Oct 102018
 

Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han) membuka Lomba Pembinaan Satuan  tingkat Korps Marinir tahun 2018.

Surabaya, Jakartagreater.com  –   Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han) secara resmi membuka Lomba Pembinaan Satuan (Binsat) tingkat Korps Marinir tahun 2018 pada Senin 8-10-2018 di Marines Sport Center Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya.

Pembukaan lomba Binsat Kormar 2018 tersebut ditandai dengan penyerahan Piala Bergilir dari juara bertahan Yonif 4 Marinir yang diserahkan oleh Danyonif 4 Mar Letkol Mar Didik Iwan Supriyanto, S.E., M.Tr (Hanla) kepada Dankormar, selanjutnya piala bergilir diserahkan Dankormar kepada Komandan Kolatmar Kolonel Marinir Sarjito selaku Ketua Panitia Lomba Binsat Kormar tahun 2018.

Kemudian dilanjutkan dengan penyematan pita kepada perwakilan peserta lomba dan panitia lomba oleh Komandan Korps Marinir. Dankorps Marinir mengatakan, lomba Binsat dalam hakekatnya merupakan sarana tolok ukur satuan dijajaran Korps Marinir untuk mengetahui sejauh mana hasil pembinaan dalam peningkatan kemampuan dan ketrampilan dasar prajurit dalam kurun waktu tahun anggaran 2018.

Selain itu, juga sebagai tradisi Korps Marinir dalam memupuk jiwa korsa dan semangat kebersamaan (Spirit of Togetherness) serta menciptakan semangat untuk menjadi juara (spirit of the winner) sebagai jiwa seorang kesatria.

“Lomba Binsat ini disamping mengukur kemampuan profesi prajurit Korps Marinir juga akan mencerminkan hasil pola pembinaan masing-masing satuan, yaitu memperlihatkan semangat juang dan kekompakan tim atau satuan. Semua itu ditentukan oleh kapabilitas dan efektifitas kepemimpinan Komandan Batalyon dalam membina satuannya,” tegas Dankormar.

Sebelum mengakhiri amanatnya Komandan Korps Marinir memberikan beberapa penekanan untuk dipedomani dalam pelaksanaan Lomba Binsat Kormar 2018 yaitu :

  1. Menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas dan esprit de corps.
  2. Memupuk jiwa korsa dan kerjasama tim agar tercapai suatu keberhasilan yang akan menjadi kebanggaan satuan.
  3. Memelihara dan membina terus kekompakan, kebersamaan ketertiban selama berlangsungnya lomba.
  4. Kepada peserta lomba, official dan panitia penyelenggara agar mengutamakan keselamatan dan keamanan baik personel maupun material.

Sementara itu, Kolonel Marinir Sarjito selaku Ketua Panitia menyampaikan materi Lomba Binsat Kormar Tahun 2018 meliputi menembak senapan dan pistol, renang militer, dayung perahu karet, cross country dan halang rintang. Pelaksanaan lomba, lanjutnya, tanggal 8 hingga 19 Oktober 2018 di Surabaya, Trawas dan sekitarnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol, S.Sos., Wadan Pasmar 1 Kolonel Marinir M. Nadir, Danlanmar Surabaya Kolonel Marinir Muriadi, Danbrigif 4 Mar Kolonel Marinir Bambang Hadi S., Para Asisten Dankormar, Para Asisten dan Dankolak Pasmar 1 dan 2.  (Dispen Kormar)

 Leave a Reply