Jul 032017
 

Drone Predator AS (USAF)

Aden – Seorang Komandan Tingkat Menengah Al-Qaida di Yaman tewas dalam satu serangan “drone” milik AS di Provinsi Abyan, yang bergolak di negeri tersebut, ujar pejabat keamanan kepada Xinhua pada Minggu 2/7/2017.

Pesawat tanpa awak AS menembakkan Rudal ke satu kendaraan yang sedang bergerak kencang dan mengangkut anggota Al-Qaida di Daerah Al-Wadhei di Provinsi Abyan pada Sabtu larut malam 1-7-2017 , kata pejabat keamanan itu, yang tidak mau disebutkan namanya.

Sumber itu mengatakan Ibrahim Al-Adani, Komandan Tingkat Menengah Al-Qaida, tewas bersama 2 orang pengawalnya, sewaktu kendaraan yang mengangkut mereka rusak total pada serangan tersebut.

AS kerap melancarkan serangan “drone” kepada anggota Al-Qaida di daerah pegunungan di Provinsi Shabwa dan Abyan, kata Xinhua, dilansir Antara di Jakarta, Senin siang 3-7-2017. Pasukan keamanan Yaman telah memerangi gerilyawan garis keras cabang Al-Qaida di Yaman sejak kemunculan kelompok itu delapan tahun lalu.

Kelompok fanatik tersebut belum berkomentar tentang serangan belakangan AS itu.

Yaman, satu negara Arab, telah dirongrong oleh kelompok gerilyawan Al-Qaida yang aktif di wilayah Timur Tengah.

Al-Qaida di Jazirah Arab (AQAP), yang berpusat di Yaman dan juga dikenal oleh warga lokal dengan nama “Ansar Ash-Sharia”, timbul pada Januari 2009. Kelompok itu sudah mengaku bertanggung-jawab atas sejumlah serangan kepada lembaga Pemerintah dan militer Yaman.

AQAP dan kelompok yang mempunyai hubungan dengan ISIS menggunakan kekosongan keamanan dan perang saudara yang terjadi untuk memperluas pengaruh mereka dan merebut lebih banyak wilayah di Yaman Selatan.

Keamanan di Yaman sudah memburuk sejak Maret 2015, sewaktu perang meletus antara kelompok Syiah Al-Houthi, yang disokong oleh mantan presiden Ali Abdullah Saleh dan pasukan Pemerintah, yang disokong oleh koalisi Arab pimpinan Arab Saudi, yang mendukug Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi.

Lebih dari 10.000 orang telah tewas dalam pertempuran Darat dan serangan Udara sejak saat itu, banyak di antara mereka warga sipil.

Bagikan Artikel :

  4 Responses to “Komandan Al Qaida Tewas oleh Serangan Drone AS”

  1. Di Yaman Al-Qaida d gebuk… sedangkan di Syuriah Al-Qaida d pelihara & d persenjatai oleh mami rika…. benar2 mukanya depan belakang…

  2. Asyiikkk

 Leave a Reply