JakartaGreater.com - Forum Militer
Feb 272017
 

Surabaya – Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, memimpin upacara Serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Lantamal XI Merauke dari Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) Suhartono kepada Kolonel Mar Bambang Sutrisno, bertempat di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung Surabaya. Senin, (27/02/2017).

Kolonel Mar Bambang Sutrisno yang sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli (Sahli) F Pembinaan Kekuatan Maritim (Binkuatmar) Pangarmabar merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 33 Tahun 1988. Sedangkan Brigjen TNI (Mar) Suhartono, yang merupakan Perwira Tinggi (Pati) lulusan AAL Angkatan 34 Tahun 1988, selanjutnya akan menempati jabatan baru sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspamres) di Jakarta.

Pangarmatim menyampaikan bahwa Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) adalah Komando pelaksana dukungan yang merupakan salah satu komponen kekuatan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) memiliki tugas untuk menyelenggarakan dukungan tempur, dukungan logistik, dukungan administrasi dan dukungan khusus bagi unsur – unsur TNI AL baik kapal, pesawat udara maupun marinir dalam melaksanakan operasi dan melaksanakan pemberdayaan potensi maritim, serta tugas tambahan membantu menyelenggarakan dukungan fasilitas pangkalan bagi kesatuan non TNI AL yang melaksanakan operasi di wilayahnya.

Sebagai representasi TNI AL di daerah, Lantamal XI Merauke memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat luas, dihadapkan dengan kondisi wilayah geografisnya yang sangat strategis. Kondisi strategis tersebut dapat dilihat, bahwa wilayah kerja Lantamal XI Merauke adalah wilayah perairan yang berbatasan langsung dengan perairan negara tetangga yaitu Papua Nugini (PNG) dan Australia.

Demikian juga dengan potensi kekayaan alam yang melimpah. Hal ini memerlukan pengawasan dan pengamanan yang extra ketat, karena hingga saat ini masih ditemukan adanya berbagai tindak pidana di laut seperti pelanggaran wilayah perbatasan, oleh kapal perang asing, kegiatan kapal ikan asing yang melakukan penangkapan ikan secara ilegal dan tindak kejahatan penyelundupan.

Selama menjabat sebagai Komandan Lantamal XI Merauke, Diakhir Brigjen TNI (Mar) Suhartono, dinilai berhasil melaksanakan pembangunan Dermaga Macan Tutul, pembentukan EFQR Lantamal XI, peresmian Yonmarhanlan XI dan peresmian Paud Wijaya Kusuma, serta Poliklinik RSAL Lantamal XI.

Dispen Armatim

Berbagi

  4 Responses to “Komandan Baru Lantamal XI Merauke, Komandan Lama Jadi Danpaspamres”

  1.  

    gada orang

  2.  

    selamat bertugas Dan!!!
    selamat datang istana!!!

  3.  

    Selamat naik pangkat..
    Muehehehe

  4.  

    Wah hebat jadi danpaspampres…selamat pak

 Leave a Reply