Korsel Buat Rudal Mirip Taurus Untuk Pesawat Tempur KFX

Desain rudal Pesawat Tempur KFX

Korsel Buat Rudal Mirip Taurus Untuk Pesawat Tempur KFX 1

Korea Selatan akan mengembangkan sendiri rudal jelajah jarak jauh dengan kemampuan yang mirip denganTaurus, dan akan dipasang di pesawat tempur KF-X.

Defense Acquisition Program Administration (DAPA) berencana untuk memulai penelitian teknologi rudal udara-ke-permukaan jarak jauh pada 2018 dan memliki rencana untuk memproduksi sekitar 200 rudal ‘Taurus class’ tersebut sampai tahun 2031.

Rudal rencananya akan dikembangkan pada pertengahan tahun 2020-an dan proyek ini diperkirakan akan menelan biaya sebesar 810 milyar Won (US$ 695 juta).

Rudal akan akan memiliki kemampuan seperti rudal Taurus yang memiliki jangkauan 500 kilometer dan dapat ditembakkan dari pesawat tempur. Rudal jelajah nantinya akan mampu menyerang ibu kota Korea Utara, Pyongyang.

Rudal Taurus adalah rudal jelajah jarak jauh produksi perusahaan MBDA Eropa. Memiliki jangkauan hingga 500 km, Taurus dilengkapi mesin turbofan kecil dengan kecepatan jelajah Mach 0.9. Taurus terbang rendah menyusuri permukaan bumi (30 m) sehingga sulit dideteksi radar musuh. Taurus menggunakan hulu ledak Multi-Effect Penetrator Highly Sophisticated and Target Optimised (MEPHISTO) dan sistem pemicu cerdas.

Beberapa waktu lalu Korea Selatan mengakuisisi rudal jelajah Taurus KEPD 350 yang memiliki jangkauan 350 km. Berbeda dengan rudal Taurus lainnya, milik Korea Selatan dilengkapi dengan perangkat Rockwell Collins GPS receiver terbaru dengan Selective Availability Anti-Spoofing Module (SAASM) yang kebal dari serangan jamming elektronik.

Leave a Reply