Jun 082014
 
Freeport Gold Mine in West Papua (photo: grahafauzi.wordpress.com)

Freeport Gold Mine in West Papua (photo: grahafauzi.wordpress.com)

Jakarta. Pemerintah Indonesia akhirnya benar-benar memperpanjang kontrak karya PT Freeport Indonesia dari seharusnya berakhir pada 2021 menjadi lebih panjang lagi yakni tahun 2041.

Meski perpanjangan kontrak akan diteken dua tahun sebelum kontrak berakhir atau pada 2019, pemerintah menjamin kesepakatan yang menjamin perpanjangan kontrak akan tertuang di memorandum of understanding (MoU) yang akan diteken sebelum masa Pemerintah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini berakhir.

“Perjanjian ini menjadi bagian tak terpisahkan, mengikat dua belah pihak Indonesia dan Freeport dan merupakan bagian dari amandemen kontrak,” tandas Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sukhyar, Jumat (6/6/2014).

Keputusan ini, kata Sukhyar, diambil untuk memberikan kepastian bagi investor asing mengingat dana investasi yang dibenamkan oleh Freeport besar yakni mencapai 15 miliar dollar AS.

Apalagi, dalam rapat maraton sepekan terakhir, manajemen Freeport juga menyepakati poin lain dalam kontrak.

Pertama, Freeport berjanji akan membangun pabrik pemurnian atawa smelter mineral emas di Gresik, Jawa Timur, dengan nilai investasi 2,3 miliar dollar AS. Selama ini Freeport memilih ekspor konsentrat mineral tanpa pengolahan.

Kedua, perusahaan tembaga, emas, dan perak ini di Grasberg, Papua, juga bersedia menaikkan royalti dari yang berlaku saat ini cuma 1 persen menjadi 3,75 persen. Namun, Freeport meminta agar kenaikan royalti ini berlaku setelah perpanjangan kontrak atau pada 2021 nanti.

Ketiga, Freeport juga setuju melakukan divestasi saham sebesar 30 persen kepada Pemerintah Indonesia, pemerintah daerah, BUMN ataupun BUMD, sesuai aturan yang berlaku.

Keempat, Freeport juga menjamin penggunaan tenaga kerja lokal dan produk dalam negeri hingga 100 persen. Terakhir, Freeport juga setuju atas pengurangan areal wilayah pertambangan dari 212.950 hektar menjadi 125.000 ha.

Rozik B Soetjipto, Chief Executive Officer Freeport Indonesia, sebelumnya mengatakan, kalau renegosiasi sudah selesai, “Sekarang tinggal bahasa hukumnya saja,” ujar dia.

Juru bicara PT Freeport Indonesia Daisy Pimayanti menambahkan, beberapa poin renegosiasi sudah dilakukan Freeport, seperti mempekerjakan warga lokal hingga 98 persen dari total pekerja. Pemakaian barang produksi dalam negeri kini juga sudah mencapai 60 persen.

Namun, menurut pengamat pertambangan Marwan Batubara, hasil renegosiasi ini kurang menguntungkan Indonesia. Utamanya soal kewajiban divestasi.
Menurut dia, pemerintah seharusnya memperlakukan Freeport sama dengan perusahaan tambang asing yang memiliki kewajiban melepas 51 persen sahamnya.

Dengan begitu, Indonesia bisa mengambil kontrol atas perusahaan-perusahaan tambang yang dikuasai oleh asing itu. Dengan begitu, pemerintah paham produksi, ekspor, hingga royalti yang seharusnya menjadi bagian Indonesia.

Apalagi, Undang-Undang Minerba mengamanatkan negara menguasai sumber daya alam. “Alasan Freeport adalah tambang terintegrasi dan berinvestasi tambang bawah tanah, itu bukan alasan untuk lepas saham 30 persen saja,” ujar Marwan.

Hanya, Sukhyar meyakinkan bahwa pemerintah sangat berhati-hati dalam renegosiasi agar tak merugikan di kemudian hari. (Kompas.com/ Muhammad Yazid).

  398 Responses to “Kontrak Freeport Diperpanjang Hingga 2041”

  1. Perdana kah…

    • BOYKOT PRODUK AMERIKA

    • seharusnya royalti untuk indonesia dinaikkan menjadi 40%.

      • Pengen tau tanggapan bung satrio yg dr kemaren kemaren selalu memuji-muji presiden SBY, setuju dgn pendapat ada indikasi lempar batu sembunyi tangan presiden selanjutnya pasti yg kena getahnya

        • Apakah ini yang dimaksud dengan “Kapal Karam” ?

        • hehehe Bung Nugraha Gatel yaa menyerang saya..
          Membaca komen anda sebelum sebelumnya yang mendewa dewakan JKW dan Partainya ,,, saya diam saja ,,tidak menyerang anda… saya sangat menghargai koment koment yang berbeda disini, lha kenapa kok menyerang secara pribadi,,

          Anda tidak tahu apa apa tentang saya dan perkataan anda saya mendewa dewakan pak Sby itu tidak berdasar,,, karena anda tidak membaca semua koment saya disemua artikel masalah freport dan pertambangan diwarjag,,,

          Coba anda baca lagi semua koment2 saya diartikel masalah tambang diwarjag,,,
          Untuk pengetahuan anda silahkan baca koment saya nanti disini yaa mereview koment saya tahun tahun kemarin,

          maaf ijin bergabung warjager ,,

          • emang apa susahnya nolak bung s?

          • Sy punya pendapat pribadi, cmiw. Sy punya perasaan, menurut SBY suksesor terbaiknya adl JKW tp jalan politik tdk pernah lurus justru berkelok2. JKW diusung oleh orang yg sangat membencinya yaitu Megawati dan Surya Paloh, apalagi berpasangan dg orang yg tdk diajak sbg cawapres yaitu JK. Pandangan politik SBY bertolak belakang dg PS tp nasib memasangkan PS dg HR yg notabene besannya. Barat dr dl sulit menduga orientasi HR apakah pro USA apa tidak, dan 5 thn menjadi menko adl bukti bahwa HR lebih membela kepentingan Indonesia dibanding USA. Baru sebentar ditinggal HR dah hilang trilyunan rupiah. SBY menunjukan siapa jati dirinya. IMHO.

          • Saya yang golput aja gak nyerang siapa-siapa yang mendukung kedua badut 🙂

            Maklum, golongan ane dilarang kampanye ndan…
            Kabooor….

          • kalimat bung openmind ini menggelitik,

            …berpasangan dg orang yg tdk diajak sbg cawapres yaitu JK…

            sayang, hanya karena tidak ingin ada ‘matahari kembar’, lalu tidak diajak, grafik ini membuktikan jika diajak, mungkin ekonomi tidak akan terpuruk seperti sekarang,

            http://static3.businessinsider.com/image/5213df3eecad04b83e000011-799-599/cotd-28.jpg

            dalam kurun 2004 – 2014, titik paling parah = 2008, krisis keuangan global, tapi kita hanya terpuruk sebentar lalu bangkit, pasca 2009 (JK absen) perlahan tapi pasti ekonomi nyungsep padahal negara2 eropa yang sakit parah akibat krisis (yunani cs) justru mulai bangkit…

            apakah trend terpuruk ini akan diperdalam atau dibalik arah tergantung pilihan rakyat juli nanti…

        • setuju bung,melawan amerika itu harus hati2&penuh perhitungan.

        • trus langkah selanjutnya gimana

          harus jelas itu isi dari amandemen PKS nya diserahkah ke siapa sahamnya trus per kapan, smelternya difungsikan kapan

          setahu saya sebelum ttd masih bisa revisi

          tinggal keberanian presiden selanjutnya, apakah akan menaikkan royalti dan menambah jatah saham RI menjadi 51%

          Atau
          Sebaliknya

      • “Pertama, Freeport berjanji akan membangun pabrik pemurnian atawa smelter mineral emas di Gresik, Jawa Timur, dengan nilai investasi 2,3 miliar dollar AS.”

        ini yang agak menggelikan, ngapain bangun smelter di gresik kalau tambangnya di papua !!!

        janganlah terlalu mensentralisasi industri di pulau jawa, “mana Pemerataan Pembangunan”, sadar nggak kita telah terkena jebakan “KONYOL” oleh Amerika dari setiap pengambilan keputusan

        pemerintah seharusnya lebih menghargai hak rakyat papua, berikan keputusan yang wajar dan adil

        tidak heran kalau banyak rakyat papua yang merasa tidak adil, dan saya kira Pilihan mereka mau membelot adalah “WAJAR”

        Kecewa dengan Pak SBY

        • smelter butuh daya listrik besar bung Chaos, makanya di Jawa…

          • kalo listrik saja alasan mengapa Vale diSoroako bangun smelter jg disana…lengkap dgn bandara, PLTA, pelabuhan eksport…ini sebetulnya kebijakan yg tdk pro pembangunan kawasan timur Indonesia……btw Freeport (Amrik) dan Tangguh(inggris) adalah asuransi Indonesia agar kedaulatan di Papua tdk diobok2…itu saja…maklum Aussie suka iseng sih…he5x…tapi kan tanahnya Freeport udah dibagi 2 tuh…mungkin Red china juga akan masuk…

          • seperti anda bilang, vale membangun PLTA (artinya listrik kriteria utama), sungai di wilayah kerja FI secara teknis mungkin bisa dibendung, masalahnya sungai tsb digunakan juga untuk mengangkut tailing (serbuk gerusan batu, ampas dari proses pemisahan kandungan tembaga/emas/perak) ke daerah pengendapan taliling di dataran sekitar timika, sehingga akan terjadi pendangkalan cepat di bendungan.

            kalau analisanya:
            ……btw Freeport (Amrik) dan Tangguh(inggris) adalah asuransi Indonesia agar kedaulatan di Papua tdk diobok2…itu saja…maklum Aussie suka iseng sih…

            pemerintah akan memaksakan pembangunan smelter di papua dong, agar ‘premi asuransi’ semakin besar?

            …ini sebetulnya kebijakan yg tdk pro pembangunan kawasan timur Indonesia…

            sepanjang hasilnya dikembalikan ke papua dan tidak ditilep pejabat2 daerah, pembangunan infrastruktur papua seharusnya tidak terganggu

      • paling tidak keputusan memperpanjang freeport sudah lebih baik untuk keuntungannya… lebih banyak dibanding dengan kontrak periode yang sudahsudah,untuk rakyat papua paling tidak tenaga lokal banyak yang mendapat lapangan pekerjaan , kalau dihitung soal rugi ya pasti masih rugi…. tapi paling tidak sudah lebih baik….maaf ngaco cuma numpang nulis aja

    • INNALILLAHI!!!!!!

    • di thread ,ini sepertinya,,,tempat orang patah hati dan stres….

      bravo nkri, dan thx free port atas kebaikan anda ..karena telah diberi kami royality 30%

    • ane masih belom percaya karena negosiasi kontrak kan 2019
      kalopun di perpanjang berarti permintaan pemerintah bisa di terima seperti pembangunan smelter, go publik saham 60%. dll

  2. Lanjutkan….!!!

  3. pertamakah???

  4. PERTAMAX , akhirnya dpet NO siji

  5. no coment.. hanya sedikit kecewa,, ;-(

    • apa kabar pemerintah?
      Masih bicara kedaulatan?
      masih bicara nasionalisasi? atau nasionalisme?
      sampai kapan bumi dan air di kuasai negara utk kemakmuran rakyat???
      bukan kah anak cucu mu kelak juga memiliki hak utk mengatur bumi dan air?
      knp diwariskan ke USA lagi?

      inikah yang disebut kolonialisme ekonomi?
      2041 itu berapa ganti ke pemimpinan..??? apakah pemimpin kelak tidak berhak menentukan nasib bangsa ini???

      wassalam (dgn rasa kecewa yg teramat sangat..)

      • Jangan pernah lupa dengan UUD 1945 yg menyatakan:

        – ”Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan” (Pasal 33 Ayat 1);
        – ”Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara” (Pasal 33 Ayat 2);
        – ”Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat” (Pasal 33 Ayat 3);
        -dan ”Perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional” (Pasal 33 Ayat 4).

        • melihat pasal 33 ayat 3
          apakah keputusan pemerintah utk melanjutkan kontrak sampai 2041 termasuk pelanggaran UUD bung jalo?

          soal nya ”Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh freepot bukan negara..”
          bayangkan 2014 ke 2041 itu sekitar 27 thn. sekitar 5x pergantian RI 1..

          apakah ke 5 pemimpin nanti tidak mempunyai HAK nya utk mengelola bumi dan air dan kekayaan yang terkandung di dalam nya??? semua utk kemakmuran rakyat indonesia,

          apakah keputusan ini tidak disebut SERAKAH???

          • Kalau di materi gugat bisa saja, pasal ini pernah jadi dasar gugatanDien Syamsuddin dan Pak Kurtubi terkait pasal 14 UU Nomor 33 Tahun 2004 yang mengatur mengenai porsi/prosentasi DBH Migas.

          • klo masih bisa di gugat
            kita harus rapatkan barisan dan menggugat nya.. demi anak cucu kita kelak, demi bangsa indonesia yang makmur,,

          • Nah kalau masalah iniPak Kurtubi jagonya, semoga beliau menggugat saya sih kalau ngerti mau aja cuman gak tahu carea gugat itu gimana cara penyusunan gugatan seperti apa. Nanti saya coba nanya2 Pak Kurtubi, kali aja beliau mau gugat. 😀

          • saya setuju

            Mudah mudahan disini ada ahli ekonomi, ahli Hukum

            yang dengar, dan melakukan gugatan ke MA

            kalau masalah sama amerika, pasti rakyat bersatu, walaupun beda Capres ehehheheh

        • @bung Jalo, jika jd gugat (misal bikin class action), yuk patungan ngumpulin ttd sekaligus uang bantingan utk membiayai gugatan tsb. Kalo bung Jalo mau jd koordinator, sy kira temen2 warjager pasti antusias utk ikut nyumbang, bgm bung? Semoga usaha melobi pak Kurtubi dipermudah jalannya, aamiin!

          • Ok bung Ekki, harus ketemu beliau biar tahu masalahnya seperti apa?? Nanti saya tanya beliau dulu, kalau beliau berkenaan…

          • BELIAU sudah jadi anggota DPR-RI dari dapil NTB, masihkH KITA BISA BERHARAP?

      • bung andri,kalau nggak salah sy pernah membaca kl emas di grasberg abis thn 2047.CMIIW

      • Sengaja kayaknya…..mungkin mamarika ketakutan 2 cpres yg sekarang gak mo bpihak utk melanjutkan kontrak….makanya kmaren dtg si bos besarnya utk mempercepat perpanjangan kontrak….

        Tpi sbg pelipur lara bwt bung andri:
        http://stat.ks.kidsklik.com/statics/files/2014/01/139012978322776276.png

      • Kemaren yg maksa 51% kan hatta rajasa,skarang dah mundur.jadi ya penggantinya ntu yg teken k0ntrak.
        Apakah bagian dari kampanye. . ?
        Kita tidak tahu. . .

  6. herann…

  7. mlegedes tambah kere..salam newbie .silence reader

  8. Gajah mati meninggalkan gading
    Pemerintahan berganti meninggalkan kontrak 😆

  9. Sebenernya indonesia dapat berapa persen dari prouek freeport ini?

  10. sepuluh besar

  11. Innalillahi….

  12. kenapa permintaan saham pemerintah jd turun 30% bukan’y kmrn 51% harus’y di pertahankan donk

    • Kliatannya Freeport tidak setuju bung 51 % mereka saat itu menawar 20% dan akhirnya sepakat 30%, miris memang kekayaan punya kita tapi yg menikmati asing.. Go to hell ASU

    • Kecewa

    • tapi yg bikin kecewa tu knp diperpanjang smpe 2041 ?

      • Nah itu PR besar bagi Pemerintahan Baru dan Para legislator kita yg baru. Termasuk kita wajib untuk mengkritisi dan klo menyalahi aturan yg lebih tinggi yaitu UUD’45 maka wajib untuk dibawa ke mahkamah konstitusi/

      • Yg parah pertama perubahan PP, underground itu yg paling utama, kok dapat perlakuan khusus lihat kata2 ini…

        “Perusahaan yang bakal mendapatkan perlakuan khusus, selain Freeport, adalah PT Vale Indonesia dan PT Weda Bay Nickel yang mengintegrasikan tambang dan smelter”

        Nah nanti lihat aja kalau sudah jalan pasti ada yg teriak, dan akhirnya PP akan berubah lagi. Teriak karena Freeport dapat perlakuan khusus cuman diberikan nilai divestasi 30%, pasti perusahaan lain akan gugat lihat aja kedepan termasuk Kadin pasti ikut2an ngomong. Dan perlu diingat, penambangan bawah tanah itu merusak lingkungan karena limbahnya itu, kalau ada yg pernah ke Ertsberg bisa lihat sisa peninggalan Freeport dan pasti ngerti.

        Saya sudah 4 kali kesana dan melihat langsung, belum lagi limbah2 yg berada diareal pertambangan aktif. Kemen LH yg seharusnya bertugas melindungi lingkungan malah diam dan tidak ada keluhan, salut dengan piaraan Amerika satu ini. Mereka belum pernah melihat limbah Freeport atau pura2 tidak lihat atau mentang2 itu Rakyat Papua yg jauh dari Ibukota jadi tidak perlu diperhatikan dampak limbah tersebut. Bikin emosi aja nih Kementrian ini yg namanya Persatuan Indonesia atau gimana??

        Itu belum hitung2an Royalti, faktor keselamatan kerja masyrakat kita, masalah pembangunan daerah, dll…. Haduuuh, rusak negaraku ini

        • Selain class action, yuk bikin gerakan moral semacam petisi dng mengumpulkan sekian ribu ttd kmd disounding kemana-mana termasuk ke wakil kita di senayan. Semoga bung Jalo berkenan mjd koordinator ditingkat pusat. Ini suatu bentuk keprihatinan qt semua krn SDA yg luar biasa dr negara qt diambil secara rakus tanpa mempedulikan kerusakan yg ditimbulkan pd alam dan penghuni disekitar lokasi tambang. Kasian saudara-saudara qt di papua. Ayo bung, saatnya qt bergerak.

        • Bung Jalo…begitulah kalau menterinya adalah hasil koalisi bagi2 kursi menteri…presiden mengeluh pun tidak berkutik krn jatah kursi menteri yang menunjuk orangnya adalah parpol koalisi.
          Seperti pengganti Menag, itu kan yang milih orangnya adalah PPP, bukan presiden, karena menag adalah jatahnya PPP.
          Kan lucu jadinya, ada menteri dengan performa jeblok, tapi presiden tdk berani mengganti karena menteri tersebut jatahnya partai koalisi, seperti pada kasus impor daging sapi.
          Lha sekarang ada capres yang mau mengulang pola bagi2 kursi menteri ke parpol koalisi lagi. Seandainya rakyat memilihnya, ya jangan harap kejadian2 seperti yg Bung Jalo uraikan diatas tidak akan terulang lagi.
          Walau hanya pedagang ayam, saya jadi sedih melihat hal ini.

      • WTF, Mauritius? 😕

  13. cuma satu kata MIRIS……..

  14. saya penasaran dapet fee berapa sih sampe mau memperpanjang kontrak.

  15. Alhamdulillah..semakin lama pertiwi diperah sama neokolim.
    Udahlah lupain harapan sama pemerintah kita..kita urus dapur kita sendiri aja.
    *kecewabinmiris

  16. @om om yg berada di pemerintahan, di gedung pantat ijo, di gedung apalah… kapan kita lepasnya dari ASU n bgundal2nya… buat @om om yg ada di mabes,,, kok cuman bengong doank,,,? Emang mabes g bisa interfensi sedikit pun apa? Percuma alutsista gahar, klo kita masih terjajah, malu sama anak cucu om… (kecewa berat om bacanya) bung @satrio, @naraya, @ps, @stmj, @yayan, @jalo, @diego, @nowyoudont @gue. KENAPA KITA CUMAN BISA MELONGO DOANK T,T. Oh god my Indonesia… menuju 2045 jaya raya akan sangat banyak rintangan…

  17. sebagai orang awam, saya kecewa dng perpanjangan kontrak ini. kok mau” nya sih memperpanjang kontrak… 🙁

  18. Prediksi saya bener, ada yg mau melimpahkan ke pemerintah berikutnya. Yg patut disesali di akhir masa jabatan Presiden kita masih tetap tunduk. Kedatangan CEO Freeport kemarin berhasil misinya membuat negara tunduk pada perusahaan. Sebenarnya tidak apa2 apalagi mereka mau membangun smelter kita memang diuntungkan termasuk pekerja kita, yg lucu itu PP yg sudah dibuat dengan gampang akan dirubah, yaitu masalah divestasi. Di Media koar2 Freeport wajib mengikuti PP yaitu divestasi sebesar 51% sekarang dirubah, jadi ketahuan belangnya. Semoga ada yg gugat lagi, Bismillah… Kalau Freepport demikian wassalam perusahaan2 lain bakalan ikut.

    • Oohh iya tambahan, ada jaminan dari pemerintah gak bahwa bahwa hasil tambang akan melewati pengawasan ketat. Masalah minyak bumi aja ada permainan apalagi perusahaan ini yg kita sudah tahu belangnya sejak dulu, saya jadi ingat kasus pembelian surat berharga IMF yg dibeli pemerintah seharga $ 1 Milliar, penuh pencitraan tapi tidak berfungsi untuk pembangunan negeri.

      PEMERINTAH TUNDUK PADA KORPORASI ASING FREEPORT & NEWMONT DAPAT REKOMENDASI IZIN EKSPOR.

      Pernyataan Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral R Sukhyar pada Kamis (24/4) yang menyatakan bahwa PT Freeport Indonesia (PTFI) dan PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) sudah mendapatkan surat rekomendasi izin ekspor tambang, mesti direspon serius.

      Sebagaimana diketahui, sejak tanggal 12 Januari 2014, melalui Peraturan Pemerintah (PP) No.1/2014 pemerintah melarang semua ekspor mineral dan batubabara, sebelum diolah dan dimurnikan dalam negeri melalui pembangunan pabrik pengolahan (smelter).

      Selain itu, syarat-syarat ketat diberlakukan. Yakni Peraturan Menteri ESDM No.1 Tahun 2014 tentang Peningkatan Nilai Tambah Mineral Melalui Kegiatan Pengolahan dan Pemurnian Mineral Dalam Negeri, Peraturan Menteri Perdagangan No.04/2014 tentang Ketentuan Ekspor Produk Pertambangan Hasil Pengolahan dan Pemurnian, hingga Peraturan Menteri Keuangan No.6/2014 tentang Penetapan Barang Ekspor Yang Dikenakan Bea Keluar dan Tarif Bea Keluar.

      Poin penting dalam aturan di atas adalah pentingnya dilakukan verifikasi, baik data maupun lapangan, apakah perusahaan benar telah membangun smelter; serta yang terpenting syarat terkait: “Memenuhi kinerja pengelolaan lingkungan yang baik” (Pasal 8 huruf c Permen ESDM Nomor 1 Tahun 2014).

      Fakta, sampai saat ini, Freeport dan Newmont belum membangun smelter. Bahkan mereka tegas nyatakan tidak mau membangun smelter. Fakta lain, dalam urusan penghancuran lingkungan, dua korporasi asal Amerika Serikat ini adalah juaranya. Kementerian Lingkungan Hidup yang seharusnya terganggu dan wajib bersuara tentang fakta ini, diam saja.

      Undang-Undang Minerba No.4 Tahun 2014 yang mengamanatkan pemerintah melaksanakan Renegosiasi [semestinya “Nasionalisasi!” ] tambang asing, tidak dijalankan sampai sekarang. Malah, Freeport dan Newmont terus diberi karpet merah lewat sejumlah dispensasi khusus. Masih bicara kedaulatan?

      Jakarta, 25 April 2014

      Erwin Usman
      Direktur Indonesia Mining and Energy Studies (IMES)

    • berharap ada yg menggugat ke MK untuk memaksakan hukum ke segala pihak.

  19. Perpanjang kontrak Keuntungannya buat kita apa ?

  20. innalillahi wa innalillahi rojiun……
    disuap berapa tuh kabinet?
    apache…. mana apache
    mending bakar ajalah
    nyeseeeek

  21. kira-kira ada deal apa yah sampe-sampe sby akhirnya nyerah memperpanjang freepot
    bisa jadi mamarika ngamanin freepot, takut mbah bowo jadi presiden, yang pernah berniat buat ambil alih
    hawa dalam negri juga udah ngebet pengen ambil neh tambang, minimal klo kerja sama yah yg sejajar
    sedih banget diperpanjang sampe 2041, divestasi cuman 30 %
    keliatan banget lemahnya diplomasi RI klo berhadapan sama mamarika
    sedih.com

  22. Yac Dari militer tidak menjamin ketegasan, buktinya ya Pak Beye, masa iya di perpanjang lagi, terus masih 1%, setelah kontrak dapat 3,2% dan di vestasi saham hanya 30% bener2 bikin kecewa, apa takut setelah tidak menjbat lagi tidak ada jasa sama mama rika, sumpah kecewa Pak

    • Mungkin lebih tepatnya takut tidak ada jaminan dari mamarika. Awal beliau berkuasa yg bantu sopo ayooo? 😀

      • wah klo gitu emmang gan pantes dong bintang lima buat beliau, alutsista gahar gak ada, yg ada malah yg beginian mulu,,

        • setidaknya hingga sebelum penembak gelap marak di kawasan ptfi, memang banyak expat yang MANTAN aparat, ex green beret, marine, polisi, hingga pilot heli di vietnam.
          pernah juga FBI aktif diturunkan menyelidiki penembakan yang menewaskan beberapa guru sekolah internasional.

          tapi tentara aktif rasanya tidak ada, lagian mereka mungkin kalah jago dari TNI soal perang anti gerilya.

          “Jangankan pasukan asing, pasukan TNI aktif, kabarnya juga ikut menjaga PT Freeport,”

          bukan kabarnya, memang iya, dulu satgaspam obvit adalah 1 yon kostrad yang dirotasi setiap tahun…
          (70 orang gak ada artinya, pos pengaman di sepanjang jalan antara kuala kencana hingga tembagapura ada puluhan)

  23. Intinya saya nau bilang pemerintah tidak konsisten…..katanya proses perpanjangan kontrak merupakan domain pemerintah periode selajutnya……memang pembangunan smelter untuk mengolah total volume explorasi tambang freeport butuh investasi yang tidak sedikit sehingga butuh kepastian jaminan mereka berinvestasi, semestinay jangan merembet ke soal divestasi….kalau asumsi nanti pemerintah yang baru mampu menerapkan UU minerba yang mematok saham pemerintah 51% berarti ini blunder dan saya khawatir pemerintah saat ini dipersalahkan…….intinya satu KONSISTEN DONG PEJABAT KALAU NGOMONG (apalagi bentar lagi sdh nggak menjabat kok teganya…. teganya…. teganya…. teganya…. teganya…. teganya dst).

    • Itu dia statement yang saya maksud, jadi pejabat kok “Mencla-mencle”……tapi sedulur semua jangan seneng dulu sekiranya divestasi nanti pun jalan…..
      ada cerita fantastis tuh pasca divestasi saham KPC (Kaltim Prima Coal) oleh riotinto lucunya saham milik pemerintah daerah bisa dijual begitu saja……ada aroma korupsi yang tidak tersentuh hingga saat ini, ada clue saya dengar dari masyarakat sangatta konon saat divestasi dikapalkan satu kontainer pecahan dolar dari singapura….menurut cerita sampling uang tersebut yang beredar di masyarakat ketika coba di tukar di Bank pemerintah ditolak karena nomor regristrasi (serie) nya tidak terdaftar di BI………makanya para pihak yg paham tolong ini dikawal jangan sampai cerita semacam itu muncul lagi…….

      • Yup bener bung Sastro apalagi kata2 ini…

        “Meski memiliki peluang meminta divestasi saham sebesar 51%, namun dikabarkan pemerintah hanya meminta sebesar 30%.”

  24. Mati lah kita seMua
    Ndas’e cemut2 yen kyok ngene akhir dari masa jabatan
    Makin kere lah kita

  25. Saya sekarang sebagai cucu Bung Karno mau tanya, itu Papua milik siapa sih?
    Alm. Komodor Yos Sudarso pasti menangis “di sana”. Darah Bung harganya, nyawa, bukan uang. Jangan Papua dan kekayan alamnya dijual, jangan dijual saya katakan lagi, tetapi buat makan kita, bangsa ini sampai 1000 tahun lagi. Ngelus dada saya, sekarang.

    Mohon kepada para pemegang kekuasaan untuk lebih bijak dalam menentukan kebijakan. Masa depan kita bukan hanya 100-200 tahun lagi, tapi masih 1000 tahun lagi. Terima kasih.
    (Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan. Sebagai cucu pahlawan, saya tergerak untuk angkat kata.)

    • Belum begitu lama setelah Yos Sudarso mengambil alih pimpinan operasi, anjungan KRI macan Tutul terbakar. Menurut pengakuan Sukirman mantan ABK Macan Tutul yang mengisahkan detik-detik akhir gugurnya Yos Sudarso. Sang Komodor menyampaikan pesan melalui radio RPF nya yang pasti diterima oleh kedua kapal dan oleh pos-pos PHB seluruh TNI angkatan laut dan institusi TNI lainnya. Pesan tersebut adalah “Kobarkan Semangat Pertempuran”. Seketika itu juga, KRI macan tutul tenggelam dan suasana menjadi sunyi.

      —–
      Ikut sedih, Bung. Susahnya zaman dulu seperti apa. Ga bisa berkata apa-apa lagi, Bung. Miris..

    • “Tengok dan sapalah, sejarah adalah bagian dari perjalanan budaya bangsa kita sendiri, dari situ kita akan lihat bangkitnya negeri ini”. Abel J.P

  26. Realistis aja…kita emang belum bisa lepas dari asu..liat aja mental birokrat kita..liat jga mata uang yg kita gunakan saat transaksi international…blum moncong senjata yg mengarah ma kita disekeliling ni negara….Rindu orang yang bisa bkata GO TO HELL WITH YOUR AID’S !!

  27. beruk malon lepas dari kandang topix
    nih pisang….balik kandang gih
    malaysia bukannya tiap tahun kudu bayar upeti ke inggeris? sekaligus tentaranya jagain istana buckingham. …. artinya masih jajahannya inggris

  28. kecewa berat. tampaknya nkri belum berdaulat penuh, harusnya undang undang ditegakkan di bumi pertiwi.

    • Yup bener bung Roni, pertama konsepsi TRISAKTI ditegakan dulu baru kita bicara kedaulatan. Baca berita ini bikin darah naik, apalagi lihat statment2 pemerintah sebelumnya.

      • Saya juga sudah males Bung Jalo, baca yang beginian.

        • salm kenal bung jalo. seandainya bisa pastikan siapa calon capres yg bisa mengantarkan kedaulatan nkri, alangkah mudahnya menentukan pilihan untuk NKRI yang kita cintai ini.

          • Pilihlah sesuai hati anda bung, kalau saya no comment deh tapi selalu berharap kedepan ada pemimpin yg berani dan membawa bangsa kita untuk maju…

          • Lha bung @jalo, dulu kn pernah rencana mo sharing trackrecord capres…..gimana kelanjutannya bung?

  29. Sudah saya bilang dari kemarin2 pejabat Indonesia mental kampret. Saya bingung asu itu dewa apa malaikat sih kok pada takut banget.

  30. Mending perang saja kalau seperti ini

  31. Inilah akibatnya bila terlalu lama di jajah belanda, ngapain juga kalau gitu ikut urusan laut china selatan, biar saja seluruh asean di bakar china, mending di invasi saja papua, di rebut paksa tambang emas itu dari amerika serikat.

    • Sugeng mbah,
      Ayo, mbah bowo, minta petunjuk lagi.
      Anak cucu di sini butuh petunjuk orang yang sudah kenyang pengalaman, mbah.

      • Mbah berdoa semoga saja tentara-tentara merah sang Naga yang gagah perkasa segera membuat huru hara di laut china selatan, biar di bakar semua negeri di asean, mbah akan sambut tentara-tentara merah dengan suka cita.

        Majulah sang Naga yang gagah perkasa, bebaskan papua, maju terus ke selatan, bakar semua, sembelih semua penjajah penjajah asing.

        • teng teng blues….
          dagelan d mulaiiiiii

          • APANYA YANG DAGELAN !!!!!

            NEGERI INI DIJUAL KE ASING !!!! PANTAS SAJA BANYAK YANG MASIH MISKIN, BERAS MAHAL !!!! BBM MAHAL…..

            APALAGI LISTRIK !!! PALING MAHAL SE ASEAN.

          • Kmentar mbah bowo benar, negeri ini “dijual”.

          • untuk kali ini ane akur deh ma mbah bowo, bahkan dijuanya amat sanga murah, ibarat diskon negara ini didiskon 90%, rombeng ditukat emas

        • Mbah berdoa semoga saja tentara-tentara merah sang Naga yang gagah perkasa segera membuat huru hara di laut china selatan, biar di bakar semua negeri di asean, mbah akan sambut tentara-tentara merah dengan suka cita.

          Majulah sang Naga yang gagah perkasa, bebaskan papua, maju terus ke selatan, bakar semua, sembelih semua penjajah penjajah asing……

          mirip mirip jepang dulu masuk ke Indonesia …disambut bak pahlawan …ujung2nya jd penjajah juga

        • Saya pling demen klo dgr kata2 mbah boker..kyk obat pencahar/broklax.. Bgus banget buat pencernaan perut sya..

          Makasih ya mbah atas kata2nya.. BAB sya jd lancar, tak tinggal ke WC bntar ya mbah..

      • Orang yang sudah gila…

  32. silahkan,berbanggalah dengan negara anda yang untuk merdeka saja harus minta inggris.

  33. Iya ini, mbah bowo, sebagai orang tua yang kaya pengalaman juga sudah angkat bicara ini.

  34. Bukan negara, tapi kalah ama perusahaan itu yg bikin sakit hati. Cuman CEO dari perusahaan datang aja kita langsung segera merubah PP, apalagi baca statment pemerintah sebelumnya. Shiit-lah

    • membaca artikel di atas rasanya mendidih darahku bung…mosok ngurusi freeport aja gak becus…mau sampai kapan kita di jajah sama freeport….

    • NKRI harga mati, itu maknanya dalam lho bung, bukan hanya wilayah tetapi juga sda negara.

    • salam satu bangsa rekan rekan…

      sungguh sulit bagi saya untuk menyumbangkan pendapat tanpa masuk ke dalam ranah politik, untuk memberikan sumbangsih solusi dalam menghadapi masalah freeport ini..
      mau tak mau, suka tak suka freeport harus dilakukan dgn political will dan political action..
      namun saya hormati rule nya di warung kita ini.. saya tdk akan kampanye..

      namun saya pribadi setelah menimbang kedua link dibawah ini..
      http://www.youtube.com/watch?v=cDktAWwbzCg
      http://www.youtube.com/watch?v=YpvIvlVytrY
      saya memilih kemana para cendekiawan memberi dukungan itu yg saya ikut….
      karena benar @bung joe kanda bukan cuma wilayah atau sda.. ini adalah hak dan pride kita sebagai bangsa, untuk duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dgn bangsa lain.
      adalah sangat menghina manakala bangsa kita didikte negara lain..

      keep moving forward..

    • Betul bung mirip VOC sekian abad lalu; hanya perusahaan atau syarekat dagang; miris. Sepakat bung hanya ajian Trisakti Bung Karno yg wajib dijadikan tema perjuangan.

  35. masih inget bantuan amerika ke PRRI?
    masih inget proyek NAMRU amerika?
    masih inget ama proses lepasnya timtim?
    masih inget ama embargo amerika?
    masih inget kasus penyadapan?
    saya mengajak warjager BOYKOT semua produk amerika

    • Setuju. Kita nasionalisasi saja. Semua industri barang tambang minyak dan gas. Mesisan wes, gak atek amerika, gak patek en. Sing ruwet iku ndukurane kene dewe, sek ragu2 ambil keputusan. Ngerasakno iki kudu darah tinggi ae, awak2 an..hadeeeh

  36. Udah gak usah ngambek & nyalahin asing mending tanya aja capres yg baru visi & misinya apa terkait minerba ! Perlu juga KPK periksa pejabat eksekutif lama termasuk legislatif yg kemungkinan besar ada menerima parcel…

  37. Puisi yang mbah persembahkan untuk Negeri China yang Agung

    TENTARA ABADI
    oleh : Bowo kusumo

    Wahai Tentara keabadian
    yang berjumlah berjuta juta
    segeralah bergerak selatan
    Engkaulah pemusnah segala kehidupan.

    Disini kami menunggumu
    Hancurkan ketidak adilan dengan pedang bengkokmu
    Engkaulah sinar yang terang, yang selalu haus akan darah musuh
    Dan engkaulah tentara keabadian yang selalu memusnahkan musuhmu.

  38. SALAH URUS

    Pantas saja semua serba mahal, pajak naik terus, bbm mahal, beras mahal, pengangguran dimana-mana,

    Jangan marah mbah kalau ngomong gini !!!!
    “Masih kalah dengan malaysia dalam usahanya memakmurkan rakyatnya.”

    RUGI DI JAJAH BELANDA !!!! KOMPENI BANGSAATTT !!!!

    • kalo ngga dijajah silondo,mana mungkin indonesia bisa seluas ini, sejarah selalu memlki dua sisi, tanpa belanda wilayah indonesia terpecah sesuai kerajaan masing2, tanpa jepang, kita mungkin takkan bangkit dan mempersenjatai diri dengan begitu cepat.

      • lagu lama,,69 tahun merdeka masih nyalahin orang, nggak malu apa?

        • Memang dijajah selama 350 tahun telah berpengaruh terhadap mental bangsa. Akan tetapi, kemerdekaan berkat Rahmat Tuhan YME harus tidak boleh kita sia-siakan. Yang lalu biarlah berlalu. Dilupakan saja, yang lalu tidak akan pernah bisa kembali untuk dirubah. Yang terpenting adalah masa depan, satu detik, menit, jam, hari, sampai tahun ke depan harus kita songsong dengan kegotongroyongan. Lupakan kecintaan kepada dunia, tegakkan keadilan. Hanya berkat Pertolongan Tuhan kita pasti bisa. Dengan hati yang bersih dan tulus kita pasti menang. Karena di masa depan sejarah akan ditulis oleh seorang pemenang.
          Terima kasih.

    • Jim Carrey :mrgreen: Liar Liar 😀

    • wah, nyalahin londo terus kapan majunya?

      vietnam baru tuntas mendepak amrik tahun 1975 dan dalam banyak hal sudah mengungguli kita dan khusus di bidang pendidikan, unggul jauuuh…

  39. apakah mungkin ada tekanan scr tdk lnsg dr pemerintahan amerika kpd indonesia? misal penarikan bantuan keuangan(jk ada).

    sy msh kurang mengerti mengenai perjanjian. sbnarnya sbrp kuat atau mengikat suatu mou? setahu sy walaupun sudah teken kontrak msh bs dibatalkan walaupun kemungkinan tipis karna nantinya ada sanksi kpd pihak yg membatalkan. jd jk mou ini kekuatan mengikatnya d bwah kontrak sbnrnya msh ada kesempatan untk merubah/membatalkan isi dr perjanjian tsb

    • Memorandum of Understanding (MoU) dalam bahasa Indonesia diterjemahkan dalam berbagai istilah, antara lain “nota kesepakatan”, “nota kesepahaman”, “perjanjian kerja sama”, “perjanjian pendahuluan”. Di dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUH Perdata) tidak dikenal apa yang dinamakan Nota Kesepahaman. Akan tetapi apabila kita mengamati praktek pembuatan kontrak terlebih kontrak-kontrak bisnis, banyak yang dibuat dengan disertai Nota Kesepahamanyang keberadaannya didasarkan pada ketentuan Pasal 1338 KUH Perdata. Selain pasal tersebut, Pasal 1320 KUH Perdata tentang syarat sahnya perjanjian, khususnya yang berhubungan dengan kesepakatan, dijadikan sebagai dasar pula bagi Nota Kesepahaman khususnya oleh mereka yang berpendapat bahwa Nota

      Kesepahamanmerupakan kontrak karena adanya kesepakatan, dan dengan adanya kesepakatan maka ia mengikat. Apabila kita membaca Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2000 tentang Perjanjian Internasional, dapat dikatakan pula bahwa undang-undang tersebut merupakan dasar Nota Kesepahaman.

      Tujuan pembuatan Nota Kesepahaman adalah untuk mengadakan hubungan hukum, sebagai suatu surat yang dibuat oleh salah satu pihak yang isinya memuat kehendak, surat tersebut ditujukan kepada pihak lain, dan berdasarkan surat tersebut pihak yang lain diharapkan untuk membuat letter of intent yang sejenis untuk menunjukkan niatnya.

      Lebih lanjut Nota Kesepahaman didefinisikan atau memiliki pengertian kesepakatan di antara pihak untuk berunding dalam rangka membuat perjanjian di kemudian hari, apabila hal-hal yang belum pasti telah dapat dipastikan. Nota Kesepahaman bukanlah kontrak. Kontraknya sendiri belum terbentuk. Dengan demikian Nota Kesepahaman tidak memiliki kekuatan mengikat. Akan tetapi dalam praktek bisnis ia sering dipandang sebagai kontrak dan memiliki kekuatan mengikat para pihak yang menjadi subjek di dalamnya atau yang menandatanganinya.

      Walaupun dalam praktek bisnis Nota Kesepahaman sering dipandang sebagai kontrak dan memiliki kekuatan mengikat para pihak yang menjadi subjek di dalamnya atau yang menandatanganinya, namun dalam realitanya apabila salah satu pihak tidak melaksanakan substansi Nota Kesepahaman, maka pihak lainnya tidak pernah menggugat persoalan itu ke pengadilan. Ini berarti bahwa Nota Kesepahaman hanya mempunyai kekuatan mengikat secara moral.

      • ehm… bung jalo keren paparan nya…

        negara yg kita cintai ini terpuruk manakala kita tidak menempatkan orang yg mempunyai kapabilitas kedalam posisi strategis.
        lebih buruk lagi orang yg mempunyai kapasitas adalah orang yg sama sekali tidak kapable di bidangnya..

        mari memilih yg terbaik..

      • @Bung Jalo : cmiiw, imho –

        Dalam dunia bisnis nasional pada khususnya sering terjadi misinterpretasi antara “Memorandum of Understanding (MoU) / Nota Kesepahaman” dengan “Memorandum of Agreement (MoA) / Nota Kesepakatan.

        MoU adalah dokumen legal untuk mendeskripsikan konsep secara umum dari saling pengertian, tujuan dan rencana kerjasama oleh para pihak. Nota ini merupakan formalisasi dari “gentlemen’s agreement” dan pada umumnya tidak memiliki kekuatan kontrak yang mengikat atau komitmen secara hukum.

        MoA adalah tindaklanjut dari MoU yang mendeskripsi proyek kerjasama dengan lebih detail serta rinci tanggung jawab spesifik dan tindakan yang akan dilakukan oleh para pihak demi tercapainya tujuan yang telah disepahami. Nota ini dapat menjadi dokumen hukum yang mengikat dan memastikan pihak yang bertanggung jawab terhadap komitmen/perjanjian kemitraan tersebut.
        —————————————————————————————————
        Kesimpulan saya mengenai artikel ini :
        Kepemerintahan era sekarang terkesan ingin melepaskan tanggungjawab kepada kepemerintahan berikut untuk mengambil keputusan. Dengan membuat MoU merupakan cara yang halus untuk meng-ya-kan kemauan asu UNTUK SAAT INI agar tidak mengkisruhkan keadaan negara yang dinilai “agak hangat” tahun ini. Nah, dengan asumsi demikian, beban yang harus diterima presiden selanjutnya akan berat karena akan “head to head” dengan asu mengenai polemik ini dikemudian hari. Oleh karena itu Big Bos harus memutuskan siapa diantara kedua capres yang dinilai “mumpuni” untuk mengeksekusi amanah tersebut dimana diharapkan kepemerintahan berikutnya dapat menganulirkan MoU ini dan pada saat itu pula MEF sudah berjalan sesuai harapan.

        Hanya pemikiran tukang sayur 🙂

        • @salam hangat bung Reymond

          Saja setuju dengan anda..karena MoU ini sifatnya ga main”,maka ga bisa di putuskan dengan cepat-cepat..
          Pemerintahan pak Beye tnggal bbrp bulan lgi, saya rasa etis bila keputusan itu dilimpahkan ke Presiden berikutnya..

          • Salam hangat pula @Bung Gogon, tepat sekali apa yang bung sampaikan. Disamping itu saya juga yakin bung sudah paham karakteristik dari cara pengambilan keputusan Big Bos kita yang teliti dan secermat mungkin sehingga terkesan lambat.

        • Menurut saya pemikiran anda yang paling mendekati persoalan kesepahaman ini, jadi masih ada harapan jika presiden kedepan adalah yang paling kuat kapasitas nasionalismenya… Tengkiu bung@raymond, salam hangat dan optimis indonesia untuk anda..

          • Salam hangat dan optimis Indonesia pula untuk anda @Bung Banyumili. Saya akan selalu optimis terhadap negara yang kita sangat cintai ini karena negara kita di takdirkan untuk menjadi Raya meskipun menuju kesana banyak hambatannya. Tapi tak perlu khawatir…selama masih ada @Bung Banyumili, saya, dan sahabat2 semuanya kita pasti Jaya.

        • Terima kasih tanggapannya bung Raymond jadi dapat ilmu lagi, 😀

          • Terimakasih terbesar justru kepada anda @Bung Jalo, ilmu yang anda berikan bahkan lebih banyak lagi bagi saya. Terimakasih!

  40. Pada saat beredar rumor ada capres yg punya visi mau nasionalisasi…… Eh tau2 ada pejabat yg bilang ngeri kalo nasionalisasi dijalankan eh ternyata oh ternyata pejabat yg bilang miris itu sekarang mau ttd MoU dengan melanggar aturan….

  41. Bingung juga nih sama pemerintah skrng…kenapa mesti takut sama asu? Kalaupun asu mengancam rakyat indonesia pasti bangkit melawan…ini penjajahan terselubung…apa yg terjadi dngn tim negosiator kita? Sungguh menyakitkan hati…bangsa indonesia bertekuk lutut di hadapan pt. Freeport…NKRI HARGA MATI…HIDUP INDONESIA…JAYALAH INDONESIAKU…

    • Emang yg dipikirin pemerintah skrg NKRI harga mati?? Coba tanya mereka apalagi di gedung pantat ijo, mereka tahu arti NKRI harga mati gak??

      Maaf bung Ipur, terlalu emosi..

  42. yang kaya makin kaya
    yang miskin makin bertambah
    hidup korupsi

  43. kecewa bin muak ma pemrintah..gak dari bawah sampai atas..isinya duwit smua..perinsip pmerintah ad duwit urusn beres dn cpet slsi..bikn ktp hrus ad duwit..tau kyk gni mles la byar pajak..

    • setuju bung jpr, jadi ingat dulu pernah ada yg menggalang untuk ga usah bayar pajak
      karna muak liat kelakuan pejabat saya selalu golput baik pilkot,pilgub dan pemilu kemarin.

  44. Memang miris kl memang hasilnya kayak gini. Saya sangat yakin penempatan asu di darwin ada hubungannya dg ini. Bagai buah simalakama kalau kita ngotot pasti papua yg akan diungkit2. Pilih papua atau freeport sama beratnya. Inilah warisan dari pemerintah kita dulu dan salah kita jg sebagai bangsa indonesia mau aja didikte bangsa lain. Pastinya freeport punya kartu truf saat negosiasi. Belum terlambat satukan tekad dan rapatkan barisan yakinlah pada kemandirian bangsa dan percaya diri. Tegakkan pancasila dan uuf 45. Merdeka

    • Susah bung, saya rasa duit sumbangan dari Freeport untuk oknum itu kartu truf mereka. Lihat aja, dalam merubah peraturan pemerintah cuman diperlukan kunjungan kerja CEO Freeport dan waktu beberapa bulan saja. Kereeen banget,

  45. Selama ini cuma SR slam kenal semua, unhappy ending akhir dr 10 tahun penerintahan yg tdk manis untuk diingat bahkan spt lagunya gombloh yg tlh menggadaikan cinta tanah air indonesia ini.
    Keputusan pemerintah yg layak di somasi seluruh rakyat indonesia bahwkan saatnya dpr buat nota ketidakpercayaan atau impechment lainnya.
    Melihat fmi jgn hanya satu kacamata ekonomi saja namun harus komprehensip mulai dr kedaulatan neg sd kerusakan lingkungan. Rupanya mental inlander pejabat2 negeri ini blm berubah, buatlah legacy buat negara ini jgn malah tinggalkan pr busuk buat anak cucu. Wahai penguasa buatlah rakyat ini bangga bukannya caci maki yg memperberat hidup yg sdh menghimpit ini, bukan pula hiasan caci maki songsong kembalinya Anda sbg ratyat biasa kembali.

    Salam PB

  46. pejabat kita jadi kacungnya asu mbah…akibatnya rakyat yg melarat…

  47. @Satrio
    @Nara
    @PS
    @Yayan

    Report Position ?

  48. Semestinya renegosiasi dilakukan oleh pemimpin yg akan datang???? Ada apa sebenarnya? Seperti dipaksakan secepatnya? Maaf cuma pemikiran tukang soto

  49. Bener dek,
    Kasian Pahlawan negeri ini, perjuangannya dan cita-citanya menjadi sia-sia, negeri ini akhirnya kekayaannya yang seharusnya untuk kesejahteraan rakyat pada akhirnya di serahkan ke asing.

  50. Moneter.co – – PT Freeport Indonesia memastikan bersedia melakukan renegosiasi kontrak yang tercantum dalam Kontrak Karya. Salah satunya menaikkan royalti seluruh produksi mineralnya.

    “Kami terus melakukan pembicaraan renegosiasi kontrak, ada 6 poin pembicaraan renegosiasi kontrak, mulai dari luas wilayah, royalti, divestasi saham, perpanjangan kontrak, pengolahan dan pemurnian mineral, dan peningkatan penggunaan barang dan jasa dalam negeri,” ujar Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Rozik, Senin (3/3).

    Rozik mengungkapkan, perusahaanya bersedia mengubah besaran royalti mineral yang dioleh Freeport mulai dari tembaga, emas, dan perak.

    “Kami telah bersedia meningkatkan besaran royalti dalam Kontrak Karya, mulai dari tembaga dari 3,5% menjadi 4%, royalti emas dari 1% menjadi 3,75%, dan perak 1% menjadi 3,25% sesuai dengan PP nomor 9 Tahun 2012,” ungkap Rozik.

    Namun, kesepakatan tersebut sampai saat ini tidak kunjung selesai. Padahal renegosiasi kontrak karya dalam pasal 169 UU No. 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara telah dinyatakan dengan tegas, ketentuan yang tercantum dalam pasal KK dan PKP2B disesuaikan selambat-lambatnya 1 tahun sejak UU No. 4 Tahun 2009 diundangkan. Artinya, renegosiasi kontrak semestinya sudah selesai tanggal 12 Januari 2010.

    Berlarut-larutnya proses renegosiasi, berdampak tidak terpungutnya penerimaan negara, dan ini tentu saja merugikan keuangan negara. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperkirakan, selisih penerimaan negara dari satu perusahaan besar (KK) saja sebesar US$ 169,06 juta atau sekitar Rp 1,6 trilun per tahun.

    Misalnya, Freeport sejak tahun 1967 sampai dengan sekarang menikmati tarif royalti emas sebesar 1% dari harga jual per kg. Padahal, di dalam peraturan pemerintah yang berlaku, tarif royalti emas sudah meningkat menjadi 3,75% dari harga jual emas per kg.

    Berlarut-larutnya penyesuaian kontrak oleh Freeport membuat kerugian keuangan negara US$ 169 juta setiap tahun dari yang semestinya menerima US$ 330 juta. Kenyataannya, negara hanya menerima US$ 161 juta.

  51. SATU JARI TENGAH BUAT FREEPORT

  52. Saya teringat komentar warjager yg menyebutkan kalau RI belanja alutsista besar besaran utk persiapan menghadapi US, kalau sudah begini, buat apa kita tumpuk alutsista banyak2? Toh US sudah senang karena pemerintah kita sudah menuruti kemauan mereka.
    Kecewa berat saya dgn pemerintah yg ( mohon maaf ) tunduk dengan amerika
    Maaf kalau komentar saya lancang.

  53. mudah2an kasus hambalang dan century bisa menjadikan anas urbaningrum dapat menyeret sby ke status tersangka kpk. akibat dari perpanjangan kontrak karya pt. freeport
    aamiinn

  54. .. benar2 mengecewakn.. menyesakn..mengenaskn..

  55. Tetaplah tegak berdiri wahai Anak anak bangsa. 350 tahun penjajahan, hanya pemimpin politik dan para raja yang ditaklukkan, Penduduk Nusantara tidak pernah ditaklukan. Karena perlawanan terus ada hingga atas atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa, dan didorong oleh Keinginan Luhur supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas maka kita dapat menyatakan MERDEKA. perjuangan masih panjang, tapi yakinlah, Ibu pertiwi dengan seijinNya akan terus melahirkan putra2 terbaik yang siap berjuang untuk meraih cita bangsa Indonesia. Membentuk manusia Indonesia seutuhnya dgn cara Memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut terlibat dalam menjaga perdamaian yang abadi dan berkeadilan sosial. Kita adalah bangsa Pejuang, bukan Petarung. Bangsa pejuang siap “perang dan berjuang” hingga cita2 luhur tercapai, pejuang tidak dibatasi oleh waktu. Tuhan Bersama Kita. Ini negeri yang akan menjadi suri Tauladan bangsa2 di dunia. Tidakkah darah Kita berdesir dan bergembir sambut tugas mulia ini. Slmat berjuang

  56. Dan katanya kita sudah merdeka 68 tahun (walaupun sebenarnya kita masih dijajah oleh bangsa sendiri)..tidak perlu laaahh masih menyalahkan belanda, salahkanlah negeri ini yg katanya sudah merdeka 68 tahun kenapa masih memakai hukum belanda.

    • Ini, Bung Augusta mantaaappp. Setuju.

    • Tegas kah pak sby??? saya rasa dia tegas untuk diri dan keluarganya, dari TNI lo beliau , mana ketegasan beliau kok seperti keong, kecewa banget dengan sikap pemerinta RI sekarang , senengnya menjadikan rakyat indonesia sebagai kasung di negri sendiri

      • Bung I.B seperti yg saya katakan masalah ini seperti sandera negeri ini…
        Tahun 1991 Freeport berhasil memperpanjang kontraknya selama 20 tahun dan dalam kontrak karya generasi terbaru itu disebutkan bahwa kontrak dapat diperpanjang kembali selama 2 x 10 tahun apabila Freeport menginginkan.
        Namun memutuskan kontrak secara sepihak tentu tidak bisa saja seperti itu. Tapi yg kita harapkan adalah negosiasi yg harus cermat, tepat, dan mengutamakan kepentingan rakyat dan negara. Tugas kita tetap harus mengkritisi masalah ini agar tidak semakin melenceng dan tersandara terlalu lama.
        mungkin anda bisa mencermati komentar dari bung Raymond di comment no 91 dibawah.
        Salam hangat,

      • Maaf typo bung I.H ‘Indonesia Hebat’

      • Koment bung IH membawa misi tersendiri, Mungkin salah satu timses. sing penting ojo “Aku ra mikir” lha wong sing mikir ae jeh iso salah po meneh sing ra mikir….

  57. maaf pemikiran awam …kok saya merasa pemerintah ingin buying time ya sampai 2041 (sambil memperkuat militernya) …..tahun 2021 freeport harus pergi dari papua seandainya kontrak tidak diperpanjang. nah pertanyaannya pada tahun 2021 mampukah kita menghadapi militer ASU yg dengan segala cara dan trik untuk membuat chaos papua sehingga ASU bisa masuk sebagai penegak HAM di papua ?? dan papua akan lepas sama persis seperti timor leste ? ….semangat nasionalisme saja rasanya tidak cukup untuk menghadapi ASU bila mereka ingin menguasai papua setelah tahun 2021 terusir paksa. papua di ujung lautan bung ….jutaan rakyat kita yg ingin berjuang di papua tidak bisa bim salabim nginjek tanah papua. dan mungkin para pemimpin kita sekarang berpikir …okelah kita rugi sampai tahun 2041 asal papua tidak lepas dari bumi pertiwi ….dan setelah itu freeport harus pergi karena Indonesia saat itu akan sangat sangat kuat dan tidak bisa dipaksa oleh ASU lagi.

    sekali lagi maaf bila ada kata2 yg salah dan belepotan penulisannya ….maklum, orang awam cuma ingin kemukakan pendapatnya saja.

    • Salsm kenal bung toettoez berarti tni kita ngak punya jiwa sudirman menungu kuat baru berani perang . Kalah ama jendral sudirman yg sakit aja masih tetap bertempur..skr pasti bung karno pak sudirman menangis di sana

      • Maaf bung amhar dusu ikut menambahkan wktu PANGSAR SUDIRMAN msh jd daidancho peta dia pernah memberikan wejangan kpd temannya yg memberontak di daidan gumilir cilacap dengan sesanti”metingil metongol ojo ngedangkrang glempang”itu yg pernah sy baca di buku biography beliau.
        Bagi yg ngerti bahasa jawa monggo diartikan.
        Matur nuwun.

      • Walaupun esmosi, tetep harus melihat sisi positifnya..
        Se7 dengan bung toetoez, kalau memang dipaksakan perang apakah kita sudah mampu untuk melawan Asu (Pasti Asu tidak akan sendirian). perang hari ini tidak seperti perang PD II, jangan-jangan malah Indonesia tinggal pulau jawa aja. Secara para petinggi pasti udah mengukur kemampuan TNI, jadi diperlukan strategi. Kalau melihat hasil renegosiasinya kan udah ada kemajuan walau masih belum memuaskan.

  58. :HAHA…. MAKIN TERGUNCANG….
    PEMIMPIN DARI TNI TAPI MENTAL LEMAH..
    KEMARIN2 NGOMONG SIAP PERANG..
    LAWAN TUH ASU MUSUH REAL INDO
    BUKAN MALAY.SIA…

    cari pemimpin itu yang mirip putin bukan mirip obama

  59. Kurang konsisten dan melanggar peraturan yg dibuatnya sendiri:
    1. Statementnya kontrak akan dilakukan diperintahan selanjutnya dimana pemerintahan skg tdk punya wewenang utk membuat kontraknya. Kalau spt ini akan menggantung pemerintahan selanjutnya.

    2. Divestasi saham yg diamanatkan uu harus 51% tetapi ini malah yg disetujui 30% lalu utk perusahaan tambang lainnya bagaimana. Tdk ada kepastian hukum apalagi kalo jargonya “loe berani bayar gwe berapa“ susah dah ngomongnya.

    3. Perlarangan ekspor konsentrat baik freeport dan newmont skg sdh dibebaskan berarti juga sudah melanggar uu minerba. Seharusnya suruh mereka buat dulu smelter karena waktu yg diberikan dari tahun 2009 s\d 2014 adalah waktu yg sangat lama utk mereka membuat smelter kalau kayak gini tdk ada itikad baik bagi mereka utk menjalankan uu kita.

    Menurut saya pribadi seharusnya tambang freeport dan newmont tdk diperpanjang kontraknya dan diambil alih oleh bumn utk sebesar2nya kemakmuran rakyat.

  60. salam damai wajager
    jgn ributkan hal yg blm fix
    masih lama jgn terbawa ke suasana
    kita pelajari dl………..

  61. Bung @ nara…kok belum muncul ya…;-(;-(

  62. ahh brisik amat…sana ke laut aja loe…urus tu upin ipin..

  63. Sebagai rakyat kecil (mgkin keciiiil bgt), hanya mampu menahan sedih sambil berdoa, semoga beliau2 yg telah menjual kekayaan bangsa ini mendapat kan siksaan dan hinaan di dunia, di dunia, di dunia, dan akhirat beserta anak cucu tujuh turunan… semoga kelak bila mati bumi pertiwi tak mau menerima bangkainya… amin, amin, amin.

  64. mskipun hx sbg loperkoran,,,,hnya bs mnangis,,,,
    mnangis dlm hati,,,,mski tk mngnyam bgku skolah,,,,dn g tau soal hukum,,,,tp kl bgni jdinya,,,,jd sedih,,,hatiq,,,
    mau bicara ,,,g da yg dnger,,,mo brbuat,,,,sp,,,ya,,,bsa ap sya,,,,
    berdoa sjalah,,,,,q yakin,,,,Alloh SWT. maha mlihat dn mndengar,,,,,nelongso.com????

  65. kok ada nick yg sama ? hhe 🙂

  66. apakah malangsial berani ?
    pny mental baja?
    hehe
    cari dilu noh mh370 ..

  67. Sepuntene engkang katah sakdereng ipun!
    Maaf bung Jalo langsung aja menurut analisa bung capres yg mendekati untuk bisa dipilih yg mana?
    Klu memang ndak ada kita bubarkan aja sekalian!

    • capres dari militer mantan danjen kopassus,lo sampe jadi presiden bakal ditakuti mama merica. maaf gak boleh sebutin namanya ntar dikira kampanye, inget gak boleh kampanye ya………..

  68. nih….pisang….. makan tuh
    dasar beruk malon lepas kandang
    maaf warjager ada beruk malon kabur… permisi
    ane mo masukin beruk dulu

  69. Sekolah Tinggi Teknik Korupsi menerima mahasiswa baru program khusus berbasis disiplin ilmu
    Mata Kuliah Keahlian yang diajarkan pada Program Studi Teknik Korupsi:

    1. Pengantar Ilmu Korupsi : 2 SKS
    2. Pengantar Budaya Korupsi : 2 SKS
    3. Perekonomian Indonesia : 2 SKS
    4. Korupsi Dasar I : 8 SKS
    5. Matematika Korupsi : 4 SKS
    6. Hukum Korupsi Dagang dan Perdata : 3 SKS
    7. Sistem Korupsi : 4 SKS
    8. Sejarah Korupsi : 2 SKS
    9. Korupsi Dasar II 4 SKS
    10. Manajemen Korupsi : 2 SKS
    11. Perilaku Organisasi Korupsi: 2 SKS
    12. Studi Kelayakan Korupsi : 4 SKS
    13. Pengantar Aplikasi Korupsi : 6 SKS
    14. Manajemen Korupsi Proyek : 4 SKS
    15. Korupsi Menengah I : 4 SKS
    16. Korupsi Menengah II : 4 SKS
    17. Aplikasi Korupsi : 8 SKS
    18. Kapita Selekta Pengantar Bertahan Hidup di Bui : 4 SKS

    Program studi yang disepakati adalah Program Studi Teknik Korupsi (S1) dan Gelar yang didapatkan adalah Sarjana Korupsi atau S. Kor.

    Tempat Magang:

    Departemen Agama
    Departemen Pendidikan Nasional
    Departemen Sosial
    Departemen Keuangan
    KPU
    Semua BUMN

    Lulusan STTK tersebar di seluruh Indonesia dan mancanegara. Para lulusan pasti akan di tempatkan di berbagai lembaga pemerintah.

    Tentukan masa depan anda, rutan KPK, rutan POMDAM Guntur, dan LP Cipinang menanti anda

    • Salam NKRI bung
      Tenang aja bung, belum 2016 kok, lagian lagi pada sibuk pilpres.
      Tetap yakin, yang terbaik untuk negri ini, dan pemimpin terbaik untuk negri ini.
      Semua ada fase dan tahapan, dan akan indah pada waktunya

      • Saya harap begitu bung. Sampe ngga kuat bacanya. Saya harap yang punya warung ngasih kode kalo negara ini mau perang. Ngisinya lama nih minim 1 tahun biar seorang rakyat setara 1 bataliyon bersenjata berat. Saya rakyat indonesia mendukung 100% agar indah pada waktunya

  70. Kecewa, bila ada satu atau dua penyesalan terbesar dalam hidup saya itu ada saat pilpres yg lalu saya memilih SBY

  71. sebelum anda(SBY)teken kontrak tersebut,saya masih akan berpikir positif tentang pemerintahan bapak yang berjuang mensejahterakan rakyat terlepas dari penyelewengan beberapa anak buah bapak.
    tolong pikirkan masa depan anak cucu kami pak….
    kepada siapa kami mau menggantungkan harapan kami kalo bukan bapak sebagai pemimpin kami.
    Jadi saya tetap berpikir positif sebelum bapak teken…karena sampai detik ini belum ada berita resmi dari pemerintah.
    Saya yang akan pertama menghujat bapak kalo sampai kalah oleh kepentingan asing.
    CATAT NAMA SAYA PAK PRESIDEN…..

  72. Sekian saya jadi silent reader baru sekarang berani komentar..
    sungguh sangat mengecawakan dengan keputusan yang di ambil pemerintah..
    Rasa nasonalisme palsu yg di tunjukkan pemerintah hanya sebagai bumbu penyedap masa kepemimpinan beliau..
    kemaren saya termasuk orang yg mengidolakan beliau, kalau begini apa yg akan membuat ekonomi indonesia menjadi kuat sperti yg di katakan pengamat ekonomi dunia..

    Maaf om” semua cuma meluapkan kekecawaan..
    SR mode on

    • Gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama…kalau memang itu pilihan SBY diakhir pemerintahannya, maka kiprahnya selama 10 tahun menjabat sebagai presiden akan terhapus oleh hujan sehari dan akan dikenang oleh anak cucu sebagai Pemimpin yang telah menggadaikan kekayaan alam Indonesia kepada asing. Sayang sekali kalau memang benar seperti itu.

  73. katanya sih freeport sesajen yg dikasih mbah harto karna dah bantu ambil kekuasaan
    tanpa mengurangi rasa hormat saya pada pak beye
    nah kira-kira selama 10 tahun menjabat sesajen mbah beye buat mamarika udah berapa duit yah?
    1. freeport sampe 2041,,, $… trilyun
    2. blok mahakam… $… trilyun
    3.
    4.
    5.
    6. dst..

    mana yang suka teriak-teriak mo cabut subsidi BBM,,
    neh mending lo pada urusin dan perjuangin neh kontrak trilyunan
    dari pada nyusahin rakyat kecil yg berdaya beli lemah

  74. di balik berita freeport perpanjang kontrak > latihan f22 di kebun buah melon > latgab TNI
    ada “clue” menarik yang ingin dibabar ma TS.
    Unik, Cerdas, dan Bijak
    karena inti cerita nya, belum di “teken”, dan makasih buat TS yang telah men”colek” rasa nasionalisme kami.
    Siap-siap nih gudang senjata di PANGKALAN TABUNG GAS di bagi-bagi ke rakyat untuk membentuk ANGAKATAN KELIMA. Lumayan dapat SS2 gratis,….20juta buah SS2 di bagi gratis

    • Saya tanya teman, katanya sudah deal setelah kedatangan CEO Freeport kemarin. Dan MoU akan ditandatangani setelah pemilu, sebenarnya mau dilakukan secepatnya termasuk Revisi PP, tapi karena takut mengganggu pemilu jadi dilaksanakan setelah pilpres.

      • salam bung @Jalo
        Tetap yakin, yang terbaik untuk negri ini, dan pemimpin terbaik untuk negri ini.
        Semua ada fase dan tahapan, dan akan indah pada waktunya.
        Kalopun sampai terjadi teken, yang marah ga cuma di forum ini, tapi seluruh rakyat INDONESIA RAYA. Terutama saudara di Papua,…..
        kecuali kalo dealnya sama-sama menguntungkan dan transparansi pembagaian jelas, kan juga sambil ngulur kolor, biar TNI lebih siap di 2041.
        Dan andai RI menolak, mari siapkan golok dapur dari pindad lohhh
        Walaupun sipil, aku siap sedia berperang

        • Iya bener bung, saya juga pengen nanya2 ke teman. Di KemenESDM juga banyak teman2 yg tidak setuju dengan masalah ini. Mereka banyak cerita termasuk dugaan deal2an, saya punya beberapa teman bahkan ada yg mantan bekerja di Kementrian ini jadi saya sering mendengar bocoran dari mereka.

          Saya cuman bisa pasrah mendengar bocoran dari mereka, tadi sempat whatsappan dan dengar langsung termasuk adanya royalti oknum. Saya sudah ngomong ke dia kalau ada dokumen akan saya bawa ke KPK, tapi beliau tidak berani. Tapi harapan tetap ada untuk pemerintah kedepan, semoga bisa merubah dan memperbaiki negara kita yg rusak ini. Kalau Perang saya juga siap saya tidak mau anak cucu saya menderita, lebih baik kita berjuang dari sekarang.

          • Ok bung sepaham, mending aku tumpahkan darahku, untuk negri tercinta, supaya kelak anak cucu kita bisa lebih baik dari sekarang dan tidak mencela moyang mereka.
            Sambil berdo’a, semoga tetap 51%
            ngarepsambilngiler.com

          • setuju bunq jalo.saya juqa siap,ihklas&rela menyabunq nyawa buat NKRI.kalau ad yanq nqomonq,klo perpanjanq kontrak freport hnya untuk cari aman smpai 2041,mnunqqu TNI kuat.itu semua omonq kosonq.manq,sampe 2041,cuma TNI yanq,melakukan perkuata.manq di kira asu dan yanq lainya diam staqnan,tanpa melakukan peninqkatan?????intinya bukan pd 2041.tp,lbih kpda keberanian para pemimpin dlm mnqambil sikap.untuk memperjuanqkan kepentinqan rakyat&neqara.sayanq mental pemimpin kita kebanyakan mental penjilat.

  75. mereka…..
    para prajurit kita…
    siang kepanasan
    malam kedinginan
    jauh dari keluarga
    jaga perbatasan
    gaji seadanya
    tulus….ikhlas
    demi negri tercinta
    tapi mereka yg diistana
    dan yang di senayan
    menjual negeri ini

  76. nyasar lagi posnya
    harusnya ke nomor 21

  77. Selamat atas kekalahannya pak Beye.Dosa besar beye diakhir jabatannya untuk rakyat indonesia

  78. he he he
    angkat topi ane
    ama sumber artikel

  79. buAt teman warjager, jangan emosi dulu,rilis resmi belum ada, nanti kalo ada rilis resmi silahkan komentar sesuai keinginan warjager semua. kalo ternyata 51% gimana? pdhl terlanjur kita hujat,
    kepada om Diego apakah artikel diatas sesuai rilis resmi pemerintah.

    • Bung @Djoko Djawa, justru belum dirilis resmi itu artinya bisa belum diputuskan, makanya hak kita sebagai rakyat utk meluruskan pemimpin yg akan bengkok. kalau sdh diputuskan, maka sdh tdk manfaat kita perdebatkan. salam dari pedagang ayam di pasar wonokromo.

      • saya setuju tetep d kawal. cuma belum ketok palu sudah hujat sana sini, saya yakin warjager semua sudah bijaksana, cara yang lebih santun banyak sekali.
        Hati boleh panas kepala tetep dingin. saya juga heran kok PP belum lama mau direvisi. tetap kritis ya bung…
        salam dari wonosari

        • Bung@ Djoko kalau tidak dihujat sebelum ketok palu maka akan adem ini kasus nya sampai terlaksana ketok-ketoknya

          saya setuju hati panas kepala tetep dingin
          namun tidak salah juga kalau rakyat menuntut PP yang di ingkari oleh mereka yg membuatnya
          ini sudah membuktikan pemerintah kalah sebelum maju kemedan perang

          sekalian aja jual lagi pulau kalimantan
          Kalimantan SDA nya banyak lho bung

          DJANCUK mode ON

  80. Freeport itu apa sih ?? kok bisa kalah HERAN..

  81. kepada para sesepuh maupun kaum warjager yg terhormat,bijaklah dalam berfikir..masalah freeport memang ga segampang membalikkan telapak tangan,saya sebagai kaum awam ga begitu ambil pusing tentang kebijakan yg pemerintah ambil,jika kita mau semua investasi yg ada di bumi pertiwi dan menghidupi hajat hidup orang banyak,tanyakan pada diri kita sudah mampukah kita mengolahnya sendiri!dan sudah siapkah kita..kita lihat negeri sang naga saja mayoritas investasi besarnya bukan produk dalam negeri mereka sendiri..terlalu kerdil dalam berfikir maka kita akan tambah pusing…tak tinggal ngopi wae lah

  82. Baca artikel diatas bantingannya terasa banget nyut nyutan nih kepala gak bisa mikir lagi kalo semua pejabat negara bermental bgtu semua lama lama wassalam benar nih negara.
    Semoga tuhan masih menurunkan rahmatnya buat negeri ini,dibalik kekayaan alam yang melimpah di negeri ini,hal itu bisa jadi anugerah sekaligus kutukan bg qt trgntung pemimpinnya.

  83. Tenang aja jgn pd galau, ntr tu freeport jg bakalan angkat kaki sendiri kok dr papua, tpi nunggu SDA yg ada disana disedot abis sma mereka, hahaha
    “Bukan lautan tpi kolam susu”

  84. nitip pesen buat om nar
    us army yang difreeport(kalo bener ada) suruh pulang

  85. JIKA ANDA TANYA PARA BURUH PABRIK YANG BEKERJA DI PERUSAHAAN ASING DI INDONESIA,LEBG ENAK MANA ANDA BEKERJA?LEBIH ENAK BEKERJA DI PERUSAHAAN JEPANG DARI PADA DI PERUSAHAAN CHINA MAUPUN TAIWAN,LEBIH ENAK IKUT PERUSAHAAN EROPA DARIPADA KERJA IKUT JEPANG,LEBG ENAK IKUT KERJA DI PERUSAHAAN ASU DARIPADA DI PERUSAHAAN EROPA..dari sini seharusnya anda paham dan mengerti,,mengapa kita masih seperti ini?karena negara kita belum kuat untuk menyejahterakan rakyatnya..dan mslh gas kenapa kita harus impor?jawabannya..cadangan gas di bumi pertiwi buat anak cucu kita nanti..dan ga perlu di kuras sekarang,,opini orang awam..apapun keadaanya aku bangga dgn NKRI

  86. Analisa saya, bila ini bukan “UUD” semata dan berfikir secara positif :

    SEMOGA INI HANYA BUYING TIME, hal MoU FI ini merupakan strategi/skenario untuk mendinginkan suasana di tahun 2014. Ingat, ini hanya Nota Kesepahaman (MoU) belum Nota Kesepakatan (MoA) dan belum pula Kontrak. MoU (bersifat dinamis) ini dibuat untuk mengulur-ulur waktu karena masih dapat dirubah oleh pemerintah selanjutnya. Melihat disekeliling kita hari ini, tekanan kuat dari asu pasti akan bertambah berat ditahun ini juga bila pemerintah belum menunjukkan “kerjasama”nya, maka hal yang logis adalah dengan membuat kesepahaman awal agar tekanan melunak. Sementara konsolidasi didalam diperkuat oleh pemerintah, termasuk MEF bila saatnya tiba. Disamping itu pasti pula ada kompensasi-kompensasi berupa “deal-deal bantuan lainnya” menjelang 2021/19. Setelah bantuan-bantuan itu masuk baru MoU ini akan di amendemen sesuai selera kita. – imho

    “Jangan memasuki medan pertempuran klo tahu kita akan kalah”….dan sebaliknya. Berstrategi yang cantik, bukan Takut sama asu cs tapi bila kita kalah kerugiannya jauh terlalu besar dari apa yang diperebutkan. Berbeda jauh Neck-Cut (Nekat) yang tanpa perhitungan dengan Tekad yang berlandaskan kepada perhitungan-perhitungan yang matang. Salam – tukang sayur 🙂

    • Bagus bung Raymond..pola pikir yg cukup cermat dari sudut pandang yg berbeda. Namun tetap harus dikritisi agar tidak semakin jauh melenceng (karena memang sudah melenceng dari awalnya). Kepercayaan rakyat ini diibaratkan sebagai Baja..tidak bisa bengkok, jika dipaksa dibengkokkan maka akan patah.
      Salam hangat,

    • Ppikiran matang lama2 kematangan dan busuk.. klo setingkat menristek aja kata bung jalo bisa ngomong berani bayar berapa ke saya apalagi ini yg gunung duit udah jls di dpn mata. A
      Aku oro percoyo klo ngak ada deal2 duit ygsegunungjga

    • Semoga begitu adanya Bung Raymond …. Waktu yg akan membuktikan, sejarah yang akan mencatat dengan tinta apa yang akan ditorehkan pak Sby.

    • Saya tadi pasang status di whatsapp dan BBM, lalu teman yg kerja dikementrian ini nyahut, dan dia cerita. Tunggu aja setelah pilpres akan ada PP tentang masalah Freeport ini. Tapi tetap harus optimis bahwa pemerintah kedepan akan merubah semuanya.

      • menurut saya PP-nya malah menguatkan kesepakatan ini yaitu merubah divestasi saham dari 51% menjadi 30% khusus utk freeport dan perusahaan tambang yg khusus lainnya.

    • Sependapat dgn anda bung@raymond jg bung@kang suprex utk 2 komen diatas..

      Sya melihat ini hnya sbgai usaha utk “sedikit mengendurkan tensi” jelang pilpres mendatang.. Sya ingat bbrp x warga senior dsni prnh wanti2 akan ada “sesuatu” yg diskenario kan ASU pd pilpres x ini yg dmpak nya sgt b’bhya sekali bgi kita & sya ykin pemerintah tdk ingin mengorbankan rakyat Indonesia & mengalami spt apa yg t’jadi di Mesir & Suriah.

      Kita lihat & Kawal kedpn nya spt apa..toh ini jg msh MoU..

  87. Nah nah mulai deh nih masalah freeport disangkutpautkan dengan ‘tukar guling’ alutista, hibah dll.
    Gosip digosok makin siipp.

  88. 3,75% = UPIL
    kontrak dibuat tanpa mempedulikan hati rakyat yg tersakiti

  89. Wah Mau Lengser aja masih bkin Blunder Besar Bpk BY…Mau nyari Balik Modal kalah kampanye ya gak gini juga caranya pak…kasihan donk pemimpin yg baru nanti kalo mau ngerubah kontrak pasti susah banget krn udah MOU yg mengikat
    Waduh Masak KEPALA NEGARA BESAR bisa kalah dng CEO sebuah perusahaan = “MIRIS”. badan saja yg tinggi tegap tapi nyali kecil

  90. getihku umup dodoku sesek membaca ini……
    baru kali ini saya melihat bung jalo darahnya mendidih…
    gunung emas akan jadi jurang tanpa dasar….mirisssss

  91. Bener mbah kan ? negara ini ngak bisa dibelain amat, belanya dikit-dikit saja, percuma juga dibela mati-matian kalau ada perang, toh yang enak ya para cukong, konglomerat, pejabat.

    Makanya mbah berdoa semoga lekas terbakar semua dalam perang mandala 2020 di pasific, semoga segera perang dan bakar-bakaran, mayat bergelimpangan, korban menjerit jerit terkena bom fosfor dan napalm, pasti pejabat akan bilang wahai pemuda bergabunglah dengan tentara, bela lah NKRI, nah giliran pas sudah aman ya gini, apa-apa dijual, pajak dinaekin terus. BBM dinaekin terus, listrik di naekin, pajak di korupsi, rebutan proyek pejabatnya, yang susah ya tetap rakyat pak, kasian pak rakyat dijadikan komoditi.

    Lah kalau seperti ini caranya, apa bedanya dengan masih di jajah belanda ?

    • ada beda nya mbah,,
      klo zaman jajahan belanda semua rakyat tau dari kalangan termiskin hingga terkaya tau kalau sedang di jajah,, dan tau cara perlawanan nya,, sehingga banyak pahlawan2 kita berjuang memperebutkan kemerdekaan ,,

      tp kalau sekarang hanya kalangan menengah dan terpelajar ke atas yang tau kalau kita sedang di jajah ekonomi nya, dan bingung cara perlawanan nya karena pemerintah sendiri yang membuka kran nya..

      mengisi kemerdekaan lebih sulit dibandingkan merebut kemerdekaan, karena tidak ada batasan sampai kapan kita terus berjuang mengisi kemerdekaan, tp klo merebut kemerdekaan ada batasan sampai merebut kemerdekaan,,

      belajar dari sejarah dan dari sabda nabi Muhammad, SAW, Islam akan hancur oleh orang2 islam itu sendiri,
      begitu juga indonesia,, indonesia akan hancur oleh orang2 indonesia itu sendiri,,

      makanya saat penjajahan belanda membuat taktik adu domba, sehingga terpecah belah, dgn begitu akan sangat mudah di hancurkan,,,

  92. miris rasanya… :((

  93. Inilah gara – gara gak punya detterence weapon yang gahar. Jadi ceritanya MoU perpanjangan kontrak disetujui dibawah todongan F-22 Raptor yang nangkring di halaman rumah..

    Raptor datang bukan sekedar latihan, waspadalah..

  94. Mari berdoa saja semoga allah masih melindungi negri ini..
    Semoga freport di timpa bencana dahsyat sehingga merugikan amerika secara materi maupun moril..
    Hanya allah tempat bergantung,klo bergantung kepada manusia seperti para pejabat hanya kekecewaan dan sakit hati yg kita dapat.
    Karena hanya kuasa nya yg bisa merubah semua ini..

  95. Saya rasa pemerintah sekarang punya slogan’ nek wani yo wani, nek orak wani yo ojo wani wani’.freeport adala salah satu perusahaan besar yg dapat mengendalikan amerika .amerika adalah negara yg dikendalikan banyak perusahaan.presiden dan para mentri mereka adalah para pebisnis.pemerintah yg ada hanya kedok.sebenarnya rakyat amerika juga terjajah.

  96. “SESUATU DINILAI PADA AKHIRNYA”. Ternyata pepatah itu ga di pake ma pemerintah yg skrg kecewa gue, apa lg dampaknya sampai betahun2 🙁

  97. sudah seperti diduga pejabat kita INLANDER semua.Apa susahnya klo punya mental NASIONALIS tolak perpanjangan kontrak.Tahun2021 kita bangsa INDONESIA,saya kira mampu mengelola freeport sendiri secara mandiri.RIP INDONESIA

  98. hahaha benar.. benar

  99. Terus terang saya tidak heran dengan kebijakan ini mengingat kita adalah sahabat sejatinya amerika apalagi sang presiden pernah tinggal di Indonesia jadi tahu bagaimana cara memperlakukan sahabatnya dengan baik. Kita sebagai rayap jelata hendaknya ambil positifnya saja contoh kerja di freeport lumayan gede gajinya daripada di bumn pertambangan bukit asam contohnya dan memiliki manajemen sdm yang lebih bagus ketimbang bumn yang penuh kkn

  100. T.N.I HARUS DAN WAJIB BELI INI SEKARANG JUGA ..! DI MEF 2

    http://www.youtube.com/watch?v=KG63Bsb5Hqs

    BERHARAP. COM

    *laser weapon lovers

  101. @kawilarang
    SDA buat anak cucu mana?
    justru kebijakan kayak gini yang bikin warga papua jijik… ama kita2 yg utamanya dari jawa. makin antipati. merka gg butuh raptor kasel apalagi nuklir. buat apa?? akhirnya ada alasan buat disintegrasi. pejabat yang ttsd kontak jangan dikira gg dapet oleh2 ya. pasti dapet. PASTI. sebagai warga negara kelas UMR ane belum bisa ngasih apa2 buat RI Tercinta. paling cuma bayar pajak saban bula cepe.
    pertanyaan sederhana buat pemerintah kenapa harus freeport…. kenapa cuma 30%

  102. lho kok malah diperpandjang? kali ini ane menolak 100%

  103. Jadi apa gunanya kita punya TNI yang kuat ya … Ga ada gunanya kalo masih takut sama ASU… Mending dibubarin saja kali.. Terserah mau dicabik2 bangsa yang kuat toh ga ada bedanya..kasihan para pahlawan kita yang rela gugur Demi kata MerdekA, merdekA dalam arti yang sebenarnya bukan merdeka tetapi dijajah secara tidak langsung melalui cengkeraman korporasi asing. Semoga pemimpin kita cepat bangun dari mimpi basahnya…:(

    • Katanya bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai Jasa para pahlawan, terus apakah ini bentuk penghargaan kepada para pahlawan kita itu. Sungguh memalukan..:( kok pada takut sama ASU nya padahal ASU ini termasuk negara mau bangkrut…

  104. nyasar lagi postnya dari nmr 21

  105. Bukan kah teken kontrak baru 2 tahun sebelum kontrak yg sekarang hahis…??

    Kok main serobot gitu sihh…??

    Takut gag kebagian rejeki apa gimana…??? GENDENGG..!!

    • Tetap yakin, yang terbaik untuk negri ini, dan pemimpin terbaik untuk negri ini.
      Semua ada fase dan tahapan, dan akan indah pada waktunya.
      Kalopun sampai terjadi teken, yang marah ga cuma di forum ini, tapi seluruh rakyat INDONESIA RAYA. Terutama saudara di Papua,…..
      kecuali kalo dealnya sama-sama menguntungkan dan transparansi pembagaian jelas, kan juga sambil ngulur kolor, biar TNI lebih siap di 2041.
      Dan andai RI menolak, mari siapkan golok dapur dari pindad lohhh
      Walaupun sipil, aku siap sedia berperang

    • sorry mas bro salah kamar
      tadi buat bung@Jalo malah kepencet lagi di mari
      salam NKRI @cah nusakambangan

  106. Oi kompor meleduk. *Jitak!

  107. memalukan …. …. ada antek2 asing dipemerintahan skrg nih ….

  108. 51% ga yakin saya, pemerintah kita masih tunduk sama asing, lagi pula para pejabat kita cuma mikirin perut sendiri ga ada niat buat memajukan negara, mana peduli itu bumi papua rusak,rakyat susah yg penting hidup mereka sejahtera. lebih baik ga usah ada pilkada pemilu ga ada gunanya, yg aslinya baik pun bisa berubah kalau dah masuk dipemerintahan

  109. Asalam para warjager, para suhu, om jalo brita ini wartawan kompas ini wartawan bodrex kali setau saya smelter di gresik uda berdiri 5-12 tahun lalu knapa kok ktnya mau di buat ama asu tenang bro jgn esmosi semua info resmi dr pemeritah kan belum ad bagusnya di teruskan ke presiden slajutnya. Awas jgn kemakan isu mau pilpres. Klau ada tentara asu di papu usir aja tni polri jgn ragu rakyat yg beck up. Jgn mau kayak ukrania tentara bayaran asu banyak. Gak peduli si maling ama si asu bawa f 22, f 35 wong ama vietnam aja keok kita ahlinya grilya LU JUAL KITA BORONG ALLAH HU AKBAR MERDEKA.

    • Freeport memang rencana membangun Smelter dengan kapasitas 400 ribu ton per tahun di Gresik. Mereka menggandeng PT Aneka Tambang dan siap menginvestasikan mencapai US$ 2,3 miliar.

    • anda benar bung Sam, tapi kapasitas smelter tidak sebanding dengan produksi konsentrat FI.

      umpama kapasitas smelter gresik x% dari produksi, ketentuan baru UU minerba 100% produksi harus diolah di dalam negeri, sehingga harus smelter baru…

      • Asalam bung danu & bung Jalo jadi ini Pabrik peningkatan kapasitas produksi gitu yang saya tahu untuk lahannya ini sudah dpas di laut gak tau kalau di reklamasi
        mengenahi smelter pengolahan emas saya rasa tidak karena setahu saya yang di bawa di gresik itu hanya lumpurnya dan masih tetap tembaga kalau emas, uraniumnya di bawa ke negara asu + pabrik kali kalau ada penjelasan silakan di jabarkan
        sebenarnya pelit amat ni asu korsel aja di banten bangun posco lebih mahal dan 2015 bangun Oliefin Plant juda sangat mahal kalau menurut anda itu tukar guling sama apa ya
        salam dan trim

  110. Ayo semuanya..seluruh rakyat indonesia bersatu…!!!! Ngapain…??? Kite sumpahin si ASU… bangkrut..!!! Biar tuh negara ngerasain jadi negara miskin…!!! ( eiits..tahan dulu yg mo komen “” jgn pernah menganggap remeh kekuatan do’a apalagi 100an juta manusia yg berdo’a “” ). Kali aja di kobul….ga ada yg ga mungkin..!!! Ok berdo’a di mulai…bung@jalo tolong di pimpin..!!! Sorry kesel dah di ubun2 ..!!!!

  111. Yg bilang cerdas kan cuma si ruhut doang bung..hahahaha

  112. mereview Koment koment saya tentang freport biar belajar lagi bareng
    Satrio says:
    April 20, 2013 at 12:09 am (Edit)

    Freeport melakukan penandatanganan kontrak karya untuk masa 30 tahun pada 1967 silam.
    Kontrak karya itu yang menjadikan Freeport sebagai kontraktor eksklusif tambang Ertsberg, Papua, di atas wilayah 10 kilometer persegi. Pada 1989, Indonesia memberi izin perluasan area eksplorasi hingga 61 ribu hektare.

    Seperti diketahui, sesuai kontrak karya sejak 1991, masa kontrak Freeport di Papua habis pada 2021 dan dapat diperpanjang dua kali sepuluh tahun jika Freeport Indonesia menghendaki.
    Jadi kontrak karya freport benar benar habis pada THN 2041..masih 5,5 periode pemerintahan lagi kedepan..
    Royalti yang diberi Freeport kepada pemerintah hanya satu persen untuk emas, sedangkan royalti tembaga 1,5 hingga 3,5 persen

    Kontrak Karya Freeport Indonesia tercatat bersifat NAIL DOWN atau kontrak yang tidak mengikuti aturan atau perundang-undangan yang berkembang (bersifat tetap).

    Miris kan membaca kenyataan ini..bener bener minum kopi pahit campur pil kina rasanya

    • trus solusinya gimana nung satrio
      kita diem aja

    • Ikut urun pendapat bung…. Saya pribadi sangat terluka dengan perpanjangan kontrak freeport ini, sangat sangat menyakitkan. Rasanya kayak saya sedang melakukan pembiaran saudara saya di papua diperkosa hartanya di depan mata kepala sendiri tanpa saya bisa melakukan apa2… Perih
      Tapi mari kita coba analisa kembali dengan kepala dingin item2 yg sudah berusaha dilakukan pemerintah. Kalo kita tinjau dari kesepakatan hasil renegosiasi yg dilakukan pemerintah, terlihat usaha memperbesar manfaat KK itu untuk negara. Memang masih sangat sangat sangat jauh dari harapan; kewajiban memurnikan di dlm negeri, pengurangan lahan konsesi, divestasi saham, penambahan porsi royalti, penggunaan tenaga kerja lokal s/d 100%, dll… IMO, setidaknya apa yg dilakukan oleh pemerintah sekarang dlm renegosiasi jauh lebih baik dari yg dilakukan masanya Ginanjar dkk berkuasa…

      Dari kasus KK freeport ini ada satu pelajaran penting yg harus diingat dan dilakukan oleh setiap warganegara Indonesia yaitu: BERHATI2 LAH saat merumuskan kontrak. JANGAN suka menggampangkan atau abai terhadap hal2 yg dianggap kecil. Dalam hal ini kita sebaiknya berkaca dengan tabiat orang singapore (IMO). Orang Singapore kalo nyusun kontrak biasanya alot, cerewet, ngotot cenderung memaksakan kehendak, teliti mencerna setiap item kontrak, dll. Kebalikannya dengan orang kita. Sudah sering saya temukan orang kita sangat kurang kepeduliannya saat penyusunan kontrak. Nanti kalo kemudian hari kontrak yg dibuat bermasalah, baru kelabakan dan saling tuding sana sini… Semoga kasus KK freeport ini tidak lagi terulang di masa yg akan datang…

    • Soekarno dan pejuang2 yg lain pasti sedih mengetahui kenyataan ini

  113. emang apa susahnya nolak bung s?

  114. Indonesia harus membayar mahal atas kerusakan alam yg diakibat kan oleh PT. Freeport…
    setelah 2041 kondisi alamnya seperti apa..? butuh waktu ratusan tahun untuk memperbaikinya
    dengan biaya yang amat besar pula… belum lagi akibat limbah yg dihasilkan…

  115. Royalty 3,75% setelah tahun 2021 jumlahnya tidak jauh lebih besar dari besaran royalty 1% ditahun ini, belum lagi jika dihitung inflasinya. Lagian ditahun 20121 produksi freeport akan menurun.

    Kurang kaya lo pak? Badan lo kurang gede? Anak lo juga kurang kaya? Lo takut cucu lo bakalan miskin? Demi keluarga lo tega menyiksa 240 jt masyarakat Indonesia. Lo tau apa itu amanah pak? Kalau lo beragama pasti lo tau yg namanya kelak akan diperhitungkan segala amal dan perbuatan di akhirat termasuk yg namanya amanah.

    Pejabat paling banyak di neraka kelak adalah pejabat2 ber KTP Indonesia, tak bisa dipungkiri.

  116. Mohon maaf saudara saudaraku rakyat papua walaupun tanahmu sudah tergadai sampai 2041 bersabar saja tetapi kalau’ itu dibatalkan hanya ada satu cara pp nya, bersabar jangan terprovokasi jangan hentikan perjanjian itu dengan hati panas dengan teriakan merdeka dengan kata referendum karena kita masih saudara bersabarlah mudah mudahan uang itu dimanfaatkan demi kejayaan nusantara selebihnya terserah yang maha kuasa tuhan maha adil itulah saatnya renungan kita di hari ini terimakasih salam saya untk JKGR. merdeka merdeka merdeka

  117. comment saya sebelum nya di artikel ttg freeport JKGR

    Freeport ingin menguasai Tambang emas di irian sampai habis baru akan kabur
    menurut nilai ekonomis nya tambang freeport masih mempunya nilai yang sangat marketable hingga 40-100 tahun.hal ini di buktikan dengan penemuan skup titik biji emas baru yang berjarak 10km dari pusat tambang.
    jika dahulu awalpenemuan tambang emas di irian hanya dengan sebuah sendok makan kita mengeruk tanah,maka nilai emas yang didapat dari seukuran sendok adalah 2/3 dari volume tanah tersebut.saat ini di perkirakan masih sekitar 1/3 kandungan emas dari tiap ukuran sendok makan. maka dari itu berita bohong jika freeport akan menutup tambang dan memecat karyawan nya dalam waktu dekat jika pemerintah berkeras memaksakan pembangunan smelter. buktinya:
    1.pada saat negosiasi awal tahun 2011 ketika kedatangan obama,freeport mengajukan nilai perpanjangan kontrak karya hingga 2040,namun hanya di setujui hingga 2020-2021

    2.jika memang di nilai tidak mempunyai nilai ekonomis kenapa freeport meminta kontrak karya hingga 2040, artinya bisa di tebak sendiri..

    3.ahli ahli ITB/UGM menilai nilai kandungan emas di irian cukup untuk 50-100 tahun kedepan,hal ini di buktikan dengan penemuan skup baru yang berjarak 10km dari titik tambang freeport terakhir

    4.sejak tahun 1968 freeport resmi “mencuri” emas di irian jaya dengan kontrak karya panjang dan pembagian hasil yang berat sebelah,gambaran nya bagaimana mungkin negara yang mempunyai sumber tambang hanya mendapat jatah 5% dari keuntungan yang di dapat.

    masih byk faktor x yang terlibat dari bisnis tambang emas ini.sebut saja OPM,Australia,dan isu isu lain yang di buat sebagai penyedap aroma bisnis logam mulia ini

    maaf pendapat pribadi dari seorang office boy

  118. Sadis tatapi patriotik……

  119. ga apa2 klo sby jadi tersangka asalkan edi baskoro jadi tersangka… pase lebih sakit

  120. Om @Satrio sebagai generasi muda apa yang harus kami lakukan om ? Kami sudah bingung om, dosen saya aja di UI tau bagaimana sepak terjang orang2 d pemerintahan, bagaimana deal2 mereka lakukan,,, bagaimana dana pengadaan proyek2 jalan, gedung mereka potong2, saya KP di pembuatan jalan dengan proyek 11 M, itu untuk bupati saja wajib 2 M Untuk dia om,,, belum lagi proyek pembangunan gedung pemerintah, kontraktor harus wajib balikin duit 50 % dari harga proyek k oknum2 itu om, Apalagi freeport om… pemain lama, sesepuhnya… (saya ingin TNI bukan hanya jaga perbatasan, tapi menjaga apa yg dimiliki Indonesia, baik itu didarat, laut, udara dan luar angkasa) semoga ini hanya strategi jendral besar untuk mengulur2 waktu sampai otot kita benar2 kuat, sampai para sahabat2 benar2 siapa membantu. Dan jika saatnya sudah tiba kita akan melawan dan mengambil semua yg kita miliki. NKRI HARGA MATI, INDONESIA RAYA.

    • Laksanakan Komandan…!!! ” siapa yang akan membuat Indonesia maju …?” SAYA,,,,!!!

    • Terima Kasih atas Penjelasannya Pak! Insha Allah kami para generasi muda akan melakukan yang terbaik untuk memajukan Bangsa yang sangat besar ini Pak, walaupun banyak generasi muda lainnya yang sudah terbawa zaman dan sudah lupa tentang rasa nasionalisme karena pengaruh budaya asing tetapi kami para pemuda yang insha Allah mempunyai rasa nasionalisme akan menyadarkan teman teman kami tentang pentingnya rasa nasionalisme kepada Bangsa yang sangat Besar ini pak! jangan pernah bosan untuk terus memBimbing kami para generasi muda di sini Pak untuk tetap dapat menumbuhkan rasa nasionalisme ini… Salam hangat dari seorang yang kagum dengan Bapak!

  121. Wahai saudaraku berhentilah menghujat pak SBY apa yang disampaikan bung sat benar ini semua adalah peninggalan rezim “penak jamanku to?” sekarang yang bisa dilakukan adalah bagaimana hubungan dengan as bisa bermanfaat buat kita bagaimana kelanjutan ekspansi PT. INUKI di as dan kalo bs kita juga minta hibah ilmu bikin pesawat, satelit, radar, ato bahkan rudal kalo perlu kita minta sm as untuk mau nerima paling tidak 2000 siswa berprestasi di Indonesia untuk belajar disana melalui program beasiswa supaya nanti semakin banyak ahli yang dimiliki Indonesia. Untuk pemerintah hasil dari fee freeport harus digunakan untuk memajukan pendidikan dan riset di Indonesia kalo perlu jangan malu untuk mendatangkan ahli dari as. Selanjutnya harus ada revolusi pendidikan di Indonesia yang tidak hanya mementingkan kualitas teknis tetapi lebih penting juga kualitas mental dan akhlak juga harus diperhatikan. Saya yakin kalo kualitas pendidikan sudah bagus yang didukung dengan potensi sdm yang ada akan tercipta suatu komoditi yang lebih dari emas sekalipun di Indonesia. Saya juga yakin pada tahun 2030 emas bukanlah sesuatu yang sangat berharga karena dunia sedang krisis energi. Dengan kualitas sdm yang mumpuni bangsa Indonesia bisa bertahan ato bahkan bisa jadi juragannya as kalo kita bisa menciptakan dan menguasai energi yang besar dan terbarukan. Bangsa yang bisa bertahan adalah yang terus berevolusi mengikuti tuntutan jaman. ( survival theory ).

  122. sabar om sat.. sabar sadiki lagi puasa,, hihi becanda om..

    bagus tuh diperpnjang,, asal royaltynya naek 10% sm pekerja lokal 90 %..
    bangu smelter lokal.. ^^ jadi kapn hari kita bsa nasionalisasi ga perlu moal banyak langsung lanjutkan hehehe

    yaaa plg tdk pk soeharto menyesal soal keputusan tempo hr.. anggap saja beliau netepkan mslah ene sm cucu cucunya ya kta kta ene…

    • gatel aja lihat komen komen asbun
      ada yang ngomporin langsung teriak bakar… mbok dikunyah dulu..baru ditelan..
      Jadi ingin cepat menuntaskan artikel Ular musuh Garuda biar tahu warjager ancaman terbesar NKRI adalah dari bangsa sendiri yang sudah menggadaikan kepentingan nasional demi harta,tahta demi sesajen dari asing.

      • Ayo @Bung Satrio! ditunggu mata kuliah Ular Vs Garuda-nya, semoga dapat menambah wawasan menjadi lebih luas lagi. Salam 🙂

      • Ayo Cak…eh Bung Sat, segera selesaikan, meskipun sy hanya pedagang ayam, tapi saya sangat senang dng artikel yg bisa menambah wawasan kebangsaan. Ya, paling tidak bisa ikut niteni mana pemimpin yg berjiwa nasionalis sejati, mana yang berjiwa kacung dan hanya mikir perutnya sendiri. Salam hangat utk Bung Satrio.

  123. sampai 2041
    yang kita dapat ga sebanding bung satrio
    imho

    • terus menurut anda langkah paling CERDIK untuk Indonesia menyikapi KK yang sudah ditandatangani sejak 1991 apa ?

      Jangan asal bunyi lho yaaaa yang Ilmiah dan jangan asal menghujat

  124. Kemerdekaan hakiki bangsa ini masih teramat terjal untuk dilalui….
    Jangan bebani anak cucu pertiwi dengan kesalahan kita sendiri….
    Sesungguhnya saat saat rawan ini adalah kunci…
    Akankah kita 240 juta rakyat Indonesia kalah oleh nafsu segelintir manusia…
    Atau kita harusnya bangkit melakukan perlawanan….
    Semua ada ditangan kita sesungguhnya…
    Tugas kitalah mengawal negeri…
    Jangan hapuskan tawa ceria anak cucu pertiwi dengan menggadaikan negeri….
    Saatnya maju dan kepalkan tangan…

    GO TO HELL AMERICA

  125. Cuma berharap soekarno bisa hidup lagi..kl bc ini. Ampunnn dah

  126. ternyata negeriku bener bangsa kacung,,,,,,, miris,,,,,, stelah freport berhasil tinggal chevron yg lum di acc.

  127. Terima kasih kritikannya bung Telik Sandi, yg pertama mohon maaf seperti yg saya bilang diawal2 saya tidak mengenal sesepuh saya cuman manusia biasa dan sama seperti yg lain.

    Ok setelah saya lihat saya merasa ucapan itu ditunjukan untuk saya. Saya lihat lagi artikel lama itu tanggapan saya atas komentar bung raka anom atas informasi temannya, disitu saya mengatakan begini…

    Jalo says:
    May 31, 2014 at 1:19 pm
    Iya bener kesimpulan teman anda bung raka, saya rasa semua yg berkunjung baik oknum pejabat, wartawan, pemerintah daerah, dll itu semua sudah disuap apalgi Freeport itu dilindungi aparat negara kita. Beberapa teman2 dari mahasiswa pernah mau membuat riset disana termasuk penambangan dalam tanah atau underground dan juga masalah limbah tapi mereka ditekan melalui aparat pemerintah kita. Nah silahkan teman2 berikan kesimpulan sendiri, 😀

    Itu konteksnya bukan pada masalah ” dimana salah satu yang di anggap sesepuh dengan yakin nya berkata bahwa tambang emas freeport akan abis dan tidak bernilai ekonomis pada tahun 2021..” seperti yg bung Telik sebutkan. Itumenanggapi kunjungan2 ke kantor Freeport, boleh di check lagi loh bung. Cuman kalau bung Telik beranggapan bahwa saya mengatakan demikian, saya mohon maaf sudah memberikan informasi palsu.

    Ok untuk mahasiswa yg disebutkan itu mereka dari UGM pada tahun 2001 yg melakukan riset disana dan PT Newmont. Riset yg mereka lakukan masalah limbah Limbah Berbahaya dan Beracun (B3). Ini saya kasih hasil riset copas dari penelitian mereka.

    Ini saya kasih pendahuluan laporan riset mereka…

    PENDAHULUAN

    Kepentingan usaha pertambangan dan pelestarian lingkungan tak ubahnya bagaikan sebuah paradoks. Di satu sisi pertambangan dibutuhkan demi pembangunan, tetapi di sisi lain lingkungan menjadi rusak akibat aktivitas pertambangan yang tidak menerapkan teknologi yang ramah lingkungan bersamaan dengan pengelolaan lingkungan yang baik.
    Dampak kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh kegiatan pertambangan salah satunya adalah pembuangan tailing ke perairan atau daratan. Ketika tailing dari hasil pertambangan dibuang di badan air atau daratan limbah unsur pencemar kemungkinan tersebar di sekitar wilayah tersebut dan dapat menyebabkan pencemaran lingkungan.

    Bahaya pencemaran lingkungan oleh arsen (As), merkuri (Hg), timbal (Pb), dan kadmium (Cd) mungkin terbentuk jika tailing yang mengandung unsur-unsur tersebut tidak ditangani secara tepat. Terutama di wilayah tropis dimana tingginya tingkat pelapukan kimiawi dan aktivitas biokimia akan menunjang percepatan mobilisasi unsur-unsur berpotensi racun. Salah satu akibat yang merugikan dari arsen bagi kehidupan manusia adalah apabila air minum mengandung unsur tersebut melebihi nilai ambang batas; dengan gejala keracunan kronis yang ditimbulkannya pada tubuh manusia berupa iritasi usus, kerusakan syaraf dan sel.

    Salah satu perusahaan tambang di Indonesia yang banyak memberikan kerusakan bagi lingkungan akibat limbah tailing-nya adalah PT. Freeport yang merupakan tambang emas terbesar di dunia dengan cadangan terukur kurang lebih 3046 ton emas, 31 juta ton tembaga, dan 10 ribu ton lebih perak tersisa di pegunungan Papua.

    Prediksi buangan tailing dan limbah batuan hasil pengerukan cadangan terbukti hingga 10 tahun ke depan adalah 2.7 milyar ton. Sehingga untuk keseluruhan produksi di wilayah cadangan terbukti, PT. Freeport Indonesia akan membuang lebih dari 5 milyar ton limbah batuan dan tailing. Untuk menghasilkan 1 gram emas di Grasberg, yang merupakan wilayah paling produktif, dihasilkan kurang lebih 1.73 ton limbah batuan dan 650 kg tailing. Bisa dibayangkan, jika Grasberg mampu menghasilkan 234 kg emas setiap hari, maka akan dihasilkan kurang lebih 15 ribu ton tailing per hari. Jika dihitung dalam waktu satu tahun mencapai lebih dari 55 juta ton tailing dari satu lokasi saja.

    Dan lain-lain…Namun sayang saat melakukan penelitian Surface Mining dan Underground Mining mereka ditolakpihak Freeport melalui militer. Untuk Surface Mining yg ingin dipelajari masalah batuan limbah atau overburden yg dibuang dengan truk ke daerah-daerah penempatan yang telah ditentukan, atau ke dalam alat penghancur OHS pada jalan HEAT untuk ditempatkan di Wanagon Bawah di samping alat penimbun atau stacker. Kalau Underground masalah teknik ambrukan pada sistem tambang bawah tanah atau yg disebut sistem Block Caving. Freeport menerapkan sistem Block Caving ini pada zona – zona tertentu antara lain Gunung Bijih Timur (GBT), Intermediate Ore Zone (IOZ), Deep Ore Zone (DOZ), Mill Level Zone (MLZ), East Stockwork Zone (ESZ).

    Ok untuk masalah ini “.sampai sampai sesepuh ini ngotot bahwa sumber nya valid.. ” terima kasih sudah dikrtik, besok2 saya tidak akan mengatakan sumber2 saya lagi. Dari awal saya sudah menyebutkan bahwa saya manusia biasa dan pasti ada salah dan juga patut tidak diikuti teman2, tapi kalau saya ada salah saya mohon maaf ya dan maaf kalau saya sombong menyebutkan sumber2.

    saya selalu menunggu kritik dan saran dari teman2 kalau saya ada salah, mau di maki juga tidak apa2 asal sama2 berargumen. Dulu saya pernah di kritik bung Flanker, dan kritik tersebut saya terima dan tidak ada dendam sama sekali.

    terima kasih untuk kritik dan sarannya bung, kalau tidak suka dengan apa yg saya sampaikan bilang aja bung tidak perlu sungkan apalagi menyindir saya lebih senang transparan. Namanya juga belajar pasti ada aja kesalahan, dan saya senang belajar dari kesalahan tersebut.

    Salam hangat bung…

    • bung@jalo terima kasih…
      sebenarnya bukan di tujukan buat bung@jalo kritikan saya..atau temen lain nya..karena sesepuh itu sudah jarang muncul 🙂
      mohon maaf jika ada kata kata yang tidak berkenan

      salam

  128. menghadapi freeport gak bisa frontal karena banyak wni dapat keuntungan pribadi dari freeport jadi perlu ada dukungan UU dan strategi yang tepat untuk menyusun kekuatan

    sudah menjadi konsumsi umum bila wni yang bekerja sebagai monitoring aktifitas freeport spt sucofindo, bea cukai dan bahkan aparat militer bermain mata demi keuntungan jangka pendek. Bila ada yang sok suci nasibnya akan dimutasi ke dengan alasan dan daerah yg tidak berkembang

    salam nkri

  129. mudah2an presiden kita selanjutnya memiliki mental untuk merenegoisasi ulang semua kontrak2 perusahaan asing yang merugikan negri ini. Biarlah kita susah benberapa tahun,tp selanjutnya kekayaan negri ini dapat di nikmati lbih maksimal untuk kepentingan masrakat

  130. demo aja kedutaan amerika,minta mereka batalkan semua perjanjian kontrak dan segera keluar dr freeport/papua..klo perlu putusin hubungan diplomatik sm amerika..msh kurang jg,tantang amerika perang..hayo angkat senjata lawan amerika,yg merasa nasionalis sejati pasti berani dong hehe

  131. keep calm and mesem terus

  132. Kebooo

  133. stadium tutup msh ada paladium..senengkan hati,negara mo di bawa kemana terserah sm pejabat2nya dah,krn itu tugas mereka sbg pejabat negara,rakyat yg penting kerja kerja kerja..tak kerja mo kang tao lah

  134. sip bung satrio… dr awal saya mengikuti jkgr saya paling bersimpati dgn anda

  135. kenapa pada langsung heboh dan main hujat dulu ya,
    begini ya seperti bunyi pernyataan ini ” Rozik B Soetjipto, Chief Executive Officer Freeport Indonesia, sebelumnya mengatakan, kalau renegosiasi sudah selesai, “Sekarang tinggal bahasa hukumnya saja,” ujar dia. ” dari pernyataan itu bisa di artikan itu hanya bunyi poin2 yang akan di masukan dalam perjanjian kontrak karya.
    kedua ” Freeport juga setuju melakukan divestasi saham sebesar 30 persen kepada Pemerintah Indonesia, pemerintah daerah, BUMN ataupun BUMD, sesuai aturan yang berlaku. ” benar cuma 30% kan belum di sebutkan bahwa saham itu termasuk saham biasa atau saham dengan mempunyai kekuatan khusus, contoh mempunyai hak veto dalam RUPS serta berhak mengganti jajaran direksi PT freeport,
    coba anda pikirkan pilih mana? antara 51 % tapi merupakan saham biasa tanpa kekuatan khusus di bandingkan dengan 30% saham dengan mempunyai kekuatan khusus?
    ketiga “Freeport berjanji akan membangun pabrik pemurnian atawa smelter mineral emas di Gresik, Jawa Timur, dengan nilai investasi 2,3 miliar dollar AS. Selama ini Freeport memilih ekspor konsentrat mineral tanpa pengolahan.” bukan kah ini hal yang bagus? dengan adanya pabrik baru akan membuka lapangan kerja baru, peluang bisnis baru di sekitar pabrik tersebut ( dari tempat kos2an para perkerja sampai bisnis laundry ), kedua peluang bisnis bagi pengusaha transportasi untuk pengiriman dari tambang ke gresik, kesempatan bagi TNI untuk mendapatkan alutsista tambahan demi mengamankan jalur transportasi ini.
    jadi sekarang yang menjadi PR adalah bagaimana Kementerian Hukum Dan Ham mengimplementasikan kepentingan2 Negara ke dalam Kontrak kerja tersebut tanpa merugikan kepentingan nasional,

  136. Bung Satrio, kok Dubes Marshall Green tidak di cantumkan sih kedalam List?

  137. Jangan dikira Amerika mau main petakk umpet dgn Malaysia itu gratis bung, jangan-jangan malah Sabah dan Serawak dah dijual ke Amerika. Gak ada yang dibanggain dari Malaysia kecuali sembunyi di ketek Mama Ely, Usa dan FPDA. Jadi banci aja kok sombong… kwkwkwkwkwkk ….

  138. Jangan pernah lupa dengan Pasal 45 Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara, inilah sumber awal keanehan yg terjadi.

      • Nah makanya kawan2…..jangan cepat emosi……

        Klo bantahan itu benar bagaimana? Kita sdh terlanjur menghujat, mencaci sesorang/golongan yg blom pasti kesalahannya…..

        Satu hal yg saya lihat dr komentar sebagian warjager belakangan ini, mulai dari artikel f22, hovercarft dan freeport menunjukkan sifat2 yg jdi kelemahan kita selama ini yaitu TERLALU CEPAT/MUDAH MENGHAKIMI dan TERLALU MUDAH DIPROVOKASI……

        Yuk.sama2 instropeksi diri….

        sekedar mengingatkan petikan dari kitab suci:

        “Selidikah setiap informasi yang datang kepadamu…..”
        “Janganlah kebencianmu kepada suatu kaum membuatmu berlaku tidak adil…..”

        Tuha memberi kita dua mata, dua telinga namun hanya satu mulut…..Tuhan ingin kita lebih banyak melihat, mendengar, menelaah kembali, sebelum mengeluarkan pendapat/berkomentar…..

        Semoga dpt menjadi pelajaran utk kita semua…..

      • maksudnya murni didikan kampus sendiri, tidak ‘pernah dicekoki’ di luar…

        • @ bung danu,.,

          maaf oot,., siapa yah calon RI -1 yang pernah kuliah,., sekolah,., atau mendapat pendidikan di luar negeri / ASU ???
          mohon maaf saya awam bung,.,

          salam hangat,.,

        • bung kremlin,

          kebetulan saya juga belum dapat data pendidikan kedua calon RI-1 setelah univ / akademi di DN
          😀

          salam hangat…

        • apakah itu termasuk yg ikut pendidikan di fort benning dan fort brag ????

          soal nya skarang lagi ramai di beritakan di media masa soal itu,.,
          maaf ya bung danu,., saya banyak tanya,., 😉

          salam hangat juga bung,.,

      • bung Jalo,

        imho, “kesepakatan yang menjamin perpanjangan kontrak -akan tertuang di memorandum of understanding (MoU)” dapat diartikan: syarat agar kedua pihak kelak duduk bersama merundingkan perpanjangan kontrak FI, adalah perpanjangan kontrak tsb memuat klausul2:
        a. divestasi (prosentase akan dirundingkan kemudian)
        b.
        c.
        dst.
        Jika kelak FI berubah pikiran / tidak sepakat tentang keberadaan klausul2 tsb, perpanjangan kontrak tidak dijamin…

        (poin2 a, b, c, dst ini yang dituangkan dalam MoU)

      • Iya bener bung Danu, tadi saya baca kontan ada kata2 begini, “Dirjen Mineral dan Batubara KemenESDM Sukhyar optimistis, renegosiasi kontrak akan rampung sebelum pergantian pemerintahan.”

        Nah kalau bener dilakukan revisi PP, maka masalah ini akan menjadi bola panas pemerintah kedepan.

        Ok kita lihat arti dari PP mengutip Marida Farida Indrati Soeprapto, S.H., M.H., dalam bukunya yang berjudul Ilmu Perundang-Undangan: Proses dan Teknik Pembentukannya.

        “UU selalu dibentuk oleh Presiden dengan persetujuan DPR, dan dalam keadaan normal, atau menurut Perubahan UUD 1945 dibentuk oleh DPR dan disetujui bersama oleh DPR dan Presiden, serta disahkan oleh Presiden, sedangkan PP dibentuk oleh Presiden tanpa persetujuan DPR karena adanya “suatu hal ihwal kegentingan yang memaksa.” (hal. 80).

        Peraturan Pemerintah (PP) adalah Peraturan Perundang-undangan yang ditetapkan oleh Presiden untuk menjalankan Undang-Undang sebagaimana mestinya. Materi muatan Peraturan Pemerintah adalah materi untuk menjalankan Undang-Undang sebagaimana mestinya.

        Nah kalau dari hasil MoU itu lalu di revisi PP No.24/2012 dan PP lainnya jadi gimana dong?? 😀

      • bung Jalo,

        mungkin saja, yang penting kita berdoa agar kartu truf ini terwujud,

        > presiden baru yang akan putuskan perpanjangan kontrak…

        artinya detail2 teknis perjanjian bisa disusun sejak sekarang, tapi yang teken (atau tolak) nanti pejabat baru…

      • “pemerintah menjamin kesepakatan yang menjamin perpanjangan kontrak akan tertuang di memorandum of understanding (MoU) yang akan diteken sebelum masa Pemerintah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini berakhir.”

        Saya pikir kesimpulannya sama dgn yg dipaparkan oleh bung @satrio, perpanjangan kontraknya dijamin…..tpi isi2/detail deal perpanjangannya bisa jdi dirumuskan oleh pemerintah yg baru…

        CMIIW

        Tpi klo segala sesuatunya jg telah disepakati dlm MoU, kesannya pemerintah yg sekarang lempar batu sembunyi tangan…..
        Yg kena getahnya justru pemerintah yg baru karna terpaksa meresmikan tanpa bisa meninjau ulang….

        CMIIW

      • lebih baik tunggu publikasi MoU seperti apa, tafsiran bisa berbeda, yang ada sekarang baru ‘kesepakatan/mou’ yang menjamin perpanjangan kontrak.

        apakah kesepakatan itu sudah detail menyebut angka atau hanya guidelines / garis besar, belum diketahui.

        bisa saja pada klausul divestasi pemerintah baru minta 51% saham dan FI belum tentu setuju, sehingga tidak diperpanjang…

      • @ bung jalo :

        cek email nya ya bung jalo ,., 😉

        salam hangat,.,

      • > presiden baru yang akan putuskan perpanjangan kontrak…

        untuk sementara (semoga terus konsisten) suara kedua kubu capres adalah sbb;

        Mengaku belum melihat MoU perpanjangan kontrak, anggota Komisi VII DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Saifudin Donodjoyo, berjanji bila partainya berkuasa di pemerintahan kelak, kontrak-kontrak karya termasuk kontrak karya dengan PT Freeport akan ditinjau ulang, termasuk soal perpanjangan kontrak dalam pengelolaan tambang oleh Freeport.

        Nur Yasin, anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Kebangkitan Bangsa, menentang rencana pemerintah memberi perpanjangan kontrak Freeport. “Tak ada alasan bagi pemerintah memperpanjang kontrak Freeport,” ujarnya. Indonesia harus mampu mengelola tambang tembaga, emas, dan perak di Grasberg sendiri pada 2021 nanti.

        (ditunggu komen PDIP)

    • berita dari media mana yang harus saya percaya…..
      mumet mumet mumet…….

  139. hehehe.. warjager lagi gak nafsu bahas alutsista bung, lagi pada esmosi gara-gara freport..
    itu loh yang
    free… ama port…

  140. Yang Pasti, bagaimanapun Indonesia tetap jauh lebih baik dari pada Malonsial, jadi tak perlu lah anda banyak cakap… udah pulang sana netek ke mama ely dulu atau sembunyi kat ketek paman sam, atau di belakang pantat Ostrali..

  141. mau tidak mau kita harus pilih presiden yang terbukti secara de facto memang tidak sejalan dengan mamarika. mudah2an pilihan saya benar

  142. bung Telik Sandi,

    mungkin anda salah tangkap, sebelum 2021 tambang terbuka / open pit grasberg (foto 1) akan tutup, karena bentuk kerucut terbaiknya sudah sempurna, tidak mungkin diperdalam lagi karena akan terlalu curam, dilanjutkan dengan tambang bawah tanah / block caving.

    teknik tambang terbuka sangat berbeda dari tambang bawah tanah.
    ‘alat berat’ (tidak cocok disebut alat berat lagi karena ukurannya imut) yang digunakan jauh lebih kecil, karena keterbatasan ruang gerak, jumlah operator lebih banyak, sehingga lebih ‘padat karya’, margin keuntungan berkurang karena semakin banyak tenaga kerja, semakin banyak logistik yang perlu dibawa ke puncak gunung terpencil tsb.

    …emas irian sampe 100 tahun lagi ga akan habis pak…
    mungkin sekali, karena gunung tempat grasberg berada bukan gunung tunggal, tapi bagian dari rangkaian pegunungan tengah papua…

  143. mari kita lihat siapa “Orang Besar” Kita yang duduk jadi komisaris Freeport. googling Rekam jejaknya, kawan2 akrabnya. Dan siapa nanti Orang Besar berikutnya yg menyusul gabung freeport setelah Pensiun.

  144. sebaiknya kita g usah hujat menghujat.. saya usul bagaimana kalo hasil diskusi kita semua di JKGR kita teruskan ke pihak terkait ( aksi nyata tidak hanya sebatas ungkapan di dunia maya dan sambil kita belajar ) biar ada koreksi dalam penetapkan keputusan apapun.. misalnya masalah perpanjangan kontrak karya Freeport bila banyak merugikan negara / menyimpag dari UUD 45, atau UU yang ujung ujungnya merugikan kepentingan rakyat bisa kita gugat bersama ke MK atau diskusi kita bisa kita sampaikan ke lembaga lembaga yang betul betul peduli dengan bangsa dan negara ini. dan forum JKGR bisa menyuarakan langsung ke pihak terkait.. bagaimana Bung Diego dan bung – bung yang lainnya??

    maaf cuman usulan aja. biar ada aksi nyata Bung.. kalo usul ni ditolak oleh bung bung semua ya saya jangan dicaci maki lho ya.. sebelumya minta maaf dulu kalo kurang berkenan dalam usulan saya yang mengajak Forum JKGR terjun ke aksi nyata…

  145. Semoga berita ini benar bung ujunglangit, dan semoga pemerintahan yang akan datang pro rakyat dan cinta NKRI. Salam kenal bung..

  146. tergantung ntar capresnya, kalo boneka ya bakal LANJUTKAAAAAN… diperkosa sampe 2041gak apa kok bang, teruuuss wong gue pribadi juga ke enakan ko.. kwkwkkw , moga aja yang menang sang jendral yang disinyalir sanggup tutup freeport,, ato setidaknya divestasi 51%..
    inget loh ya gak boleh kampanye di warjag ini,
    salam NKRI HARGA MATI,untuk selamanya.

    • Neng OKE, sejarah mencatat bahwa koalisi bagi2 kursi menteri seperti pemerintahan saat ini, menjadikan presiden tidak mampu/tidak berani untuk menindak menteri yg duduk di kursi jatahnya parpol koalisi, meskipun menteri tersebut prestasinya memble/tidak sejalan/berseberangan dng presiden.
      Saat ini ada capres yg mau melanjutkan pola ini dipemerintahannya kalau rakyat memilihnya. Meskipun saya hanya sebagai rakyat jelata yang awam, rasanya tidak cocok apa yang dia kampanyekan dengan sejarah yg telah terjadi saat ini. Maaf hanya pendapat penjual ayam.

      • @ pitik

        maaf om…aku netral aja ..
        jadi mau boneka kek,mau bagi2 kursi kek…
        sy harus tetap netral mas…
        DAN WAJIB MEMBELA YANG MENANG..

        xixixi

  147. Apa yg disampaikan CT memang benar begitu, tapi apa mampu “berani” CT yang notabene orang baru di birokrasi pemerintahan, melawan mafia asing yg sdh mencengkeram birokrasi kita.
    CT juga berkata bahwa subsidi ke barang cenderung terjadi penyimpangan, yg benar subsidi itu langsung kepada orang yang berhak, inipun juga benar memang begitu seharusnya, tapi sekali lagi apakah seorang CT mampu melawan mafia birokrasi kita? Saya sebagai rakyat biasa hanya bisa niteni sambil berdoa saja.

  148. sebagai rakyat biasa saya sangat sedih dan miris mendegar berita perpanjangan kontrak pt freeport sejak saya maseh SD saya sangat ingin pt freeport d hentikan dan skarang udah 20 tahun yg lalu malah kontrakx d perpanjang sampai 2041 kecewa berat…….seandaix BUMN yg notabene prusahaan negara yg mengelola gunung emas d papua itu ( freeport) saya yakin indonesia bisa makmur dan maju…masuk 3 besar kekuatan ekonomi dunia…ohw Pak SBY kau meninggalkan luka pada rakyatmu sampai puluhan tahun…apakah waktu buat keputusan DPR tidak dlibatkan???? karna DPR lah wakil kita rakyat indonesia…sungguh miris….royalti cuma 3 % sedangkan perusahaan lokal royaltix 40% devestasi 30 % sedang yg lainx 51% sungguh kau sengsarakan kami semua rakyat indonesia terlebih rakyat papua….

  149. kenapa harus pilih kasih, divestasi 51% HARGA MATI…
    kalo ga mau freeport harus angkat kaki…

  150. Masih aja galau kawan….:-(
    Bagaimana kalo ini cuman strategi perang asimetris…
    Hitam merah biru putih nya negeri ini tetep aja gue cinta mati…..
    Keep spirit for fighting n keep smile 🙂
    OPTIMIS INDONESIA

  151. pada banyak komentar asbun…..membabibuta menghujat. kagak ngerti maksud dari bung satrio… emangnya gampang membalik telapak tangan masalah freefort….. tssssssskkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

  152. setelah SBY lengser wajib diseret ke penjara, kerjanya hanya menjual Sumber Daya Alam kepada Asing.
    Kepada seluruh rakyat Indonesia apabila ingin sejahtera segera turun ke jalan, seret pemimpin yang menjual kekayaan negara ke Asing itu adalah SUBVERSI. Kembali UUD 1945

  153. papua oh papua bagamana lagi caranya kami bs menolongmu dari jeratan lobi politik para penguasa boneka zionis asing. mereka adalah penguasa,bukanlah kami, nasib kami tak beda jauh denganmu. jawa memang pusat nusantara tapi jangan pernah berfikir jika kami diam saja dan menutup mata dan telinga. di sini kami berjuang untukmu dan saudara lain senusantara yg nasibnya sepertimu melawan musuh baik musuh nyata maupun musuh dalam selimut dari kalangan saudara kita. sejatinya kita diadu domba antar saudara senusantara agar bercerai berai. kami berdoa agar engkau mampu bersabar dan kuat meskipun kami tahu engkaulah yg paling menderita, kami juga merasakannya. kami juga sedih. ingat dan tancapkan dalam hatimu… engkau bukanlah orang lain yg berbeda, engkau adalah keluarga kandung senusantara yg berbineka tunggal ika, sesulit apapun keadaanmu kami di sini tetap mencintaimu dan akan selalu…terus..dan terus berjuang untukmu melawan penguasa zholim demi dirimu. mngkn para zionis boleh berbangga sebentar karena berhasil melepas timor-timur dari ibu pertiwi dengan segala tipu muslihat dan konspirasi. lihatlah sekarang, warga timor semakin menderita dan banyak mengungsi ke indonesia krn disana tdk aman dan susah cari makan dan air minum sdgkan atas nama HAM skrg terbukti wajah asli asing yaitu SDA timor dikuasai asing/australia dan skrang saudaranya/indonesia tdk bs berbuat apa-apa lagi untuk membantu sprti dulu krn menghormati kedaulatan negara. kami tak ingin papua seperti itu, kami tak ingin papua kehilangan jati diri dan disisihkan seperti suku aborigin di australi, suku melayu di singapura dan malaysia, philipina dan PNG yg kehilangan bahasa aslinya. kami ingin papua tetap papua meskipun papua juga indonesia papua juga nusantara seperti halnya suku yg lainnya, kami ingin berjuang bersamamu, memajukan nusantara bersama-sama dalam bingkai NKRI….I LOVE PAPUA…
    (ratapan sedih dan geram dari saudaramu di jawa melihat polah penguasa).

  154. Sebenarnya benar tidak itu diperpanjang?
    Klo iya kok gk dipublish…klo nggak..ko ada berita sliweran..hmmm

  155. sudah 69 tahun indonesia merdeka, daerah papua tetap sama demikian daerah-daerah lainnya sampai detik ini mana bukti pembangunan yang direncanakan, sampai saat ini papua masih berpredikat daerah tertinggal . indonesia negeri kaya tapi sayang kaya buat yang kaya yang miskin tertinggal selamanya. harusnya dalam kurun waktu yang sudah begitu dewasa indonesia harus mampu membangun bangsanya sendiri bukan malah dikuasai bangsa asing. harusnya pemerintah lebih berani dan keras atas segala tindak tanduk yang dilakukan PT Free port jika terbukti melanggar. perjanjian dibuat bukan untuk dilihat dan disimpan tapi untuk dilaksanakan.

  156. kontrak tidak ada persetujuan dpr , hati hati dpr protes masuk pengadilan

 Leave a Reply