JakartaGreater.com - Forum Militer
Jan 222015
 
Lima pesawat tempur Sukhoi milik TNI AU bermanuver membuka upacara peringatan HUT Ke-69 TNI di Dermaga Ujung, Koarmatim, Surabaya, dengan inspektur upacara Presiden RI yang juga Panglima tertinggi Tentara Nasional Indonesia (TNI), Susilo Bambang Yudhoyono, Selasa (7/10/2014). Peringatan terbesar sepanjang sejarah TNI tersebut mengambil tema Patriot Sejati, Profesional, dan Dicintai Rakyat. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ

Lima pesawat tempur Sukhoi milik TNI AU bermanuver membuka upacara peringatan HUT Ke-69 TNI di Dermaga Ujung, Koarmatim, Surabaya, dengan inspektur upacara Presiden RI yang juga Panglima tertinggi Tentara Nasional Indonesia (TNI), Susilo Bambang Yudhoyono, Selasa (7/10/2014). Peringatan terbesar sepanjang sejarah TNI tersebut mengambil tema Patriot Sejati, Profesional, dan Dicintai Rakyat. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ

MAKASSAR – Panglima Komando Operasi Angkatan Udara II Marsekal Madya TNI Abdul Muis (55), meminta warga Sulawesi Selatan, khususnya Makassar, memaklumi efek sonic boom dari jet tempur Sukhoi  Skuadron V, Selasa (20/1/2015) kemarin.

Maklumat Marsekal Madya TNI Abdul Muis dikemukakan lewat Kepala Penerangan Komando Operasi Angkatan Udara (Koopsau) II, Letnan Kolonel Sus Andi Arman, Rabu (21/1/2015), menanggapi latihan rutin pesawat Sukhoi  yang membuat heboh warga dalam dua pekan terakhir.

“Kami berharap agar masyarakat bisa memaklumi dan mengerti, karena ini bukan hanya kepentingan kami. Tetapi kepentingan kepentingan bersama demi keamanan udara NKRI,” kata Arman. Para penerbang Sukhoi  kemarin dilatih bermanufer untuk menghadapi segala kemungkinan.

Arman mengaku pihaknya tak bisa mempublikasikan jadwal pelatihan tempur pesawat Sukhoi.  “Kalau kita umumkan nanti bocor kepada pihak luar. Makanya kita tidak bisa mengumumkan jadwal setiap pelatihan,” terang Arman.

Diberitakan sebelumnya, dentuman suara Sukhoi  ini sempat menjadi sorotan oleh sejumlah lembaga di Makassar. Seperti Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar, Abdul Aziz, Selasa (20/1/2015). Ia meminta agar tak mengganggu warga, TNI AU mengumumkan jadwal latihan.

Efek sonic boom pesawat Sukhoi  menghebohkan warga Kota Makassar , Maros, Gowa, dan Takalar, Selasa pukul 09.30 Wita. “Tapi harusnya ada pemberitahuan sebelum latihan. Biar warga tak kaget dan panik. Bayangkan kalau ada yang jantungan, dan meninggal,” jelas Aziz.

Selain LBH Makassar, Direktur Forum Informasi dan Komunikasi Sulawesi Selatan, Asram Jaya, dan Ostaf Mustaf dari Komite Perlindungan Jurnalis dan Kebebasan Berekspresi (KPJKB) menilai warga bisa melakukan gugatan hukum (citizen lawsuite) jika dirugikan atas kejadian ini. (TRIBUNNEWS)

Berbagi

  87 Responses to “Koopsau II: Jadwal Latihan Jet Tempur Sukhoi Tak Bisa Diumumkan”

  1.  

    Tambah 1 ska su 35

  2.  

    dikit dikit ham…, hamburger x

  3.  

    Hemmm

  4.  

    Gini salah Gitu salah…..

  5.  

    hore papat

  6.  

    gaksido papat enem weh pahe

  7.  

    Kalo dpat pertama kok kyanya seneng bgt ? Knpa yah?

  8.  

    dikit-dikit HAM, inilah alasan yang dibuat oleh barat untuk melemahan suatu bangsa.Bravo TNI. Usul alangkah baiknya kalau tempat latihan jauh dari pemukiman.

  9.  

    lhoo kq di gugat memangnya pesawat negara luar yang manuver, inikan milik indonesia dan di wilayah indonesia, bukanya bangga malah gugat, heran.

  10.  

    perlu ditumpas orang2 gini ini, viar gak jadi duri dlm daging

  11.  

    Perbedaan yang sangat mencolok, ketika pesawat tempur kebanggan NKRI berlatih di didaerah perbatasan masyarakat setempat antusias dan merasa bangga, tontonan yang sangat jarang mereka lihat, dan seorang bapak bergegas keluar menggendong anaknya dan berkata “nak -nak lihat itu pesawat tempur kita” doa dan harapan seorang bapak agar anaknya menjadi seorang penerbang AU…

  12.  

    Warga punya hak untuk protes, kalau memang terganggu. Bukannya TNI AU punya training ground? Kalau tidak, kenapa tidak dibuat.

  13.  

    Lebay nih!

    Dentumannya nge-bass. Empuk di telinga.
    Orang Makassar – Bugis juga terbiasa mendengar dentuman electone semalam suntuk.

  14.  

    hamnya lg cari muka.. ke bosnya.
    biar koceknya ngalir teruzz..
    hahaaa…

  15.  

    biasa orang lbh,lsm antek asu ya gitu….kakean cocot….!!!!

  16.  

    Biasa kebiasaan orang penjilat,,,saya sebagai warga negara merasa bangga,,tapi ini mala cepek dech,,,,di delcom aja orang kaya gini

  17.  

    Kita yang di Medan malah ngiri nih ama Makassar 🙂

    •  

      jakarta juga bray ngiri

    •  

      dimakassar itu ditengah indonesia biar bisa didiploy ke delapan penjuru mata angin diseluruh wilayah NKRI, berada ditengah2 autrali ama ambalat, bayangkan klo di simpan diujung sumatra ada f-35 australi lgi wara-wiri di papua kecuali sukhoinya 3 skuad bisa di medan,makassar dan di sorong.

      dulu sekitar thn 2008 f-5 tiger terbang diatas kota samarinda lgi latihan terbangnya renda sampe kaca rumah bergetar,besoknya dikoran pd rame warga protes coz kasihan bayi-bayi ama pasien rumah sakit pd terganggu, semangat nasionalis boleh asal jgn malah menimbulkan persoalan baru.

      klo bisa latihan atas dilaut dipinggiran kota kan masyarakat jga bs liat atau diatas hutan yg dibawahnya g’ ada pemukiman mw menimbulkan sonic bom atau terbang 1 meter diatas permukaan terserah.

    •  

      Kami yg di Makassar hampir tiap hari menyaksikan Sukhoi bermanuver di langit Makassar, biasanya ada 2 sampai 4 pesawat yg kejar2an berpasang2an, walau telinga ini serasa mau pecah akibar suara yg ditimbulkan tp tetap bangga menyaksikannya.
      cuma yg kemarin itu (sonic boom) memang sangat mengagetkan krn secara tiba2 terjadi ledakan yg maha dahsyat disertai getaran tanpa ada suara pesawat seperti biasanya.
      demikian sharing2nya semoga Sukhoi bisa berkunjung ke kota2 lain biar bisa jg menyaksikan kehebatannya.

      salam dr Makassar

    •  

      Jogja juga Ngiri Bung.

  18.  

    Cengeng amat,,denger jet tempur aja protess,,harusnya bangga tuuhh,,bagaimanapun ketempatan PesPur RI paling canggih saat ini akan menjadi kebanggaan tersendiri,,,ditempat lainpu sama akan mengalami sonic boom spt di Madiun, Pontianak, Pekanbaru, meskipun mungkin tdk sedahsyat di Makasar

  19.  

    PKU udah ada elang botak, gantian Medan punya pangkalan udara khusus tni-au Soewandi malah gak punya sukhoi… 🙁

    •  

      Medan rencana nya untuk skadron intai. Tunggu pesawat AEWC kita yang baru nanti. Jangan kecewa ya, barangnya Lebih mahal Dari Sukhoi kok

    •  

      Benar bung Mj,kemarin di medan kan ada juga latihan pesawat tempur, tapi kita ingin sekali dengar kayak apa ya kalau sukai yg dipakai latihan di medan, kok tiap hari yg lewat cuma elangbotak dan hawk, tapi kita malah bangga tuh, enggak pada ingin komplain tuh orang medan, pingin nya sukhoi lah lah pak kasau di pindahin ke medan aja pak, kalau orang orang makasar keberatan.

  20.  

    Protesnya terlalu berlebihan,,LBH lg cari sensasi/cari nama,biar terkenal,,

  21.  

    Sy yakin mayoritas orang Makasar bangga daerahnya dijadikan basis pesawat tempur canggih diwilayahnya..ini kan LBH & teman2nya aja yg dikit2 HAM..dikit2 HAM..LEBAY..udah ada contoh TERBARU mana LSM yang teriak2 ngeBELA HAM yg divonis hukuman mati kmrn..pelaku penabrakannya ternyata menggunakan NARKOBA..bagaimana dng HAM yg jadi KORBAN..? jng Bandarnya aja diBELA..krn sejatinya NARKOBA bkn cuma MERUGIKAN DIRINYA SENDIRI..jg ORANG LAIN..

  22.  

    Di atas di sebutkan warga di harap maklum dgn sonic boom jet tempur sukhoi dari skadron v.–
    bukannya
    Skadron Udara 5, Makassar
    Pesawatnya B737-2X9 Maritime
    Surveillance
    dan skadron sukhoi 27 /30 itu skadron 11. Jdi sebenarnya seperti apa ya..atau wartawan salah tulis.

  23.  

    Mungkin dia bukan Antek LSM Asing……!!!

    Tapi yang biasa jaga malam. ( ” Hansip ” ) Kaleeee…….!!!

    makanya dia terganggu karena ga bisa tidur krena berisik……!!!!!!

  24.  

    udah…. sekolahin ajah…. tuh eL-BeHa biar pinter cpt lulus di dunia dan lolos masuk seleksi akherat..

  25.  

    Kapan2 latihan di madura pak, daerah saya gak pernah di lintasin itu pesawat, jd sedih cm denger kabarx mlulu….

  26.  

    Ngarep ngeliat dan ngelus Sukhoi..Syukur2 bisa ngedengar swaranya, bosen diliatin baling2 bambu terussss…

  27.  

    bung…lsm tailasoo

  28.  

    Kok baru Kali ini ribut diprotes warga? Apa selama ini gak terbang? Biaya operasional mahal?
    Semestinya warga sekitar sudah harus paham jika mereka tinggal didaerah operasi pesawat tempur, gangguan spt ini sudah semestinya jadi Hal biasa untuk warga sekitar. Apa Hal yg sama terjadi di Madiun? Memang Sukhoi mengeluarkan suara yg Lebih hebat drpd F-16 yg single engine, tp itu lah resiko tinggal di dekat LanUd.

  29.  

    kepada saudara-saudara warga Makassar dan sekitarnya, mohon dimaklumi efek suara dentuman itu demi pertahanan negara kita dan ketahuilah bahwa lanud Hasanuddin sarang dari skadron V, skadron V adalah skadron tempur terkuat yang dimiliki Republik Indonesia hingga detik ini ……

  30.  

    Halah… Nek rumahku cuma adanya suara heli bersayap gendut ma aga kurus… Tapi seringnya yang yang gendut yang bikin telinga ngung ngung…

  31.  

    Wah kapan ya bisa denger sonicbomb……….., moga saudara2 di Makasar terbiasa.

  32.  

    Cm latihan coy….
    Apalagi bsok perang…kalian mau gugat siapa?

    Syukur2 ada skuadron d tempat elu…
    Daerah lain aja brlomba biar d tempati skuadron tempur….

    Klo mau tenang dan damai pindah aje lu k hutan sono

  33.  

    itulah dahsyatnya Sukhoi kita, suaranya sampai terdengar di 3 kabupaten dan 1 kota besar bahkan katanya sampai ke Kab. Jeneponto suaranya. itu baru 1 suara pesawat (sonic boom).

    sy mendukung ke 2 belah pihak,
    – Pihak AU Latihan (sy sangat mendukung)
    – Masyarakat sy jg dukung, coba bayangkan teman2 warjager lagi hening2nya tiba2 terdengar suara dentuman keras yg menggelegar disertai getaran (tanpa ada suara pesawat kayak suara guntur seperti biasanya), pasti kaget. padahal latihannya sudah sangat jauh (selat Makassar).

    jadi mohon dimaklumi sj, sy jg warga Makassar dan mendengar suara dentuman itu.

  34.  

    Seharusnya bangga.. …!!!

  35.  

    Oh, kapan ya sukoi bisa latihan di medan, gue dengar ceritanya aja udah merinding nih, apalagi benar benar take of dari lanud suwondo, gimana gitu rasanya, pasti kagum bercampur bangga ya sama tni au yg sangat kami cintai, penjaga kedaulatan bangsa dan negara.

  36.  

    Seharusnya bangga.. …!!! Semoga mampir dirumahkan aneee biar aneh cuciin kan lagi musim hujan.. …hehehe

  37.  

    Aktifkan kembali bandara seleparang lombok, latihan aja diwilayah sy ini, biar lebih bxk yg masuk jd TNI

  38.  

    oalah ham ham, ,knalpot aja diributin..

  39.  

    LBH KUTUKUPREET, tidak ada jiwa nasionalis’y, bukannya bangga apa lagi melihat Sukhoi kita bermanuver diudara makasar.

  40.  

    Masyarakat kyknya malah seneng bisa liat SUkhoi latihan, gk perlu dikasih tau jadwalnya deh..malah biar ditunggu2…hhee…

    Sy sekali lihat rombongan pesawat lagi latihan di depan kampus, ntar si tukino apa bkn, keren bngt tuhh

  41.  

    satu kata : LBH kampret

  42.  

    Gak usah lebay deh LBHnya klo sekedar kaget sih biasa nama efek dri mesin pesawat tempur apa pendapat LBH itu mewakili semua masyarakat makasar dan sekitarnya gak kan…teman2 di daerah laen saja ngiri kapan mereka bisa lihat pesawat tempur dri dekat harusnya bangga donk malah mo nutut TNI segala

  43.  

    Cocor bebek

  44.  

    Lembaga biasanya cmn ngurusin BH.., lagi asik milih milih BH merah, biru, bergambar tweety, mickey mouse.., ehh ada suara ledakan ya pasti kagett..

  45.  

    Kok suaranya keras y,,mw nyerang musuh dh ketahuan dlu,,dh siap2 bbrapa mncong oerlikonn siap nembakin pelurunya yg bs pecah dudara n mnyebar,,pesawat dh trkena jaring pechan pluru d udara,,coba lw pespurnya senyap,,psti radar sulit deteksi n moncong oerlikon trlmbat nembak…

  46.  

    Mulai LSM mengatasnamakan rakyat, harus ada bukti konkrit kalo omongan mereka mengatasnamakan rakyat…

  47.  

    LSMnya lebay bin caper. Harusnya bersyukur di daerahnya isinya Pesawat Tempur yang paling Ok yang dimiliki Indonesia. Malah teman2 dari daerah lain aja sebenernya ngiler pengen juga daerah ya dijagain sama Sukhoi…

  48.  

    LBH: Lebay Bikin Heboh…

  49.  

    harus nya pemerintah tinjau ulang / membubarkan LBH LBH yang merugikan bangsa kayak gini….

  50.  

    Kl ada yg jantungan terus mati gimana?…
    Gue berharap loe yg jantungan terus mati.

  51.  

    yg lagi kelonan gimana nasibnya itu 😀

  52.  

    Ya …. Tambah skuadron Sukhoi… Baik yang 27/30…..& Sukhoi 35…sangat mendesak….di barat ada F 15 & yang di selatan ada F 35….

  53.  

    Pak tni au latihan di NTB.. Aja mau 24 jam terserah kita tambah seneng liat pesawat tempur kebanggaan bangsa bermanuver..

  54.  

    ente g ngerasain sih kerasnya tuh bunyi……..suaranya terdengar sampe ratusan kilometer…..he7x…

  55.  

    kami sih sdh biasa dgn Sukhoi…kalo sonic boom…sdh belasan kali kita nikmati …tapi yg ini memang paling keras..LBH itu mewakili .rakyat itu sebetulnya protes ..krn skr musim penghujan..kasus kemaren banyak yg mengira Gunung Bawakaraeng longsor yg ..longsoran ini berbahaya krn bisa membuat Dam/Bendungan Bili2 jebol ini yg bahaya..krn kota Makassar bisa terendam air bah(ini omongan rakyat2 kecil yg sempat saya dengar)..klarifikasinya sih baru kesokan harinya..kalo soal nasionalis..kita semua sama…mencintai TNI …tapi masak sih kita g bisa kritik..yg logis ajalah..he7x..

  56.  

    kebetulan rumah saya di ponorogo .kami sering banget lihat f 16 ,hawk maupun shukoi yang terbang dari pangkalan udara iswahyudi. keren

 Leave a Reply