Mar 132018
 

Jet tempur multiperan Su-35S Flanker-E Angkatan Udara Rusia. © Russian MoD via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Rusia kini mulai menerapkan kontrak untuk mengirim jet tempur multiperan Su-35S ke Indonesia, tutur ajudan Presiden Rusia untuk Kerjasama Militer dan Teknis, Vladimir Kozhin, seperti dilansir dari laman TASS.

Beberapa negara mendapatkan tekanan saat mereka bersiap menandatangani kontrak dengan Rusia dalam hal pengiriman persenjataan, kata ajudan Kremlin dalam sebuah wawancara dengan stasiun TV Rossiya-24.

“Kami berterima kasih kepada pimpinan militer dan politik di Indonesia atas tekad mereka yang kokoh, mereka tidak takut untuk menyatakan secara terbuka, termasuk kepada Amerika Serikat”, menurut ajudan presiden, menambahkan bahwa tekanan yang dihadapi oleh Indonesia sangat besar.

Kozhin juga menjelaskan bahwa kontrak pembelian tersebut telah disiapkan selama dua tahun, dan merupakan kontrak yang rumit untuk jet tempur Su-35 modern, dan semua telah dipersiapkan. Pembahasan yang panjang itu karena penyempurnaan perundang-undangan di Indonesia, jelas Kozhin.

“Kami mempersiapkan semua ini dengan tenang dan masing-masing pihak memiliki hak untuk dapat membuat keputusan seperti itu”, tutur ajudan Kremlin tersebut.

Menurut Kozhin, ketika semuanya telah siap, Amerika Serikat masuk dan memberikan tekanan yang belum pernah terjadi sebelumnya kepada Indonesia untuk mencegah agar kontrak tersebut tidak berjalan.

“Namun demikian, kontrak tersebut telah ditandatangani dan kami mulai menerapkannya”, kata ajudan presiden tersebut.

Menanggapi adanya pertanyaan tentang “Apakah Rusia memberikan diskon ke pembeli senjata”, Kozhin menjawab: “Tidak ada pembicaraan tentang diskon, ini bisnis dan kita tidak bisa melakukan perdagangan yang merugikan”.

Su-35 adalah jet tempur multiperan supersonik generasi 4++ yang super-manuver dan dikembangkan sebagai penerus dari jet tempur Su-27. Su-35 ini dapat terbang dengan kecepatan hingga 2.500 km per jam, memiliki jangkauan 3.400 km dan radius tempur 1.600 km.

Spesifikasi Jet Tempur Multirole Su-35S

Karakteristik umum

  • Kru: 1
  • Panjang: 21,9 m
  • Lebar sayap: 15,3 m
  • Tinggi: 5,90 m
  • Luas sayap: 62,0 m²
  • Berat kosong: 18.400 kg
  • Berat terisi: 25.300 kg
  • Berat maksimum lepas landas: 34.500 kg
  • Kapasitas bahan bakar: 11.500 kg internal
  • Mesin: 2× Saturn AL-41F1S dengan turbofan TVC
    – Dorongan kering: 8.800 kgf (86,3 kN) masing-masing
    – Dorongan dengan afterburner: 14.500 kgf masing-masing

Kinerja

  • Kecepatan maksimum:
    – Di ketinggian: Mach 2,25 (2.750 km/jam)
    – Di permukaan laut: Mach 1.13 (1.380 km/jam
  • Jangkauan:
    – Di ketinggian: 3.600 km
    – Di permukaan laut: 1.580 km
  • Jangkauan feri: 4.500 km dengan 2 tangki bahan bakar tambahan
  • Batas tertinggi terbang: 18.000 m
  • Laju panjat: >280 m/s
  • Beban sayap:
    – Bahan bakar internal 50% : 408 kg/m²
    – Bahan bakar internal 100% : 500,8 kg/m²
  • Dorongan/berat:
    – Bahan bakar internal 50% : 1,13
    – Bahan bakar internal 100% : 0,92

Persenjataan

  • 1 × 30 mm kanon internal Gryazev-Shipunov GSh-30-1 dengan 150 peluru
  • 2 × rel ujung sayap untuk peluru kendali udara ke udara R-73 (AA-11 “Archer”) atau poda ECM
  • 12 × stasiun rangka dan sayap untuk sampai 8.000 kg artileri, termasuk peluru kendali udara ke udara, peluru kendali udara ke darat, roket, dan bom seperti:
  • Vympel R-27: R-27R, R-27ER, R-27T, R-27ET, R-27EP, R-27AE
  • Vympel R-77: R-77, dan R-77M1, R-77T yang diajukan
  • Vympel R-73: R-73E, R-73M, R-74M
  • Kh-31: Kh-31A, Kh-31P (Peluru kendali anti-radiasi)
  • Kh-35: Kh-59
  • Kh-29: Kh-29T, Kh-29L
  • Bom terpandu laser KAB-500
  • Bom terpandu laser KAB-1500
  • Bom terpandu laser LGB-250
  • 250 kg bom tak-terpandu FAB-250
  • 500 kg bom tak-terpandu FAB-500
  • Roket terpandu laser S-25, roket tak-terpandu S-250
  • Poda roket tak-terpandu S-8
  • Poda roket tak-terpandu S-13

Avionik

  • Irbis-E PESA
Bagikan :

  57 Responses to “Kontrak Pengiriman Jet Su-35S Indonesia Mulai Berjalan”

  1.  

    Mana rudal penangkal ICBM? Apa su 35 bisa menangkap dtgnya rudal itu. Gak sekalian ngelindungi negeri dg tdk tanggung2. Boleh kok indo beli rudal penangkal ICBM Rusia. Apa yg gak boleh untuk Indo?

  2.  

    waduh serem juga bos nya jimmy…….klo ngomong to the point……jlep……….kgk ada diskon…….xixi

  3.  

    Jadi ingat yang di sampaikan bung WI dengan memberikan Link yang artikelnya dibuat oleh bung adi nugroho (kalau tidak salah)… dan saat itu saya mempertanyakan karena bagaimanapun apa yang disampaikan sangat tendensius, karena memang tidak ada pernyataan apapun yang di sampaikan oleh pemerintah terkait apa yang dituliskan dan justru seperti provokasi untuk terjadinya gorengan di netizen…

    https://www.facebook.com/MajalahMiliterOnline/posts/1605109772907855

    Terbukti kalau sekarang itu hanyalah opini dari penulis saja, dan sangat tidak berdasar…

  4.  

    eh btw musik bikin saya yg baru ini enak apa ga ??

    https://mega.nz/#!KVgBXbjC!oOSpR4dxw-wc725B_JfzBGzMLXJCW_Kalq1vnNw1Aw0

  5.  

    Mamarika mau nekan2 …. kalau indonesia nunduk lagi bisa2 dapat hibah lagi bb f22 yg mau di pensiunkn..???

  6.  

    Cuma russia ajja yg mau menerima imbal dagang dengan hasil komuditas alam indonesia yg katanya ada didalam undang2 indonesia, tapi klu beli dari amerika & dari uni eropa? Undang2 indonesia gak laku karna ada duit ada barang.

    Tapi masih mending ada duit ada barang, dari pada expor indonesia distop amerika & uni eropa? mungkin orang goblox menurut saja, kalau orang pintar mungkin pindah haluan dagang

    Hahhaahaaaa

  7.  

    Oh.. jadi juga rupanya 11 Su35.

  8.  

    Komen gue masih nyangkut digigi gigi pemirsa
    Hahahaaaa

  9.  

    Takutnya amerika nekannya pake dukungan kpd OPM atau melemahkan rupiah secara ekstrim

  10.  

    Kok Su35S ya kalo yg dibaca di artikel atas

  11.  

    sang salespun tersenyum bahagia sembari duduk di teras di temani secarik kertas di tangan dan menikmati secangkir kopi..mantapppp

  12.  

    Sipp pesawat sudah semoga nexk anti missile darat ke udara terealisasi

  13.  

    Dikirim kapan ya? Trus kabar KS Kilo nya gimana ya? Jadi beli ga? Mungkin warjager ada yang tahu?

  14.  

    Tinggal menunggu realisasi dr opsi penambahan akuisisi SU-35S, mantap!

  15.  

    Perang dagang baru dimulai siap2 perang pake amunisi

  16.  

    yg kemarin masih ragu kamsud safari mattis…nohh…

  17.  

    Akuh tidah ngomong apah-apah…emang nyah kenapah???

 Leave a Reply