Nov 232018
 

Siluman J-20 China dengan weapon bay terbuka, tampakย  4 rudal PL-15 dan 2 rudal PL-10 (foto :ย emperornieย viaย Wikipedia)

Menjelang penutupan Zhuhai Airshow 2018 sebulan lalu, China memamerkan dua pesawat tempur siluman J-20 yang terbang dengan kantung kompartemen rudal yang terbuka.

Tampak berjajar 4 rudal udara ke udara jarak jauh PL-15 didalam kantung kargo persenjataannya. Selain itu J-20 juga menggotong dua rudal udara ke udara jarak dekat PL-10 disisi luar badannya.

Rudal PL-15 sepanjang 5,7 meter dengan sayap mungilnya diklaim mampu merontokkan target pesawat besar seperti pesawat tanker dan AWACS . Situs berita China bahkan mengklaim rudal PL-15 mampu mengatasi pesawat tempur stealth F-22 milik AS.

Berdesain lebih pendek 10 cm dan sayap lebih kecil daripada standarnya, sepertinya rudal PL-15 ini merupakan varian khusus agar muat dalam weapon bay J-20.

Menggunakan sistem pengendus seeker active radar yang lebih canggih dan motor roket ganda, menjadikan rudal stealth PL-15 mampu mengunci pesawat musuh dengan lebih baik dan memiliki jangkauan hingga 300 km.

Sedangkan rudal jarak pendek PL-10 selain mampu merontokkan pesawat tempur, juga diklaim mampu menghadang serangan rudal musuh yang menyerang J-20.

Dilengkapi dengan sistem penjejak Multi-Element Imaging Infrared Seeker dan kemampuan anti-jamming, rudal generasi 5 ini memiliki kemampuan manuver yang sulit diduga pesawat musuh karena menggunakan roket motor dengan daya dorong vectoring

Kombinasi rudal PL-15 dan rudal PL-10 membuat pesawat tempur J-20 berani bersaing dengan pesawat tempur generasi 5 milik AS maupun Rusia. Bahkan menurut ahli militer China Song Zongping, J-20 akan “terlibat dengan pesawat tempur saingan di masa depan yang berani memprovokasi China di udara.”

Bagikan:

  23 Responses to “Kombinasikan Rudal PL-15 dan PL-10, Siluman J-20 China Siap Saingi F-22”

  1.  

    Chengdu J-20 China’s Stealth Jet Fighter

    https://www.youtube.com/watch?v=SVWGVTZT4-s

  2.  

    Kekurangannya cuma di mesin yg kurang tenaganya. Sehingga tdk selincah F22.
    Sehingga membatasi beban yg akan dibawa. Jika sejatinya akan menjadi multirole, paling tidak mesin harus ada perubahan.

    •  

      Rudal China jg lbh kecil dr Rusia dan AS ya bung? He3. Namanya jg mesin jiplak, metalurginya akan sulit menyamai mesin aslinya!

      •  

        Walaupun kecil tp itu rudal bung, bukan pentungan hansip. Kalo tersengat rudal yg kata bung itu kecil, pesawat mahal spt F22 pun akan rontok.
        Kecuali sdh lah kecil cuma bikin penyok aja kalo tersengat rudal china, baru boleh di anggap remeh.

        Coba dipikir, betapa bangganya China sdh bisa buat air to air missile, walaupun anda katakan kecil. Setidaknya china bisa mandiri dan tidak bergantung dari luar.
        Bayangkan jika RI diposisi itu. Bangganya luar biasa rakyat indonesia kan.?

        •  

          tebar imigran orang indo,dirikan Indotown,bunuh budaya disitu langit berpijak disana langit di junjung dan dekati lsm dan politisi2 liberal kiri.
          danai mahasiswa indo kuliah khususnya IT di luar negri dgn skala masif, minta akses ke lab kampus dan data RnD dgn berdalih kuliah bayar dan rasisme.

          itupun kalo mau niru cara mereka

        •  

          BAng Ruskiyem……… ente masih melawak aje Bahahaa….

          apa pun ploduk China “Belum Buttle Pulpen bung” cuma gotongan nya tuh bisa buat mules lawan. PL-10 cucuk untuk olah raga hansip

          •  

            Tapi plodak china itu msh diperhitungkan amerika & sekutunya, buktinya lcs msh diklaim china sebagai bagian dr kedaulatannya, tapi amerika & sekutu mncoba pasang badan di lcs kemudian dipepet china balik badan lg, berarti plodak china msh diperhitungkn juga
            ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

  3.  

    saya suka desainya yg terlihat kokoh dan dinamis,, meski produk cina masih di cap murahan gk berkualitas oleh banyak pihak..

  4.  

    apa kabar C-705

  5.  

    itu rudal PL-10 yg disamping internal weapon bay g sih?

  6.  

    kardus terbang china mau melawan F22???WKWKWKWK

  7.  

    Btw kabar sodaranya si kw kalkun botak J 31 gimana kabarnya??

 Leave a Reply