Mei 132018
 

dok. Rudal Petir. (Kemhan RI)

Jakarta, Puslitbang Alpalhan Balitbang Kementerian Pertahanan (Kemhan) menyelenggarakan seminar pengembangan Rudal Petir tahap II – IV dengan tema “ Konsolidasi Anak Bangsa dalam Rangka Mewujudkan Rudal Nasional” yang dilaksanakan di Rupatama Lantai V Gedung Ir. H. Djuanda Balitbang Kemhan, Jl. Jati No.1 Pondok Labu, Jakarta Selatan, dirilis situs Kemhan.go.id, 11-5-2018.

Acara dibuka oleh Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani, mewakili Kabalitbang Kemhan dan dihadiri oleh Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Laksma TNI Ir. Agus Rustandi, M.EngSc., MMDS., Kabid Matra Laut Puslitbang Alpalhan Kolonel Laut (KH) Ir. Indra Usmansyah, MM., para pejabat di lingkungan Kemhan dan TNI, staf Asops Kasal, staf Kadislitbangad, staf Kadislitbangal, staf Kadissenlekal,

Hadir pula pihak LAPAN, Institut Teknologi Bandung (ITB), PT. Infoglobal, dan PT. Sari Bahari. Sebagai narasumber adalah Kapus Tekroket LAPAN Drs. Sutrisno, M.Si., Dr. Djoko Sardjadi dari ITB, Peneliti Pertama Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Rosihan Ramin, ST., serta Dr. Edi Sofyan dari PT. Sari Bahari.

Seminar diawali sambutan dari Kabalitbang Kemhan yang diwakili oleh Kapuslitbang Alpalhan, beliau mengatakan bahwa pembuatan prototipe Rudal petir tahap II-IV ini merupakan program lanjutan dari tahun anggaran tahun 2017.

Program ini juga merupakan program Balitbang Kemhan bekerjasama dengan mitra diantaranya PT. Sari Bahari, Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN), Institut Teknologi Bandung (ITB) serta melibatkan instansi luar yang berkompeten di TNI AL.

Diharapkan dengan pelaksanaan seminar ini pengembangan prototipe Rudal petir tahap II-IV dapat meningkatkan penguasaan teknologi yang nantinya dapat berfungsi sebagai Alutsista TNI. Selain itu program ini juga dilaksanakan dalam rangka ikut mengurangi ketergantungan Alutsista pada produk impor.

Kemudian beliau menambahkan, pengembangan Rudal dengan trust power berupa small jet engine ini merupakan pengembangan pada tahap II dari IV tahap yang direncanakan. Dimana pada tahap ini dititik beratkan pada seeker.

Rudal dengan identitas Rudal petir, diharapkan dapat mencapai kecepatan 350 km/jam dengan jangkauan sekitar 80 km surface to surface. Negara yang mengembangkan Rudal dengan pendorong small jet engine dan wahana bersayap seperti Rudal petir diantaranya adalah Iran dengan Rudal karrar-nya, Turkey dengan som-nya. Oleh sebab itu, dengan kegiatan litbang ini nantinya dapat mendukung Alutsista dan mempunyai deterrance effect.

Di akhir sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih dan penghargaan sedalam-dalamnya kepada pembicara, penanggap dan undangan yang telah meluangkan waktunya untuk mengikuti acara seminar ini. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pendukung dan panitia pelaksana seminar ini, atas perhatian, bantuan dan kerjasamanya sehingga seminar ini dapat berjalan dengan hikmat. (Kemhan RI).

Bagikan: