Mar 252019
 
WhatsApp Image 2019-03-23 at 19.08.10

Sebanyak 35 orang siswa-siswi yang berasal dari 6 sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Kahayang Hilir, sekarang ini sedang diseleksi untuk ikut seleksi lanjutan di tingkat Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Pulang Pisau, Kalteng, Jakartagreater.com   –    Seleksi di tingkat kecamatan dan melibatkan Babinsa Koramil 1011-15/Pulang Pisau, ditujukan agar memperoleh calon Paskibraka yang terbaik dan terpilih mewakili daerah. Hal tersebut disampaikan Dandim 1011/Klk Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, S.IP., dalam rilis tertulisnya, pada Sabtu 23-3-2019.

Menurut Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, ada sebanyak 35 orang siswa-siswi yang saat ini sedang diseleksi untuk ikut seleksi lanjutan di tingkat Kabupaten. Ke 35 orang pelajar tersebut, ungkapnLetkol Kav Bambang Kristianto Bawono, berasal dari 6 sekolah setingkat sekolah menengah atas (SMA) baik negeri maupun swasta yang ada di wilayah Kecamatan Kahayang Hilir.

“Ada 35 orang siswa-siswi yang kita seleksi, mereka berasal dari 6 sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Kahayang Hilir,” ucapnya. Pelaksanaan seleksi paskibraka tersebut, lanjut Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, dilaksanakan di halaman kantor Kecamatan Kahayang Hilir, pada Jumat 22 Maret 2019.

Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono menambahkan bahwa mereka di seleksi dan dilatih oleh anggota Babinsa Koramil 1011-15/ Pulang Pisau Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono menuturkan, sebelum pelaksanaan seleksi ini, Babinsa telah melakukan pendataan dan seleksi ke sekolah-sekolah tersebut. Hingga akhirnya mendapatkan 35 orang siswa-siswi yang saat ini sedang kita latihkan dan seleksi.

“Untuk mendapatkan ke 35 orang itu, Babinsa sebelumnya berkeliling melakukan seleksi di masing-masing sekolah,” ujar Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono. Selama pelaksanaan seleksi, kata Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, mereka harus bisa memberikan penampilan dan sikap disiplin yang sesuai dengan kriteria calon Paskibraka.

WhatsApp Image 2019-03-23 at 19.08.11

Lebih lanjut Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono menjelaskan bahwa dari ke 35 orang siswa-siswi itu, hanya dipilih 15 orang saja untuk mengikuti seleksi paskibraka tingkat Kabupaten. Ini sudah sesuai dengan jumlah kuaota/tiket calon Paskibraka ke tingkat Kabupaten.

“Nah, kita berharap nantinya Paskibraka-Paskibraka terbaik yang terpilih mewakili Kecamatan Kahayang Hilir, bisa lolos di level tingkat Kabupaten dan Provinsi Kalteng sekaligus nasional,” harap Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono.

Sementara itu Danramil 1011-15/Pulang Pisau, Kapten Arh Yulius menyampaikan bahwa Paskibraka adalah pasukan khusus terpilih yang bertugas sebagai pengawal dan pembawa ‘Bendera Merah Putih’ dalam upacara peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Sehingga ungkapnya, seleksi Paskibraka adalah hal yang dinantikan oleh kalangan para siswa dan siswi baik SMA, SMK maupun MA, baik swasta ataupun Negeri. Pasalnya, menjadi Paskibraka adalah dambaan bagi setiap orang.

Perasaan itu, dibenarkan oleh Rudai, salah satu siswa SMA yang sedang mengikuti seleksi. Ia pun mengungkapkan cita-cita dan harapan besarnya untuk bisa lolos seleksi tingkat Kecamatan dan mengikuti seleksi lanjutan berikutnya.

“Saya berharap terpilih menjadi Paskibraka di tingkat Kecamatan, bahkan bisa terpilih sampai tingkat Kabupaten Pulang Pisau, apalagi bisa terpilih sampai tingkat Provinsi Kalimantan Tengah atau sampai Nasional di Jakarta,” kata Rudi. (tniad.mil.id)