri re martadinata..?.. dan knp ga ada defile nya bung admin? foto2 or video gitu ga ada yah?

 Leave a Reply