Okt 232019
 

Su-27 Rusia saat dicegat pesawat tempur Finlandia pada Januari 2019 (foto: Finland Air Force)

JakartaGreater.com – Korea Selatan mengejar dan mencegat enam pesawat militer Rusia yang memasuki zona pertahanan udara, kata para pejabat Korea Selatan.

Pertemuan pesawat itu terjadi sekitar tiga bulan setelah Korea Selatan menembakkan suar dan tembakan peringatan pada pesawat pembom Rusia yang dituduh melanggar wilayah udara Korea Selatan. Moskow mengatakan telah melakukan patroli udara jarak jauh pertamanya dengan China, lansir Star & Stripes.

Pada Selasa pagi, sebuah pesawat peringatan dini A-50, tiga jet tempur Su-27 dan dua pembom TU-95 dari Rusia memasuki ir Defense Identification Zone Korea Selatan beberapa kali, menurut Kepala Staf Gabungan Korea Selatan.

Pesawat-pesawat tempur itu terbang di atas perairan di sekitar Semenanjung Korea tetapi tidak melanggar wilayah udara teritorial Korea Selatan, katanya, dan menambahkan bahwa itu adalah insiden yang ke 20 di tahun ini.

“Militer kami segera mengirim jet tempur untuk mengikuti dan memantau pesawat dan menyiarkan pesan peringatan,” kata JCS dalam pesan singkatnya.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, pesawat-pesawat itu melakukan “penerbangan terencana di atas perairan netral” di daerah itu, menurut kantor berita Rusia Tass.

Armada pembom itu “dibayangi” pada beberapa tahap rute penerbangan oleh jet tempur Korea Selatan dan Jepang, katanya.

“Pilot penerbangan jarak jauh secara teratur melakukan penerbangan dengan kepatuhan ketat pada Aturan Internasional Penggunaan Wilayah Udara, tanpa melanggar perbatasan negara-negara lain,” menurut Kementerian Pertahanan Rusia.

Negara-negara sering menuntut agar pesawat asing mengidentifikasi diri mereka sendiri di zona identifikasi pertahanan udara, tetapi wilayah itu tidak terikat oleh hukum internasional.

Kedua negara akan mengadakan pembicaraan minggu ini dengan rencana untuk membuka hotline antara angkatan udaranya dalam upaya untuk mengurangi jumlah pertemuan tersebut.

 Posted by on Oktober 23, 2019

  4 Responses to “Korea Selatan Cegat Pesawat Militer Rusia”

  1.  

    di bayangin pesawat golden eagle.

  2.  

    Jng sok berani. Nanti dikepotkan spt hornet kanada dan thypoon inggris, langsung ngacir ketakutan……xicixicixicixi

  3.  

    masak pake F 50 nyegatnya …Korea kan punya F 35

  4.  

    F35 cuma bisa buat nyegat tukang ojek