Jan 192015
 
pasukan garuda di libanon

Pasukan Garuda Indonesia di Lebanon

Jakarta – Kiprah Pasukan Garuda untuk misi perdamaian dunia acapkali menuai pujian. Mereka selalu bisa diterima masyarakat sekitar karena pendekatan yang humanis. Jika terjadi masalah pelik di tengah konflik, pasukan Indonesia sering diutus untuk menyelesaikannya.

Mayor Yudha Airlangga adalah seorang perwira menengah Kopassus TNI AD yang dikirim ke Lebanon dan tergabung dalam Kontingen Garuda XIII-A.

Salah satu hal yang diingat Yudha selama penugasan adalah saat tentara Israel menangkap seorang anak Lebanon. Anak 15 tahun itu melempari pagar perbatasan Israel dengan batu.

Mayor Yudha dan rekan-rekannya mencoba membebaskan anak itu. Tentu bukan dengan senjata melainkan dengan diplomasi. Sebagai pasukan di bawah bendera PBB, mereka adalah penengah konflik, bukan pasukan tempur.

Kisah ini dimuat dalam buku Kopassus untuk Indonesia yang ditulis Iwan Santosa dan EA Natanegara dan diterbitkan R&W.

Tim Indonesia mendatangi pos militer Israel dan berbicara secara persuasif. Meyakinkan militer Israel pelakunya hanya seorang anak di bawah umur. Tak perlu diperpanjang lagi.

Negosiasi berlangsung selama empat jam dengan tentara Israel tetap siaga dengan dengan todongan senjata. Cukup membuat keringat dingin mengalir.

“Kita kembangkan sisi kemanusiaannya, sehingga mereka akhirnya berhasil membebaskan anak itu,” kata prajurit baret merah ini.

Hal-hal seperti ini membuat pasukan Indonesia diterima dengan baik. Biasanya pasukan perdamaian dari negara lain selalu dilempari batu saat patroli oleh warga sekitar. Tapi Garuda malah dijamu makan dan diperlakukan dengan baik.

“Pasukan sudah dibriefing, bahwa jika bertemu dengan warga Lebanon harus disapa, diberi salam, namun tetap siaga. Ada yang memberi salam, ada yang tetap memantau situasi sekitar,” kata Mayor Yudha menutup pembicaraan (Merdeka.com).

Bagikan Artikel :

  49 Responses to “Kopassus Bebaskan Anak Lebanon Tahanan Israel”

  1. mantap

  2. namanya penjaga perdamaian, makannya sangat ddihindari akan adanya kontak senjata. tapi media malah memberikan berita miring, salah satunya saat menghindari kontak tembak antara israel dan hisbullah.

  3. ISRAEL Berfikir 12 kali melawan Kopassus dan memandang segan dengannya … bukan apa apa bila tentara pbb bukan dari NKRI akan lain ceritanya … tetapi karena Pasukan Indonesia … hormat bung ..

  4. Kenapa mereka menempatkan wanita sebagai penjaga perbatasan ya? Aneh…

  5. semakin membuat nggak yakin aja tentang kebenaran dr ceritanya…
    “Biasanya pasukan perdamaian lain selalu dilempari batu saat patroli oleh warga sekitar,tapi garuda malah di jamu makan dan di perlakukan dgn baik”
    lucu ya,pdhl menurut media lokal justru pasukan kita yg di cemooh,karena “menganggap” tni itu pengecut…trus apa alasan pasukan perdamaian negara lain dilempari batu oleh masyarakat lokal?
    Pasukan garuda justru dijamu makan dan diperlakukan dgn baik,lebay bgt yah ceritanya..
    (klo org indonesia harus percaya cerita yg versi org indonesia dong hehe)
    Klo org asing yg baca sdh pasti cekikikan geli bgt,tp klo org indonesia pasti langsung percaya krn paling gampang dikibuli dgn bumbu2 nasionalisme..
    herannya media asing koq nyaris tdk pernah membahas pasukan garuda ya..pdhl klo punya prestasi pasti akan mendapat liputan/sorotan dunia!

    • Frans….frans…memprihatinkan banget hidup loe.
      Kasian…kasian…kasian loe frans

    • koq anda g paham betul sih bung frans?? karena banyak kontingan pasukan perdamaian dari negara selain indonesia ada yang menerapkan standar ganda dalam misi itu sehingga hal demikian menimbulkan rasa kebencian dari kedua belah pihak yang bertikai, dan itu sangat jelas dan tidak bisa dipungkiri faktanya…
      SOP sangat jelas dilaksanakan secara sungguh sungguh oleh pasukan perdamaian kita.. tidak ada kata kata lagi yang jadi alasan TNI kita dianggap pengecut dalam hal itu..

    • ente tinggal beli bukunya boss..katanya rumah deket dengan kopasus tinggal tanya bener ga gausah koar-koar ga percaya..ente bisa lahir aja ane ga percaya idup lagi…bray

    • lebih heran lagi, TNI mendominasi AARM dan AASAM kenapa gak muncul bahkan di media negara penyelenggara?

      lah media itu jualan bung Frans, kalo media asutrali pasang di headline “TNI menguasai AASM 5 tahun berturut-turut” ya gak ada yang beli korannya….

      biasanya saya males ngumpat orang lain sebagai guoblox, tapi kali ini saya lah yang jadi guoblox karena bingung ada komen keluar dari warjager dengan bobot seperti tulisan anda…

    • mmg klo saya tetangga abang mo diapain…
      Digebukin? Hehe geli aja
      Sabar bang

    • Ini cerita kawan saya yang sipil dan dikirim perusahannya kerja di Libanon, informasi yg sdr katakan sangat bertolak belakang dg ceritanya. Benar, bahwa tim TNI mendapat sambutan hangat masyarakat Libanon selain cara memperlakukan masyarakat setempat pendekatannya bagus juga krn kebanyakan anggota TNI seiman dengan masyararakat lokal. Yang lebih membanggakan lagi mereka terkesan dg alutsista TNI yang di bawa kesana, spt panser, senjata dan KRI,,, jadi sudahi ‘ngetrol’ Anda bung..Anda boleh kritik TNI dan pemerintah sekalipun tapi buatlah kritik membangun dan memberikan solusi.

    • frans lo liat aja di youtube,gimana perlakuan pasukan garuda disana

    • buat om frans atau bisa di sebut dengan om freemason jg.
      ANDA punya TV gak? atau radio mungkin..??
      cb deh anda di beberapa chanel televisi, pernah di liput gimana keseharian TNI d libanon.. mereka bnr2 d sambut masyarakat dan bermain sambil ngajarin anak2 disana.
      mengenai TNI di suguhi makanan itu emang BENAR.. itu di liput semua..
      tiap masyarakat yg berpapasan dengan TNI di jalanan slalu d sapa masyarakat sana.
      kalo ANDA GAK TAU ITU SEMUA.
      anda bnr2 gak punya TV.
      atau bahkan ANDA GAK PUNYA CHANEL INDONESIA ya..
      waduuh.. sy kasian sama anda..
      smoga hati n hidup anda tenang sblm ajal anda datang. hidup d dunia cuman sebentar kok.

    • Kalo ngomong itu buktikan dgn link Bung Frans, mana buktinya…

      Kalo gak ada bukti, brarti anda cuma ngelantur, ngelindur kebangun dr tidur panjang di dalam tempurung…

      Dugaan ane, Bung Frans ini warga tetangga maling sebelah, cm pernah/masih tinggal di Indo..

    • bento… bento ….. fitnah, cerita bohong. ha..ha.ha

    • eh bento….

      pake nick lain. jangan pake punyaq

    • Hidupmu kasihan, tidak pernah nonton yutub. Padahal banyak banget media luar, khususnya media Lebanon sendiri yg meliput berbagai kegiatan Indobatt (Orang sana lebih akrab dg panggilan Garuda)

  6. kalo soal bidang kemanusiaan, Indonesia emang jago

  7. otokritik dari frans memang diperlukan , tapi kalau keterlaluan seperti komentar diatas kita jadi mempertanyakan nasionalisme si frans ini ,warga Indonesiakah dia?

    • Apa apa yahudi…koreksi diri anda sudah benar apa belum…jangan urusin orang lain kalo diri sendiri belum benar.. sampah

      • buat om frans atau bisa di sebut dengan om freemason jg.
        ANDA punya TV gak? atau radio mungkin..??
        cb deh anda di beberapa chanel televisi, pernah di liput gimana keseharian TNI d libanon.. mereka bnr2 d sambut masyarakat dan bermain sambil ngajarin anak2 disana.
        mengenai TNI di suguhi makanan itu emang BENAR.. itu di liput semua..
        tiap masyarakat yg berpapasan dengan TNI di jalanan slalu d sapa masyarakat sana.
        kalo ANDA GAK TAU ITU SEMUA.
        anda bnr2 gak punya TV.
        atau bahkan ANDA GAK PUNYA CHANEL INDONESIA ya..
        waduuh.. sy kasian sama anda..
        smoga hati n hidup anda tenang sblm ajal anda datang. hidup d dunia cuman sebentar kok.

    • Jangan sara gitu bung gk baik

    • frans itu ular kpala dua,bpakx asu mamaknya indo,…dia pemuja mamarika..hatinya di mamarika badannya aja di indo…kalian baru pda tau yah…klo mbah udah lama tau siapa dia…trkdang sesekali seolah membela indo pdhal ia mnertawakan saja…dasar antek asu

  8. Dengan pendekatan humanisme TNI banyak diterima didaerah konflik,seperti dulu di Kamboja,,sangat membagakan. Hidup TNI!

  9. even Philippine ikut jejak malaysia.. masa melawan nur maisuari last year dengan menggunakan taktik overwhelming forces..

  10. Gak perlu jadi pasukan perdamaian pbb percuma diam dan melonggo, mending jadi kopassus aja kayak amerika

  11. Saya lebih percaya tni frans
    Bukti nya juga ada tni posindobat mendapat medal

  12. cuma…??
    itu diplomasi hebat bung…
    hanya sedikit negara yg bisa melakukan’a.

    • sayang ni lapak kosong… ane mangkal d mari z dech…
      kawan” yg lain melihat’a dr sudut pandang lebanon sedangan bung frans & bung freemason dr perspective yg berbeda…
      jd… apapun kiprah indobatt d lebanon, mungkin bung berdua tidak akan menyukai’a.
      tp… tolong dong jngn bilang pengecut, apalagi malah senang TNI di remehkan.
      salam hangat bung. he… he…

  13. anda mencemooh TNI boleh saja, itu hak anda, tapi bolehkah saya tanya apa yang sudah anda berika kepada Negara anda? bermanfaatkah?

  14. @bung frans, dgn senang hati saya sanggup membiayai anda utk bergabung dgn INDOBAT di lebanon, utk buktiin kata” anda

  15. DI INDONESIA ADA TEMPAT PELATIHAN TENTARA PBB… TNI JUARA MENEMBAK DI AUSTRALIA PESERTANYA ASIA PASIFIK PLUS USA.. TNI JUARA MENEMBAK ASIA TENGGARA GUA BACA DI MEDIA ASING KALAU NDAK PERCAYA JUGA COBA KITA PERANG SAMA MALON SEKARANG… TAK PAKE MAMA ELI

  16. Bung frans…sepertinya anda anggota pasukan elit TNI ya?

 Leave a Reply