Oct 092014
 

Danrem 072 Pamungkas, Brigjen TNI Sabrar Fadhilah saat memberikan keterangan pers di ruangkerjanya. (Foto : Ivan Aditya)

YOGYA (KRjogja.com) – Dalam dua hari kedepan, konvoi kendaraan tempur militer TNI akan melintasi jalanan Kota Yogyakarta. Defile kendaraan lapis baja tersebut merupakan iring-iringan pasukan yang tengah melakukan perjalanan pulang usai mengikuti upacara HUT ke-69 TNI di Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) V Surabaya, Jawa Timur, Selasa (07/10/2014) lalu. Beberapa tank jenis Leopard dan Marder buatan Jerman serta M113 bikinan Amerika nantinya akan dipamerkan di Alun-alun Utara Yogyakarta agar dapat ditonton masyarakat.

Komandan Korem (Danrem) 072 Pamungkas, Brigjen TNI Sabrar Fadhilah mengatakan, sebanyak 4 unit Tank Leopard, 2 unit Marder dan 5 unit M113 berikut 11 unit transporter (kendaraan berat pengangkut tank) dijadwalkan akan memasuki DIY, Jumat (10/10/2014) besok sekitar pukul 15.00 WIB. Nantinya prajurit dari Detasemen Polisi Militer (Denpom) IV/2 akan melakukan pengawalan mulai dari Klaten menuju Alun-alun Yogyakarta.

โ€œKonvoi ini merupakan iring-iring pasukan yang akan kembali ke home base masing-masing, ada yang ke Bandung serta ke Jakarta. Beberapa kota yang disinggahi diantaranya Solo, Yogyakarta dan Cirebon,โ€ jelas Sabrar Fadhilah di Makorem 072 Pamungkas, Kamis (09/10/2014).

Singgahnya kendaraan tempur militer ini di Yogyakarta merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-69 TNI. Tujuannya agar masyarakat kota ini dapat merasakan kemeriahan serta melihat secara langsung alat utama sistem senjata (alutsista) yang selama ini dimiliki TNI.

Setelah memasuki Alun-alun Yogyakarta, kendaraan tempur tersebut akan didisplay selama semalam. Esok harinya, Sabtu (11/10/2014), belasan tank ini akan melakukan parade di jalanan Kota Yogyakarta sekitar pukul 09.00 WIB. Rute yang akan dilalui yakni dari Alun-alun Utara – Jalan Trikora – Jalan Panembahan Senopati – Jalan Suryotomo – Jalan Mataram – kawasan taman parkir Abu Bakar Ali – Jalan Malioboro – Jalan Trikora – kembali ke Alun-alun Utara.

Setelah melakukan defile selanjutnya kendaraan lapis baja ini akan melanjutkan perjalanan melalui jalur selatan menuju Cirebon untuk selanjutnya kembali ke Bandung dan Jakarta. Saat konvoi di Yogyakartam, setidaknya Korem 072 Pamungkas akan menerjunkan sekitar 3 SSK prajurit atau sekitar 300 personil untuk melakukan pengamanan.

Sementara itu Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol Slamet Santoso melalui Kasat Lantas Polresta Yogyakarta, Kompol Sudaryo mengaku siap membantu kelancaran konvoi kendaraan militer tersebut saat memasuki kota ini. Beberapa ruas jalan akan ditutup sementara waktu selama iring-iringan berlangsung.

โ€œPenutupan akan dilakukan mulai Sabtu (11/10/2014) sekitar pukul 07.00 WIB. Durasi penutupan cukup lama mengingat jalannya kendaraan tempur yang tidak bisa cepat ditambah di bagian paling depan kirab ada drum band,โ€ jelasnya. (krjogja.com)

 Posted by on October 9, 2014

  98 Responses to “Konvoi Tank Lintasi Jalanan Yogyakarta Besok”

  1. Hayoo teman teman warjager yang domilisili di jogja sekitarnya kami tunggu hasil liputannya

  2. siip mantab hasil reportase nya m

  3. jogja hadir ah bawa anak-anak dan istri-istri

  4. Monggo dipersani bek menowo jembatane ono seng ambrol

  5. Ini diaa..jogja diinvasii.., waduuhh udh gk sabaarr

  6. waduh, pas poya sangi dab……matur nuwun TNI

  7. yg biro yogya siap2 bertemu ok?

  8. Ok!!! Siap….!!!

  9. Ijin nyimak…
    Jadi kangen jogja nih…

  10. Wah lewat purworejo donk…!!! Kutoarjo po ngombol

  11. Moga lancar…amiiin.

  12. pantesan dua hari yg lalu seputaran altar, tanah diratakan….ternyata ada tamu istimewa si leo nginep. wajib nntn n hadir.

  13. sayangnya hr sabtu ada tugas,

  14. parade

  15. wah pasti lewat depan rumahku nih…… nontooooooonnnnnnnnnn

  16. Wah bisa macet ne…
    Tp asik jg liht Kendaraan berjejr konvoi..

  17. wah selamat menikmati ya buat yg dilalui, kapan ya ke bali ???

  18. Di Surabaya tanggal 7 dan 8 Leopard muterin surabaya mulai jalan mulus sampai jembatan sama sekali tanpa meninggalkan bekas

  19. ayo bung leo bungkam warga amblesiah

  20. Mantap abis TNI

  21. sayang sekali, aku orang jogja tapi domisili di jakarta pinggiran wetan. ga bisa liat. pengennya sih nanti kalau sudah di kandangnya di jakarta aja kali ya?

  22. Kapan ya leopard invasi jakarta

  23. Hola om om, ga ada yang punya video full parade kemaren apa? Sayang banget lho, padahal itu yg ditunggu2 harusnya, setiap ada parade militer di setiap negara

    Maap tukang gali tanah lancang

  24. Sebagai Warga DIY insyaallah akan Hadir,,,!! Sukur* bisa ngelus elus si Leo..

  25. Saya Nungguin di jakarta aja dah
    X aja tr di pajang lg di monas
    Hehehehehe

  26. Di Yogyakarta, di pintu keluar menuju arah barat (Jakarta/Bandung) ada jembatan dimana saat ini kendaraan berat (bus dan truk) tidak boleh berhenti di atasnya. Jembatan ini letaknya dekat dengan traffic light, kalau pas lampu menyala merah kendaraan berat (trailer) biasa berhenti di atasnya. Padahal tidak usah berhenti, kendaraan berat (bus, tronton, trailer) lewat saja jembatan sudah bergoyang keras.
    Kalau besuk iringan transporter itu lewat dan jembatan itu tidak runtuh, itu benar-benar pembuktian yang sulit dimentahkan.

    • Jembatan Pelem Gurih namanya.
      Sejak jembatan Comal rusak dan banyak kendaraan berat lewat, traffic light digeser supaya kendaraan terutama kendaraan berat tidak berhenti di atasnya

      • Disebelah mana itu bung??? Di daerah gamping itu kah?? Kalau mw ke barat,si leo dkk kan bisa lewat ringroad selatan bung….dari alun2 lor ke jl. Brigjen katamso -jl.paris- ringroad selatan……
        #pikiran orang awam bung…harap maklum

  27. kabar gembira nih. leopard masuk jogja… ekstraknya foto2 dulu. besok dan lusa.. ๐Ÿ˜€

  28. “Komandan Korem (Danrem) 072 Pamungkas, Brigjen TNI Sabrar Fadhilah mengatakan, sebanyak 4 unit Tank Leopard, 2 unit Marder dan 5 unit M113 berikut 11 unit transporter (kendaraan berat pengangkut tank) dijadwalkan akan memasuki DIY, Jumat (10/10/2014) besok sekitar pukul 15.00 WIB.”

    Memangnya Indonesia udah punya M113 ya? ini kan APC tahun 60an…
    Karena setau saya kita tidak pernah pumya M113… Mohon infonya.

    • Kan M113 datangnya kemaren. Kabarnya beli dari Belgia.

    • Betul bung APC M311 ini dah tua bgt, lebih tua dari tank scorpion, USA sendiri mau di pensiun kan thn 2018. APC ini terbilang banyak menyenam asam garam, dari mulai perang vietman yang di juluki vietkong naga hijau,
      Perang yonkapur
      Perang irak,
      Perang afganistan, dll,
      Keunggulan nya cuma ringan, karena amor nya terbuat dari alumunium tebal, sehingga bisa masuk dan di angkut ma hercules

    • Wah… Saya ketinggalan berita ni. Tapi gak apalah biarpun tua, yang penting ada.
      Buat ngisi gap track APC yang ada selama ini.
      Tau gak berapa unit pembeliannya?

  29. oalah dab..dadi pengen mulih..

  30. Kapan ya lewat Bekasi ???

  31. Kapan ya lewat kalimantan jenderal……..hiks….hiks….hiks….harap.com…

  32. @bung Achilles,maaf saya bls disini,untuk kopdar biro solo silahkan diatur,mengingat ada event di Paragon kita ketemuan aja di manahan/kobar ( warjager yg digentan,kotabarat dan sekitarnya). Bisa hubungi saya lwt email aero23456@gmail.com atau fb: Aero Putra. Atau ke emailnya bung Achilles. Trmksh

  33. Asik nih lewat solo siap” foto ๐Ÿ˜€
    kalaupun gak singgah langsung kejar sampai jogja haha

  34. lewat depan rumah saya,tak coba abadikan bsk

  35. pak danrem..
    kalo bisa tenknya kagak usah berenti di jogja, langsung ke jakarta aja pak..secara besok akad nikah ma resepsi adek ane pak, biar sama2 kecewa hahag ๐Ÿ˜€

    edisi wedus misuh..

  36. ngeplang, sentolo, wates……….
    ( di lewatin gak ya….???? )

  37. Mengko sore bali kerjo langsung bablas neng alun2, montore diparkirke wae neng malioboro, seko malioboro mung cerak sisan karo mlaku2.. Josss..

  38. aku nunggu nang ngarep patung nyi ageng serang wae lah mugo lewat ngarepe….ngarep.com

  39. WAH KETIBAN BERKAH
    Leopard kulo tenggo teng jogja

  40. Siap mata dan kamera buat mantengin besok…mengisi hari libur..

  41. Alhamdulillah bisa singgah sebentar di jogja… penasaran banget pengen liat wujudnya…

  42. Insya Allah konvoy nginep di Cirebon malam selasa atau rabu

  43. Biro Jogja, habis magrib ayo ke alun2 utara ๐Ÿ˜€

  44. Yg paling tidak bisa di lalui leopard selain jembatan bambu kuning, juga janur kuning, dan bendera kuning, klo yg ijo ijo sih labas aja,,,,

  45. Ane bintar nih, kalo di monas lg…siap2 nonton ah..

  46. Waduhh tank leopard dah nympe alun2 utara tp dihadang demonstran

  47. thx infonya, mau ikut jadi kontributor foto tapi gktau gimana cara upload foto disini

  48. akhirnya bisa megang dan naikin si leo n teman2 nya at alun2 utara jogja.

    tapi, tadi saya tanya sama operator si leo
    kok katanya leo nya bekas AD jerman.

    mohon pencerahannya?

  49. Bg rekan2 yg msh dialun alun. Pd dmn? Ini sy lg ngurusin listrik di panggung hiburan ditengah alun2

  50. http://youtu.be/MWNNqzK7kVY

    share link marder jogja

 Leave a Reply