May 182018
 

ilustrasi: Panser Pindad. (commons.wikimedia.org)

Kutai Kartanegara – Terbentuknya satuan baru Kompi Kavaleri-13/Macan Tutul Cakti Kodam VI/Mulawarman di wilayah Kalimantan Timur merupakan upaya penataan gelar satuan TNI AD melalui rencana pengembangan gelar satuan dalam menyikapi dan menyiasati berbagai kemungkinan ancaman ke depan yang semakin berat dan kompleks.

Penegasan ini disampaikan oleh Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto saat memimpin upacara peresmian Kompi Kavaleri-13/Macan Tutul Cakti Kodam VI/Mulawarman yang berlangsung pada Selasa 15 Mei 2018 di lapangan Kompi-13/Macan Tutul Cakti Jln. Soekarno Hatta Km 28 Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Dalam kesempatan ini Pangdam VI/Mlw menyampaikan bahwa sesuai tugas pokoknya satuan Kavaleri bertugas melaksanakan pertempuran darat jarak dekat dengan mempergunakan alat peralatan gerak cepat dan atau berlapis baja sebagai alat peralatan utama baik dalam tugas Operasi Militer untuk Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Satuan Kompi Kavaleri-13/Macan Tutul Cakti sebagai satuan operasional baru yang dilengkapi Alutsista Ranpur Panser, diharapkan dapat menambah kemampuan jajaran Kodam VI/ Mulawarman dalam melaksanakan tugas pokoknya menjaga kedaulatan dan keamanan wilayah Kalimantan Timur. Sebagai satuan yang memiliki Kendaraan Lapis Baja Panser, maka satuan dituntut memiliki mobilitas yang tinggi dalam mendukung tugas pokok Kodam VI/Mulawarman.

Lebih lanjut Pangdam meminta kepada para prajurit Satuan Kompi Kavaleri-13/Macan Tutul Cakti agar segera menyesuaikan diri dengan masyarakat di sekitar wilayah satuan karena TNI pada hakekatnya adalah tentara yang berasal dari rakyat, bekerjasama dengan rakyat, dan berjuang untuk rakyat.

Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto menyampaikan beberapa penekanan yang harus dipedomani dalam melaksanakan tugas diantaranya sebagai berikut :

  1. Pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI dalam bersikap, bertindak dan berbuat. Jadikan Satuan Kompi Kavaleri-13/Macan Tutul Cakti ini menjadi wadah pengabdian kita sebagai prajurit TNI yang bisa dibanggakan.
  2.  

    Jaga disiplin dan profesionalisme keprajuritan dengan melaksanakan Pembinaan Satuan secara konsisten dan kontinyu di lapangan.

  3.  

    Jangan pernah ragu untuk bertindak dan berbuat yang terbaik untuk bangsa dan masyarakat sesuai dengan prosedur dan aturan hukum yang berlaku.

  4.  Pahami dan hormati adat istiadat kehidupan masyarakat di wilayah ini serta mampu bekerjasama dengan seluruh komponen masyarakat dalam mewujudkan visi Kodam VI/Mulawarman sebagai tentara yang solid, profesional, tangguh, berwawasan kebangsaan dan dicintai rakyat.

     

Selesai upacara dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti dan penekanan tombol pembukaan papan nama Simbol Satuan Kompi Kaveleri serta penanaman pohon kelengkeng, perkenalan Komandan Kompi Kavaleri-13/Macan Tutul Cakti Kapten Kav Deka Eka Setiabudi, S.Sos dan diakhiri dengan acara ramah tamah. (tni.mil.id).

  4 Responses to “Kompi Kavaleri-13/Macan Tutul Cakti Diresmikan”

  1.  

    Macan Tutul Cakti = Kekuatan Utama Macan Tutul, berasal dari bahasa Hindu sansekerta. Betul nda sih.?

  2.  

    Klu tank harimau hitam sdh produksi masal mantap jg ditempatkan dsn!he3

  3.  

    battle taxi anoa da cukup
    gak perlu utak2 atik lagi
    negara asli desainnya pun mulai menanggalkan

 Leave a Reply