May 102018
 

Kontingen Divif-1/ Kostrad ang diwakili Yonif Raider 303 Kostrad, keluar sebagai juara umum Lomba Peleton Tangkas tahun 2018, dengan menyisihkan 16 Kontingen lainnya serta berhak memboyong piala bergilir Kepala Staf Angkatan Darat.

Cipatat, Jabar, Jakartagreater.com – Kontingen Divisi Infanteri 1 Kostrad (Divif-1/ Kostrad) keluar sebagai juara umum Lomba Peleton Tangkas 2018 menyisihkan 16 Kontingen lainnya dengan total raihan poin tertinggi 180 serta berhak memboyong piala bergilir Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad).

Lomba Peleton Tangkas Tahun 2018 ini, diselenggarakan selama 10 hari, mulai tanggal 30 April  sampai dengan 9 Mei 2018, yang diikuti oleh 15 Kodam dan 2 Divisi Infanteri Kostrad dengan delapan materi lomba yakni L

  1. Garjas A (3200 meter).
  2. Renang Militer.
  3. Ilmu Medan.
  4. How to Find the Fighter (HTF).
  5. Menembak Senapan.
  6. Menembak Pistol.
  7. Lintas Medan.
  8. Halang Rintang (HR).

Penyerahan Piala bergilir Kasad diserahkan langsung Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono saat upacara penutupan Lomba Peleton Tangkas yang dilaksanakan pada Rabu 9 Mei 2018 di Lapangan Yudha Wastu Pramuka, Pusat Pendidikan Infanteri Pussenif Kodiklatad, Cipatat, Bandung, Jawa Barat.

Kasad Jenderal TNI Mulyono dalam amanatnya menyampaikan apresiasi dan kebanggaan kepada para peserta Lomba Peleton Tangkas, yang telah menunjukkan loyalitas, semangat juang dan sikap pantang menyerah demi kehormatan dan harga diri prajurit maupun satuan masing-masing.

“Sportivitas, kekompakan, dan semangat untuk berkompetisi kalian yang menyala-nyala sepanjang lomba ini, tentunya juga membuktikan bahwa kalian sangat layak dijadikan sebagai teladan bagi kita semua. Sebagai pejuang tangguh, dengan penuh ketulusan dan keikhlasan, berbagai keterbatasan dan tantangan tidak menjadikan halangan bagi kalian untuk senantiasa berbuat yang terbaik,” ujar Kasad.

Kasad menegaskan, apa yang telah dicapai saat ini, tentunya sangat berharga bagi Angkatan Darat. Tidak hanya dalam rangka memberikan jaminan kesiapan operasional satuan yang tangguh dan profesional, tapi juga untuk mendukung penentuan arah dan perumusan kebijakan pembinaan satuan yang terintegratif.

“Suatu kewajaran jika dalam perlombaan ada yang menang dan ada yang kalah. Namun demikian, apapun hasilnya, kalian harus tetap pulang dengan kepala tegak karena capaian ini diraih dengan cara-cara yang terhormat dan mengedepankan nilai-nilai kejujuran. Ini penting untuk kita hayati dalam hati dan sanubari yang paling dalam, sebagai kesatria sejati,” tegas Kasad.

Kasad berharap bagi peserta lomba yang belum berhasil meraih juara untuk tidak berkecil hati dan segera melakukan evaluasi pembinaan satuan. “Segera lakukan introspeksi dan refleksi diri atas pola pembinaan satuan yang dijalankan selama ini. Setidaknya, melalui momentum ini kalian dapat merasakan nilai-nilai kebersamaan, kekompakan serta dimensi perjuangan tanpa lelah,” harap Kasad.

Berbagai kekurangan dan ketertinggalan yang kalian rasakan, harus dijadikan sebagai bagian pembelajaran hidup, bahwa untuk menggapai puncak prestasi harus melalui tahapan kegiatan yang terencana dan terukur dengan baik, bukan dengan cara-cara yang instan.

“Yakinlah bahwa sesungguhnya kalian adalah prajurit-prajurit kebanggaan TNI AD, kalian adalah putra-putra terbaik bangsa yang terpilih yang dapat dilatih untuk menjadi patriot dan kesatria bangsa,” ujar Kasad memberikan semangat prajuritnya.

Kontingen Divif-1 Kostrad yang diwakili Batalyon 303/Setia Sampai Mati, mengumpulkan poin tertinggi dengan 180 dari hasil menjuarai empat materi lomba antara lain materi renang militer, lintas medan, HTF, menembak senapan. Pada Lomba Peleton Tangkas tahun 2018 ini, posisi klasemen umum kedua diraih Kontingen Kodam XVIII/Kasuari dengan total poin 120 dan juara ketiga diduduki Kontingen Kodam XIV/Hasanuddin dengan total poin 108.

Sebelum menutup Lomba Peleton Tangkas 2018 ini, Kasad beserta pejabat Angkatan Darat menyaksikan secara langsung lomba materi Halang Rintang yang diikuti seluruh kontingen. Selain mendapatkan tropi, Kontingen juara pertama mendapatkan dana pembinaan sebesar Rp. 200 juta, juara kedua mendapatkan dana pembinaan sebesar Rp. 150 juta dan juara ketiga sebesar Rp. 100 juta. (Penkostrad)

Bagikan :

  5 Responses to “Kontingen Divif-1/ Kostrad Juara Umum Lomba Ton Tangkas 2018”

  1.  

    Wuih sepi yg koment

  2.  

    sayang Nadjib junjunganku keok sama Tun, padahal nadjib adalah pahlawan asean yg sukses bikin malingsial dipermalukan 😆

  3.  

    selamat kepada pemenang
    yonif raider 303 kostrad
    terus semangat buat peleton yang belum menang
    semoga bisa jadi pelecut untuk periode mendatang
    dana pembinaan bisa dibagi sebagian ke sini
    dikirim ke bung mimin saja

  4.  

    Sukses buat Divif-1 Kostrad…Lancrutkan

 Leave a Reply