Jun 272017
 

Dok. Kegiatan Kodim 0304 Agam, Sumatera Barat, bersama masyarakat (foto : Agammediacenter.com)

Bukittinggi – Komando Distrik Militer (Kodim) 0304 Agam, Sumatera Barat, menyediakan lahan parkir tambahan bagi pengunjung yang akan datang berliburan di Kota Bukittinggi.

Komandan Kodim 0304 Agam, Letkol Kav Salim Kurniawan Dewantara saat di konfirmasi di Bukittinggi, Senin 26 Juni 2017, mengatakan Kota Bukittinggi pasti padat saat libur/cuti Lebaran, perlu lahan parkir tambahan.

“Permintaan pemerintahan kota serta masyarakat tentu kita bantu, salah satunya dengan pengadaan lahan parkir,” kata Letkol Kav Salim Kurniawan Dewantara.

Meski begitu, ia mengimbau pada seluruh pengunjung yang akan datang ke Kota Bukittinggi agar tidak membawa kendaraan ke dalam kota, karena akan menyebabkan kemacetan.

Menurut Dandim  pada lahan parkir yang telah disediakan Kodim 0304 Agam, dapat menampung kendaraan dalam jumlah yang besar, sehingga pengunjung tidak harus memaksakan untuk tetap parkir di kawasan pusat kota.

“Di sekitar kawasan kodim Agam terdapat lahan parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan,” ujar Dandim 0304 Agam.

Ia menambahkan apabila pengunjung tetap memaksakan untuk masuk ke dalam kota menggunakan kendaraan maka potensi kemacetan akan semakin tinggi dan sangat berisiko jika nantinya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dandim 0304/Agam mengatakan,”Kalau di dalam kota biasanya pengunjung akan menggunakan badan jalan untuk parkir, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka akan sulit untuk melakukan evakuasi.”

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Bukittinggi, Elvis Syahri Munir mengatakan untuk tarif parkir di dalam kota adalah Rp 2.000 untuk roda empat dan Rp 1.000 untuk roda dua.

“Aturan untuk tarif parkir di seluruh Kota Bukitinggi sudah ada dalam Perda No. 4 Tahun 2011, perbedaan tarif hanya untuk lahan parkir di dalam gedung, sebab di sana berlaku tarif progresif,” kata Dandim 0204/Agam.

Antara