Kombinasi S-300 dan S-400 Rusia, Latihan Menangkis Gencarnya Serangan Udara

doc. S-400 Triumf-35.jpg, commons wikipedia

Kaliningrad, Rusia, Jakartagreater.com   – Unit pertahanan udara S-300 dan S-400 dari Armada Baltik Rusia berhasil memukul mundur serangan udara musuh besar-besaran dalam latihan taktis, ujar kantor pers Armada melaporkan pada hari Rabu 3 April 2019, dirilis TASS.com.

Selama latihan, musuh mengirimkan serangan udara dengan kepadatan hingga tujuh target per menit. Jet tempur Sukhoi Su-27 dari penerbangan Angkatan Laut Baltik terbang (scrambled) untuk menggagalkan serangan Rudal jelajah. Jet tempur menghancurkan semua target yang ditentukan menggunakan senjata yang diluncurkan udara, kantor pers mengatakan.

“Dari darat, pesawat nosional musuh dihancurkan oleh salvo Rudal yang ditembakkan oleh sistem Rudal darat-ke-udara S-300 dan S-400: tim tempur melakukan serangan elektronik terhadap target udara,” kata kantor pers.

Pesawat pembom tempur Su-30SM, pesawat pembom garis depan Su-24 dan pesawat angkut militer An-26 mensimulasikan serangan udara musuh. Di bawah skenario latihan, tindakan tim tempur pertahanan udara dipersulit oleh tindakan balasan elektronik untuk menciptakan jamming environment, kata kantor pers Armada.

Secara keseluruhan, latihan melibatkan lebih dari 10 pesawat, batalyon S-300 dan S-400 dan kapal perang Armada Baltik.

Awak kapal perang yang melakukan penugasan di barisan pelatihan laut dan terlibat dalam misi pertahanan udara di pangkalan itu juga melakukan peluncuran elektronik terhadap target udara, kata kantor pers.

S-400 Triumf adalah sistem Rudal pertahanan udara jarak jauh paling canggih yang mulai beroperasi di Rusia pada tahun 2007. S-400 Triumf dirancang untuk menghancurkan pesawat, Rudal balistik dan Rudal balistik, termasuk Rudal jarak menengah, dan juga dapat digunakan di darat tujuan. S-400 dapat melibatkan target pada jarak 400 km dan pada ketinggian hingga 30 km.

S-300 adalah sistem Rudal permukaan-ke-udara yang mampu menghancurkan pesawat modern dan mutakhir, termasuk pesawat yang menggunakan teknologi siluman, serta Rudal balistik jarak menengah, Rudal taktis dan jelajah, serta pengawasan radar dan pesawat pengarah , kompleks pengintaian dan serangan.

Tinggalkan komentar