Kolombia Terima Korvet Pohang Class dari Korea Selatan

Jakartagreater.com – Pada 28 September 2020 di pangkalan angkatan laut Korea Selatan Chinhegu (Changwon), sebuah upacara diadakan untuk penyerahan ke angkatan laut Kolombia dari korvet Iksan (Pohang class) bekas milik Angkatan Laut Korea Selatan.

Korvet tersebut ditugaskan ke Angkatan Laut Kolombia sebagai CM 56 Aimirante Tono. Penyerahan kapal sebenarnya direncanakan pada musim semi, tetapi ditunda karena pandemi virus corona. Transfer dilakukan secara gratis sebagai bantuan militer, tetapi pihak Kolombia membayar untuk perbaikan kapal dan pelatihan personel, lansir Livejournal BMPD.

Ini adalah korvet kedua yang disumbangkan ke Kolombia oleh Korea Selatan. Pada tahun 2014, Angkatan Laut Kolombia menerima korvet Anyang (salah satu dari empat kapal Donghae class yang dibangun pada awal 1980-an dan dinonaktifkan pada tahun 2009-2011).

Korvet Iksan dibangun oleh galangan kapal Hyundai Heavy Industries Korea Selatan dan masuk ke Angkatan Laut Korea Selatan pada tahun 1987, dan non-aktif pada 31 Desember 2018. Ini adalah salah satu dari 24 korvet Pohang class dengan bobot standar sekitar 1260 ton, dibuat dalam beberapa modifikasi oleh galangan kapal Korea Selatan pada 1980-an dan awal 1990-an.

Korvet Cheonan Korea Selatan yang ditenggelamkan pada tanggal 26 Maret 2010, akibat serangan torpedo oleh kapal selam Korea utara juga termasuk dalam tipe ini.

Hingga saat ini 11 kapal telah dikeluarkan dari daftar inventaris Korea Selatan. Korvet utama Pohang sekarang dipasang sebagai kapal museum di kota Pohang. Dari kapal yang dinonaktifkan, korvet Gyeongju diberikan ke Peru pada 2015, korvet Gimcheon dan Yeosu diberikan ke Vietnam pada 2017-2018, Jinju ditransfer ke Mesir pada 2017, Chungju ditransfer ke Filipina pada 2019, dan sekarang Iksan ditransfer ke Kolombia.

Dilaporkan bahwa korvet Pohang class lainnya yang telah dinonaktifkan direncanakan untuk dikirim ke Peru, dan Filipina sedang merundingkan penerimaan dua kapal lagi.

Satu pemikiran pada “Kolombia Terima Korvet Pohang Class dari Korea Selatan”

Tinggalkan komentar