Sep 182017
 

Desain Tank Medium Pindad-FNSS dengan turret Cockerill 3000 Series Canon 105mm. (Pindad)

Desain Tank Medium Kaplan MT dengan turret Cockeril XC-8 105HP (FNSS)

Tank medium hasil kerjasama PT PIndad dan FNSS Turki, rencananya akan dipasang turret Cockerill Systems dengan canon 105mm. Salah satu dari IFV Pandur II 8×8 TNI AD yang telah datang di PIndad juga telah dipasang dengan meriam Cockerill 105mm.

Tank Pandur II dengan turret Cockerill canon 105mm (photo : pr1v4t33r / Defence.pk – Indonesia Defence Forum)

Lalu apa sebenarnya keistimewaan meriam Cockerill 105mm ini ?.

Tank Kaplan MT yang dibangun FNSS dan Pindad akan dilengkapi turret CMI Cockerill 3105 yang mengintegrasikan kanon tekanan tinggi Cockerill 105mm dengan autoloader canggih untuk memberikan fire power yang tinggi dengan bobot  tank yang ringan.

Sistem turret ini dirancang untuk memberikan spektrum kemampuan operasional yang  luas.

Dengan kemampuan penembakan hingga + 42 derajat, kanon bisa melakukan penembakan di medan pertempuran yang rumit. Kanon dapat menembakkan amunisi HE dengan mode non-direct-hit atau tembak lengkung untuk jarak 10km.

Kordinat dari titik tembakan akan disuplai lewat drone yang telah memiliki sistem interface dengan tank yang ada di darat.

Tank ini juga bisa menghantam lapis baja kelas berat, karena kanonnya bisa difungsikan sebagai Gun Launched Anti Tank Guided Missile (GLATGM), untuk melepaskan Rudal Terpandu Anti Tank Falarick, tandem hollow-charge, dimana hulu ledak kedua akan meledak setelah menembus lapisan armor.

Kanon tekanan tinggi Cockerill 105mm dapat menembakkan semua jenis amunisi 105mm standar NATO.

Dengan adanya sistem interface antara turret 105mm Cockeril dengan drone, membuat kru yang ada di tank atau kendaraan tempur infanteri, dapat melihat situasi di medan operasi secara langsung, baik siang dan malam, lewat gambar yang difilmkan oleh pesawat tak berawak tersebut, sekaligus untuk mendapatkan kordinat sasaran.

Rudal Rudal Falarick 105mm -tandem hollow-charge, armour penetration behind ERA, mm (luch.kiev.ua)

Tim yang ada di tank juga bisa membimbing dan mengontrol drone dengan jemari mereka dengan menyentuh layar kaca. Video yang ditampilkan dapat diputar ulang. Karena dapat melihat medan operasional secara real time lewat drone tersebut, menyebabkan kru di kendaraan tempur memiliki area tindakan yang luas, meningkatkan efisiensi dan mengembangkan perlindungan, untuk mereka dan sistemnya.

Cockerill tidak hanya memiliki turret canon 105mm, melainkan juga : 25mm, 30mm, 35mm, 40mm, 90mm LP, dan MP turret.

  25 Responses to “Kombinasi Turret Cockerill 105mm, Drone dan Rudal Falarick”

  1.  

    josss,,,!!!

  2.  

    Lanjrootkan

  3.  

    Klo bisa tot turret dan meriamnya sekalian biar makin joos

  4.  

    Jangan lupa ToT-nya

  5.  

    videonya salah itu bukan c3105……gw juga lagi garap,,,bentar lagi rendering…..10 menit eh 20 menit lagi mateng………xixixi

  6.  

    Hmm…

  7.  

    di medium tank itu keputusan akhirnya turret canon nya pake yg mana..kok di gambar medium tank kyknya pake xc-8 105 hp dan di artikel pake 3000 series/3105….klo untuk macam2 varian benernya enak yg 3000 series..

  8.  

    Paling tidak sudah Auto Loader, kasihan loo kalau manual loader… kasihan tukang Gunner, masak kerjanya ngambil rudal masukin di turet… bayangkan betapa capeknya jika itu Tank nembak2 sampai rudal habis… bisa pegel2 tuh…

  9.  

    apakah ada mbt beberapa jenis tidak bisa dikalahkan oleh rudal antiank semacam itu.. misalnya tank rusia tercanggih,mbt israel, mbt amerika/eropa tertenu.. nah dari situ PT.Pindad bisa kembangkan riset rudal benar2 harus bisa menembus seluruh mbt terkuat sekaligus. arah mana serangan rudal pindad mestinya titip datar, jangan menghantam lapisan landai/miring karena body mbt musuh bisa melicinkan hantaman ledakan atau mengagalkan rudal antitank saja..

    satu lagi bagaimana mnciptakan rudal antitank yang mampu lolos dari sistem pertahanan mbt musuh berupa spt roket kecil pencegat yang dilontarkan musuh..

  10.  

    Semoga kedepannya ada yg dipasangi tipe 90 atau versi aslinya GDF 35mm..utk kaplan..dan 8×8nya..lumayan utk anti udara jarak pendek..dikavaleri dan mekanis..