Jan 162015
 
image

Dokumentasi: Wakapolri Komjen Badrodin Haiti, Kapolri Jenderal Sutarman dan Kabareskrim Komjen Suhardi Alius (foto: Tempo /Iqbal Ichsan).

Jakarta – Juru bicara Markas Besar Polri, Komisaris Besar Agus Rianto, mengatakan Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Badrodin Haiti sudah resmi menjadi pelaksana tugas Kepala Polri. Menurut Agus, tongkat komando Polri saat ini bukan lagi ditangan Jenderal Sutarman.

“Secara administrasi masih Pak Sutarman, tapi karena ada surat dari Presiden otomatis beralih ke Wakil,” kata Agus di Mabes Polri pada Jumat, 16 Januari 2014. Surat tersebut, kata Agus, menyebutkan penunjukan Komisari Jenderal Budi Gunawan sebagai Kapolri. Kemudian, diperkuat dengan keputusan sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat yang setuju Budi menjadi Kepala Polri.

Agus mengatakan sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 52 Tahun 2010 tentang Kepolisian Republik Indonesia, jika presiden sudah menunjuk Kapolri baru maka tampuk kepemimpinan dipegang oleh wakil hingga pelantikan. “Pak Wakil sudah bisa mengambil kebijakan seperti Kapolri,” katanya.

Menurut Agus, saat ini belum ada informasi terkait pelantikan Budi. Ia juga menampik kabar ada perpecahan di tubuh Polri karena Sutarman pensiun dini dan proses penunjukan Budi oleh Jokowi tidak melalui mekanisme sidang di internal Polri.

Penunjukan Budi menjadi polemik. Sebab, Jokowi tidak melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan. Padahal, Budi termasuk dalam daftar merah dua lembaga tersebut.

KPK telah menetapkan Budi sebagai tersangka dugaan menerima gratifikasi. Ia ditengarai memiliki rekening dengan transaksi mencurigakan. (Tempo.co).

Bagikan Artikel :

  74 Responses to “Komjen Badrodin Haiti Resmi Plt Kapolri”

  1. Kapolri nya tetep buat Pak BG…

  2. 4 besar.

  3. Kelimax

  4. No coment.

  5. Mohon pd pejabat negara tolong jangan buat negeri ini kacaubalau, tinggalkanlah sesuatu yang baik bagi generasi mendatang yang bermanfaat bagi kehidupan bangsa. Ingat tinggalan yg baik akan mendatangkan pahala yg berguna bagi kehidupan akhirat. Jelasnya pejabat itu Kalau buat kebijakan yg baik dpt masuk sorga. Tolong segala sesuatu jangan selalu diukur dg uang, ingatlah kalau kau mati harta tdk dibawa.

  6. POLRI harus di bawah kementerian dalam negeri, bagi yang ngaa setuju berarti ada sesuatu

  7. Damai ajaa paak..

  8. Haa haa ini baru revolusi mental, tersangka bisa jadi kapolri, sebentar lagi terdakwa juga bisa jadi panglima tni, hebat tenan

  9. Jawatan polis selepas Mr Sutarman ?siapa…

  10. Mcem mana presid jokowi mengelakan
    sesiapa bergaduh.
    dah bnyk cakap tak membezakan mana elok & mana tak elok.
    pyah sikit sikit macai macai takberkesanan
    (negri 1/2 demokrasi kah?)

  11. yang mau ngrevolusi mental perlu dipriksa mentalnya…kalah sama mbok de

  12. mau jdi apa negri ini???apa kata dunia??jika calon KAPOLRI mnjdi tersangka KPK???dan alangkah nistanya jikasdh menjabat kapolri ditangkap dan dipakaikan baju warna orange bertuliskan” TAHANAN KPK”dmn martabat bangsa ini??dimana.harga diri bangsa ini???dimana janji2 kampanye jokowi bahwa dia akan memberantas korupsi dan tdk akan memberikan kesempatan kepd org yg terindikasi korupsi untuk menjabat???waduh….waduh,,,pak.presiden…gimana sih???mau dijadikan apa bangsa ini kelak?????

  13. Marai gegana tok.. (GELISA GALAU MERANA)

  14. Ada yang tahu kenapa pak Sutarman diganti? Apakah memang murni karena sudah usia pensiun atau ada sebab-sebab lain?

  15. aku ra popo……
    ndasmu sowak….

  16. cari kapolri yg bersih,jujur,berintregritas ada walau tak banyak,tapi yg loyal pd presiden yg sejalan dgn visi misi presiden dan presiden merasa nyaman dgn org itu,,itu yg sulit d dapatkan.

    • Jd menurut anda yg gmna baiknya bung?tenang aja bung…msh blm terbukti di pengadilan apakah kekayaannya itu memang di dapat dari gratifikasi atau memang modal usaha anak beliau yg baru umur 19 tahun ya pas mendapatkan pinjaman beberapa milyar plus hasil bisnis bersih.
      Bisa saja 2 alat bukti yg di ajukan KPK itu tdk terbukti menurut pengadilan.
      Biarkan saja prosesnya berjalan wong sdh di ranah hukum, kita mau ngomong dari A-Z menjelekkan atau tetep membela gk ada gunanya, tdk akan mempengaruhi hasil persidangan.
      Mari sama2 berdoa bung anak kapuas, agar bangsa ini di berikan jalan yg lurus dan terhindar dari segala usaha yg mau menghancurkan bangsa ini.
      Mari kita mulai dengan bacaan al fatihah.

      Salam dari Anak Jogya.

  17. Ayo dukung KPK, bila bukti dan saksi sudah kuat, tunggu apalagi. Jebloskan tersangkanya ke Rutan KPK. Bila perlu KPK pakai Kopasus buat petugas pengamanannya. Tidak ada WNI apalagi seorang Kapolri yang Kebal Hukum. “Tegakkan Hukum Meski Langit akan Runtuh Sekalipun”.

  18. Dengan terpilihnya BG yang terindikasi banyak kasus KKN sebagai Kapolri yang baru, akan mencoreng kembali citra institusi POLRI yang sedang dibangun dengan susah payah dari tiap-tiap angkatan/ generasi POLRI. Namun apadaya jabatan Kapolri merupakan jabatan politis , tergantung presiden dan DPR, dimana pencalonannya yang sekarang terindikasi akan banyak kepentingan golongan tertentu ,bukan lagi murni untuk kepentingan rakyat Indonesia.

  19. yang bau sby.nyonya alergi….

  20. Betul..Revolusi Mental-nya sukses besar bung. Mental yang sudah rada-rada ngawur jadi semakin ancurrr 😀

    • Inikah awal konspirasi untuk melumpuhkan kpk dan mengkriminalisasikan anggota2 kpk spt pak antasi azhar dulu… Hay pemuda indonesia! Buka mata dan pikiranmu.. Kita lihat kasus pak antasari belum selesai. Mari kita kawal jangan smpai nyawa salah satu putra terbaik bangsa, pak antasari akan hilang sia2…

  21. Gmana galaunya pak sutarman, status masih kapolri tapi tongkat komando ada ditangan orang lain.
    Apakah tidak ada cara lain yg lebih sopan dan ber etika ?
    Apakah negeriku tercinta ini sudah kehilangan ke arifannya?

  22. cuma mau ngetik…..

    ASTAGA………

  23. Nasi sudah menjadi bubur busuk bung..kalau memang mau merubah nasib negara ini ya tunggu 5 tahun lagi 😀

  24. Maaf om, hari gini masih saja mikir Pilpres dan Prabowo. Sekarang ini, Indonesia sedang dilanda krisis Pemimpin, baik sosok maupun mentalnya.Apabila kondisi ini dibiarkan terus-menerus dan akan sampai titik nadir yang terendah. Dan rakyat sendiri nanti yang akan bertindak langsung turun ke jalan menentukan masih layak tidak Pemimpinnya yang sekarang ini.Seperti pristiwa dulu yang sudah-sudah.

  25. pokoke joged pokoke joged pokoke joged pokoke joged pokoke joged pokoke joged pokoke joged pokoke joged pokoke jongor……

  26. Ayuk ayuk joget ayuuk joget hahahaha

  27. masyarakat sekarang kalo menghakimi/menilai org lain paling fasih,ibarat baca qur’an dah qattam puluhan kali.
    Korupsi itu bukan lg milik pejabat saja tapi sudah mengurat berakar kesegala anak bangsa,bahkan kades/lurah rt/rw d daerah banyak yg tdk terexpos saja.
    Kadang yg komen nya paling parah gk jamin,biasanya lupa bercermin

    • sule sule..jelas saja gk hafal,,saya liat kang sule sibuk terus syuting d tv,,
      OVJ gmana lanjutannya..?

    • Suleman : sptnya anda anti Islam yah….kata2 Arab itulah tulisan impor..padahal hanacaraka asalnya impor juga….apa sih dinegeri ini yg g impor..akar .kebudayaan kita impor asal India China Arab..Eropa…kalo mau lihatlah orang Aceh..jujur .yg menjelaskan asal siapa mereka ==> ACEH : Arab, China, Eropa dan Hindustan…kita menulis ini juga tulisan impor..dari latin Eropa..

  28. Bung ANAK KAPUAS

    • Di masyarakat kita nih udah lama terbentuk jaringan yg lama
      mengakar (kronis) yg namanya korupsi,kolusi&nepotisme
      (KKN). Ini tak lain juga dari pengaruh pembangunan ekonomi yg tdk di antisipasi/dibarengi dgn membangun pula jaringan pendidikan pembentuk ‘karakter’ bangsa yg solid,kuat,&berkesinambungan. Jdi ya ign terlalu kaget masbro dlm mensikapinya.yg penting skrng hampir seluruh elemen anak bangsa secara sadar diri mulai menapresiasikan akan ketidak sukaan yg namanya penyakit
      KKN,adalah udah bagus. Ini merupakan suport utk orang2 yg telah terpilih/di beri mandat memimpin oleh/utk kita semua. Soal amanah/tdk dlm menjalankan mandat rakyat? Mari kita lihat,cemati,awasi,kritisi agar tak melenceng jauh. kita sabar aja sambil berjalannya waktu….

      salam …

      • Dan saya setuju pandangan bung ANAK KAPUAS kalo bnyk sekali hal2 yg blm belum ter expost tentang kebobrokan moral para pejabat/masyarakat di negri ini. Tpi saya pribadi tetap optimis di jaman keterbukaan ini, masih bnyk kesempatan memperbaiki hal2 buruk agar tdk terulang lagi.tapi mungkin butuh waktu.(kalo ibarat orang sakit butuh proses /waktu penyembuhan,)

  29. susno duadji aja kapolriny,,,

  30. Ujung dari benang kusut ini sebenarnya berasal dari bisnis..(lihat foto dokumentasi)..di artikel ini….

    Hahahaaaa…tidak ada yang luput dari MATA DEWA…

    Apakah ada orang di sini yg berani menerima file2 mafia?
    masih adakah institusi kehakiman yg bisa di percaya?

    mafia2 di indonesia sudah menguasai pemerintahan,& sudah dlm tahap akut.

    Tunggu siklus 70 dlm tahun ini juga
    sesuatu yg sangat dahsyat dlm sejarah akan terjadi.
    kalian tidak akan bisa berbuat apa2.

    Kalian ingat cerita” SATRIA PININGIT & RATU SAKEMBARAN” mereka bukan perorangan seperti dlm imajinasi kalian.
    mereka adalah intitusi.dg file yg ada,mereka akan sadar.dlm pribahasa “kain menanyakan di mana kapas”

  31. begitulah mbok berek.karena ga suka orangnya SBY jadi pimpinan smua lo singkirin.kapolri diganti tampa mikir efek jangka panjang.apa c salah SBY.ampe sgitu bencinya ma SBY.koar2 sby kudeta…kudeta apa’an??ga inget lo waktu nyingkirin gusdur yang lagi sakit keluar istana.gusdur bsar hati gandeng lo lagi…lha lo disalamin sby ja ga mau…macam nabi nan suci aje…

  32. Apa ya salahnya sutarman?? Cuma gara2 Kabareskrim kasih data2 BG ke kpk doang??

  33. 7. Si Mbok sangat alergi dengan hal-hal yang berbau Si Bapak Besar.
    8. Si Mbok ingin main aman sampai dengan 2019 dengan menempatkan orang2 kepercayaannya di pucuk pimpinan seluruh instansi / lembaga tinggi di Indonesia.
    9. Menyiapkan pondasi yg kuat agar bisa kembali berjaya di 2019, kali ini Putri si Mbok maju (minimal mendampingi Pak Pres)

  34. Ketika ada berita bahwa calon kepala Polri menjadi tersangka oleh KPK, saya cukup terkejut.

    Tetapi pelan-pelan mulai ingat bahwa pada 2012, gubernur Akpol (mantan kepala Korps Lalu Lintas Polri) Irjen Pol Djoko Susilo menjadi tersangka oleh KPK.

    Penetapan gubernur Akpol itu juga membuat terkejut, karena lembaga pendidikan Polri yang akan menghasilkan pimpinan Polri koq dipimpin oleh orang yang harusnya diburu Polri. Akan jadi apa dan menghasilkan SDM macam apa itu lembaga pendidikan?

    Jadi, kalau Akpol saja sempat dipimpin orang seperti itu, sebenarnya tidak lah begitu mengejutkan jika ada calon kepala Polri yang seperti itu juga.

  35. KAN DULU UDAH DIBILANGIN DIA ITU BONEKA…PADA GA PERCAYA SIIIIIHH….???!!!

  36. sakit hati jangan dibawa sampai mati bung …….. kaciaaan deh !!!

  37. bung frans

    bila coba kita perhatikan/cermati secara sederhana,sepertinya presid sdng berusaha memugar / merombak sisi sisi lain ruang,utk kemudian di tata ulang kembali sesuai seleranya.
    (ibarat baru menempati rumah ,langsung bersih bersih/ menata ulang kembali posisi meja,kursi,lemari sesuai selera/keingginanya. IMHO
    kira kira dalam hal ini memungkinkan ?..pleace..
    optimis/pesimis pilihan bung frans…..
    salam

  38. * Raport 100 Hari Kinerja Pemerintahan Jokowi *

    adjustment 100 Hari diperlukan sebagai indikasi awal warna kebijakan yg digulirkan.
    Apa yg para sahabat tangkap dari kinerja pemerintahan berjalan ini..?

    • Masih mbulet&tebak tebak buah manggis aja bung Donnie,kana pemahaman kita masih kalah langkah jauh dari strategi/perencanaan presid, yg terkadang kita sebagai ( di ibaratkan penonton ) yg berada di luar kalangan merasa lebih tahu/ pintar.(bnyk bicara seperti komentator bola) yg terkadang koment koment nya cukup meyakinkan. Padahal????…akan kelabakan/tergagap gagap bila ditarik langsung masuk kalangan adu.(seperti bnyk contoh dikalangan pengamat ekonom,politik,tekniisi dll.) yg udah selama ini tejadi. Imho
      salam bung

  39. Ada yg nabok nyilih tangan..,
    ada yg nggembok nyilih tangan..,
    ada yg nombok nyilih tangan..,
    ada simbok nyilih tangan..,
    ada yg nyebok nyilih tangan..

    Aneh aneehh..ajaaa..

  40. Duh miris sekali keadaan ini, inflansi masih belum.terkendali, mencari calon pemimpin yang amanah juga sangat sulit, perkembangan perekonomian juga belum menunjukkan arah peningkatan.. sampai g bisa berkata kata.. kita lihat saja bagaimana perkembangan prestasi pemerintahan ini.. semoga ada perubahan yang lebih baik

  41. aduh bung sule…… move on dong… dan lihat realita… ehm….. PEMILU sudah lewat bung..

  42. Lah wong namanya juga Kabinet Balas Budi..dari awal orang awam juga sudah tahu siapa boneka dan siapa dalangnya. Ramenya baru mau sekarang..telat deh.

 Leave a Reply