Nov 092016
 

Pangdam XVII Cendrawasih, Mayjen TNI Hinsa Siburian saat diwawancara awak media. (teropongnews.com)

Pangdam XVII Cendrawasih, Mayjen TNI Hinsa Siburian saat diwawancara awak media. (teropongnews.com)


Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Hinsa Siburian, mengatakan bahwa peresmian Kodam XVIII/Kasuari akan dilaksanakan pada bulan November ini.

Peresmian Kodam XVIII/Kasuari dilakukan bersamaan dengan pelantikan Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau sebagai Pangdam. Peresmian tersebut dilakukan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Mulyono.

“Sudah tentu itu menjadi kebanggan bagi masyarakat Papua. Dia (Joppye Onesimus Wayangkau) adalah pembuat sejarah sebagai Pangdam XVIII/Kasuari pertama. Apalagi dia putra asli Papua,” ujar Hinsa Siburian, seperti dilansir Antara News pada Rabu (9/11).

Kodam XVIII/Kasuari akan meliputi wilayah Provinsi Papua Barat dengan berpusat di Kelurahan Arfai, Distrik (Kecamatan) Manokwari Selatan, Manokwari, Provinsi Papua Barat. Lokasi itu merupakan Markas Kompi C dan D Arfai Kodim 1703. Kodam baru ini nantinya akan membawahi dua Komando Resor Militer (Korem) yakni Korem Biak dan Korem Sorong.

Personel yang akan bertugas di Kodam XVIII/Kasuari seluruhnya diambil dari prajurit TNI Angkatan Darat yang bertugas di wilayah Papua Barat. Selain itu, sebagian lagi akan diambil dari Kodam XVII/Cenderawasih dan kesatuan lain dari Mabes TNI Angkatan Darat.

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menegaskan bahwa tujuan pembangunan Kodam XVIII/Kasuari adalah murni untuk kepentingan pertahanan. “Tidak ada kepentingan politik dan maksud apa pun dalam pembangunan Kodam baru di Papua. TNI hanya ingin aspek pertahanan bisa terpenuhi di wilayah itu sehingga apabila terjadi situasi yang tidak kita inginkan, kendali operasi itu betul-betul bisa dijaga dengan baik,” kata Jenderal Gatot.

Sumber: antaranews.com

Bagikan:
 Posted by on November 9, 2016

  16 Responses to “Kodam XVIII/Kasuari Akan Segera Diresmikan”

  1.  

    mantabh….

  2.  

    Sekedar bertanya, kok namanya kodam ” kasuari “, tidak da yang lebih sangar apa ???

    •  

      disesuaikan dgn nama hewan khas daerah setempat, burung kasuari itu burung sangar bung
      anda bisa lihat di acara natgeo wild, disebutkan kasuari memiliki kekuatan pada kakinya yg mampu menedang dengan kekuatan yg luar biasa
      kekuatan tendangannya bila mengenai laki2 dewasa dapat mematahkan tulang2 yg terkena

    •  

      Mulai sekarang biasakan cinta rasa indonesia ya bung, mulai dari nama seseorang, kuliner, tarian, adat istiadat kita dsb. KASUARI itu salah satu burung khas asli papua yang banyak di buru oleh pemburu lokal dan asing, makanya burung ini jadi agak langkah saat ini.

  3.  

    Tinggal pergeseràn pasukan buat antisipasi manuver ausi yg mau memisahkan papua Dari nkri

  4.  

    Papua tetap memerlukan penjagaan yg extra ketat…

  5.  

    propinsi papua seharusnya ada 3 / 4 kodam minimal untuk pulau sebesar itu

    propinsi papua harusnya dijadikan 2 / 3 propinsi untuk ibukota jayapura dan merauke serta wamena sehingga pembangunan akan lebih merata, jika ditengok dari kontur peta geofrafinya

    hanya masukan siapa tau dibaca petinggi negeri ini

    •  

      Orangnya dikit…. mending diisi dgn personil dan perlengkapan tempur dgn kapability high moblity & high skill…mungkin perlu dipertimbangkan dibentuk batalion rawa dan batalion gunung sesuai kondisi di papua…..salam nkri.

  6.  

    Salam satu nusa PAPUA ku,… semoga renstra pak joko untuk kemakmuran PAPUA secepatnya terlaksana dan dirasakan masyarakat PAPUA buah dari perjuangan yang terbina selama ini. kenyamanan hidup mu atas penjagaan TNI adalah bukti tulusnya kecintaan negara ini pada kalian jua. SALAM.

    Rakyat Papua Jaya Indonesia Cinta PAPUA ” Forever”

  7.  

    Tinggal penambahan Armada Tempur Divisi Marinir berikut YONTAIFIB, KOPASKA dan DENJAKA di tanah papua. Mudah-mudahan ditambah lagi dengan penambahan KOOPSAU dan WING Paskhas termasuk DENBRAVO. Nanti jika masih kurang tinggal di bentuk Divisi ke-3 KOSTRAD di tanah papua yang semuanya berkualifikasi raider, soalnya kan kalo nambah grup KOPASUS amerika protes.

    Kedepannya baru kekuatan laut di buat 4 ARMADA. Yaitu Armada Tempur Natuna, Armada Tempur Hindia, Armada Tempur Pasific, dan Armada Tempur Arafura.

  8.  

    Pertanyaaan Kapan Divisi III (rencana di Papua) Kostrad terealisasi? kapan Pas Mar III (Rencana Sorong Papua) terealisasi,,,mengingat Aussie juga memnambah kekuatan marinirnya yg berdekatan dengan perbatasan RI

  9.  

    Gak bisa langsung instant bung, disana pemenuhan alutsista di lakukan secara bertahap, meski alutsista sederhana jika prajurit kita terlatih, itu sudah cukup untuk memberantas teroris lokal setempat bung.

  10.  

    Semoga pembangunan kodam2 lain bisa menyusul bung, demi keamanan wilayah.

 Leave a Reply