Konflik Yaman Sebabkan 7.000 Orang Tewas dalam Seminggu

14
3

hutii

Konflik antara kelompok Houthi dan pasukan koalisi Arab masih terus berlanjut di Yaman. Konflik ini diawali sejak 19 bulan lalu, dimana pemberontak Houthi bersama dengan sekutu mereka menyerbu ibukota Sanaa. Pemerintah Arab Saudi langsung turun tangan membela pemerintah Yaman yang didukung oleh Internasional.

Setiap konflik pasti menimbulkan korban, data dari Organisasi Kesehatan Dunia, dalam satu minggu diperkirakan 7.000 orang tewas akibat konflik di yaman. sementara sejak tahun 2015 ada 37.000 orang terluka. Tidak hanya itu, bencana kelaparan dan wabah penyakit juga melanda negara tersebut. Air yang terkontaminasi juga telah menyebabkan wabah kolera di Sanaa dan Taiz, kota terbesar ketiga Yaman.

Menurut data kesehatan PBB, ada 21 juta orang di Yaman yang berada dalam kondisi memprihatinkan, mereka sangat membutuhkan bantuan pelayanan kesehatan.

Bantuan memang kerap mengalir dai berbagai sumber, namun kendala di lapangan terkadang membuat bantuan tersebut akhirnya tidak sampai ke masyarakat di Yaman. baru-baru ini Juru bicara pasukan koalisi Arab memprotes tindakan kelompok Houthi yang memblokir 34 kapal yang membawa bantuan berupa makanan dan obat-obatan. Kelompok Hotuhi tidak memberikan akses ke-34 kapal unutk bersandar di pelabuhan Hodeida.

sumber : sindoews

14 COMMENTS

LEAVE A REPLY