Perubahan Kontrak, Gripen E Akan Sepenuhnya Baru dan Bukan Oplosan

Jet tempur Gripen E Swedia dilengkapi rudal Meteor © Saab Group

JakartaGreater.com – Pesawat tempur Gripen E buatan Saab Swedia tidak akan lagi menggunakan suku cadang yang direkondisi dari pensiunan Gripen C, dimana setiap pesawat kini akan dibangun sepenuhnya baru, seperti dilansir dari laman IHS Jane (18/12/2017).

Pabrikan tersebut mengumumkan pada tanggal 18 Desember bahwa Swedish Practice Materiel Administration (FMV) telah menganugerahi SEK 400 juta ($ 47 juta) untuk modifikasi kontrak pengembangan Gripen E yang diberikan pada awal tahun 2013 sebesar SEK 57,9 miliar. Modifikasi ini mencakup produksi komponen baru yang pada awalnya dijadwalkan akan di “oplos” dari pesawat Gripen C yang sudah pensiun.

“Kontrak asli yang di teken dengan FMV pada tahun 2013, mengenai pengembangan dan modifikasi Gripen E didasarkan pada persyaratan bahwa sejumlah peralatan tertentu dari armada/stok pesawat yang ada di dalam Angkatan Bersenjata Swedia harus digunakan kembali. Dengan kontrak baru ini berarti bahwa peralatan yang seharusnya digunakan kembali akan diperoleh baru”, tutur juru bicara Saab, menambahkan: “Ini dimaksudkan untuk menjamin ketersediaan sehingga Angkatan Bersenjata Swedia dapat mempertahankan armada Gripen C/D dalam layanan operasional sementara Gripen E dikirim dan dioperasikan Angkatan Udara Swedia”.

Berdasarkan persyaratan kontrak produksi asli yang diberikan pada bulan Desember 2013, Saab rencananya akan mengubah sekitar 60 unit dari platform Gripen C milik Angkatan Udara Swedia menjadi varian terbaru yakni Gripen E (sebanyak 25 unit Gripen D akan tetap dipertahankan menjadi pesawat pelatih tempur utama sampai pengiriman armada Gripen E selesai di akhir tahun 2026).

Namun, pada bulan Maret 2014, pejabat Saab ketika itu memberi pengarahan kepada IHS Jane dan media pertahanan/penerbangan memberikan pembelaan lainnya, bahwa Gripen C dan Gripen E akan berbagi sedikit dalam hal sistem dan struktur umum. Menurut para pejabat, sejumlah suku cadang yang bisa dipergunakan adalah kaca depan, kanopi, elevon luar, kursi lontar, sistem konveyor dan senjata internal, serta beberapa perlengkapan tambahan lainnya.

TERPOPULER

Tinggalkan komentar