Jul 272019
 

Jet tempur F/A-50 buatan Korea Selatan milik Angkatan Udara Filipina. © Courtesy Youtube / PH TV

Korea Aerospace Industries (KAI) belum menerima pemberitahuan secara resmi dari Argentina yang dikabarkan telah memilih jet latih tempur FA-50.

Sebuah sumber menyatakan bahwa belum ada konfirmasi yang diterima pabrikan dirgantara Korea Selatan, meski dilaporkan Argentina berniat mengakusisi delapan jet FA-50, seperti dilansir Flight Global.

Laporan media terbaru menuliskan bahwa FA-50 telah dipilih oleh Argentina yang diperkirakan mencakup jumlah hingga 10 pesawat.

Jika FA-50 memenangkan kesepakatan dari Argentina, itu akan menandai penjualan pertama jet latih tempur Korea Selatan ke Belahan Barat. Meskipun T-50 yang menjadi basic dari FA-50, kehilangan persyaratan penting TX untuk mengganti jet latih Northrop T-38 Angkatan Udara AS, namun KAI telah menikmati keberhasilan ekspor yang terkenal dari pelanggan luar negeri termasuk Indonesia, Irak, Filipina, dan Thailand. Angkatan Udara Republik Korea Selatan juga memiliki 145 jet latih tempur FA-50.

Dari 200 unit T-50 diseluruh dunia, 122 digunakan sebagai jet latih canggih, 72 sebagai jet serang darat dan enam sebagai pesawat eksperimen dan penelitian.

Semua varian jet T-50 ditenagai dengan mesin General Electric F404. Situs web KAI menunjukkan bahwa FA-50 dapat membawa berbagai amunisi dengan pemandu presisi.

Saat ini Angkatan Udara Argentina mengoperasikan 24 jet tempur A-4AR dalam peran sebagai pesawat serang darat dan tiga jet A-4AR dalam peran pelatihan.

 Posted by on Juli 27, 2019